Daftar Kategori: Berita


Teken Kontrak dengan Mitra Pembangunan, UIN Malang Tekad Berikan Manfaat bagi Masyarakat.
Abadi Wijaya Rabu, 24 Juli 2024 . in Berita . 29 views
7403_fotoa.jpg

HUMAS UIN MALANG - Serah terima Proyek Pembangunan di kampus 3 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berupa 3 unit gedung, diantaranya Ma'had Putra, Ma'had Putri, dan Islamic Tutorial Centre (ITC) ditandai dengan teken kontrak antara UIN Malang dan mitra kontraktor berlangsung di Ruang Rektor, Gedung Ir. Soekarno UIN Malang, Rabu (24/7).
Pertemuan yang dihadiri oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Akademik), Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), dan Dr. H. Barnoto, M.Pd.I (Kepala Biro AAKK).

7404_ttd-ok.jpg


Selain itu, turut hadir Manager Project Management Unit UIN Malang, Dr. Zainal Habib, M.Hum, serta perwakilan dari kontraktor (pihak kedua) PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Yaya Setiadi dan Rudi Nugroho (Project Management and Supervision Consultant PT. Jaya Construction Management).
Dalam pertemuan ini, Rektor UIN Malang, Prof. Zainuddin, menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi tim pembangunan yang telah bertekad menyelesaikan proyek ini, "Terima kasih kepada tim di lapangan yang telah bekerja maksimal, saya juga memastikan kondisi fisik pekerja harus baik agar pembangunan dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

7405_prof-zain.jpg


Rektor berkacamata itu mengajak seluruh sivitas akademika untuk bertanggung jawab memelihara fasilitas yang ada. "Melalui Kabiro AUPK, nanti akan dibuatkan peraturan bagi mahasiswa khususnya, agar bisa menjaga unit maupun gedung dengan baik," tegasnya.
Perwakilan pihak kedua, Yaya Setiadi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan UIN Malang untuk memberikan jalan bagi mereka dalam menyelesaikan proyek tersebut. Dirinya menyebut, pembangunan ini agar dipahami dan dimaklumi bersama jika ada yang masih belum sempurna karena masih dalam tahap penyelesaian.
Ditemui terpisah, Manager Project Management Unit (PMU), Dr. Zainal Habib, M.Hum menyampaikan bahwa UIN Malang berniat memberikan manfaat secepatnya kepada masyarakat dengan adanya pengembangan kelembagaan UIN Malang.
Pasalnya, pembangunan ini by design dan sesuai dana yang dibutuhkan. "Kami, ingin menunjukkan kalau penggunaan anggaran benar-benar kita butuhkan agar gedung yang terbangun tidak menjadi sekadar hiasan," tegasnya.

7406_ini-loh.jpg


Ia menambahkan, tahap penyelesaian ini meliputi pembangunan ruang perkuliahan, laboratorium, perkantoran, dan fakultas ditargetkan akan selesai sempurna pada Februari 2025 mendatang Area. Untuk sementara, perkuliahan bisa memanfaatkan ma'had dengan konsep halaqah.
Terakhir, Rektor Prof. Zainuddin berharap, komunikasi dengan mitra tetap berjalan dengan baik, lebih-lebih bisa saling menguntungkan di waktu mendatang dan yang terpenting dalam setiap langkahnya diridhoi-Nya. (sf/*)

Reporter & Fotografer: Sultan Elsyam

Lebih Lanjut »
Program Doktor Ekonomi Syariah Sukses Gelar Ujian Terbuka Perdana 
Iffatunnida Selasa, 23 Juli 2024 . in Berita . 174 views
7401_s3eko.jpg

HUMAS UIN MALANG-Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menorehkan sejarah dengan sukses menggelar ujian terbuka perdana, Rabu (20/7). Ujian ini menjadi momen penting bagi program studi yang baru berdiri 3,5 tahun ini. Luthfi Abdillah, menjadi doktor pertama yang dikukuhkan dalam ujian terbuka ini. Disertasinya berjudul "Analisi Pengaruh Digital Shari'ah Bank Experience (DSBE) terhadap Customer Benefit, dengan Customer Loyality sebagai Variabel Mediasi" menarik perhatian banyak pihak. Hadir dalam kegiatan ini para pakar Ekonomi Syari'ah, dosen, mahasiswa Prodi Doktor serta pihak terkait dan pemerhati pengembangan Ekonomi Syari'ah di Indonesia.

Ujian terbuka ini dihadiri oleh berbagai pakar ternama di bidang Ekonomi Syariah, termasuk Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bigger Adzanna Maghribi, Prof. Setyo Wahyudi, SE, M.Sc, Ph.D. (Universitas Brawijaya Malang), Prof. Dr. Wahid Murni, SE, M.Pd., Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, MA., Dr. H.Ahmad Djalaluddin, Lc., MA., Prof. Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag., dan Dr. Indah Yuliana, SE., MM.

Dalam paparannya, Luthfi menyoroti tentang potensi besar Perbankan Syariah di Indonesia yang belum teroptimalkan. Digital Shari'ah Bank Experience (DSBE) yang dikemukakannya dalam disertasi ini menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja Perbankan Syariah dan meningkatkan daya saingnya di tengah dominasi perbankan konvensional.

7402_s3ekoo.jpg

Ketua Program Studi Doktor Ekonomi Syariah UIN Malang, Prof. Dr. Nur Asnawi, menyatakan bahwa ujian terbuka ini merupakan bagian penting dari proses akademik untuk memastikan kualitas lulusan. Ia juga menyampaikan komitmen prodi untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di bidang Ekonomi Syariah, serta berkontribusi dalam pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia dan internasional.

Ujian terbuka perdana ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Program Studi Doktor Ekonomi Syariah UIN Malang. Keberhasilan ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus berkarya dan menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas di bidang Ekonomi Syariah.

Lebih Lanjut »
Kemenag Gelar Pertemuan dengan 28 Rektor PTKN BLU untuk Bahas Regulasi Remunerasi Kolektif
Abadi Wijaya Selasa, 23 Juli 2024 . in Berita . 65 views
7397_ok.jpg

HUMAS UIN MALANG – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Pusat mengundang 28 rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang berstatus Satuan Kerja (Satker) Badan Layanan Umum (BLU) dalam sebuah pertemuan penting di ruang meeting Gedung Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat. Selasa, 23 Juli 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas regulasi serta dasar hukum remunerasi kolektif berdasarkan PMK 129/PMK.05/2020 yang telah diubah dengan PMK 202/PMK.05/2022, khususnya pada Pasal 301 ayat (4) tentang penetapan usulan remunerasi secara kolektif.

Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, Kepala Biro AUPK, hadir mewakili Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bersama Dr. Ridwan. 

Dalam sambutannya, Sekjen Kemenag RI, Prof. Dr. Ali Ramdhani, menekankan pentingnya kemandirian perguruan tinggi berstatus BLU. “Segala upaya dan terobosan harus dilakukan tanpa menyalahi regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, dalam pertemuan ini dibutuhkan koordinasi langsung dengan 28 rektor yang lembaganya menggunakan layanan BLU,” ungkapnya.

Prof. Ali Ramdhani juga mendorong perguruan tinggi untuk mengoptimalkan pendapatan melalui peluang bisnis yang sesuai dengan iklim akademik, seperti konferensi berbayar dan jurnal berbayar. “Saya rasa itu peluang yang memang sesuai dengan iklim akademik di perguruan tinggi,” tambahnya.

Namun, hasil monitoring dan evaluasi (monev) BLU PTKIN menunjukkan masih banyak pekerjaan rumah, terutama dalam tata kelola BLU. Beberapa masalah yang perlu diatasi termasuk penyempurnaan pedoman dan SOP pengelolaan keuangan BLU, penguatan peran SPI, serta penyelesaian beberapa kasus hukum di sejumlah satker BLU.

Masalah-masalah ini menghambat upaya perguruan tinggi BLU dalam mengoptimalkan aset tetap yang dimilikinya. Faktor utama penghambat adalah belum adanya peta jalan (road map) optimalisasi aset BLU dan pedoman pengembangan unit bisnis.

7398_ririn.jpg

Direktur pembinaan PK BLU Ririn Kadariyah juga menjelaskan bahwa hasil monev BLU PTKIN dalam hal hasil kinerja keuangan dilaporkan bahwa terjadi adanya indikasi penumpukan kas BLU dan juga kurangnya digitalisasi pengelolaan keuangan dan layanan BLU. "Selain itu juga kurang optimalnya penempatan idle cash karena evaluasi rutin kegiatan belum dilaksanakan dan diintegrasikan dengan perencanaan keuangan," jelasnya.

Persoalan lain yang muncul juga soal penyusunan tarif layanan belum di dukung dengan perhitungan unit cost yang komprehensif dan juga belum didukung dengan adanya penetapan tarif. "Ini beberapa catatan hasil evaluasi yang telah dilakukan dan harus segera mengambil langkah untuk penyelesaian terhadap regulasi yang berlaku," paparnya.

Dengan pertemuan ini, diharapkan perguruan tinggi yang berstatus BLU dapat lebih mandiri dan optimal dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada tanpa melanggar regulasi yang berlaku.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Galakkan Inovasi Bisnis untuk Tingkatkan Pendapatan Perguruan Tinggi
Abadi Wijaya Senin, 22 Juli 2024 . in Berita . 211 views

 

7396_pat.jpg

 

HUMAS UIN MALANG-UIN Maliki Malang tengah menggagas berbagai strategi untuk menghidupkan iklim usaha di lingkungan kampus sebagai upaya meningkatkan pendapatan perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk mendukung misi memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Senin, 22 Juli 2024.

Kepala Biro AUPK UIN Maliki Malang, Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd, menegaskan bahwa langkah strategis ini melibatkan program kreatifitas pengelolaan keuangan yang bekerja sama dengan para investor. Berbagai potensi yang bisa dikembangkan untuk bisnis, seperti penyewaan aset dan kerjasama operasional, akan dimaksimalkan.

Ahmad juga menekankan pentingnya pengelolaan aset yang optimal melalui kolaborasi dengan investor. Ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi Badan Layanan Umum (BLU) yang memiliki otonomi dalam mengelola aset negara.

"Untuk mewujudkan pendidikan yang terjangkau, dibutuhkan kajian konstruktif serta keterlibatan seluruh stakeholder. Langkah ini diambil dengan risiko paling efisien dan aman dari sisi prosedur, sehingga memerlukan studi mendalam baik dari aspek hukum maupun lainnya," ujar Ahmad.

Melalui pendekatan inovatif ini, UIN Maliki Malang berharap dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan, sekaligus mendukung kesejahteraan ekonomi masyarakat luas.

Lebih Lanjut »
Penguatan Akademik PTKIN: FGD Senat di Medan Menghasilkan Terobosan Baru
Abadi Wijaya Senin, 22 Juli 2024 . in Berita . 145 views
7395_seert.png

HUMAS UIN MALANG - Dalam upaya memperkuat akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), forum Senat PTKIN kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Wings Hotel, Medan. Acara yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu (19-21 Juli 2024) ini digagas oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dan dihadiri oleh seluruh ketua dan sekretaris Senat PTKIN se-Indonesia. Senin, 22 Juli 2024.

Di antara peserta yang hadir, perwakilan dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., dan Prof. Dr. Agung Sedayu, M.T., turut berpartisipasi aktif. Prof. Muhtadi menjelaskan bahwa FGD kali ini lebih menyoroti peran Senat sebagai dewan pertimbangan dan penjaga kode etik akademik dalam upaya meningkatkan kualitas kampus. Dia berharap FGD ini melahirkan gagasan-gagasan inovatif untuk pengembangan PTKIN.

Transformasi kelembagaan PTKIN yang telah berlangsung sejak tahun 2000-an, ditandai dengan peningkatan status lembaga menjadi UIN, IAIN, dan STAIN, serta diikuti oleh PTS berbasis keagamaan di seluruh tanah air. Transformasi ini dipandang sebagai langkah penting untuk menghadapi tantangan dan peluang globalisasi dan liberalisasi pendidikan. PTKIN diharapkan terus beradaptasi dengan dinamika pendidikan modern, termasuk inovasi teknologi informasi dan kecerdasan buatan.

Namun, tantangan rekrutmen mahasiswa baru menjadi perhatian serius. Kebijakan PTNBH yang memberikan ruang luas bagi universitas untuk merekrut mahasiswa telah menyebabkan penurunan signifikan pada rekrutmen mahasiswa baru di PTKIN. Kondisi ini memicu perlunya PTKIN untuk lebih kompetitif dalam menarik minat mahasiswa baru.

Dalam merespon tantangan ini, forum Senat PTKIN se-Indonesia memainkan peran strategis. Senat yang terdiri dari para guru besar dan doktor diharapkan dapat lebih berkontribusi dalam pengambilan kebijakan dan evaluasi program-program akademik.

FGD ini menghasilkan beberapa komitmen penting, termasuk pembentukan Forum Senat PTKIN se-Indonesia dalam bentuk presidium yang terdiri dari 13 lembaga. Presidium ini diharapkan dapat menjadi wadah koordinasi dan kolaborasi antar-Senat PTKIN untuk memperkuat peran dan kontribusi Senat dalam pengembangan akademik PTKIN.

Selain itu, FGD ini juga melahirkan sejumlah rekomendasi strategis yang dibahas dalam lima komisi, yang diharapkan dapat mendorong transformasi dan peningkatan kualitas PTKIN di masa mendatang.

Lebih Lanjut »
Mahasiswa Sains dan Teknologi UIN Malang Terpilih Menjadi Duta Lingkungan Intelegensia Jawa Timur
Abadi Wijaya Sabtu, 20 Juli 2024 . in Berita . 158 views

 

7392_hh.jpg

HUMAS UIN MALANG - Andi Hartanto, mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, berhasil meraih gelar Duta Lingkungan Intelegensia Jawa Timur. Andi, yang berasal dari jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi, juga terpilih sebagai Juara Duta Intelegensia dalam acara bergengsi ini. Prestasi gemilang ini tidak hanya membawa nama baik dirinya dan UIN Malang, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Tulungagung yang diwakilinya, 7 Juli 2024

Andi Hartanto mengungkapkan perasaan bahagianya, "Tepat pada tanggal 7 Juli 2024 langkah kecil itu resmi dimulai, terpilih menjadi duta Lingkungan Jawa Timur dan menjadi perwakilan kabupaten Tulungagung dari 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur, merupakan hadiah dan amanah terindah yang Allah SWT berikan kepadaku. Senang dan terharu sekali rasanya bisa berdiri sampai di titik ini karena di belakangnya banyak sekali tangisan dan kegagalan yang mengiringi langkahku, namun dari hal itu membuatku percaya bahwa tak ada kosakata gagal bagi mereka yang berani bermimpi dan berjuang karena bunga-bunga yang indah itu perlu waktu untuk tumbuh dan mekarnya masing-masing. Semoga dari tanggungjawab dan amanah yang telah diberikan bisa menjadi semangat untuk terus memotivasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Jawa Timur." Ujar Andi.

Sebagai perwakilan Kabupaten Tulungagung sekaligus UIN Malang, Andi juga menegaskan pentingnya kontribusi nyata yang harus diimbangi dengan kolaborasi dan kerja tim bersama. "Kontribusi yang nyata harus diimbangi dengan kolaborasi dan kerja tim bersama, sehingga bisa menjadi satu kesatuan paguyuban yang merangkul dan menjadi rumah yang nyaman bagi semua anggotanya. Dari Tulungagung, untuk lingkungan hidup yang ada di Jawa Timur. Salam Lestari, Salam Konservasi."

7393_jn.jpg

Andi Hartanto kini bergabung dengan Paguyuban Duta Lingkungan Jawa Timur, yang bertujuan untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan konservasi di seluruh provinsi. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Andi diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup khususnya di UIN Malang tersendiri. (Alf)

Reporter : Alfan Fahrizal

Lebih Lanjut »
Tekan Angka Stunting, FKIK UIN Malang Gelar Aksi Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan
Abadi Wijaya Jumat, 19 Juli 2024 . in Berita . 156 views
7390_sjjs.jpg

HUMAS UIN MALANG - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana gelar kegiatan penyuluhan stunting dan pemeriksaan kesehatan pada siswa di SMP 7 Malang, Jumat, 19 Juli 2024.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan, wilayah di sekitar SMP 7 Malang merupakan salah satu wilayah dengan tingkat stunting yang tinggi. Hal ini menjadi dasar bagi FKIK UIN Malang melakukan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang berkolaborasi bersama mahasiswa di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang.

7391_skssk.jpg

Dalam kegiatan ini, hadir Dr Nurlaili Susanti selaku narasumber pada penyuluhan terkait masalah stunting. Beliau menjelaskan bahwa dalam mencegah stunting, perlu adanya peran dari remaja. Meskipun pencegahan stunting itu ada pada anak yang kurang dari 2 tahun, namun ketika remaja saat ini, peran mereka diperlukan untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dengan memperhatikan gizi yang baik, pola hidup bersih dan sehat. Maka harapannya dengan diberikan penyuluhan, dapat menjadi pengetahuan bagi para remaja agar dapat mencegah stunting ketika suatu saat menjadi orang tua.

Farika, selaku ketua pelaksana kegiatan turut menyampaikan hal serupa terkait latar belakang mengambil tema stunting dan pemilihan tempat. Mahasiswa Kedokteran ini menyampaikan bahwa perlu juga adanya memperbaiki mindset para siswa yang menganggap makanan gizi itu mahal. Ini sangat perlu menjadi perhatian dikarenakan salah satu upaya mencegah stunting adalah dengan memperhatikan gizi yang masuk pada tubuh.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman mendalam bagi para siswa sehingga dapat menenkan tingkat stunting di Indonesia, khususnya Kota Malang.

 

Reporter : Rizki Ramadhani Pratama

Lebih Lanjut »
UIN Malang Kembali Hibahkan Kursi Kayu ke Enam Instansi
Abadi Wijaya Kamis, 18 Juli 2024 . in Berita . 195 views
7385_hibah.jpg

HUMAS UIN MALANG –Lagi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menunjukkan kepeduliannya dengan menghibahkan Barang Milik Negara (BMN) berupa kursi kayu kepada enam instansi yang meliputi yayasan, masjid, dan sekolah swasta. Acara serah terima hibah ini berlangsung pada hari Kamis, 18 Juli 2024.

7386_plakat.jpg


Kepala Bagian Umum UIN Malang, Ita Hidayatus Solihah, dalam arahannya menegaskan bahwa penyerahan hibah BMN ini dilakukan secara resmi dan sesuai dengan prosedur. "Siang ini, UIN Malang secara resmi melakukan serah terima hibah dan transfer keluar masuk BMN kepada enam instansi penerima hibah BMN berupa kursi kayu," jelasnya.

7387_ita.jpg


Enam instansi penerima hibah tersebut yaitu MI Al-Istiqomah, Masjid Al Muflikhun, Yayasan Pondok Pesantren Pondasi Agama Darul UNSI Littholibin, Yayasan Darun Najah, MTs Ma’arif Pager, MTs Thoriqul Ulum
Menurut Ita Hidayatus Solihah, kursi kayu yang dihibahkan ini adalah barang yang masih layak pakai dan dapat dimanfaatkan oleh instansi yang menerima. "Hal ini didasari hasil survei tim BMN UIN Malang di lapangan," tambahnya. Beliau berharap agar barang yang dihibahkan ini dapat memberikan manfaat bagi instansi penerima dan pahala yang terus mengalir bagi UIN Malang. "Semoga barang berupa kursi kayu ini bisa memberikan manfaat," harapnya.

7388_sambut.jpg


Perwakilan dari MTs Thoriqul Ulum Mojokerto, salah satu penerima hibah, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada UIN Malang. "Saya mewakili semua instansi yang mendapatkan hibah BMN mengucapkan terima kasih. Semoga Allah membalas kebaikan UIN Malang dengan pahala yang setimpal dan ke depan UIN Malang semakin maju dan sukses," ungkapnya.

7389_ok.jpg


Dengan adanya hibah ini, diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan fasilitas instansi-instansi yang telah bekerjasama dengan UIN Malang serta mendukung kegiatan mereka dalam memberikan pelayanan dan pendidikan kepada masyarakat.

Lebih Lanjut »
Auditor LPH UIN Malang Ikuti Uji Kompetensi Auditor Halal
Abadi Wijaya Kamis, 18 Juli 2024 . in Berita . 230 views
7381_audit.jpg


HUMAS UIN MALANG-Di era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi industri memicu kompleksitas dalam produksi, termasuk potensi penggunaan bahan non-halal. Oleh karena itu, diperlukan auditor halal yang kompeten untuk menjamin kehalalan produk.

Untuk memastikan kompetensi tersebut, enam auditor halal dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti uji kompetensi sertifikasi okupasi auditor halal di LSPHI. Ujian ini dilaksanakan pada 16-17 Juli 2024 di Malang dan diikuti oleh Anik Maunatin, Hajar Sugihantoro, Ardiyatul Iffah Kelana, Mayu Rahmayanti, Novia Maulina, dan Akyunul Jannah sebagai peserta.
7382_audit2.jpg

Prilya Dewi, Manajer LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menyatakan bahwa uji kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, sikap, keterampilan, dan kapasitas auditor halal. Hal ini diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat, khususnya pelaku usaha, dalam memilih LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai lembaga pemeriksa halal.
7383_audit3.jpg

Moh. Taufiq, Supervisor Mutu LPH, menambahkan bahwa peran auditor sangat penting dalam proses sertifikasi halal. Seorang auditor wajib memiliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan dan/atau pengujian kehalalan produk, serta memahami dan memiliki wawasan luas mengenai kehalalan produk menurut syari’at Islam, sebagaimana tertuang dalam PP 39 tahun 2021.
7384_audit5.jpg

LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah terakreditasi dengan kualifikasi Pratama pada 5 Oktober 2022 untuk audit makanan, minuman, obat, kosmetik, dan jasa penyembelihan. Akreditasi ini merupakan dukungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam implementasi kewajiban halal bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, sesuai dengan Undang-Undang Jaminan Produk Halal No 33 Tahun 2014.

Kontributor: Prilya Dewi
Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up