Daftar Kategori: Berita


PIONIR 2019: 10 TIM MASUK FINAL BUSINESS PLAN
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 10 views
2200_bisnis.jpg

GEMA-Lomba Business Plan menjadi salah satu yang diujikan pada Selasa (16/7) dalam perhelatan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9. Lomba yang masuk dalam kategori Ilmiah dan Riset tersebut menjaring 25 tim dari PTKIN seluruh Indonesia untuk berebut gelar juara di babak final. Lomba tersebut dilokasikan di Ruang LPM Gedung Rektorat Lt. 4.
Setelah pelaksanaan babak penyisihan, tim juri memutuskan 10 tim yang dinyatakan layak ke babak akhir. Mereka ialah tim dari IAIN Kediri, IAIN Ponorogo, UIN Makassar, UIN Bandung, UIN Malang, UIN Raden Intan Lampung, UIN Riau, UIN Sumatera Utara Medan, UIN Surabaya, dan UIN Yogyakarta.
Guntur Kusuma Wardana, Penanggung Jawab Lomba Business Plan, menyatakan, tim juri akan memilih enam kelompok terbaik untuk merebutkan tiga kursi juara. Setiap tim akan berkesempatan mempresentasikan bahannya selama total 25 menit. “10 menit pertama untuk presentasi dan 15 menit selanjutnya untuk sesi tanya-jawab,” jelasnya. Para juri lomba ini didatangkan dari Depok, Surabaya, dan Malang.

Reporter: Arroza Ayu Rachmaniyah

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: TIGA TAHAPAN WALL-CLIMBING
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 11 views
2198_climb1.jpg

GEMA-Salah satu cabang bergengsi yang diadu dalam Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 ialah Sport Climbing (Olahraga Memanjat). Di hari pertama, para atlet yang mengikuti kategori speed diadu. Sebanyak 25 atlet putra dan 21 atlet putri tercatat mendaftarkan diri mewakili kampusnya, Selasa (16/7).
Ada tiga tahap dalam kategori speed ini. Tahap awal yakni practice atau percobaan. Semua atlet berkesempatan mencoba arena tanpa dinilai kecepatan memanjatnya. Kedua ialah kualifikasi dimana para atlet dijaring untuk masuk di tahap selanjutnya, final. Dalam final, hanya 16 atlet saja yang akan bertanding baik putra maupun putri.

2199_climb2.jpg


Dalam final, peserta akan dikenakan sistem add to head. Sistem ini menguji atlet nomor satu dengan nomor 16, nomor dua dengan nomor 15, dan seterusnya. “Sistem ini juga disebut atas-bawah,” jelas Arifuddin, salah satu juri Cabor Panjat Dinding Kategori Speed.
Final cabor ini diadakan setelah jeda tahap kualifikasi, kurang lebih 30 hingga 60 menit. Tiga juara untuk masing-masing atlet putra dan putri akan dipilih pada babak final. Penyerahan apresiasi bagi pemenang akan diadakan pada Kamis (18/7).

Reporter: Hamdi Rabbani

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: 6 DARI 39 KARYA TULIS QURAN DI FINAL
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 16 views
2196_mktq1.jpg

GEMA-Musabaqoh Karya Tulis al Quran (MKTQ) menjadi salah satu yang diujikan di hari pertama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 di UIN Malang, Selasa (16/7). Diadakan selama dua hari, panitia fokus pada babak penyisihan di hari pertama. Sebanyak 39 karya ilmiah dinilai. Hasil seleksi, akan diambil enam karya saja untuk dinyatakan lolos dalam babak final pada Jumat (19/7). Lomba yang masuk dalam kategori riset ini dilokasikan di Laboratorium Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi Lt. 3 UIN Malang.
Benny Afwadzi, Penanggung Jawab MKTQ, menjelaskan beberapa poin penting yang menjadi patokan para penilai makalah. “Semua memiliki bobot yang sama,” imbuh lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.
Beberapa poin tersebut yakni relevansi judul dengan tema yang diberikan. Kebaruan gagasan yang ditulis peserta juga menjadi pertimbangan. Gagasan tersebut tentu harus diimbangi dengan eksplorasi kandungan ayat al Quran yang tepat. “Selain itu, keluasan wawasan dan kekayaan referensi makalah juga menjadi poin penting,” tutur Bapak dua anak ini.

2197_mktq2.jpg


Ia pun menjelaskan bahwa ada larangan bagi peserta MKTQ. Yakni membawa makalah. “Kami khawatir, isi makalah itu yang akan mereka tulis nantinya,” jelas Benny. Referensi yang diperbolehkan untuk dibawa peserta ialah buku, jurnal, koran, majalah, berita daring yang dicetak, serta transkrip hasil wawancara. Salah satu peserta terpaksa harus didiskualifikasi, Benny membeberkan, “Menurut tim penilai setelah berdiskusi, ada beberapa hal yang tidak bisa dibenarkan sehingga kami terpaksa mengambil keputusan tersebut.”

Reporter: M. Nasyithul Ibad & Iffatunnida

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: 12 KAMPUS TANDING BASKET HARI INI
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 26 views
2195_basket.jpg

GEMA-Cabang olahraga Basket menjadi salah satu lomba yang ditandingkan di hari pertama jadwal kompetisi Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Selasa (16/7). Di pertandingan awal, IAIN Tulungagung berhadapan dengan tim dari UIN Bandung. Kompetisi untuk cabang Basket dilaksanakan di Lapangan Indoor Champion Mandala Tidar. Kompetisi berlangsung seru. Dengan postur tubuh yang tinggi dan besar, tim UIN Bandung gencar menyerang lawannya. Tak gentar, tim dari IAIN Tulungagung membalas serangan dari tim lawan dengan gesit dan cepat.
Di hari awal pertandingan Basket, enam pertandingan dilaksanakan. Total 12 tim akan berhadapan hari ini. Di antaranya ialah UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Pekalongan.
Bangku penonton tak hanya diisi oleh para pemain yang akan berlomba di hari yang sama dan panitia. Tampak pula kerabat para atlet. Ada yang rela izin dari pekerjaannya untuk menyaksikan kerabatnya bertanding di ajang dwi tahunan yang diselenggarakan Kementerian Agama ini.

Reporter: Fajar Rinaldi

 

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: LANTUNAN MHQ 5 JUZ
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 31 views
2194_mhq5j.jpg

GEMA-Para hafiz-hafizah al Quran perwakilan PTKIN dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Aula HTQ, lantai dasar Masjid Ulul Albab, Selasa (16/7). Total 83 peserta mendaftar dalam Musabaqoh Hifzil Quran (MHQ) kategori lima juz di Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9. Menurut jadwal, lomba ini akan berlangsung hingga Sabtu (20/7).
Dzihan, peserta dari IAIN Bangka Belitung mengaku sangat nyaman dengan suasana di UIN Malang. Menurutnya, fasilitas yang disediakan memberikan kenyamanan bagi para peserta lomba. Sehingga, mereka dengan tenang dapat mengikuti lomba yang dituju. Terlihat beberapa peserta mengulang hafalannya sebelum mendapat giliran berlomba. “Semoga saya bisa mengharumkan nama kampus IAIN Bangka Belitung,” harap Dzihan.

Reporter: Jelita Mifhtalil B.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: 113 PESERTA DI CABANG MSQ
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 28 views
2193_msq.jpg

GEMA-Mengawali hari pertama Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 beberapa lomba mulai digelar. Salah satunya Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ) di Aula Gedung Pusat Bahasa Lt. 3 UIN Malang, Selasa (16/7). Sebanyak 113 peserta bertanding di cabang perlombaan ini. Menurut catatan panitia pelaksana, ada 66 PTKIN dari seluruh penjuru nusantara yang meregistrasikan mahasiswanya dalam perlombaan kategori Seni Qurani tersebut.
Eli, peserta dari UIN Alauddin Makassar mengaku siap lahir dan batin untuk bertanding dengan seluruh peserta lomba dari seluruh PTKIN. Ia mempersiapkan diri dengan berlatih bersama atau tanpa pelatih. Dengan pengalaman dari beberapa perlombaan sebelumnya, ia optimis bisa melakukan yang terbaik untuk kampusnya.

Reporter: Jelita Mifhtalil B.

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: RASA TRADISIONAL HINGGA MODERN
Iffatunnida Selasa, 16 Juli 2019 . in Berita . 42 views
2191_opening5.jpg

GEMA-Pembukaan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 di Lapangan Utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dimeriahkan dengan beragam penampilan, Senin malam (15/7). Suguhan-suguhan apik ditampilkan mahasiswa-mahasiswa kampus berlogo Ulul Albab ini untuk menyambut atlet-atlet dari PTKIN seluruh Indonesia.
Di awal acara, mahasiswa Fakultas Humaniora membuka penampilan dengan Tari Saman khas Aceh. Penampilan diiringi nyanyian live tersebut mencuri perhatian penonton. Dilanjutkan dengan tarian tradisional oleh mahasiswa Jurusan PGMI angkatan 2017. Ke-17 mahasiswa yang tergabung dalam Sanggar Seni Bina Madrasah ini menampilkan secara medley, tarian dan nyanyian nusantara. Penampilan ini tak pelak menjadi hiburan bagi peserta PIONIR yang memang berasal dari beragam daerah di Indonesia.

2192_opening6.jpg


Panitia pelaksana juga menghadirkan iringan menggunakan kostum dari ajang tahunan Karnaval Malang. Kostum meriah dengan hiasan bunga yang memang menjadi ikon Kota Malang itu kembali menjadi pusat perhatian di perhelatan pembukaan PIONIR 2019.
Selanjutnya, ada pula penampilan dari mahasiswa UKM Taekwondo. Selain menampilkan jurus-jurus secara seni, mereka melengkapi aksinya dengan beragam akrobat. Beberapa performa lagu juga dihadirkan di panggung bernuansa dominan hijau semalam.

Reporter: Nida & Laili Faiqoti Alfaini

Lebih Lanjut »
MENTERI AGAMA BUKA PIONIR 2019
Iffatunnida Senin, 15 Juli 2019 . in Berita . 42 views
2189_opening3.jpg

GEMA-Di hadapan ribuan atlet Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Diktis Kamaruddin Amin, rektor UIN Malang, rektor UIN Ar Raniry Aceh, dan ketua forum wakil rektor bidang kemahasiswaan membuka resmi perhelatan akbar Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9, Senin malam (15/7). Kembang api pun menghiasi langit malam di area Lapangan Utama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dalam pemaparannya, menteri agama dan seluruh pihak di kementeriannya mendukung penuh kompetisi besar dwi tahunan tersebut. PIONIR disebutnya sebagai pelengkap pendidikan formal dalam kelas di setiap kampus.
Ikhtiar pendidikan, ujarnya, ialah memanusiakan manusia. Untuk mencapainya, pendidikan formal saja tentu tidak akan cukup. “Maka diperlukan kegiatan ekstrakurikuler di luar kelas formal,” lanjutnya.

2190_opening4.jpg


Kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi salah satu kebijakan Kemenag. Kegiatan di luar kelas menjadi salah satu program strategis, di antaranya melalui aktivitas seni dan riset ilmiah.
Segala ikhtiar ini, masih kata Lukman Hakim, ditujukan untuk mencapai cita-cita besar PTKIN. Yakni, menghasilkan lulusan yang profesional serta memiliki asas sosial kemasyarakatan. Sehingga nantinya, lulusan PTKIN bisa bergerak aktif serta positif di masyarakat dan berkontribusi untuk memajukan bangsa Indonesia. (nd)

Lebih Lanjut »
PIONIR 2019: KEJUJURAN LEBIH PENTING
Iffatunnida Senin, 15 Juli 2019 . in Berita . 16 views
2188_opening2.jpg

GEMA-Perhelatan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) ke-9 mencakup puluhan cabang perlombaan. Maraknya mafia saat perlombaan, menjadi concern Dirjen Diktis Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA. Karena ajang besar ini ada dalam naungan Kementerian Agama, ia menekankan pentingnya kejujuran dalam bertanding. Hal ini ia sampaikan saat memberikan sambutan di panggung pembukaan PIONIR ke-9 di Lapangan Utama UIN Malang, Senin malam (15/7).
Menjadi juara, ujarnya, memang penting. Seseorang tentu memiliki kebanggaan dan kepuasan saat dinobatkan sebagai Sang Juara dalam event sebesar PIONIR. “Jadi juara memang penting, namun menanamkan kejujuran dalam bertanding lebih penting lagi,” tegasnya.
Dalam kompetisi antar mahasiswa PTKIN se-Indonesia ini, Prof. Kamaruddin berharap agar tidak ada praktik kecurangan. Pihak panitia penyelenggara dan pelaksana sangat teliti dalam memilih juri agar tidak ada subjektivitas. “Semua kompetisi kita laksanakan dengan semangat kebersamaan dan sportivitas,” tutur lulusan Universitat Bonn, Jerman ini.
Di masa mendatang, Prof. Kamaruddin berharap atlet-atlet yang diterjunkan dalam ajang dwi tahunan PIONIR ini juga berkesempatan menjadi atlet yang mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah nasional dan internasional. “Mahasiswa PTKIN harus memiliki cita-cita luhur untuk secara aktif berkontribusi bagi bangsa,” imbuhnya.
Terakhir, ia ingin agar seluruh peserta memanfaatkan ajang tingkat nasional di antara institusi PTKIN ini. Pasalnya, tidak semua mahasiswa berbakat di bidang olahraga, seni, maupun riset ilmiah bisa lolos untuk dikirimkan menjadi salah satu kontingen mewakili kampus. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up