Rektor UIN Malang Berikan Kuliah Tamu di ISIC Thailand untuk Promosikan Pendidikan Agama Inklusif
Abadi Wijaya Jumat, 26 April 2024 . in Berita . 132 views
7101_kuliah.png
KOLABORATIF: Rektor UIN Malang Prof. Dr. H.M.Zainuddin, MA saat menjadi pemateri dalam kuliah umum di ISIC Thailand.

HUMAS UIN MALANG - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, baru-baru ini memberikan kuliah tamu di Institute of Science Innovation and Culture (ISIC) Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) di Thailand. Acara ini merupakan bagian dari kunjungan kerja Rektor Zainuddin dalam rangka launching International Interreligious Conference yang akan diselenggarakan di Hatyai Songkhla, Thailand pada 16 Oktober 2024.

7102_asa.png


Kuliah umum yang bertajuk “Inclusive Religious Education towards a Peaceful Society (Indonesia Case)” diselenggarakan pada Kamis (25/04/2024) di Auditorium Gedung Kreatif Lantai 5. Acara ini dihadiri oleh sivitas akademika RMUTK, termasuk dosen, mahasiswa program studi Global Buddhism, Education and Society, serta jajaran pimpinan dan direktur ISIC dari RMUTK.
Dalam kuliahnya, Rektor Zainuddin menggarisbawahi pentingnya pendidikan agama inklusif sebagai fondasi moderasi beragama di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa pendidikan Islam, seperti halnya pendidikan lainnya, belum memiliki kekuatan yang cukup signifikan karena pengaruhnya masih kalah dibandingkan dengan kekuatan bisnis dan politik. Menurutnya, landasan filosofis dari pendidikan inklusif di Indonesia adalah kesatuan dalam keragaman.
Rektor Zainuddin juga menyoroti bahwa pendidikan agama inklusif dapat menjadi sarana self-awareness umat melalui proses transformasi pengetahuan yang berfokus pada prinsip-prinsip kebukaan, egalitarianisme, dan tidak diskriminatif terhadap golongan manapun. Ia menekankan pentingnya semangat pendidikan inklusif-multikultural untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang bermartabat dan sadar akan kekayaan multikultural.

7103_sasd.png


Selain Rektor Zainuddin, dalam kuliah umum ini juga dilakukan sesi berbagi pengalaman oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbullah, M.Ag, dan Dr. KH. Isroqunnajaah, M.Ag, terkait dengan isu-isu mutakhir yang akan dibahas dalam konferensi internasional interreligous studies.
Dari pengalamannya di RMUTK Thailand, Rektor UIN Malang menegaskan pentingnya membangun kolaborasi lintas agama sebagai fondasi strategi moderasi beragama untuk merawat kebenaran di Indonesia. Hal ini sebagai upaya membangun pluralitas agama dengan semangat pemahaman toleransi dan harmonisasi melalui peran guru sebagai teladan.
Kuliah tamu ini sangat interaktif dan peserta terlihat antusias dalam mengikuti jalannya acara, terbukti dari banyaknya pertanyaan dan komentar terkait pendidikan agama inklusif di Indonesia. Pertanyaan dari peserta bahkan mengundang reaksi positif untuk melakukan kolaborasi penelitian dengan UIN Malang.
Semoga kolaborasi ini dapat memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan semangat inklusif-multikultural dalam pendidikan, menciptakan masyarakat yang lebih bermartabat dan harmonis di Indonesia.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up