Daftar Kategori: Berita


Ikhtiar UIN Malang Menuju Unggul Bereputasi Internasional
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 37 views
7141_unggul.jpg

 

HUMAS UIN MALANG-Beberapa hari ini, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kedatangan pakar di bidang marketing, yaitu Prof. Amalia E. Maulana, Ph.D., salah satu Guru Besar dari BINUS University, Jakarta. Beliau akan berkolaborasi dengan tim khusus yang akan ditetapkan oleh Rektor dalam upaya merumuskan Rebranding Program Unggul Bereputasi Internasional. Selasa, 7 Mei 2024.

Rektor UIN Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, Wakil Rektor Bidang AUPK, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si, Kepala Biro AUPK Dr. H. Ahmad Hidayatullah , M.Pd beserta jajarannya menyambut hangat Prof. Amalia. Sebagaimana telah ditetapkan dalam Arah Kebijakan Universitas tahun 2024-2025, ada 5 hal yang menjadi tema rebranding, yaitu: (1) Peningkatan reputasi, (2) Pengembangan Program Studi, (3) Penguatan Sumber Daya Manusia, (4) Transformasi layanan, dan (5) Peningkatan mutu lulusan. "Dalam skala prioritas, maka Tim Task Force Rebranding akan menentukan pada aspek atau tema mana yang akan menjadi rebranding UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," ujar Imam Bani Mustalik Kepala Perencanaan UIN Malang.

7142_rapat.jpg

Sementara itu, Prof Amalia, menjelaskan bahwa langkah awal yang perlu dilakukan adalah pemetaan terhadap 3 C, yaitu: Company (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Customer (pelanggan), dan Competitor (pesaing). Ketiga aspek tersebut membentuk bidang segitiga yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam upaya merumuskan branding pada bidang apapun. "Termasuk di perguruan tinggi," tegasnya. 

Selanjutnya, tambah dia, tim akan melakukan penelitian dengan metode etnografi dengan lima langkah, yaitu desk research, Workshop internal insights re-collection, Observasi langsung dan unstructured interview, In-depth interview, dan Laporan hasil etnografi. Produk atau hasil dari rancangan branding selanjutnya dipromosikan melalui Program Marketing Communication (Marcom). "Melalui tiga tahapan, yaitu rancangan awal, riset pengujian brand element, dan marcom sosial media dan website," jelas Prof Amalia.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Prof. Ilfi langkah rebranding ini diambil oleh UIN Malang bukan tanpa alasan, ini sebagai salah astu strategi yang harus dilakukan oleh lembaga ini agar ke depan mampu bersaing dengan perguruan tinggi maju. 

Beliau juga berharap, pada akhir tahun 2024 ini, rumusan branding UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah selesai dan diharapkan menjadi ikhtiar nyata menuju Perguruan Tinggi Unggul Bereputasi Internasional. "Semoga langkah ini mendapatkan ridho Allah SWT dan menjadikan kampus UIN Malang unggul dan bereputasi internasional," tutupnya. 

Lebih Lanjut »
UIN Malang Konsolidasi dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 67 views
7135_ilfi.jpg

HUMAS UIN MALANG-Dalam rangka mewujudkan visi misi universitas, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menguatkan kerja sama internasional dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya.
Kunjungan kali ini dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga, Drs. H. Basri, MA., Ph.D sebagai Wakil Direktur Program Pascasarjana, Prof. Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed sebagai Direktur International Office dan Muhammad Khafid Staff International Office, SE., ME.

7136_gus-is.jpg


Kunjungan kali ini diterima langsung oleh Joshua Shen sebagai Public Affairs Officer, U.S. Consulate General bertempat di Gedung Konjen Amerika Surabaya, Senin 6 Mei 2024. Pertemuan kali ini menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam beberapa program yang mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Guna mendukung pendidikan dan pengajaran di lingkup kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka akan dilakukan kuliah tamu dengan menghadirkan ahli-ahli di bidang yang berhubungan dengan disiplin ilmu di fakultas-fakultas di UIIN MALANG untuk memberikan update perkembangan keilmuan terkini di tingkat global, sebagai salah satu bahan refleksi pencapaian tingkat keberhasilan sistem pendidikan di UIN Malang. Selain itu, ke depan akan dilakukan pertukaran dosen dan mahasiswa ke dan dari Amerika untuk saling menguatkan potensi akademik di kedua negara.
Joshua Shen selaku Publik Affairs Officer U.S Consulate General Surabaya menyampaikan bahwa akan memberikan fasilitas pelatihan kepada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang ingin melanjutkan pendidikan di Negara Amerika Serikat.

7137_joss.jpg


Selain itu, dalam Bidang Penelitian, akan dilakukan kerja sama terkait pelaksanaan pelatihan academic writing bagi dosen dan mahasiswa serta pendampingan publikasi untuk meningkatkan nilai publikasi ilmiah sivitas akademika UIN Malang di kancah internasional.
Dalam program kerja sama terkait pengabdian masyarakat telah disepakati beberapa program guna menunjang internasionalisasi kampus. Pertama, pengiriman tokoh-tokoh penggerak organisasi kemasyarakatan Islam dan non Islam ke Amerika untuk memperdalam wawasan tentang praktek kehidupan beragama di dunia global, khususnya di Amerika. Hal ini akan menjadi sarana peningkatan kualitas kehidupan umat Islam dan kehidupan lintas agama, di mana UIN Malang mempunyai peranan penting dalam posisinya sebagai salah satu Pembina Forum Kehidupan Beragama di wilayah Jawa Timur. Kedua, UIN Malang berlokasi di Provinsi Jawa Timur di mana propinsi ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah pesantren terbanyak se-Indonesia. Posisi UIN Malang, sebagai pembina madrasah di Jawa Timur, sangatlah menentukan keberhasilan program peningkatan mutu madrasah di Indonesia.

7139_kapit.jpg


Oleh sebab itu, untuk mewujudkan misi ini, UIN Malang bekerja sama dengan Konjen Amerika Serikat akan melakukan pembinaan bagi siswa siswi madrasah untuk mendapatkan kesempatan pengembangan diri di level internasional. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan wawasan tentang kehidupan akademik, budaya dan beragama di Amerika Serikat. Wawasan ini akan sangat mendukung peningkatan kualitas sosial dan akademik siswa siswi madrasah dalam menghadapi persaingan global.

7138_basri.jpg


Semoga kerja sama yang dilakukan antara UIN Malang dan Konjen AS akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak dalam menjalankan visi misi dunia yaitu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersanding dan bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian dunia.

7140_mejeng.jpg
Lebih Lanjut »
Rektor Penuhi Undangan USAID dalam Program HEPI
Abadi Wijaya Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 68 views
7132_hepi.jpg


HUMAS UIN MALANG-REKTOR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Prof. Dr. HM. Zainuddin, MA mendapatkan penghormatan diundang oleh United States Agency for International Development (USAID) melalui Arizona State University (ASU) untuk mengikuti meeting selama tiga hari (6-8/5/24) di BINUS University Jakarta. Program tersebut diberi nama Higher Education Partnership Inisiative (HEPI).
Merupakan kebanggaan tersendiri, karena tidak banyak perguruan tinggi yang diundang dalam pertemuan tersebut. Agenda pertemuan membahas kerjasama pengembangan perguruan tinggi dan kelembagaan.
Pada sesi hari pertama dibahas dua grup, yaitu tentang peran perempuan dan masalah relasi perguruan tinggi dengan dunia industri dan juga IT. "Pada sesi hari kedua dibahas tentang persiapan akreditasi internasional perguruan tinggi," ujar Prof. Zainuddin.

7133_binus.jpg


Hadir dalam panel forum tersebut dari berbagai kalangan diantaranya para pebisnis Rockwell, Meta Data, pimpinan perguruan tinggi, NGO dan masih banyak lainnya. Dalam even tersebut Rektor didampingi oleh Dr. Segaf, Prof. Dr. Hj. Like Rascova Octaberlina, dan Dr. Anton. Dalam kesempatan itu, Rektor Zainuddin berharap program tersebut dapat ditindaklanjuti oleh UIN Malang dalam rangka mensukseskan visinya, yaitu international recognition and reputation atau menjadi world class university.

7134_zen.jpg


Partisipasi Rektor Zainuddin dalam acara HEPI di BINUS University Jakarta tidak hanya mengangkat nama UIN Malang, tetapi juga menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Prof. Zainuddin mengambil langkah konkret untuk menjadikan visi UIN Malang sebagai world-class university menjadi kenyataan. "Dengan kerjasama lintas batas seperti ini. Saya berharap akan terwujud pengakuan internasional dan reputasi yang gemilang bagi UIN Malang semakin mendekati realitas," pungkasnya.[*]

Lebih Lanjut »
Wakil Menag: Latih Diri Bertenggang Rasa Terima Perbedaan
Iffatunnida Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 98 views
7131_wamenag.jpg


UIN Malang-Wakil Menteri Agama, H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP., M.Si. hadir di Gedung Sport Center, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka memberikan sambutan pada gelaran Wisuda ke-80, Periode Kedua Tahun 2024, Sabtu (4/5). Sebagai wakil dari Kementerian Agama Republik Indonesia, sambutannya berfokus pada diseminasi topik Moderasi Beragama. Ia menyatakan, Indonesia memperoleh anugerah melimpah dengan banyaknya suku dan ras, serta diakuinya 6 agama yang sah. Semua ini tentu tak lepas dari takdir Allah swt. "Ia yang menghendaki Indonesia dengan keberagamannya. Tentu mudah pula bagi-Nya untuk membuat hanya satu agama di dunia," tuturnya. Namun, Tuhan berkehendak dengan menghadirkan bermacam agama serta kepercayaan di dunia dan juga Indonesia.
Keberagaman yang tercipta ini, lanjut Wamenag, merupakan media untuk belajar seluruh umat manusia. Manusia diminta untuk mengelola dan memahami perbedaan, serta bertoleransi. Hal ini seperti yang tercantum dalam al Quran, Surat Al-Hujurat: 13. Penekanannya ialah pada kata lita'arrofu. "Kita diharuskan untuk saling mengenal, memahami, mengetahui karakter orang lain yang berbeda dengan kita," ia melanjutkan, "dengan pengetahuan ini, maka lahirlah sikap-sikap Moderasi Beragama dan menghargai sesama."
Pemerintah menunjukkan komitmennya untuk meleburkan moderasi beragama ke dalam setiap aktivitas kehidupan. Hal ini tertuang pada Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama. Aturan ini adalah wujud komitmen untuk tidak menghilangkan kemajemukan di Indonesia. "Sehingga, bahasan moderasi beragama tidak hanya sekadar kata-kata, namun fokus kita bersama untuk memelihara keseimbangan. Hal ini terkait dengan nilai-nilai kebersamaan dan tenggang rasa sebagaimana yang diajarkan di agama kita, Islam," jelas Gus Saiful yang berulang tahun setiap 7 Desember tersebut.
Seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dihadiri oleh 800 wisudawan. Mereka terdiri dari 563 wisudawan jenjang S1 (sarjana), 217 wisudawan jenjang S2 (magister), 19 wisudawan jenjang S3 (doktor), dan 1 wisudawan Pendidikan Profesi Dokter. Menurut laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. sebanyak 362 wisudawan S1 meraih IPK kategori Cum Laude. Jumlah ini menjadi mayoritas dengan persentase sebanyak 64%. (nd)

Lebih Lanjut »
Fitriyani: Orang Desa Pun Bisa Sukses Raih Impian
Iffatunnida Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 113 views
7130_fitri.jpg


UIN Malang-Pada seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fitriyani, Wisudawati Program Studi Farmasi dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif 3,80, Sabtu (4/5). Tak hanya itu, ia juga berbangga diri karena dapat menyelesaikan seluruh kewajiban perkuliahan sarjananya hanya dalam 7 semester atau 3,5 tahun. Tetap rendah hati, Fitriyani menyatakan bahwa dosen-dosen serta teman-temannya sangat suportif dalam penyelesaian studi S1-nya tersebut. "Semoga seluruh ilmu yang diajarkan dosen-dosen kita selama perkuliahan dapat teraplikasikan, meski sekecil apapun itu, dalam kehidupan profesional kita ke depannya," imbuh Fitriyani.
Ia masih tidak menyangka, dengan keterbatasan keluarganya yang tinggal di desa, ia diberikan anugerah oleh Allah untuk bisa melanjutkan studi hingga menjadi sarjana. "Tak bisa saya bayangkan dulu. Bahkan untuk melanjutkan SMA saja saya memakai seragam bekas yang diberikan kepada saya," kisahnya. Namun, keterbatasan-keterbatasan yang ia alami tidak pernah sekalipun mematahkan semangat Fitriyani untuk belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi. "Bahkan sampai sekarang saya bisa melanjutkan pendidikan di Program Profesi Apoteker," ucapnya bersyukur.
Fitriyani adalah satu dari di antara sekian mahasiswa yang dinyatakan lulus pendidikan S1 tanpa perlu menempuh penyusunan Skripsi layaknya mahasiswa S1 lainnya. Hal ini ia capai karena banyaknya karya ilmiah yang sudah ia terbitkan, baik di jurnal berskala nasional maupun internasional. Tak hanya itu, semasa kuliah, Fitriyani adalah mahasiswa yang berprestasi dan beberapa kali mewakili UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di event bergengsi internasional. "Dengan dukungan kampus, saya bisa mengharumkan nama almamater hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Turki," tuturnya. Ditambah lagi dengan beragam prestasi akademis yang selalu ia torehkan selama tujuh semester menempuh pendidikan di kampus berlogo Ulul Albab ini.

Seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dihadiri oleh 800 wisudawan. Mereka terdiri dari 563 wisudawan jenjang S1 (sarjana), 217 wisudawan jenjang S2 (magister), 19 wisudawan jenjang S3 (doktor), dan 1 wisudawan Pendidikan Profesi Dokter. Menurut laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. sebanyak 362 wisudawan S1 meraih IPK kategori Cum Laude. Jumlah ini menjadi mayoritas dengan persentase sebanyak 64%. (nd)

Lebih Lanjut »
Balai Litbang Agama (BLA) Semarang dan UIN Malang Gelar Diseminasi Mitigasi Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi
Abadi Wijaya Jumat, 3 Mei 2024 . in Berita . 83 views
7128_psga.jpg

HUMAS UIN MALANG | Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Balai Litbang Agama Semarang berkolaborasi dengan LPPM UIN Malang menggelar Seminar Nasional bertema "Diseminasi Kajian Mitigasi Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri" yang dilaksanakan di Aula Rektorat Lt.5 UIN Malang, Jumat, (3/5/2024).

Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP., M.Ag., dalam pembukaan kegiatan, menyampaikan kekerasan seksual yang terjadi di perguruan tinggi harus kita atasi, untuk mewujudkan kampus yang nyaman dan bebas dari kekerasan seksual. 

7129_psga.jpg

"Survey terkait kekerasan seksual di perguruan tinggi dilakukan di beberapa perguruan tinggi, namun hasilnya akan disampaikan oleh narasumber," tambah Arskal. 

Lebih lanjut, Arskal menegaskan bahwa kegiatan tidak hanya dilaksanakan di UIN Malang saja, tetapi akan meluas ke kampus lainnya. 

"Hal ini bertujuan agar warga kampus memperoleh pemahaman tentang kekerasan seksual di kampus baik secara formal maupun informal," ungkap Arskal.

 

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.A., menyatakan melalui LP2M bahwa kami telah melakukan upaya-upaya terkait kekerasan seksual. Kondisi kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat cukup memprihatinkan, bahkan dari tahun ke tahun angkanya semakin meningkat.

"Kekerasan seksual tidak hanya menimpa perempuan, tetapi juga laki-laki dapat menjadi korban," tambah Zainuddin.

Zainuddin menegaskan bahwa persoalan sosial yang timbul di masyarakat akan menjadi fokus perhatian UIN Malang, dan dalam upayanya untuk berkontribusi akan memberikan pendidikan mengenai pencegahan kekerasan seksual baik di masyarakat maupun di lingkungan kampus.

Kepala Balai Litbang Agama Semarang, H. Moch. Muhaemin S.Ag., MM, menyatakan bahwa kekerasan seksual di perguruan tinggi merupakan masalah mendesak yang memerlukan perhatian serius dari seluruh komunitas akademik. Upaya untuk mengatasi masalah ini, seperti deteksi dini dan mitigasi, menjadi dua pilar penting yang harus diperkuat. 

"Kami telah melakukan kajian riset yang melibatkan berbagai pihak, seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional, Komnas Perempuan, Direktorat Pendidikan Tinggi, dan akademisi ahli," tambah Muhaemin. 

Dalam mencegah kekerasan seksual, deteksi dini memainkan peran kunci. Penting bagi seluruh anggota komunitas perguruan tinggi untuk membangun sistem peringatan. "Basis pengetahuan kita harus mampu menilai potensi terjadinya kekerasan seksual, baik dari segi kebijakan yang mengatur ruang dan interaksi civitas akademik, maupun infrastruktur yang dapat memberikan perlindungan kepada semua pihak," ungkap Muhaemin. 

Muhaemin menegaskan bahwa mitigasi memegang peran penting dalam upaya pencegahan kekerasan seksual. Diperlukan sistem pendukung yang kuat bagi korban serta implementasi prosedur yang tepat dalam menangani kasus kekerasan seksual.

"Perguruan tinggi harus menyediakan sumber daya dan layanan konseling yang mudah diakses bagi korban, serta menyusun prosedur yang jelas dalam penanganan kasus kekerasan seksual, termasuk prosedur pengaduan dan investigasi yang adil dan transparan," tandas Muhaemin.

Berkaitan dengan mitigasi kekerasan seksual, hadir 3 narasumber yakni, Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D, Dr. Istiadah, M.A., dan Umi Muzayanah, S.Si., M.Pd., yang memberikan pemahaman terkait kekerasan seksual.

Acara Seminar Nasional ini juga turut melibatkan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) sebagai panitia penyelenggara kegiatannya. Dalam kesempatan ini turut dilakukan pengukuhan tim satgas AMAN PSGA yang dipimpin oleh ketua LP2M, Prof. Agus Maimun, M. Pd.

Dengan terlaksananya seminar ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta seminar dalam upaya mitigasi kekerasan seksual terutama di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri.

 

Reporter : Ajay, Rizki Pratama

Fotografer : Rifky, Yoga

Editor : Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Raih Akreditasi Unggul, Program Studi Teknik Informatika UIN Malang Gelar Tasyakuran
Abadi Wijaya Jumat, 3 Mei 2024 . in Berita . 81 views
7127_ti.jpg

HUMAS UIN MALANG - Raih akreditasi unggul, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang gelar tasyakuran sebagai bentuk syukur atas pencapaian yang telah diraih. Tasyakuran ini digelar di Lantai 1 Fakultas Saintek pada Jum'at 03/05/2023. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor UIN Malang dan segenap civitas akademika UIN Malang khususnya civitas akademika Fakultas Saintek.

Rektor UIN Malang, Prof Dr HM. Zainuddin MA menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas pencapaian Prodi Teknik Informatika yang telah terakreditasi unggul. “Program Studi Teknik Informatika perlu diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang luar biasa ini. Karena Fakultas Saintek merupakan salah satu fakultas yang digadang untuk bisa terakreditasi Unggul Internasional," jelasnya di akhir sambutan.

Dekan Fakultas Saintek, Dr. Sri Harini, M.Si dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari pak Rektor, Wakil Rektor, Kaprodi TI dan Dosen Prodi TI sehingga Prodi TI bisa meraih akreditasi unggul. “Dengan kebersamaan dan dukungan dari seluruh civitas akademika UIN Malang semua urusan yang berat menjadi ringan, sehingga saat ini 1 lagi Program Studi Fakultas Saintek yaitu Teknik Informatika bisa mendapatkan akreditasi yang unggul," ucapnya.

Reporter: Sulpadli 

Fotografer: Vida

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Rektor UIN Malang Sampaikan Pesan Inspiratif Mendikbud pada Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024
Abadi Wijaya Kamis, 2 Mei 2024 . in Berita . 89 views
7122_rektor.jpg

HUMAS UIN MALANG — Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA beserta para wakil rektor, para Kepala Biro, Kepala Lembaga, serta para pegawainya serentak menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman gedung Rektorat, Kamis, 2 Mei 2024. 

7123_pesapel.jpg

Prof. Zainuddin bertugas sebagai pembina upacara menyampaikan pidato inspiratif dan reflektif dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. 

Dalam pidato yang dibacakannya, Menteri Nadiem menyoroti pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama lima tahun terakhir dalam memimpin gerakan Merdeka Belajar. Beliau mengakui bahwa perjalanan untuk mentransformasi sistem pendidikan yang besar dan kompleks bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan semangat gotong royong, perubahan menuju pendidikan yang lebih baik telah mulai dirasakan.

Menteri Nadiem juga mengingatkan tentang dampak pandemi COVID-19 yang mengguncang sistem pendidikan dan mengubah cara belajar mengajar. Namun, beliau menekankan bahwa pandemi juga memberikan kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, mendorong berbagai inovasi, dan menguatkan semangat kebersamaan dalam dunia pendidikan.

7124_doa.jpg

Pidato tersebut juga menekankan keberhasilan gerakan Merdeka Belajar, di mana kini siswa merasa lebih merdeka dalam belajar, guru berani mencoba hal baru, mahasiswa memiliki ruang yang lebih luas untuk berkarya, dan seniman serta pelaku budaya mendapat dukungan untuk berekspresi. Namun, Menteri Nadiem mengingatkan bahwa perjuangan belum selesai dan meminta semua pihak untuk melanjutkan gerakan ini.

Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam perjalanan Merdeka Belajar, dan harapan agar gerakan ini terus berlanjut meski masa pengabdiannya sebagai menteri akan berakhir. Beliau juga menyampaikan salam dan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 ini menjadi momentum penting untuk merenungkan perjalanan pendidikan di Indonesia dan menguatkan tekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan yang lebih baik. "Mari terus bergotong royong untuk menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," ajaknya penuh semangat. 

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Reporter: Raalins W

Lebih Lanjut »
Lulus 100%: Sidang Terbuka Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode Pertama Tahun 2024 FKIK UIN Malang
Abadi Wijaya Kamis, 2 Mei 2024 . in Berita . 58 views
7126_farm.jpg
Pelafalan Sumpah Apoteker Dipimpin Rektor UIN Malang

HUMAS UIN MALANG - Suasana haru dan kebanggaan menyelimuti Auditorium Rektorat UIN Malang pada acara Sidang Terbuka Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode Pertama Tahun 2024 FKIK UIN Malang (2/5).

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini menjadi momen bersejarah bagi para mahasiswa dan civitas akademika. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN Malang beserta jajarannya, Dekan FKIK beserta jajarannya, Para Guru Besar; Kepala Biro dan Kepala Lembaga UIN Malang; Kepala dinas kesehatan kota dan kabupaten Malang; direktur Rumah Sakit, pimpinan Pedagang Besar Farmasi, pimpinan industri, pimpinan apotek jejaring beserta para preseptor; pengurus IAI kota dan kabipaten Malang; Kepala Prodi dan Sekretaris prodi UIN Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Malang, dan Universitas Ma Chung; Bapak/Ibu dosen dan civitas akademika UIN Malang, beserta tamu undangan.

Prof. Dr. apt. Roihatul Muti'ah, SF., M.Kes., selaku wakil dekan 1 FKIK UIN Malang manyampaikan dalam berita acara bahwa pada periode pertama ini, UIN Malang meluluskan apoteker angkatan pertamanya dengan rerata IPK 3,73 dan kelulusan 100%. IPK tertinggi 3,99 diraih oleh Fariza Amanatus S., S.Farm dan Nur Afiffah, S.Farm. Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) CBT Nasional (10/3) dengan nilai tertinggi 88,50; UKMPPAI OSCE (3/2) Nasional nilai tertinggi 78; keduanya diraih oleh oleh Riznah al-Rizqiyah, S.Farm. "Dengan ini, PSPPA UIN Malang angkatan perdana, 40 mahasiswa, lulus 100% first taker. Yang mana termasuk dalam 14 perguruan tinggi yang lulus 100% dari 58 penyelenggara pendidikan profesi apoteker seluruh Indonesia."

7125_farm.jpg
Pelafalan Sumpah Apoteker

"Sumpah apoteker menjadi konsekuensi dan pertanggungjawaban moral yang harus dijaga dalam menjalankan praktik profesional. Apoteker harus memegang teguh sumpahnya agar tidak melakukan perbuatan yang menyimpang dari etika profesi. Sebagai seorang apoteker, Saudara juga dituntut untuk menjadi ilmuwan, manajer, dan pendidik dalam masyarakat, utamanya bidang kefarmasian," ungkap Prof. Iha.

Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA). "Saya mengucapkan selamat untuk Saudara sekalian sebagai apoteker dan sarjana farmasi yang telah lulus 100% dan termasuk ke dalam The Best 10 seluruh Indonesia". Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua, pimpinan dan civitas akademika FKIK UIN Malang, dan seluruh pihak terkait atas prestasi ini. "Melihat sejarah FKIK sangat penuh lika-liku dan dedikasi yang tinggi. Farmasi menjadi cikal bakal FKIK, bermula dari prodi yang tidak memiliki laboratorium memadai, sampai sekarang telah meluluskan 100% mahasiswa pendidikan apotekernya. Semoga Farmasi, khususnya, dapat terus maju dan berkembang sampai menjadi Fakultas Farmasi yang terus berdedikasi mencetak lulusan apoteker kompeten dan ulul albab," harapnya.

"Pengucapan lafal sumpah apoteker hanya beberapa menit, namun maknanya sangat dalam. Hal ini menjadi permulaan dari praktik kefarmasian saudara yang sangat panjang. Sungguh, jangan sekali-kali melupakannya, apalagi sengaja meninggalkannya," tutur Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P. W., M.Kes, Sp.Rad (K). "Tantangan apoteker baru pada saat ini semakin kompleks. Apoteker tidak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan kefarmasian yang komprehensif saja, tetapi juga harus mampu menjadi seorang pemimpin di dunia kerja bidang farmasi. Maka jadilah apoteker yang unggul, berintegritas, termasuk menjaga peresepan obat yang rasional," pesannya.

Acara juga diisi dengan pidato dari perwakilan apoteker baru, apt. Nur Afiffah, S.Farm. "Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membersamai kami sampai pada titik ini. "Sumpah yang kami ucapkan bukanlah sekadar rangkaian kata, melainkan janji yang akan kami pegang teguh dalam setiap langkah. Kami bersama-sama berjanji akan menjalankan profesi ini dengan penuh dedikasi, kejujuran, dan integritas. Kami siap belajar dan mengembangkan diri demi memberikan pelayanan terbaik bagi dunia kesehatan. Semoga setiap langkah kami menjadi manfaat bagi sesama," ucapnya.

Acara Sumpah Apoteker FKIK UIN Malang ini tidak hanya menjadi sebuah seremoni formal, tetapi juga menjadi momentum penting dalam perjalanan karier para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan profesi apoteker. Semoga dapat menjadi apoteker yang kompeten, berintegritas, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan dunia farmasi.

 

Reporter: Raalins W

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up