Daftar Kategori: Berita


REKOR PERTAMA SIARAN 24 JAM NON-STOP HUT KE-24 SIMFONI FM UIN MALANG
Abadi Wijaya Selasa, 6 Desember 2022 . in Berita . 48 views
4790_simfoni-24-tahun.jpg

HUMAS–Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Simfoni FM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses gelar siaran radio 24 jam non-stop pada, Ahad (4/12) sejak pukul 07.00 WIB hingga Senin (5/12) pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini adalah rangkaian 24th Anniversary of Simfoni FM Malang yang bertemakan Oh! It`s 90`S Again!, sesuai dengan berdirinya Simfoni FM pada 5 Desember 1998 silam.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam acara 24th Anniversary of Simfoni FM Malang, pelaksanaan siaran 24 jam non-stop dirancang penuh untuk flashback di era 90-an melalui pemutaran lagu-lagu karya Backstreetboys, Potret, Dewa 19, Jackson 5, Spice Girls, dan Sheila on 7.

4791_simfoni.jpg

Pada kegiatan siaran 24 jam non-stop HUT Simfoni FM, Manager Off Air Simfoni FM Malang, Andra, dinobatkan sebagai penyiar utama bersama 13 penyiar lain sebagai partner siarnya. Rangkaian HUT Simfoni FM dalam siaran non-stop juga mengudara dengan program-program menariknya seperti Simfoni Soccer, Fresh Sunday, Mizan, dan masih banyak lagi. Dirancangnya program siaran 24 jam, diharapkan mampu mengajak pendengar para Sobat Simfoni untuk menikmati euforia HUT Simfoni ke-24 dan terus dapat menikmati lagu-lagu lawas 90-an. Sekaligus dapat menjadi sebuah inspirasi nyata bagi seluruh radio kampus di Indonesia yang ingin melakukan kegiatan siaran 24 jam tanpa henti.(Iwa/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
CAPAI KOMPETENSI LULUSAN UNGGUL, UIN MALANG CETAK WISUDAWAN TERBAIK
Abadi Wijaya Selasa, 6 Desember 2022 . in Berita . 21 views
4788_wisuda-periode-5.jpg

HUMAS–UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sukses gelar Rapat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode V di lapangan utama kampus UIN Malang, Sabtu (03/12). Sebanyak 800 wisudawan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi sorotan pada acara Rapat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode V yang dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya dan para tamu undangan di lapangan utama kampus UIN Malang pada Sabtu (3/12).

Wisuda periode lima ini tercatat adanya peningkatan peraihcumlaudesebanyak 2,4% dibandingkan periode sebelumnya. Terhitung 76.50% wisudawan atau sebanyak 599 mendapat predikat tersebut. Tak hanya meningkat dalam hal capaian nilai, presentase lulus tepat waktu juga meningkat sebanyak 5% dari periode sebelumnya. Hal itu diungkapkan olehWakil Rektor I Bidang Akademik,Prof. DR. Umi Sumbulah,M.Ag.

4789_wisuda-desember.jpg

Beberapa wisudawan dari Program Sarjana danPascasarjana berhasil menembus prestasi nasional. Wisudawati Farah Anjanilah, mahasiswi S1 Sastra Inggris meraih penghargaan Skripsi Terbaik Tingkat Nasional, Lil Hanifah mahasiswi Program Pasca Sarjana Biologi raih Predikat Tesis Terbaik. Tak hanya pencapaian mahasiswa, namun pencapaian tiga riset terbaik dosen berhasil didapatkan oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Wahid Murni dalam kategori Sosial Hamaniora.

Peraihkategori wisudawan terbaik wisuda periode V mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Arab, Tibiyana Assegaf, juga mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukur. “Kebanggaan tersendiri bagi kami para wisudawan, telah mendapatkan kesempatan belajar di UIN Malang, dan berhasil meraih prestasi serta menggapai kesuksesan,” ungkapnya dalam sambutan.

Kategori wisudawan terbaik adalah salah satu nilai unggul untuk menerapkan ilmu dan akhlak sebagai pola kekuatan pendidikan guna meningkatkan moralitas bangsa yang berperan serta dalam pendidikan karakter budaya sekaligus penambah relasi juga menjaga toleran melalui sikap akomodatif sebagai bentuk moderasi agama.Hal tersebut sesuai dengan visi misi kampus UIN Malang dalam perkembangannya menuju kampus internasional. Begitu pula yang disampaikan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Zainuddin MA. (Iwa/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
PESERTA MULAI INPUT DATA DI QS WUR
Abadi Wijaya Selasa, 6 Desember 2022 . in Berita . 34 views

 

4782_input.jpg

HUMAS UIN MALANG-Memasuki hari kedua Workshop Pengisian Formulir QS WUR dan QS Star di Hotel Aston Batu seluruh peserta mulai fokus mengisi daftar akademisi dan pemberi kerja (mitra atau perusahaan yang sudah bekerja sama dengan UIN Maliki Malang, red), Selasa (6/12).

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maliki Malang Dr. H. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I menjelaskan bahwa di hari kedua ini seluruh peserta mulai fokus merekapitulasi dan memasukkan semua data ke dalam QS WUR, baik itu berupa data dalam bentuk seminar nasional hingga internasional, kolaborasi penelitian, maupun visiting profesor yang telah dilaksanakan oleh fakultas maupun Program Pascasarjana. 

4783_qsw.jpg

QS WUR memiliki ketentuan aturan akademisi dan pemberi kerja yang masing-masing ada 400 item. Di sektor akademisi para pimpinan dari masing-masing fakultas harus menginput para alumninya khususnya bagi mereka yang berasal dari luar negeri, hal ini untuk pemetaan saat QS WUR melakukan surve secara independen di lapangan sesuai dengan data yang telah diajukan ke QS WUR. "Sebaran mahasiswa asing ini untuk memastikan bahwa mereka betul-betul merekomendasikan almamaternya di kancah internasional," paparnya.

4784_qswu.jpg

Setidaknya, tambah dia, para alumni luar negeri UIN Maliki Malang betul-betul menjadi kampus yang direkomendasikan bagi calon mahasiswa baru baik sekala lokal maupun internasional yang hendak kuliah.

Selain itu, perusahaan yang bermitra dengan UIN Maliki Malang atau yang disebut sebagai pemberi kerja para pimpinan atau top leadernya bisa melaporkan bahwa perusahaannya menerap tenaga ahli dari lulusan UIN Maliki Malang. "Dalam hal ini, bisa jadi pemberi kerja mempekerjakan lulusan UIN Maliki Malang atau hanya cukup menjalin kerjasama yang mencakup tri dharma perguruan tingginya saja," jelasnya.

Semua upaya ini, tambah dia, tidak lain agar UIN Maliki Malang bisa dikenal oleh calon akademisi internasional dan bisa mendunia. QS WUR membantu calon mahasiswa untuk memilih kampus terbaiknya. Maka perguruan yang diperingkat itu harus memiliki reputasi, sehingga bisa dijadikan pijakan calon maba. "Dan manfaat lainnya untuk ajang kompetisi menjadi perguruan tinggi terbaik dan bermutu serta berdaya saing tinggi," pungkasnya.

 

Lebih Lanjut »
TIGA HARI UIN MALANG FOKUS LAKUKAN PEMETAAN DIRI MENUJU QS WUR
Abadi Wijaya Senin, 5 Desember 2022 . in Berita . 77 views

 

4779_prof-umi-sumbulah.jpg

HUMAS UIN MALANG-Saat ini, seluruh perguruan tinggi berlomba menjadi perguruan tinggi terbaiknya dengan salah satu cara ikut mendaftarkan institusinya masuk dalam pemeringkat skala nasional maupun dunia, seperti yang dilaksanakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag mengundang seluruh pimpinan yang berkepentingan untuk mengikuti workshop pengisian formulir Quacquarelli Symonds World University Rankinks (QS WUR) dan yang dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari di ruang pertemuan Hotel Aston Kota Batu, Senin-Rabu (5-7/12).

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pemeringkatan UIN Maliki Malang di QS WUR dan QS Star sebagai bentuk keseriusan UIN Maliki Malang menuju kampus unggul dan bereputasi internasional. Pasalnya, rencana World Class University sudah masuk dalam road map kampus ini hingga 2025 kedepan.

4780_peseta-qs-wur.jpg

Prof. Umi sapaan akrab Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag dalam arahannya menegaskan bahwa, QS WUR sendiri memiliki banyak instrumen yang harus dipenuhi oleh institusi ini, setidaknya ada 400 item, itupun dari aspek akademiknya saja belum dari aspek kelulusan para alumninya juga. Akan tetapi, jika ini dilakukan secara bersama-sama insyaallah akan semakin mudah untuk diselesaikan tahapan demi tahapannya. "Tiga hari ini semua peserta workshop akan di dampingi langsung oleh Bapak Adharul Muttaqin, S.T., M.T Ketua Divisi Pemeringkatan UB Malang untuk mengisi formulir pengajuan di QS WUR," jelasnya.

4781_hilmy.jpg

Dari aspek mahasiswa asing ini juga memberikan kontribusi juga terhadap perangkingan kampus ini, dari jumlah total 539 mahasiswa asing di UIN Maliki Malang ini harus terus ditingkatkan agar sebaran mahasiswa asing di kampus ini semakin mendunia. "Alhamdulillah tahun ini ada 20 mahasiswa asing yang masuk kuliah di UIN Maliki Malang," paparnya.

Selain itu, persoalan student of change atau pertukaran pelajaran juga harus terus dilakukan agar sebaran mahasiswa bisa mencakup tidak hanya wilayah nusantara saja akan tetapi bisa sampai ke luar negeri. "Hal ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh UIN Malang," bebenya.

Semoga, tambah Prof. Umi, workshop pengisian QS WUR dan QS Star ini bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan, sehingga UIN Maliki Malang bisa memetakan peluang serta kemampuan di sektor mana yang bisa di unggulkan, juga bisa menganalisis kelemahan dan kekurangan yang ada sehingga bisa segera dilengkapi agar proses pemeringkatan di QS WUR bisa memenuhi standarisasinya. "Insyaallah jika kita bergerak bersama kita akan bisa mencapai QS WUR ini," yakinnya.

QS WUR setiap tahun selalu melakukan evaluasi, sehingga hal ini untuk menjaga kualitas dan nilai universal yang harus ditaati oleh setiap lembaga. Melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) sebagai PIC nya insyaAllah bisa mengupayakan agar UIN Maliki Malang masuk dalam pemeringkat QS WUR ini dan tentunya harus didukung sepenuhnya oleh semua pimpinan baik di tingkat rektorat, fakultas, maupun lembaga yang ada. "Semoga kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari ini senantiasa mendapat berkah dan ridho Allah SWT serta diberi kemudahan sehingga kegiatan ini bisa menyumbangkan salah satu tahapan menuju kampus unggul bereputasi internasional," pungkasnya.

Lebih Lanjut »
AKTIF: PIMPINAN DWP UIN MALIKI MALANG IKUTI AGENDA PERINGATAN HDI KEMENAG RI TAHUN 2022
Putut Wahyu Hardiyanto Senin, 5 Desember 2022 . in Berita . 15 views
4785_putut.jpg

HUMAS-Dharma Wanita Persatuan(DWP) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) selalu aktif dalam mengikuti berbagai agenda yang diselenggarakan oleh DWP Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Salah satunya kali ini, bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh tepatnya tanggal 3 Desember kemarin, maka organisasi beranggotakan istri para PNS di lingkungan UIN Maliki Malang ini ikut serta dalam agenda yang mengusung tema “Berinovasi Bangkitkan Pendidikan inklusif". Berlangsung secara during dan luring melalui aplikasi Zoom, acara yang dihadiri oleh segenap pimpinan DWP UIN Maliki Malang ini berpusat di ruang meeting rektor Lt. 1,Gedung Rektorat DR. (HC). Ir. Soekarno.Senin(5/12) 

Pada kesempatan kali ini, hadir secara online atau daring para pimpinan DWP UIN Maliki Malang, yang diwakili oleh ketuanya, yakni dra. Hj. Shofiyah Zainuddin, didampingi para pejabat DWP lainnya. Lanjut, terkait acaranya sangat begitu menarik itu dikemas dalam bentuk talkshow yang diisi dengan sharing, diskusi dan tanya-jawab sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pengikut acaranya hingga mampu menghindarkan dari rasa jenuh ataupun ngantuk. 

4787_panitia.jpg

Apalagi acara tersebut merupakan bagian agenda besar dari Kemenag pusat, yang dibuka langsung oleh Dirjen Pendis Kemenag RI, M. Ali Ramdani lalu dihadiri Bunda Pendidikan Inklusif sekaligus Penasihat DWP Kemenag RI, Hj. Eny Retno Yaqut, Ketua Umum DWP Pusat, Franka Makarim, serta Ketua DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar Ali beserta jajarannya. 

Acara eksklusif itupun membahas tentang berbagai wacana dan gambaran mulai dari kondisi para disabilitas, pemberdayaan, pendidikan hingga interakasi masyarakat terhadap disabilitas di Indonesia. Secara silih berganti alur materi disampaikan oleh staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, seorang Social enterpreneur sekaligus Komisioner Komisi Nasional Disabilitas(KND) Republik Indonesia, yakni Fatimah Asri Mutmainah dan Direktur Program Inivasi untuk Anak Sekolah Indonesia Kemitraan Australia-Indonesia(Inovasi), Mark Heyward. 

Hadir juga saat acara, para pejabat Pusat dan Dirjend Pendis Kemenag, Pokja dan Tim Ahli Pendis Inklusif serta DWP Kemenag. Selain itu juga hadir, Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Jabar, Banten, lembaga terkait lainnya serta organisasi mitra, Kepala Madrasah Inklusi, Guru Disabilitas, para Guru pendamping khusus, serta para peserta didik di Madrasah inklusi.(ptt) 

 

Lebih Lanjut »
PEDULI: UIN MALIKI MALANG KIRIM DO'A UNTUK PARA KORBAN ERUPSI SEMERU
Putut Wahyu Hardiyanto Senin, 5 Desember 2022 . in Berita . 40 views
4772_panitia.jpg
HUMAS-Susana yang berbeda kali ini nampak saat acara pelaksanaan apel pagi di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang). Pasalnya, agenda rutin setiap Senin pagi di teras depan gedung Rektorat itu di awali dengan iringan do'a yang ditujukan kepada para korban erupsi Gunung Semeru di daerah Lumajang.Senin(5/12) 

Bertindak langsung sebagai pembina upacara, Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan(Karo AUPK) UIN MALIKI MALANG, Dr. Ahmad Hidayatullah, M.Pd di awal sebelum memberikan amanatnya, mengajak para peserta upacara apel pagi untuk berdoa bersama yang ditujukan kepada para korban erupsi Gunung Semeru kemarin Minggu(4/12). "Mari Bapak Ibu semuanya yang hadir di sini, Kita berdiam sejenak untuk mendoakan saudara-saudara kita di Lumajang yang kemarin terkena dampak erupsi dari Gunung Semeru, " pintanya. 

 

4773_panitia.jpg

Harapan dari do'a tersebut, menurut Pak Karo sapaan akrabnya ini agar semua warga yang menjadi korban erupsi bisa selamat, senantiasa dilindungi oleh Allah SWT, sabar menghadapi musibah tersebut dan segera mendapatkan pertolongan/bantuan berupa apa pun sehingga tidak sampai akan adanya korban jiwa. 

Lanjut, dalam inti arahannya kali ini Pak Karo mengingatkan kembali kepada semuanya agar selalu menjaga kondisi fisik dan juga kejiwaan(psikis) pribadi masing-masing. Hal itu begitu penting karena agar bisa tetap fokus dalam bekerja dan meminimalisir adanya berbagai konflik serta tidak lupa untuk mengimbangi semuanya itu diharapkan setiap pribadi mesti merasa bahagia. "Saya beritahu kunci dari bahagia itu adalah ikhlas!, "terangnya.(ptt) 

Lebih Lanjut »
WISUDA PERIODE V: MENAMBAH INSAN BERKARAKTER ULUL ALBAB BERJIWA UNGGUL BEREPUTASI INTERNASIONAL
Putut Wahyu Hardiyanto Minggu, 4 Desember 2022 . in Berita . 30 views
4776_putut.jpg

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang( UIN Maliki Malang)selenggarakan Rapat Terbuka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode V Tahun 2022 bertempat di Lapangan Utama UIN Malang. Peserta wisuda periode V berjumlah 800 orang dengan 783 wisudawan program sarjana, 16 wisudawan program magister, dan seorang wisudawan program doktor.Sabtu(3/12)

Wisuda sebagai tanda berakhirnya seluruh kegiatan akademik dan non akademik yang dilaksanakan selama proses perkuliahan, hal ini dijelaskan oleh Prof . Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. Wakil Rektor(WR I) Bidang Akademik. “Sebelum dilaksanakan prosesi wisuda telah dilakukan sebelumnya kegiatan yudisium yang menandai kelulusan mahasiswa dalam menempuh pendidikan sesuai aturan dalam buku akademik, "jelasnya dalam laporan kelulusan.

4778_putut.jpg

Sementara itu, menurut Tibiyana Assegaf(wakil wisudawan) dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa UIN Maliki Malang merupakan kebanggaan tersendiri baginya dan para wisudawan lainnya apalagi sampai menjadi seorang sarjana. "Waktu berjalan begitu cepat tak terasa hari ini kami telah berada di penghujung salah satu periode penting dalam kehidupan kami yang akan mengarahkan kami ke dalam fase dan tahapan lain dalam kehidupan ini. Dengan diwisudanya kami maka telah menambah tanggung jawab moral atas ilmu dan gelar yang kami punya,"paparnya.

Kemudian, agenda wisuda pun berlangsung khidmat, wisuda periode V ini merupakan prosesi wisuda kedua yang digelar secara outdoor. Harapan besar dengan disematkannya gelar yang menyertai nama setiap wisudawan adalah semakin banyaknya insan berkarakter Ulul Albab dengan jiwa unggul Bereputasi Internasional. Sebagai sarjana dan kelompok terpelajar dituntut untuk mampu hidup berbangsa dan beragama, hal ini peran sumber daya manusia menjadi nilai penting dalam kompleksitas dunia. (iwa/*)

Pewarta : Ika Widia Astuti

 

 

 

 

 

 

Lebih Lanjut »
FITK & LP MA'ARIF MENGAJAR
Abadi Wijaya Sabtu, 3 Desember 2022 . in Berita . 162 views
4767_fitk-lp-mengajar.jpg

HUMAS-Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan (FITK) & Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif mengadakan sebuah program perdana bertajuk FITK & LP Ma'arif Mengajar. FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bekerja sama dengan sekolah swasta dibawah naungan LP Ma'arif Kabupaten Malang, Sabtu (03/12). 

Dalam kegiatan tersebut 15 mahasiswa terjun ke sekolah-sekolah. Sebanyak 11 mahasiswa diarahkan untuk mengajar di SMP Sunan Giri dan 4 mahasiswa di MIS Al-Ishlah. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, namun siswa-siswi terlihat sangat antusias belajar bersama mahasiswa FITK UIN Malang. 

4768_fitk-mengajar.jpg

Kepala Sekolah MIS Al-Ishlah, M. Farchan, S.Pd.I., MM., mengapresiasi dan berharap nantinya program ini dapat menjadi program kolaborasi FITK UIN Malang dan LP Ma'arif Kabupaten Malang yang terus berkelanjutan. 

Kepala Sekolah SMP Sunan Giri, Sufiatul Munadiroh, S.Pd.I, M.Pd.I., menyampaikan,

"Senang sekali karena sebenarnya pendidikan di desa membutuhkan support. Kebetulan sekarang mahasiswa yang datang kesini berkurang. Jika terdapat event lain, saya berharap mahasiswa bisa sering datang kesini. Terutama sekarang digaungkan bukan sekedar nilai tapi karakter (P5), oleh sebab itu pengajar baru pasti hasilnya lebih bagus". (as/sm)

 

Pewarta : Atiris Syari'ah

Editor : Sahda Marissa

Lebih Lanjut »
UIN MALANG KUKUHKAN 800 WISUDAWAN PROGRAM SARJANA DAN PASCASARJANA
Abadi Wijaya Sabtu, 3 Desember 2022 . in Berita . 66 views

 

4763_kukuhkan.jpg
Rektor UIN Maliki Malang memindah kincir secara simbolis kepada wisudawan

HUMAS UIN MALANG-Di penghujung tahun 2022 ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kembali mewisuda 800 wisudawan Program Sarjana S1 dan Pascasarjana S2 dan S3. Sabtu (3/12).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag menyampaikan dalam laporan akademiknya bahwa wisuda periode V tahun 2022 kali ini terdiri dari program sarjana S1 sejumlah 781 wisudawan, program Pascasarjana S2 sebanyak 14 wisudawan dan khusus program Pascasarjana S3 hanya diikuti oleh satu wisudawan saja. Akan tetapi, untuk kategori S1 dan S2 masih memenuhi targetnya. "Insyaallah untuk tahun 2023 lulusan S3 Pascasarjana akan kembali memenuhi kuota kembali," tegasnya yakin.

4764_wisudaw.jpg

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA meminta seluruh lulusan UIN Maliki Malang bisa terus berkiprah aktif di tengah masyarakat sembari mengamalkan keilmuannya yang telah di dapat selama berada di bangku kuliahnya. "Saya berharap lulusan UIN Maliki Malang bisa memberikan kontribusinya bagi kemajuan bangsa ini," harapnya.

Lulusan UIN Maliki Malang, harus siap menyongsong era disrupsi ini dengan dibekali soft skill dan hard skill yang memadai dan memiliki daya saing tinggi.

4765_prof-umi.jpg

Di akhir sambutannya, orang nomor wahid di UIN Maliki Malang ini berpesan kepada para sarjana dan alumni semua agar bisa terus belajar dan belajar, jangan pernah berhenti. Pasalnya, menimba ilmu itu tidak ada batasannya (life long education), selain itu para wisudawan wajib hormat kepada kedua orang tua dan para guru atau dosennya. "Berkat perjuangan merekalah kalian di didik dan diberi ilmu hingga bisa diwisuda seperti saat ini," pesannya.

4766_ortu.jpg

Selain itu, jangan pernah berhenti untuk ikhtiar dan berdoa, teruslah berjuang sembari tetap menjaga nama baik almamater UIN Maliki Malang. Jaga relasi dengan Tuhan Allah SWT, sesama manusia dan lingkungan. "Pesan ini sesuai dengan apa yang termaktub dalam QS. al-Qashas: 77," jelasnya.

Pesan yang terakhir, jagalah kesatuan dan persatuan NKRI ini dengan bersikap toleran, dan menghindari segala macam bentuk kekerasan, akomodatif terhadap budaya lokal (local wisdom). "Inilah ciri sikap moderasi dalam beragama," pungkasnya.

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up