Daftar Kategori: Berita


J-PAI: BELAJAR UNTUK PENINGKATAN KUALITAS
Iffatunnida Rabu, 23 Januari 2019 . in Berita . 44 views
1800_jpai.jpg

 

GEMA-Pengelola J-PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mengundang seluruh pengelola jurnal di UIN Malang dalam Workshop Peningkatan Mutu dan Kelola Jurnal, Rabu (23/1). Dekan FITK Dr. Agus Maimun dan Koordinator Rumah Jurnal Dr. Sri Harini membuka acara tersebut di Perpustakaan Pusat.
Dalam pemaparan Dekan FITK, kegiatan tersebut ditujukan untuk me-review jurnal yang sudah berjalan, khususnya di Jurnal Pendidikan Agama Islam. Fokus bahasan ialah peningkatan mutu dalam penataan dan penulisan jurnal.
Ia pun menambahkan, workshop semacam ini adalah tempat belajarnya para pengelola dalam mempersiapkan akreditasi jurnal yang dikelola. “Di sini lah kita sama-sama belajar agar kualitas jurnal kita meningkat dan dapat terakreditasi,” tuturnya berharap.
Mochammad Tanzil Multazam, pemateri, menyampaikan beberapa hal terkait telaah jurnal, tugas editor, juga hal lain terkait penulis. Tak ketinggalan, ia juga membahas referensi jurnal. “Referensi ini esensial, agar kita bisa melihat link sumber paper yang diambil oleh si penulis,” jelas pria berkacamata tersebut. (gl/nd)

Lebih Lanjut »
AGAR PEMILWA 2019 BERKUALITAS
Iffatunnida Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 40 views
1798_lantik-pemilwa.jpg

GEMA-Menjelang Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa), Senat Mahasiswa (SEMA) UIN Malang melantik KPU (Komisi Pemilhan Umum) dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu), Kamis (17/1). Pihak SEMA berharap, pengurus baru memiliki integritas untuk bertugas dalam mengatur pelaksanaan Pemilwa mendatang.
Dalam pelantikan di Aula Gedung C Lt. 3 tersebut, Ketua SEMA Ongky Saputro menekankan pentingnya integritas sebagai wujud kepribadian seseorang. Kepribadian yang dimaksud ialah menumbuhkan kejujuran, adil, dan menjunjung tinggi asas demokrasi. “Jika semua pengurus memiliki kepribadian tersebut, saya yakin Pemilwa akan sangat berkualitas,” harapnya.
Ongky mengungkapkan akan ada hal berbeda di Pemilwa tahun ini. “Proses pemilihan akan dilakukan serentak di tingkat fakultas dan universitas,” tuturnya. Ia ingin pengurus di fakultas dan universitas dapat bekerjasama dengan selaras dan harmonis untuk mengawal pelaksanaan Pemilwa UIN Malang.
Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Isroqunnajah dan Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Abdul Aziz. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
KKM 2019: LOMBA ANTAR TPQ
Iffatunnida Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 89 views
1796_kkm-tpq.jpg
NGAJI: Salah satu santri TPQ Desa Sumberpasir mengikuti MTQ yang diadakan kelompok 49 dan 184 KKM UIN Malang

GEMA-Melihat banyaknya jumlah tempat belajar mengaji di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, kelompok 49 dan 184 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Malang pun berinisiasi mengadakan lomba antar santri Taman Pendidikan al Quran (TPQ), Minggu (20/1). Event yang diberi nama Gebyar TPQ Sumberpasir 2019 ini dilaksanakan di area MI Nahdlatul Ulama desa setempat.
Ketua Kelompok KKM Romaldy Abdul Fattah menerangka, ada 14 TPQ yang berpartisipasi dalam rangkaian penutupan kegiatan KKM tersebut. Peserta berasal dari empat dusun di Desa Sumberpasir. “Para pemenang akan kami umumkan saat malam puncak sekaligus pengajian akbar,” jelasnya.
Gebyar TPQ ini, tutur Nindy, salah satu panitia, melombakan tiga kategori lomba. Yakni Musabaqoh Tartil al Quran, Azan, dan Menggambar. Ada sekitar 39 santri yang berpartisipasi aktif dalam lomba yang digagas kelompok KKM UIN Malang ini. “Setiap TPQ kami target untuk mengirimkan maksimal dua peserta,” ujarnya.
Pihak desa menyambut positif kegiatan yang digagas oleh mahasiswa-mahasiswa UIN Malang. Kepala Dusun Muhammad Qomari yakin, lomba yang digagas ini akan meningkatkan motivasi belajar para santri. “Khususnya meningkatkan semangat santri TPQ untuk semakin rajin belajar mengaji,” paparnya. (ir/nd)

Lebih Lanjut »
SYAUQI XI KENALKAN SALAT TAQWIYAH AL HIFDZI
Abadi Wijaya Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 141 views
1797_syauqi-xi.jpg
KHUSYUK: Peserta Syauqi XI saat melaksanakan Salat Hajat Taqwiyah al Hifdzi di Masjid Ulul Albab, Kamis (17/1)

GEMA-Salat merupakan bentuk sebuah doa. Maka Syauqy XI mengadakan kegiatan rutin salat Taqwiyah al Hifzhi, Kamis (17/1). Program ini dilakukan dua pekan sekali pada hari Kamis. Kegiatan salat Hajat ini dilakukan secara berjamaah di Masjid Ulul Albab. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia Syauqy XI akan dipimpin oleh Ahmad Jaini alumni UIN Maliki Malang Jurusan Matematika angkatan 2011.

Tata cara salat Hajat untuk menguatkan hafalan ini serupa dengan salat Dhuha empat rakaat. Namun, pada rakaat pertama membaca Surah Yasin dan rakaat kedua membaca Surah ad Dukhan. Sedangkan rakaat ketiga membaca Surah as Sajdah dan terakhir rakaat empat membaca Surah al Mulk.

Salat ini berdasarkan hadits yang menerangkan bahwa sahabat Ali bin Abi Thaib mengadukan hafalan al Qurannya yang terlupa kepada rasul. Kemudian Rasulullah memerintahkan Ali untuk salat Hajat. Dari segi keshahihan hadits ulama berbeda pendapat beberapa mengatakan dhoif. Namun, menurut Imam Bukhori hadits ini shahih berdasarkan dalil al Quran yang menyatakan agar meminta pertolongan Allah melalui sabar dan salat.

“Tujuannya menunjukkan kepada teman-teman bahwa terdapat salat khusus, salat hajat, untuk meminta kepada Allah agar dikuatkan hafalannya,” terang Fadhil Agus Bahari. Sie Acara Syauqi XI ini menerangkan bahwa sebenarnya salat ini dilaksanakan selama tujuh hari, bahkan 15 hari. Namun menurutnya, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan bahwa ada salah hajat untuk menguatkan hafalan al Quran. (br/nhl)

 

Lebih Lanjut »
BUPATI (PLT) MALANG LAUNCHING GREEN SMART LIVING
Abadi Wijaya Senin, 21 Januari 2019 . in Berita . 100 views
1795_greenliving.jpg
Abd. Haris Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang saat lounching program KKM Kelompok 71 dan 208 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Green Smart Living, Minggu (20/1).
GEMA-Mahasiswa KKM kelompok 71 dan 208 menghadirkan Drs. H. M. Sanusi, MM Bupati Kabupaten Malang (plt) dan Rektor UIN Malang di desa KKM-nya. Program gagasan mereka Green Smart Living berhasil menarik kedua tokoh ini bertandang untuk me­-lounchingnya langsung, Minggu (20/1). Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

“Kegiatan KKM ini harus diikuti dengan research di tempat KKM,” terang Prof. Haris dalam sambutannya. KKM yang diisiasi oleh UIN Maulana Malik Ibrahim ini memang berfungsi untuk mendampingi masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada. Sehingga dengan research setidaknya akan diketahui dua hal. Yang pertama, lanjut orang nomor wahid UIN Malang ini, bahwa dengan research akan diketahui pengaruh KKM terhadap suatu desa. Dan yang kedua, akan diketahui bagaimana cara untuk mengembangkan desa menjadi desa unggul.

“Saya menyambut baik acara ini, karena untuk menjadi desa yang berkembang diperlukan campur tangan dari banyak pihak,” ujar Sanusi Bupati Kab. Malang (plt). Dalam sambutannya, teman satu almamater dengan Rektor UIN Malang ini memberikan contork Desa Pujon Kidul. Perkembangan desa ini sangat signifikan. “Sekarang omset desa ini mencapai 40 M dalam setahun,” jelasnya memotivasi.

Lawatan kedua tokoh di Malang ini adalah untuk me-lounching program KKM Kelompok 71 dan 208 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Green Smart Living. Semoga program ini dapat bermanfaat bai masyarakat dan menjadikan desa Duwet Krajan menjadi salah satu desa unggul di Indonesia. (nhl)

Lebih Lanjut »
MAHASISWA KKM GAGAS GREEN SMART LIVING
Abadi Wijaya Senin, 21 Januari 2019 . in Berita . 85 views
1794_gsl.jpg
RAMAH: Plt. Bupati Drs. H. M. Sanusi, MM saat akan me-lounching salah satu program KKM Green Smart Living di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, Minggu (20/1)

GEMA-Kuliah Kerja Mahasiswa kelompok 71 dan 208 menggagas ide kreatif di tempat KKM-nya. Bertempat di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, mahasiswa UIN Maliki Malang ini mencoba menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. Gagasan ini diberi nama Green Smart Living.

“Setelah datang kami bersilaturahmi ke warga desa untuk menanyakan masalah apa yang kerap dihadapi,” ujar Moh. Danu Zahidi. Ketua KKM Kelompok 208 ini menceritakan bahwa hampir 3 hari lebih anggota KKM tidak melakukan apapun selain mencari informasi dari masyarakat. Hingga akhirnya tercetuslah ide besar Green Smart Living untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat tersebut.

Ide ini memiliki empat tagline yang menjadi fokus dari ide ini. Tagline meliputi #desatanpasampah, #desahijaudanasri, #desamelekteknologi, dan #lembagakeuangansyariah. “Setelah melalui presentasi di depan Lurah, petinggi desa, dan Sekcam ide ini dapat dilaksanakan,” terang Danu. Mahasiswa semester 6 ini menerangkan bahwa ide ini merupakan penggabungan dari green smart dan smart living.

Program  KKM ini mendapat perhatian langsung dari Abd. Haris Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Sanusi Plt. Bupati Malang. Dan program ini akan secara resmi di-lounching bersama bupati, rektor, dan masyarakat desa. (nhl)

 

Lebih Lanjut »
PROF. DR. KADARSAH SURYADI, DEA: UIN MALANG SUDAH MASUK WCU
Abadi Wijaya Jumat, 18 Januari 2019 . in Berita . 94 views

 

1793_ritb2.jpg
JELAS: Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA saat menjadi narasumber utama dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk Strategi Menuju World Class University, Jumat (18/1).

GEMA-Seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti FGD dengan tajuk Strategi Menuju World Class University bersama Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, Jumat (18/1).

Dalam paparan materinya, Prof. Kadarsah mengajak sharing indikator apa saja yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi untuk menuju WCU.

WCU merupakan adanya pengakuan secara internasional, baik dari aspek institusinya maupun lulusannya. "Apakah mutunya sudah sesuai dengan standar internasional atau tidak?" papar Rektor ITB Periode 2015-2020 ini.

Selain itu, kata rektor kelahiran 1962 tersebut, UIN Malang harus melakukan continous improvement secara internasional. Selain itu, miliki layanan berstandar internasional yang bisa dibuktikan melalui akreditasi institusi secara internasional juga harus dipenuhi.

"Saya kira UIN Malang sudah proses menuju WCU, dan salah satu buktinya kampus ini memiliki jumlah mahasiswa asing yang jumlahnya cukup banyak," papar rektor yang dilantik pada 20 Januari 2015 tersebut.

Selain itu, UIN Malang juga sudah melakukan banyak hal untuk mengantarkannya menuju WCU. Salah satunya, para dosen melakukan excellent in research. Melalui program menulis 1000 buku ini salah satu upaya Rektor UIN Malang untuk menggenjot publikasi research dari para dosen. "Langkah itu tentunya akan miliki nilai tambah yang signifikan untuk kemajuan UIN Malang," jelas rektor ke-16 ITB tersebut. (*/nhl)

 

 

Lebih Lanjut »
PROF. DR. KADARSAH SURYADI, DEA: UIN MALANG MILIKI BANYAK KEISTIMEWAAN
Abadi Wijaya Jumat, 18 Januari 2019 . in Berita . 87 views
1792_ritb.jpg
SERIUS: Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA saat menjadi narasumber utama dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk Strategi Menuju World Class University, Jumat (18/1).

GEMA-Rektor ITB Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA kembali hadir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang ketiga kalinya. Kedatangannya kali ini sebagai narasumber utama dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tajuk Strategi Menuju World Class University, Jumat (18/1).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Gedung Rektorat Lt.4 itu dihadiri seluruh pimpinan di lingkungan UIN Malang.

Mengawali paparan materinya, Prof. Kadarsah banyak melontarkan pujian kepada UIN Malang. Dia mengagumi keberadaan kampus berlogo Ulul Albab ini yang memiliki konsep keilmuan  integratif.

Keistimewaan UIN Maliki Malang jika dibanding dengan UIN yang lain, memiliki gedung mahad. Kapasitasnya yang mampu menampung mahasiswa hingga 4500 inilah yang menjadikan UIN Malang memiliki nilai lebih dibanding yang lain. "Ini merupakan keistimewaan UIN Maliki Malang," tegasnya.

Selain itu, kampus yang asri dengan suhu yang sejuk juga menjadikan kampus ini cocok untuk iklim akademik. "Sehingga mahasiswa bisa lebih nyaman dalam belajar di kampus ini," terangnya. (*/nhl)

 

 

Lebih Lanjut »
GANDENG RST SOEPRAOEN, PROSPEK FKIK CERAH
Abadi Wijaya Kamis, 17 Januari 2019 . in Berita . 90 views
1791_rst.jpg
Kakesdam VBrawijaya Malang Kolonel Ckm dr. Moh Arif Harianto Sp.B saat penandatangan MoU bersama Rektor UIN Maliki Malang, Rabu (16/1).

GEMA-UIN Malang eratkan kerjasama dengan Kesdam VBrawijaya Malang.Penandatangan nota kesepahaman ini bertempat di ruang Rektor Gedung Dr. Ir. Soekarno Universitas Islam Negeri Malang, Rabu (16/1). Momen penting dihadiri langsung oleh Kakesdam VBrawijaya Malang Kolonel Ckm. dr. Moh Arif Harianto Sp. B. bersama Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris M. Ag.

Penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjutdari kerjasama yang telah dimulai sejak tahun 2015. Guna melindungi secara legal kedua lembaga, baik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun Kesdam VBrawijaya Malang. Tak hanya itu,agendaini juga untuk peningkatan pelayanan kesehatan dan kesepakatan dengan RST Soepraoen sebagai rumah sakit pendidikan utama FKIK UIN Malang.

“Hubungan ini bukan hanya sekedar hubungan biasa, namun juga akan meningkatkan kualitas Kesdam kedepannya,” ungkap Ari Harianto Kakesdam V Brawijaya. Senada dengan ini, Prof. Haris mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan awal dimulainya hubungan kekeluargaan antara kedua belah pihak.“Kerjasama ini baik kedepannya, yaitu untuk membangun kekeluargaan," timpal pimpinan UIN Malang ini.

 Terakhir, rektor berharap agar suatu hari anak-anak dari hadirin melanjutkan studinya di FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.Menurutnya, dengan adanya perjanjian ini prospek fakultas ini akan lebih cerah. (gl/nhl)

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up