Daftar Kategori: Berita


USUNG TEMA "ROMANSA JAWA DWIPA", PERHELATAN MASROHIYAH ASQASENTRIS TUAI APRESIASI LUAR BIASA
Putut Wahyu Hardiyanto Selasa, 29 November 2022 . in Berita . 69 views
4746_putut.jpg
HUMAS - Perhelatan masrohiyah merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program studi (prodi) Bahasa dan Sastra Arab. Acara itu bertujuan untuk mengasah keterampilan bahasa Arab serta untuk turut menjaga eksistensi budaya dan sastra bagi mahasiswa. Pada tahun ini, agenda yang berpusat di Home Theatre, Gedung Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) ini mengusung tema "Romansa Jawa Dwipa".Senin(29/11) 

Dalam tema tersebut menceritakan tentang perjalanan kisah asmara Dewi Mustikawati, putri cantik jelita dari kerajaan Sunyapura dan Wisanggeni, putra dari Arjuna yang bijaksana dan pemberani. Perjalanan kisahnya bermula dari perebutan Dewi Mustikawati oleh dua pangeran, Sengkuni dan Wisanggeni yang kemudian mereka diberi tantangan untuk mendapatkan pusaka cupumanik gambar jagad di negeri Kahyangan. Lalu, di pengujung kisah ceritanya, Wisanggeni dengan semangat juang dan usaha kerasnya berhasil mendapatkan pusaka tersebut dan memberikannya kepada Dewi Mustikawati. Terpancarlah rona bahagia sang Dewi hingga akhirnya ia menerima lamaran dari Wisanggeni. 

4747_putut.jpg

Kisah yang sungguh menarik itu mendapat perhatian dan apresiasi positif dari para penonton, terlebih adanya makna tersirat yang disampaikan sangat mengandung pesan mendalam. Hal itu disampaikan oleh Khaera, mahasiswi pascasarjana UIN Maliki Malang. "Sebuah perjuangan adalah ruh dari keberhasilan. Harta bukanlah segalanya, tapi dengan usaha, harta akan datang dengan sendirinya, " terangnya. Kemudian, rasa takjub dan apresiasi tinggi juga disampaikan oleh Fida(mahasiswa Sastra Inggris UIN Maliki Malang), menurutnya kisah yang diusung begitu menarik, meski terkesan serius tapi diselingi candaan atau humor sehingga tidak merasa bosan. "Acaranya sungguh asyik dan meriah, hal itu mampu memperlihatkan adanya kekompakan mahasiswa seangkatan yang luar biasa," ungkapnya. 

Selain dari mahasiswa, apresiasi yang luar biasa juga hadir dari unsur pimpinan, dalam hal ini tidak lain datangnya dari Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, M.Pd. Menurutnya, acara pertunjukkan seperti itu sangatlah patut diberikan apresiasi. "Hal ini merupakan kreasi yang luar biasa. Tidak hanya menghibur, tapi juga memberi edukasi. Terima kasih dan selamat semuanya untuk tim," pungkasnya.(Na/Fer/*)

 

Pewarta : Ihwanarotama Bella A. 

Editor : Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
PERHELATAN MASROHIYAH MAHASISWA BSA UIN MALANG SUKSES BESAR
Abadi Wijaya Selasa, 29 November 2022 . in Berita . 82 views
4745_pagelaran.jpg

HUMAS-Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) angkatan 2019 selenggarakan masrohiyah (pentas seni drama) pada Senin malam (28/11) di Home Theatre Fakultas Humaniora. Masrohiyah merupakan sebuah ajang penampilan bakat guna untuk mengasah dan melatih kecakapan bahasa Arab mahasiswa BSA, khususnya bagi mahasiswa semester 7.

"Masrohiyah itu penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa, baik dalam berbahasa Arab maupun menambah wawasan seni dan sastra", ungkap pembimbing masrohiyah Ustadz Gufron Hambali, M.Hi.

4744_pagelaran-bsa.jpg

Tema pertunjukan ialah Romansa Jawa Dwipa dengan konsep Nusantara dengan kolaborasi percakapan bahasa Arab dalam penampilannya menjadikan pertunjukan ini mendapat antusiasme tinggi dari para penonton. Sebanyak 150 kursi yang disiapkan oleh panitia kurang karena membludaknya penonton yang hadir mencapai lebih dua kali lipat baik penonton lokal hingga mancanegara.

Perhelatan ini dimulai penampilan puisi yang dipadukan dengan seni tari dan lukis dari grup Asqasentris. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama, yang diperankan oleh 21 wayang orang, pemeran pentas Romansa Jawa Dwipa. Konsep acara yang diusung ini merupakan ide segar dari sutradara pemnetasan, Rizki Dea Pambudi yang dibantu oleh mahasiswa BSA angkatan 2019. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
KARO AAKK: AYO DISIPLIN IBADAH DAN JUGA KERJA
Abadi Wijaya Senin, 28 November 2022 . in Berita . 44 views

 

4742_karoo.jpg
TEGAS: Karo AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I saat memberikan arahan kepada pegawai UIN Maliki Malang.

HUMAS-Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I kali ini menjadi pembina upacara yang istiqomah digelar setiap Senin pagi. Senin (28/11).

Dalam arahan singkatnya, Karo AAKK menegaskan kembali kepada seluruh pegawai agar senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan disiplin kerja. Setidaknya ada dua disiplin yang harus diperhatikan dan dilaksanakan bersama yaitu disiplin terhadap Tuhan dengan cara menjaga ibadah khususnya sholat berjamaah tepat waktu di masjid secara berjamaah dan kedua disiplin terhadap tugas dan fungsi sebagai aparatur sipil negara (ASN). 

4743_peseta.jpg

Disiplin ASN tentu berkaitan dengan jam kerja dan tupoksinya masing-masing sesuai satuan kerjanya, yang bagian ngurusi anggaran juga oenting untuk dilaksanakan sesuai program kerja di rencanakan agar anggarn terserap dengan baik dan tepat sasaran. "Ini juga butuh disiplin juga agar apa yang di harapkan oleh Kementerian Agama bisa terealisasikan dengan baik," paparnya.

Sebagai abdi ngara di Kemenag, tambah dia, usahakan pelaksanaan rapat tidak meninggalkan jamaah, maka saat pelaksanaan rapat harus diperhitungkan waktunya agar tidak bertabrakan dengan jam sholat berjamaah, hal ini wajar untuk disampaikan karena ini institusi UIN Malang yang notabene nya diberikan amanah untuk saling menguatkan nilai religiusnya kepada Allah SWT. "Menjaga ibadah karena disiplin untuk memenuhi undangan Allah melalui kumandang azan juga harus dilaksanakan dan saya yakin ini akan memberikan dampak positif pda hati pikiran dan lisan kita serta bagaiman cara kita bersosial di dunia kerja," tegasnya.

Selain itu, kampus yang diberi nama salah satu Wali Allah ini yaitu Syaikh Maulana Malik Ibrahim Malang ini tentu para tokoh dan pimpinan kampus ini menaruh harapan besar yaitu agar sivitas akademika bisa menteladani akhlak dan ilmu beliau yang terpatri dalam hati, sikap dan perilaku. "Ayo kita bersama-sama mulai membangun hati yang baik agar menghadirkan keharmonisan kolektif sehingga membawa dampak positif bagi kita semua," pungkasnya.

Lebih Lanjut »
TEMU ALUMNI AKBAR, PECAH KERINDUAN JALIN KEBERSAMAAN
Abadi Wijaya Minggu, 27 November 2022 . in Berita . 82 views
4738_alumni.jpg

HUMAS–UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar Temu Alumni Akbar. Bertempat di Gedung Rektorat lantai lima. Temu Alumni IAIN, STAIN, dan UIN Malang dihadiri oleh alumni mulai dari angkatan 80-an dan 90-an hingga angkatan yang baru lulus, sesuai data hadir google form. Sebanyakempat ratus tujuh puluh enam alumni yang hadir dalam kegiatan tersebut pada acara yang digelar hari Sabtu,(26/11).

Acara ini mengusung tema Sinergi Alumni Menuju Kampus Unggul Bereputasi Internasional, untuk mempererat tali silaturrahmi dan memperluas jangkauan relasi antar keluarga besar alumni UIN Malang dari berbagai angkatan. Pada kesempatan ini, seluruh alumni turut serta dalam berkontribusi dalam personal branding UIN Malang melalui relasi, hingga kontribusi baik secara materi ataupun immateri, hal tersebut sesuai dengan penjelasan dalam laporan Ketua Pelaksana, Prof. Dr. H. Asnawi, M.Ag.

4739_alumni-2.jpg

Antusias alumni yang hadir membuat acara berlangsung meriah. Rangkaian acara kegiatan ini juga menyajikan sesi foto bersama dan penayangan video UIN Malang Tempo dulu, dimana melalui penayangan video ini alumni akan mengingat kembali keadaan yang dulu dilalui sekaligus sebagai bentuk evaluasi program setiap tahunnya. (Iwa/Na/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti & Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
ASAH POTENSI MAHASISWA, KOMUNITAS EL-JIDAL UIN MALANG GELAR KOMPETISI BAHASA ARAB
Abadi Wijaya Minggu, 27 November 2022 . in Berita . 50 views
4740_eljidal.jpg

HUMAS–Regenerasi prestasi mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Malang terus digiatkan oleh Komunitas El Jidal. Melalui kegiatan Kompetisi Bahasa Arab Internal yang diselenggarakan pada Sabtu (26/11) di Masjid Ulul Albab. Kompetisi internal yang diikuti oleh 31 peserta ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diadakan untuk memperingati HUT El-Jidal yang ke-8 tahun 2022 yang mengusung tema Meningkatkan Kegemilangan dengan Semangat Kekeluargaan. Kegiatan ini berfungsi sebagai media pengembangan minat dan bakat mahasiswa Prodi BSA dalam berbagai bidang keterampilan berbahasa.

“Kompetisi ini diadakan tidak lain adalah untuk regenerasi prestasi bagi mahasiswa BSA UIN Malang, selain itu juga untuk menumbuhkan mental kompetisi bagi setiap mahasiswa”, ujar Presiden El Jidal, M. Husai Rifa'i.

Adanya penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah dan sarana bagi mahasiswa Prodi BSA UIN Malang khususnya bagi mahasiswa semester 1, 3, dan 5 untuk membentuk individu yang berani serta memiliki moralitas dan beradab sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Bahasa dan Sastra Arab.

4741_lomba-bahasa-arab.jpg

Acara berlangsung meriah dengan 6 cabang perlombaan utama, yaitu khitobah, puisi bahasa Arab, insya, qiraatul akhbar, qiroatul kutub, debat dan ghina Araby. Rentetan kompetisi ini ditutup dengan pembukaan penerimaan anggota baru El Jidal yang akan diselenggarakan pada Sabtu (3/12) di Masjid Ulul Albab lantai tiga. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
FE TAMBAH JUMLAH GUBES DI UIN MALIKI MALANG
Putut Wahyu Hardiyanto Kamis, 24 November 2022 . in Berita . 102 views
4734_putut.jpg

HUMAS-Salah satu dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (FE UIN Maliki Malang) kali ini resmi dilantik atau dikukuhkan sebagai Guru Besar(Gubes). Hal ini berarti menjadi pertanda adanya penambahan jumlah Guru Besar yang ada di kampus berlogo Ulul Albab di Kota Malang. Beliau adalah Prof. Dr. H. Siswanto, M. Si yang dilantik menjadi Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia. Prosesi pengukuhan Gubes bertempat Aula Lt. 5, Gedung Rektorat DR. (HC).Ir. Soekarno.Kamis(24/11)

4735_putut.jpg

Dalam sambutannya, Dekan FE UIN Maliki Malang, Dr. Misbahul Munir, Lc.,M.Ag menyampaikan bahwa Prof. Siswanto merupakan Guru Besar termuda dan tercepat di Fakultas Ekonomi. "Jadi SK Guru Besarnya turun di usia sebelum genap 47 tahun dan dalam masa kerjanya 16 tahun seperti apa yang tadi disampaikan oleh Bu WR I sebelumnya", ucapnya. 

4736_putut.jpg

Selain itu, Dekan FE ini juga menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini merupakan tahun yang istimewa bagi Prof. Siswanto karena beliau kali ini memperoleh tambahan dua gelar bersamaan dan tidak disengaja. Pertama, gelar sebagai Haji Akbar dan kedua menjadi Guru Akbar. Lanjut, dijelaskan lagi oleh Dekan berkaca mata ini bahwa dikatakan tidak sengaja karena sebelumnya Prof. Siswanto bermaksud ingin mengajukan kepangkatan dari IV a ke golongan IV b atau IV c, namun demikian dengan adanya berbagai pertimbangan terbaik terkait kelengkapannya yang akhirnya bersyukur sekali SK Guru Besarnya bisa turun. Sedangkan gelar Haji Akbar, diceritakan secara singkat bahwa sebenarnya Prof. Siswanto itu berangkat untuk ibadah haji pada tahun 2020 yang lalu. Karena adanya musibah pandemi covid-19 hingga jadwalnya mundur dan akhirnya beliau bisa berangkat di tahun 2022 ini. "Alhamdulillah, mungkin ini adalah berkah dari Haji Akbar sehingga SK Guru Akbarnya pun juga turun di tahun sekarang", ungkapnya penuh syukur.(ptt) 

Lebih Lanjut »
KKM 2022-2023: SELESAIKAN MASALAH DAN KEMBANGKAN POTENSI
Iffatunnida Rabu, 23 November 2022 . in Berita . 109 views
4731_bekal.jpg

UIN MALANG-KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) sudah di depan mata, mahasiswa mulai mempersiapkan program-program apa saja yang bisa diimplementasikan. Tentu ini bukan tugas yang mudah. Banyak keraguan apakah bisa memenuhi harapan kampus dan juga masyarakat di lokasi KKM. Untuk menjawab kegelisahan mahasiswa tersebut, Pusat Studi Pengabdian Masyarakat di bawah naungan LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengumpulkan lebih dari 500 mahasiswa, perwakilan setiap kelompok dalam Pembekalan KKM Periode 2022-2023 di Aula Gedung Rektorat lt.5, Selasa (22/11).
Dr. Syaiful Mustofa, Ketua Pusat Studi Pengabdian Masyarakat menyatakan, pada intinya pelaksanaan KKM adalah untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensi di masyarakat. Tentu tidak bisa asal membuat program kerja tanpa mengetahui lokasi KKM yang akan ditempati. “Diskusikan dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan teman setim, juga dengan perangkat masyarakat,” paparnya.
Ia melanjutkan, saat merencanakan program KKM, mahasiswa harus mempertimbangkan visi-misi universitas. Karena UIN Malang concern dalam integrasi keilmuan, maka program-program yang dilakukan terbagi menjadi dua, “Program keagamaan dan kemasyarakatan.” Ia menegaskan, program keagamaan adalah hal yang membedakan KKM dari UIN Malang dengan kampus lain. “Maka pastikan lokasi KKM nanti dekat dengan masjid setempat,” ujarnya mengingatkan.
Dalam kegiatan Pembekalan KKM Periode 2022-2023 tersebut, Kepala Camat Kecamatan Pujon, Drs. Kasiyanto, MM. juga turut hadir. Ia memberikan gambaran secara umum tentang apa yang bisa dilakukan mahasiswa di lokasi KKM nanti. Ia menjelaskan, ada dua kategori potensi wilayah yang bisa dijadikan ranah program kerja KKM, yakni potensi fisik dan non-fisik. Potensi fisik meliputi tanah, air, demografi masyarakat, cuaca dan iklim, serta ternak. Sementara itu potensi non-fisik ialah adat istiadat, aparatur pemerintah, dan lembaga sosial.

4732_bekal2.jpg


Terkait potensi pemerintahan, Kasiyanto menjelaskan bahwa mahasiswa juga dihimbau membantu kinerja aparat desa di lokasi KKM. Program kerja yang bisa dilakukan di ranah ini ialah pembangunan infrastruktur desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga bisa menyentuh potensi fisik seperti membantu pengembangan destinasi wisata agar masyarakat sekitar tempat wisata tersebut dapat lebih berdaya.
Dalam kesempatan tersebut, Pusat Studi Pengabdian Masyarakat juga menghadirkan Dinia Saridewi, MA., Redaktur News Program UBTV. Ia khusus menjelaskan cara membuat tulisan dalam bentuk berita sebagai salah satu outcome KKM. Kepala LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd. dan Sekretaris LP2M, Ahmad Abtokhi juga turut hadir untuk membuka kegiatan Pembekalan KKM Periode 2022-2023 pagi hari itu. (nd)

Lebih Lanjut »
TINGKATKAN LAYANAN, UIN MALIKI MALANG LANJUTKAN KERJASAMANYA
Putut Wahyu Hardiyanto Selasa, 22 November 2022 . in Berita . 106 views
4728_panitia.jpg

HUMAS-Tekad bulat untuk memberikan layanan dan fasilitas terbaik pasti sudah menjadi prioritas bagi lembaga atau instansi mana pun tak terkecuali bagi lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang). Kali ini, untuk mewujudkan hal tersebut pastinya kampus Islam yang berlogo Ulul Albab tidak bisa berjalan sendiri. Apalagi di era modern saat ini, yang dibutuhkan bukan persaingan namun sebaliknya saling bersinergi, bekerjasama dan berkolaborasi antar pihak manapun. Oleh karena itu, UIN Maliki Malang melanjutkan kerjasamanya dengan dua instansi Bank sekaligus, yakni Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Secara resmi jalinan kerjasamanya ditandai dengan Penandatanganan MoU yang bertempat di ruang rektor, Lt. 1, Gedung Rektorat DR. (HC). Ir. Soekarno.Selasa(22/11) 

4729_panitia.jpg

Dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin, MA memberikan respon yang cepat dan tepat dalam menanggapi apa yang menjadi tujuan adanya kelanjutan kerjasama diantara kampus yang saat ini ia pimpin, khususnya dengan BNI dan BSI. Disampaikan oleh rektor asal Bojonegoro ini bahwa UIN Maliki Malang sampai saat ini ingin terus memberikan yang terbaik dalam berbagai layanan kepada costumer nya. Dalam hal ini, costumer yang dimaksud utamanya adalah para mahasiswa karena sebagai instansi Perguruan Tinggi sebagian besar pelayanan diberikan kepada para mahasiswa. Sehingga harapan besar akan adanya kelanjutan kerjasama kali ini, tidak lain adalah memberikan layanan prima yang mampu membantu dan memberikan kemudahan para mahasiswa. 

4730_panitia.jpg

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor (WR II) bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan(AUPK) UIN Maliki, Dr. Ilfi Nurdiana, M.Si saat memberikan pengantar bahwa saat ini costumer terbesar kampus adalah para mahasiswa. Menurut Ning Ilfi sapaan akrabnya ini semakin modern dan majunya zaman saat ini maka mahasiswa di kampus juga membutuhkan layanan yang lebih, baik itu kepentingan perihal administrasi perkuliahan, transaksi keuangan, tabungan, dll. Bahkan sekarang ini merupakan era serba berbisnis maka tak jarang, mahasiswa juga membutuhkan suatu aplikasi atau mungkin layanan perbankan yang bisa membantu bisnisnya. "Semoga adanya MoU kali ini mampu mempererat jalinan kerjasama kita untuk saling memberikan manfaat, saling menguntungkan dan berkomitmen meningkatkan layanan terbaik kepada semua costumer", harapnya.(ptt) 

Lebih Lanjut »
PRODI MANAJEMEN MENGADAKAN WORKSHOP PENYUSUNAN BUKU AJAR
Abadi Wijaya Selasa, 22 November 2022 . in Berita . 82 views
4725_workshop-penyusunan-buku-ajar-prodi-manajemen.jpg
Sebelah kiri Dr. H. Misbahul Munir, Lc., ME.i (Dekan Fakultas Ekonomi); kanan Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M (Narasumber)

HUMAS-Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Maulana Maliki Malang mengadakan Workshop tentang Penyusunan Buku Ajar Program Studi Manajemen bertempat di Auditorium Lantai 3 Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, Senin (14/11).

Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. H. Misbahul Munir, Lc., ME.i

“Harapannya semoga dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan progres kegiatan belajar mengajar prodi manajemen kedepannya” Jelasnya.

4726_pemateri-workshop.png

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M dari Universitas Negeri Malang.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi Prof. Dr. H. Muhammad Djakfar, SH, M.Ag; Prof. Dr. H. Salim Al Idrus, MM. M.Ag ; Prof Dr. Siswanto, M.Si dan juga seluruh dosen program studi manajemen. (sm)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up