Daftar Kategori: Berita


FKIK UIN MALIKI MALANG TANGGAPI ISU GLOBAL
Abadi Wijaya Kamis, 25 Februari 2021 . in Berita . 13 views
3124_global.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Isu Kesehatan Global menjadi salah satu poin penting yang disampaikan oleh M. Hasanuddin Wahid, M. Hum saat menjadi salah satu narasumber acara webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Acara yang mengusung tema Peran PTKIN Dalam Pendidikan Nasional Bidang Kesehatan ini merupakan inisiasi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maliki. Seorang narasumbernya lagi yakni Dr. H. Syafi'i, M.Ag, Kasubdit pengembangan akademik DIKTIS Kemenag RI, Rabu (24/2).

3125_g.jpg

"UIN Malang dan UIN yang lainnya jangan hanya fokus pada peristiwa isu kesehatan di lingkup lokal dan nasional saja tetapi juga harus memperhatikan kejadian serupa yang berskala internasional secara global, " ucap Hasan. Mengapa demikian, masih menurut Sekjend DPP PKB yang menjabat anggota DPR-RI Komisi X ini karena misalkan FKIK UIN Maliki selalu perhatian bahkan memperhatikan isu kesehatan global maka selanjutnya akan mampu membuat skala prioritas yang akan dilakukan. Selain itu, kampus berlogo Ulul Albab ini nantinya selalu bisa mengetahui berbagai perkembangan dunia kesehatan hingga tidak akan tertinggal dengan modernisasi saat ini. 

Tiga isu kesehatan global ini adalah prioritas WHO di tahun 2021. Pertama, membangun solidaritas kesiapan dunia melawan pandemi dan isu kesehatan global. Kedua, mempercepat akses tes COVID-19, obat dan vaksin. Terakhir, yakni mambangkitkan semangat melawan penyakit menular. Adanya ketiga isu global tersebut diharapkan oleh Hasan agar peran FKIK UIN Maliki bisa dioptimalkan apalagi di masa pandemi pastinya banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain: FKIK UIN Maliki ke depannya memiliki smart health. Hal ini semacam unit yang dilengkapi perangkat atau media digital. Fungsinya untuk mendeteksi akan adanya bahaya penyakit. Biayanya tidak mahal dan cukup terjangkau. Lalu sebagai fakultas kedokteran, FKIK berperan sebagai edukator kesehatan bagi masyarakat sekitar, setidaknya jika FKIK UIN Maliki berati setidaknya untuk wilayah masyarakat Malang Raya. Selanjutnya, berperan sebagai ahli manajemen spesialis kesehatan, yakni menjadi konsultan terkait hal-hal berkaitan dengan berbagai kebutuhan kesehatan di masyarakat. (ptt)

Lebih Lanjut »
3 PRODI BARU RESMI DIBUKA
Iffatunnida Selasa, 23 Februari 2021 . in Berita . 86 views
3121_rek.jpg

GEMA-Setelah lama merencanakan dan mengajukan, akhirnya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan resmi untuk UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tiga sekaligus Surat Keputusan Menteri Agama RI menandakan diresmikannya pembukaan tiga prodi baru, Selasa (16/2). Ketiganya ialah SK Menag No. 27 Tahun 2021 untuk Program Doktor Hukum Keluarga Islam, SK Menag No. 28 Tahun 2021 untuk Program Doktor Ekonomi Syariah, dan SK Menag No. 29 Tahun 2021 untuk Pendidikan Profesi Guru.
Hal ini disampaikan Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. saat melantik profesor baru di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Rabu (17/2). Ia menilai ada sinergitas antara penambahan guru besar dan juga program studi di kampus. Pihak kampus masih akan tetap mengusahakan penambahan prodi lainnya. Pasalnya, UIN Malang ingin menjadi tujuan studi lanjut bagi lulusan PTKIN, PTN, dan perguruan tinggi swasta lainnya baik di dalam maupun luar negeri. Maka, Prof. Haris berharap agar seluruh elemen di kampus mendukung cita-cita baik universitas untuk menjadi lembaga di skala World Class University. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG: KAMPUS ISLAM NEGERI TERBAIK PERTAMA
Abadi Wijaya Minggu, 21 Februari 2021 . in Berita . 91 views
3118_i.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meraih predikat sebagai UIN terbaik pertama di Indonesia versi UniRank tahun 2021. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Maliki Malang, Mukhlish Fuadi, Minggu (21/2).

3119_o.jpg

Ia menjelaskan, sebenarnya bila dilihat dari ranking nasional, UIN Maliki Malang menempati peringkat 26 dari 557 lebih perguruan tinggi se-Indonesia yang memenuhi kriteria UniRank. Namun, ketika dicermati kampus-kampus di atasnya ternyata bukan kampus negeri berbasis Islam. Melainkan berstatus swasta dan juga dari luar negeri. Sehingga, UIN Maliki Malang menjadi kampus Islam negeri terbaik pertama dalam versi UniRank. "UIN Maliki Malang masuk dalam 10 besar kategori universitas Islam terbaik di dunia, atau tepatnya peringkat 9 di atas UII bersama universitas Islam lainnya,” ujarnya.

3120_y.jpg

Lebih lanjut, ia menjelaskan UniRank merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia. Lembaga itu setiap tahunnya, merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia. Sehingga dalam perankingan, lembaga tersebut pastinya memiliki parameter tersendiri sebagai indikatornya. 

Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar peringkat kampus Islam terbaik tersebut merujuk tiga indikator. Pertama, diakreditasi oleh organisasi pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
FE SYUKURI PEMBUKAAN PRODI BARU
Abadi Wijaya Jumat, 19 Februari 2021 . in Berita . 99 views
3115_sambutan.jpg

GEMA-Keluarga besar Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sekarang memiliki program studi (prodi) baru di jenjang S3, yakni Program Doktor Ekonomi Syariah. Sebagai ungkapan syukur atas dibukanya prodi baru tersebut, FE mengadakan tasyakuran bersamaan dengan kegiatan khotmil Quran, shalawatan, dan istighosah bersama di Aula Lt.1 Fakultas Ekonomi, Gedung Megawati Soekarnoputri, Jumat (19/2).

3117_dr.jpg

Dekan FE, Prof. Dr. Nur Asnawi menyatakan,adanya prodi baru di suatu fakultas menjadi pertanda adanya peningkatan dan perkembangan institusi di bidang akademik. Sehingga ia berharap hal tersebut tidak cukup hanya disyukuri namun harus dioptimalkan dengan berbagai upaya. Di antaranya ialah peningkatan mutu SDM, penyediaan sarpras yang memadai dan kualitas manajemen pembelajaran yang terbaik.

Pada kesempatan itu juga Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag, Rektor UIN Malang menambahkan bahwa selama masa kepemimpinannya, ia mewajibkan dekan setiap fakultas untuk mengajukan program S2 dan S3 yang sesuai dengan prodi S1-nya. Sehingga nantinya, UIN Malang akan selalu menjadi salah satu PTKIN terbaik sekaligus sebagai rujukan utama tempat studi lanjut bagi para lulusan S1 baik dari PTKIN dan juga PTIS.

Di akhir sambutan, Prof. Haris mengingatkan bahwa selama mengemban amanah, maka siapa pun yang menjadi pimpinan di unit apapun tidak boleh berambisi mencari keuntungan pribadi dengan cara korupsi, gratifikasi, dan lainnya. "Ini lembaga pendidikan Islam sehingga semuanya memiliki kaidah, aturan dan etika secara Islam, sehingga jika menuruti nafsu maka yang rugi tidak hanya diri sendiri tapi juga lembaganya," tegas rektor. (ptt/nd)

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

Lebih Lanjut »
PROF. ASNAWI: 4 LANGKAH DUKUNG MASTERPLAN EKONOMI SYARIAH
Iffatunnida Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 98 views
3114_asnawi.jpg

GEMA-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mempersiapkan diri untuk menjadi negara mandiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat Ekonomi Syariah dunia. Sebagai institusi pendidikan, perguruan tinggi mendukung masterplan pemerintah ini dengan beragam cara edukasi. Ada empat hal yang bisa dilakukan perguruan tinggi menurut penuturan Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. dalam orasi ilmiahnya, Rabu (17/2).
Pertama ialah penguatan kemampuan literasi. Hal ini bisa dilakukan secara formal melalui pembukaan prodi Ekonomi Syariah dan juga secara informal melalui penyebaran konten di media massa dan sosial. Penguatan sumber daya manusia menjadi langkah kedua. Cara ini bisa dilakukan dengan mengajarkan sistem Ekonomi Syariah seperti perbankan dan industri halal kepada masyarakat. Cara ketiga dan keempat ialah dengan melakukan riset serta membangun lembaga kajian dan fatwa yang fokus pada tema tersebut.
Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Syariah. Ia tak hanya bergerak aktif di bidang pendidikan sebagai dosen, namun juga berkiprah sebagai entrepreneur. (nd)

Lebih Lanjut »
PROF. ROIHA: KENALKAN FITOFARMAKA UNTUK DUNIA MEDIS
Iffatunnida Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 75 views
3113_roiha.jpg

GEMA-Fitofarmaka di Indonesia tak sepopuler jamu dan obat herbal terstandar meski ketiganya ada dalam satu kategori obat berbahan alam. Meski mengandung bahan tradisional, ia sudah disetarakan dengan obat modern karena beberapa alasan. Di antaranya karena proses pembuatannya yang telah terstandarisasi dan sudah ada uji klinik pada manusia dengan memenuhi syrat ilmiah. Karena keberadaannya yang masih asing inilah, maka dalam orasi pengukuhannya, Prof. Dr. Roihatul Mutiah, SF., M.Kes., Apt. mengenalkan istilah obat Fitofarmaka, Rabu (17/2).
Prof. Roiha menjelaskan bahwa Fitofarmaka jika dibanding jamu, jumlahnya sangat sedikit yang terdaftar di BPOM. Ada beberapa hal yang menghambat suatu produk obat untuk berstatus Fitofarmaka. Salah satu yang memperlama prosesnya ialah uji klinik pada manusia. “Butuh biaya besar dan waktu yang lama,” imbuh Ibu empat anak ini.
Sampai saat ini, obat-obatan Fitofarmaka bahkan belum dimasukkan dalam sistem JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Sehingga, penggunaannya di masyarakat kurang maksimal.
Prof. Dr. Roihatul Mutiah ialah Guru Besar Bidang Biologi Farmasi. Ia profesor pertama yang dihasilkan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tak cuma itu, di antara profesor yang dimiliki kampus berlogo Ulul Albab, ia adalah yang termuda dan tercepat menjadi profesor dengan hanya waktu tiga tahun setelah pendidikan doktornya selesai. (nd)

Lebih Lanjut »
PROF. ROIBIN: ISLAM MEMBERI RUANG KEBEBASAN BAGI WANITA
Iffatunnida Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 73 views

 

3112_roibin.jpg

GEMA-Di era modern ini, masih saja ada golongan yang menganut nilai patriarki sehingga menempatkan kaum pria di level tertinggi. Paham ini lah yang kemudian sering menimbulkan masalah di tengah masyarakat karena memberikan porsi kecil kepada wanita. Prof. Dr. Roibin, M.HI. mencoba mencari akar masalah paham ini. Menurutnya, paham ini merupakan paham yang terlalu kuno karena jika dirunut, sistem patriarki ada di zaman pra Islam, Rabu (17/2).
Setelah Islam datang dengan ajaran-ajaran dalam al Quran, lanjutnya, posisi wanita pun menjadi lebih terhormat. “Islam memberi ruang yang seimbang untuk kaum pria dan wanita,” jelas Prof. Roibin. Tak hanya itu, dalam Quran dan Sunnah, banyak dalil yang melindungi kaum wanita sehingga tidak dibenarkan jika ada golongan yang menganggap kaum wanita terbelakang. “Dengan ajaran yang dibawa Islam, martabat wanita diangkat,” imbuh Bapak kelahiran Nganjuk, 18 Desember 1968 tersebut.
Ia menambahkan wanita saat ini memiliki ruang bebas yang sama dengan pria. Mereka bisa menempuh pendidikan dan memiliki jabatan setinggi-tingginya. Dengan ini, ia berharap tak ada lagi kasus pelecehan ataupun pengucilan di masyarakat terhadap kaum wanita.
Prof. Roibin dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Kajian Islam untuk Fakultas Syariah. Dengan pengukuhan ini, ia merupakan profesor ketujuh yang dimiliki fakultas tersebut. (nd)

Lebih Lanjut »
FEBRUARI INI, TIGA PROFESOR BARU DIKUKUHKAN
Iffatunnida Senin, 8 Februari 2021 . in Berita . 282 views

 

3108_profeb.jpg

GEMA-Tertanggal 18 Januari 2021, menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang resmi memiliki tiga profesor baru lagi. Ketiganya ialah Prof. Dr. Roibin, M.HI. (Bidang Ilmu Kajian Islam), Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. (Bidang Ilmu Ekonomi Islam), dan Prof. Dr. Roihatul Mutiah, S.F., M.Kes., Apt. (Bidang Ilmu Biologi Farmasi).
Dengan turunnya tiga SK ini, maka pihak kampus menjadwalkan pengukuhan ketiga guru besar di bulan Februari. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi kampus berlogo Ulul Albab. Sebab, dengan bertambahnya profesor, maka reputasi kampus akan terangkat. Idealnya, minimal jumlah profesor mengikuti jumlah prodi di kampus.
UIN Malang memiliki 43 prodi, namun jumlah profesor belum mencapai angka tersebut. Karenanya, Rektor Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. pernah menyatakan akan berusaha agar kampus memenuhi syarat ideal. Caranya ialah dengan meneruskan program percepatan guru besar bagi dosen yang sudah memenuhi syarat. Program ini pun diatur secara maksimal bersama Unit LP2M dengan mengadakan klinik penulisan ilmiah selama beberapa hari di luar Kota Malang.
Mengutip sambutan Prof. Haris saat menyerahkan SK tenaga kependidikan Januari lalu, sebelum masa jabatannya habis, ia ingin agar UIN Malang terus menambah jumlah profesor setidaknya di angka 35 (18/1). Semoga, program kerja yang digagas rektor dapat tercapai sehingga kiprah UIN Malang semakin menggema tak hanya di level nasional namun juga internasional. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG RAIH PENGHARGAAN PRISMA
Iffatunnida Jumat, 5 Februari 2021 . in Berita . 155 views

 

3103_prisma1.jpg
UIN Malang menerima penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kota Malang (5/2)

GEMA-Dalam acara tahunan yang dihelat Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dinyatakan sebagai salah satu penerima Piagam Penghargaan PRISMA. Penyerahan piagam dilaksanakan di Aula lt. 2 KPPN Kota Malang yang dihadiri oleh penyelenggara dan para penerima penghargaan, Jumat (5/2).
UIN Malang menerima penghargaan sebagai Satuan Berkinerja Terbaik I Kategori Badan Layanan Umum (BLU) atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Periode Triwulan IV Tahun 2020. Bukti resmi prestasi ini tercantum dalam Keputusan Kepala KPPN Kota Malang No. KEP-24/WPB.16/KP.04/2020 tanggal 29 Januari 2021. Tahun ini, penghargaan PRISMA mengusung tema Sinergi Mengawal Pemulihan Kesehatan untuk Kebangkitan Ekonomi dan Langkah-Langkah Strategis Tahun 2021.

3104_prisma2.jpg


Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. mengungkapkan rasa syukur sekaligus terima kasih atas penghargaan yang diberikan KPPN Kota Malang. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UIN Maliki Malang selalu berusaha dan menaati aturan yang berlaku dalam memberikan layanan terbaik yang berkualitas tidak hanya kepada sivitas akademika tetapi juga masyarakat umum. Hal tersebut meliputi berbagai layanan baik itu di bidang akademik, adminstrasi umum (keuangan), maupun kemahasiswaan.
"Penghargaan ini adalah cermin sekaligus modal bagi kami sebagai pengelola instansi pendidikan untuk selalu meningkatkan pelayanan terbaiknya dalam rangka mewujudkan UIN Maliki Malang menuju Smart Islamic University," tutur Prof. Haris. (ptt/nd)

Reporter: Putut Wahyu H.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up