Daftar Kategori: Berita


UIN MALANG TANDATANGANI MOU DENGAN PEMPROV JATIM
Iffatunnida Kamis, 16 September 2021 . in Berita . 68 views

 

3336_mou1.jpg

Pewarta: Muhammad Khafid

UIN MALANG-Sudah seharusnya institusi pendidikan tinggi memperluas kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini tak hanya untuk mengenalkan nama kampus, tetapi juga untuk menambah lahan studi bagi mahasiswa. Bertempat di Atrium Grand City Mall Surabaya, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Dr. Isroqunnajah menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Rabu (15/9). Acara yang diramaikan K-UMKM Expo 2021 se-Jatim itu sekaligus sebagai penanda dimulainya MoU UIN Malang, Pemprov Jatim, PT. Shopee International Indonesia, dan Indonesia Diaspora SME Export Empowerment Development (ID SEED). (*/nd)

3337_mou2.jpg
Lebih Lanjut »
PASCA RAKORPIM, REKTOR MINTA PERCEPAT IMPLEMENTASI RENSTRA
Fatkhul Ulum Kamis, 16 September 2021 . in Berita . 49 views
3338_rakorpim.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-Para pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) telah usai menyelenggarakan rapat koordinasi pimpinan (Rakorpim). Acara yang diagendakan dalam rangka percepatan implementasi rencana setrategi(Renstra) itu sudah berlangsung dua kali, bertempat di Ruang Sidang Senat Universitas, Lt. 4, Gedung (HC) Ir. Soekarno. Kamis(16/9) 

 

Dihadiri oleh seluruh pimpinan UIN Maliki Malang, mulai dari ketua senat Universitas, jajaran Rektorat, para Kabiro, para dekanat, Ketua unit hingga para kepala pusat studi/kajian-kajian. Proses Rakorpim kedua kalinya ini berjalan lancar pastinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dalam arahannya Prof. Zainuddin, rektor UIN Maliki mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua yang hadir. 

"Alhamdulillah, bersyukur rapat yang kedua kalinya ini berjalan lancar, khidmat dan para pesertanya penuh semangat", ucap Prof Zain.

Menurutnya, pembahasan yang telah dipaparkan oleh setiap perwakilan unit telah sesuai dengan tujuan Rakorpim kali keduanya ini yakni penyelarasan program prioritas dan strategi pengembangan UIN Maliki Malang 2021. Bahkan profesor asal Bojonegoro tersebut menyatakan semua kinerjanya tidak hanya sistemik namun juga masif dan telah terstruktur dengan baik. 

Lanjut, masih dari Prof. Zain sapaan akrabnya ini menjelaskan bahwa tema program prioritasnya adalah Unggul Bereputasi Internasional. Makna unggul adalah melampaui kontrak kinerja mandatori pemerintah dan kebutuhan stakeholder. Indikator unggul yakni mayoritas program studinya terakreditasi A/Unggul. Sedangkan makna bereputasi Internasional yakni memperoleh rekognisi dan reputasi internasional. Indikator reputasi internasional hingga 2025 adalah sepertiga prodi terakreditasi internasional dan terdaftar dalam lembaga pemeringkat perguruan tinggi internasional yaitu QS-WUR.

Oleh karena itu, Prof. Zain menghimbau kepada para pimpinan untuk segera menindaklanjuti setiap usai adanya agenda rapat dan semua itu harus didampingi oleh pihak pengontrol. Mengapa demikian, tujuannya agar semuanya bisa dikendalikan hingga sesuai dengan targetnya. 

"Semoga kita semua diberikan kesehatan dan mampu menjalankan program prioritas yang telah ditetapkan demi pengembangan institusi pendidikan kita, " pungkasnya. (ptt)

Lebih Lanjut »
ICOLLIM: KAJI BAHASA, SASTRA, HINGGA PERSOALAN HOAX
Fatkhul Ulum Rabu, 15 September 2021 . in Berita . 58 views
3335_icolim.jpg
KONFERENSI INTERNASIONAL: Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA saat memberikan sambutan di acara opening AICOLLIM.

 

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kembali menggelar Annual International Conference on Language, Litetarure and Media (AICOLLIM) tahun 2021. Acara tahunan yang kali ini mengusung tema Humanities Across Histories and Trajectories in the Global Contexts berlokasi di Home Theater, Lt. 3, Gedung K.H. Oesman Mansoer dan bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA). Rabu (15/9).

Prof. H. M. Zainuddin, rektor UIN Maliki Malang saat memberikan sambutan di acara opening konferensi itu menyampaikan keprihatinannya atas penyalahgunaan bahasa dan media di zaman sekarang ini. "Di era revolusi 4.0. seperti sekarang ini, bahasa dan media seringkali menjadi alat untuk menyebar fitnah dan berita bohong(hoaks). Padahal semestinya dengan gaya sastrawi, bahasa dan media semakin mampu menemukan signifikansinya dalam mempublish berita, nilai dan konten yang utamanya bermanfaat bagi kehidupan manusia", paparnya. 

Oleh karena itu, Prof. Zain sapaan akrabnya mengajak seluruh peserta konferen untuk bersemangat tentunya lebih serius mengkaji masalah bahasa, sastra dan media apalagi di era pandemi covid-19 saat ini. Di lingkungan masyarakat banyak muncul misalnya berita, opini dan narasi-narasi hoaks tentang pandemi dari yang tidak riil sampai ada yang tidak masuk akal. Karena hal itu merupakan suatu realitas maka sangat menarik untuk diteliti. “Lha inilah forum yang sangat sesuai untuk mengkaji masalah-masalah seperti itu, utamanya terkait bahasa dan media,” tegasnya.

Sebagai penutup sambutannya, orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terkait dan panitia khususnya kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Islam dan ADIA. “Semoga acara konferensi internasional ini berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
BTN KEMBALI MOU DENGAN UIN MALANG
Fatkhul Ulum Selasa, 14 September 2021 . in Berita . 71 views
3334_mou-btn.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali melakukan penandatanganan nota kerjasama atau MoU dengan PT. BTN (Persero) tbk. Cabang Kota Malang. Penandatanganan berlangsung di ruang Rektor, Lt. 1, Gedung (HC) Ir. Soekarno. Selasa (14/9).

Surasta, Branch Manager dari BTN Cabang Kota Malang, menyampaikan terima kasih kepada Prof. Dr. H. M. Zainuddin, rektor UIN Maliki beserta jajarannya atas kepercayaannya selama ini kepada BTN. Ia berharap kerjasama yang telah terjalin akan tetap berlanjut, semakin baik dan nilainya selalu bertambah baik segi fungsi dan manfaatnya. Ia juga menjelaskan bahwa sampai saat ini BTN tidak berhenti berbenah dan berinovasi khususnya dalam menejemen digitalisasi.

Ia yakin bahwa industri perbankan merupakan salah satu bagian penting yang bisa membantu jalannya manajemen di instansi/lembaga pendidikan. "Kami berharap kerjasama antara kedua pihak ini semakin menambah nilai dari segi apapun sehingga kami bisa semakin menyempurnakannya. BTN bersedia dan siap menjadi mitra bagi UIN Maliki Malang(khususnya) dalam mencapai kesuksesan", terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Prof. Zainuddin, Rektor UIN Maliki mewakili para pimpinan yang hadir juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya. Prof. Zain sapaan akrabnya ini berharap hubungan antara BTN dan UIN Maliki bisa semakin erat dan ditingkatkan. Ia juga menghimbau khususnya bagi BTN agar berani bersaing/berkompetisi karena memang sekarang ini sudah banyak sekali instansi perbankan yang ada. "Kita berkerjasama berati intinya kita sama-sama berkerja saling memberikan manfaat dan yang paling penting itu semua sesuai dengan regulasinya!", pungkasnya. (ptt)

Lebih Lanjut »
PSM UIN MALANG RAIH PRESTASI INTERNASIONAL
Fatkhul Ulum Jumat, 10 September 2021 . in Berita . 84 views
3333_psm.jpg

HUMAS-UKM Paduan suara mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (PSM GGB UIN Maliki Malang) patut berbangga. Pasalnya, tepat di hari jadinya yang ke 16 UKM bidang seni tarik suara itu baru saja menorehkan prestasi level internasional. Raihan prestasi itu adalah 2nd Place and Gold Medal in Open Category serta mendapatkan Special Jury Award for Most Dramatic Visual Interpretation di event World Virtual Choir Festival 4th 2021 yang dihelat 3-8 September 2021 oleh Bandung Choral Society, Jumat (10/9).
Langgeng Yulistyo Pambudi, Ketua Umum PSM GGB, mengucapkan selamat ulang tahun ke-16 untuk PSM GGB UIN Maliki. "Capaian prestasi di World Choir Festival 4th 2021 ini adalah salah satu bentuk kado spesial di ulang tahun kali ini, " ucapnya. Ia menyampaikan dalam event internasional itu, PSM GGB UIN Maliki mendelegasikan satu tim beranggotakan 30 orang. Lanjut, Langgeng juga menerangkan bahwa peserta dalam event itu diikuti oleh 10 negara dari Asia hingga Eropa, diantaranya : Singapura, Malaysia, Hongkong, Indonesia, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Polandia, Portugal dan Kroasia.
Sedangkan pada saat lomba, para peserta diminta membawakan lagu pilihannya sendiri. Bertepatan dengan itu tim PSM GGB UIN Maliki menampilkan sebuah lagu berjudul Bahasa Kalbu dari Titi Dj yang dipopulerkan juga oleh Raisa.
"Kami usahakan semaksimal mungkin SDM yang ada dengan berlatih rutin setiap hari dari bulan Maret. Alhamdulillah meskipun persiapan cukup singkat yakni empat bulan saja, kekompakan tim PSM GGB UIN Maliki telah mampu menunjukkan performa terbaiknya dengan lancar,"paparnya.
Kemudian untuk ke depannya, Langgeng berharap pastinya tim PAS GGB UIN Maliki bisa tampil lebih baik lagi dan mampu menjuarai di berbagai kategori yang dipentaskan pada event berikut nya. (ptt)

Lebih Lanjut »
AMANAT REKTOR UNTUK DWP UIN MALIKI YANG BARU
Abadi Wijaya Rabu, 8 September 2021 . in Berita . 138 views
3328_r.jpg
SERTIJAB: Ketua DWP UIN Maliki Malang Dra. Shofiyah Zainuddin saat menandatangani berkas sertijab di ruang pertemuan gedung Rektorat Lt.4

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara serah terima jabatan (Sertijab) dan pelantikan pengurus periode baru masa bakti 2021-2025. Acara yang berlangsung di ruang senat Lt. 4, Gedung Rektorat dengan penerapan prokes COVID-19 yang ketat, Rabu (8/9).

3329_rr.jpg


Dalam sambutannya, Prof. Dr. M. Zainuddin Rektor UIN Maliki Malang mengucapkan selamat atas terselenggaranya sertijab dan pelantikan kepengurusan DWP UIN Maliki. Peran DWP atau organisasi perempuan para istri ASN UIN Maliki Malang bisa semakin ditingkatkan dan mampu bersaing/berkompetisi dengan DWP dari Perguruan Tinggi yang lainnya. "Saya berharap DWP UIN Maliki ini mampu dan siap berkompetisi dengan DWP lainnya dari kampus-kampus sebelah di sekitar Malang ini (misalnya ada DWP Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Polinema, dan PTN lainnya)," ucapnya.

3330_rrr.jpg


Masih kata Prof. Zain, kompetisi atau persaingan yang dimaksud meliputi hal kebaikan (perkembangan dan kemajuan organisasi), program-program kerja serta peran DWP dalam pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, orang nomer wahid di kampus berlogo Ulul Albab itu menyarankan pada DWP UIN Maliki Malang untuk melakukan studi banding. "Silahkan nanti para Ibu DWP ini melakukan studi banding dengan memilih DWP terbaik dari PTN mana pun yang ada di Indonesia!", terangnya.
Tujuan dari studi banding tersebut tidak lain yakni menjadikan mitra dan kerjasama DWP. Maka diharapkan para pengurus dan anggota DWP periode ini lebih semangat berperan dan berkarya sebagai mitra. "Ibu-ibu ini semua adalah mitra kerja dari para bapak atau pimpinan di kampus ini sehingga nanti bisa bersinergi dan hasil program kerjanya terimplementasi semakin terbukti dan bisa dilihat oleh masyarakat," pungkasnya.
Sementara itu, Dra. Shofiyah Zainuddin(Ketua DWP periode 2021-2025) dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kepemimpinan DWP periode yang lalu dan ia menyatakan siap bersedia untuk melanjutkan berbagai program DWP yang telah disusun. Ibu Shofi sapaan akrabnya ini juga bersiap mengajak para armada baru DWP periode ini untuk berani berkarya, berinovasi dan berkreatifitas agar terwujud DWP yang maju dan unggul. Oleh karena itu beliau berharap adanya koordinasi yang solid dan kekompakan diantara anggota dan pengurus DWP. "Saya mohon doa restunya dalam mengemban amanah ini dan semoga Allah SWT meridhoi kita semua,"doanya seraya diamini oleh seluruh yang hadir. (ptt)

Lebih Lanjut »
WAKAPOLDA JATIM APRESIASI GERAKAN VAKSINASI MAHASISWA NASIONAL DI UIN MALANG
Fatkhul Ulum Sabtu, 4 September 2021 . in Berita . 225 views
3322_wa.jpg
TINJAU LANGSUNG: Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat meninjau pelaksanaan gerakan vaksinasi mahasiswa nasional se Malang raya di gedung Sport Center UIN Malang.

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi tuan rumah atas terselenggaranya Gerakan Vaksinasi Mahasiswa Nasional. Acara yang diprakarsai oleh lima elemen aliansi mahasiswa nasional itu berkolaborasi dengan BEM se-Malang Raya terutama BEM UIN Maliki Malang serta bekerjasama dengan TNI-POLRI Daerah Jawa Timur. Acara vaksinasi massal untuk kalangan mahasiswa Malang Raya itu berlokasi di Gedung Sport Center(SC) Mayjen Soeharto. Sabtu(4/9) 

3323_re.jpg

Hadir saat acara, Wakil Kepolisian Daerah Jawa Timur(Waka Polda Jatim), Brigjen. Pol. Slamet Hadi Supraptoyo, Kakesdam V Brawijaya Kolonel Ckm. dr. Yanuar Fitriadi dan Kapolresta Malang Kota AKBP Bhudi Hermanto. Ketiganya didampingi Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. M Zainuddin, MA dan Koordinator Pusat DEMA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) SE-Indonesi, Onky Fachrur Rozie. 

3324_agus.jpg

Prof. Zain sapaan akrab rektor UIN Maliki Malang mengucapkan terima kasih atas semua kepercayaan yang telah diberikan hingga kampus berlogo Ulul Albab itu menjadi tuan rumah diselenggarakannya Gerakan Vaksinasi Mahasiswa Nasional. Selanjutnya, rektor asal Bojonegoro itu tidak lupa memberikan apresiasi yang tinggi karena acara vaksinasi tersebut tidak hanya dilakukan oleh kalangan akademisi atau mahasiswa akan tetapi juga melibatkan TNI-Polri, khususnya di Malang Raya daerah Jatim. 

3325_is.jpg

Menurut Prof.Zain, hal ini selaras dengan komitmen UIN Maliki Malang untuk mendukung program pemerintah dalam upaya membentuk herd immunity atau kekebalan massal melalui gerakan vaksinasi. 

"Kami seluruh pimpinan UIN Maliki mensupport dan aktif berpartisipasi dalam mensuskseskan program pemerintah untuk percepatan vaksinasi karena hal ini sangat baik untuk kepentingan kita bersama," ucapnya. "Jika masyarakat di Indonesia semua sehat, maka bangsa Indonesia juga sehat, NKRI akan semakin kuat, " imbuhnya. 

Pada kesempatan itu, Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi S, dan Kakesdam V Brawijaya Kolonel Ckm dr. Yanuar Fitriadi memiliki harapan ke depan yang sama. Keduanya menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan kolaborasi mahasiswa dengan TNI-Polri dalam upaya bersama membentuk herd immunity. Sehingga keduanya berharap mahasiswa bisa jadi pelopor untuk membangun kesadaran bersama bersinergi menangani COVID-19. (ptt)

Lebih Lanjut »
16 KETUA LEMBAGA DAN KEPALA PUSAT DIRESMIKAN
Iffatunnida Jumat, 3 September 2021 . in Berita . 626 views
3321_lantik.jpg

GEMA-Lembaga dan pusat di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat giliran selanjutnya untuk mendapatkan pemimpin baru. Setelah pelantikan ketua dan sekretaris prodi pada (27/8), Rektor Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. membacakan Surat Keputusan terbarunya untuk 16 pejabat terpilih di Lobi Gedung Rektorat lt.1, Jumat (3/9). Ke-16 pejabat tersebut tidak sepenuhnya baru, ada yang sebelumnya sudah pernah menjabat di pusat studi yang sama.
Untuk merealisasikan program-program unggulan UIN Malang, rektor sangat yakin bisa mengandalkan orang-orang terpilih itu. Utamanya, untuk mempercepat internasionalisasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sesuai yang tertera pada road map. Penunjukan ketua dan kepala ini, menurutnya, ialah langkah mengencangkan “ikat pinggang” agar semakin kuat dalam mewujudkan tujuan mulia kampus berlogo Ulul Albab ini.
Selanjutnya, Prof. Zain mengamanahkan kepada para wakil rektor untuk membantunya mengelola manajemen lembaga serta pusat. “Para wakil rektor yang bertanggung jawab akan mengontrol secara langsung kinerja lembaga yang ada di bawah naungannya,” tegas rektor. Terakhir, Prof. Zain menekankan pentingnya asas kerjasama bagi seluruh elemen di kampus agar tetap bersinergi merealisasikan cita-cita UIN Malang.
16 ketua lembaga dan kepala pusat yang dilantik ialah:
Dr. Agus Maimun, M.Pd. (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat)
Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu)
Begum Fauziyah, M.Farm. (Kepala Pusat Studi Sains dan Islam)
Dr. Istiadah, MA. (Kepala Pusat Studi Gender dan Anak)
Dr. Bakhruddin Fannani, MA. (Kepala Pusat Studi Kerjasama Internasional)
Mokhammad Yahya, MA., Ph.D. (Kepala Pusat Studi Moderasi Beragama dan Sosial Budaya)
Dr. Abdul Aziz, M.Pd. (Kepala Pusat Penelitian)
Dr. Syaiful Mustofa, M.Pd. (Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat)
Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B., Sp.BP-RE(K) (Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Masyrakat)
Dr. Achmad Diny Hidayatullah, SH., M.Pd. (Kepala Pusat Pengelola dan Pengembangan Sistem Remunerasi)
Muh. Anwar Firdausy, M.Ag. (Kepala Pusat Publikasi Ilmiah)
Ahmad Mubaligh, M.HI. (Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu)
Dr. Dra. Meinarni Susilowati, M.Ed. (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu)
Segaf, M.Sc. (Kepala Pusat Pengembangan Smart and Internalization University)
Slamet, MM., Ph.D. (Kepala Pusat Pengembangan Manajemen BLU)
Drs. M. Yunus, M.Si. (Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Akademik) (nd)

Lebih Lanjut »
GERAKAN NASI KOTAK ALA DWP UIN MALANG
Fatkhul Ulum Kamis, 2 September 2021 . in Berita . 228 views
3317_re.jpg
PEDULI: Ketua DWP UIN Malang Drs. Shofiyah Zainuddin bersiap membagikan nasi box kepada masyarakat yang sedang beraktifitas mencari rezeki di lingkungan kampus.

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki) menggelar acara bakti sosial di lingkungan kampus I yang beralamatkan Jl. Gajayana no. 50 Kota Malang. Acara yang bertajuk Jumat Berkah ini tidaklah diisi dengan pembagian sembako pada umumnya, namun diisi dengan berbagi sedekah berupa makanan siap saji. Agenda yang langsung dipimpin oleh Dra. Shofiyah Zainuddin( Ketua DWP UIN Maliki) ini ditujukan kepada para satpam, staf/karyawan, petugas kebersihan dan para mahasantri yang tinggal di Ma'had kampus selama pandemi covid-19. Jumat ( 27/8).

3318_rek.jpg

Dalam sambutannya, Bu Shofi sapaan akrab dari ketua DWP UIN Maliki ini menyampaikan rasa bersyukurnya atas terselenggaranya acara jumat berkah tersebut. "Alhamdulillah, agenda ini bisa terlaksana dan semoga bisa memberikan berkah seperti nama kegiatan ini yakni Jumat Berkah", ucapnya.

3319_rekt.jpg

Ia pun juga berterima kasih atas arahan dari Ibu Eny Yaqut Cholil, penasehat DWP Kementerian Agama RI yang telah mmberikan support hingga agenda tersebut bisa terlaksana dan berjalan lancar. Tujuan dari agenda itu tidak lain sebagai salah satu bagian kegiatan dari devisi pendidikan sosial-budaya yang ditujukan untuk membantu mensejahterakan para warga kampus yang berlogo Ulul Albab khususnya pada kalangan yang membutuhkan utamanya di saat pandemi Covid-19.

3319_rekt.jpg

Harapan ke depan semoga DWP UIN Maliki Malang bisa istiqomah, jumlah pembagiannya makin bertambah dan pastinya niat dan tujuan dari agenda itu semakin membawa berkah. Aamiin. (ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up