Daftar Kategori: Berita


UIN MALIKI TINGKATKAN KERJA SAMA DI LEVEL INTERNASIONAL
Putut Wahyu Hardiyanto Rabu, 29 Juni 2022 . in Berita . 40 views
3924_panitia.jpg

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) terus tingkatkan jalinan kerja samanya di level internasional, salah satunya dengan kampus luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan berlanjutnya penandatanganan MoU dengan Universiti Teknologi MARA(UiTM) Malaysia. Acara seremonialnya berlangsung secara during bertempat di meeting room, Lt. 1, Fakultas Syariah, Gedung Megawati Soekarnoputri. Hadir saat acara, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. M. Zainuddin,MA didampingi Wakil Rektor bidang kerjasama dan pengembangan kelembagaan, Dr. Isroqunnajah, M. Ag, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Sudirman beserta para Wakil dekan dan para Kaprodinya.Rabu(29/6)

Prof. Zain, sapaan akrab rektor UIN Maliki Malang dalam sambutannya menyampaikan ungkapan syukur dan terimakasih atas terjalinnya kerja sama antara kedua lembaga. "Sungguh suatu kehormatan bagi Kami(UIN Maliki) bisa bekerja sama dengan Universiti Teknologi MARA(UiTM) Malaysia", ucapnya.

3925_panitia.jpg

Dalam hal ini, wujud dari adanya kerjasama bisa meluputi berbagai bidang terutama terkait pengembangan lembaga, bidang akademik dan juga menejemen pembelajaran/kurikulum.
Sedangkan implementasi dari kerjasama tersebut bisa dilaksanakan dalam hal pertukaran institusional, penerimaan mahasiswa sarjana dan pascasarjana, simposium, konfrensi hingga pada riset (penelitian).

Harapan ke depanya, masih menurut Prof. Zain bahwa adanya MoU ini bisa saling mendukung, membantu dan menguatkan kedua instansi dalam upaya memajukan bidang kelembagaan, akademik hingga berkolaborasi melakukan riset, inovasi demi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kebutuhan zaman.

Mengakhiri sambutannya, orang nomor wahid di UIN Maliki Malang ini memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya agenda MoU tersebut. Meski secara during namun acara tetap terasa khidmat dan bisa berjalan dengan lancar.(ptt)

Lebih Lanjut »
SIMAK BEBERAPA SKEMA KKN YANG BISA DIPILIH MAHASISWA
Iffatunnida Selasa, 28 Juni 2022 . in Berita . 55 views
3922_kknmodel.jpg


UIN MALANG-Dalam Workshop Penyusunan Roadmap Tema Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Syaiful Mustofa, M.Pd., MA., Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat, menyampaikan perubahan konsep KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa). Hal ini ia sampaikan pasca mengikuti Konferensi Pusat Pengabdian Masyarakat se-Indonesia. Hasil konferensi menyatakan, KKM akan dirubah menjadi KKN (Kuliah Kerja Nyata), sebuah istilah yang familiar dipakai beberapa tahun lalu. Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pimpinan mengenai perubahan ini.
Perubahan nama juga diikuti dengan perubahan tata laksana program pemberdayaan mahasiswa ini. Jika sebelumnya, KKM hanya dilaksanakan sekali dalam satu periode kalender akademik, maka KKN dilaksanakan selama lima kali dengan jenis program, alokasi waktu, dan bobot SKS yang beragam.
Ada beberapa skema KKN yang ditetapkan dan dapat dipilih oleh mahasiswa. Setiap skema, memiliki kualifikasi dan bobot yang berbeda. Sehingga, Syaiful menyatakan agar mahasiswa dapat menimbang dan memilih sesuai dengan kapasitasnya. Berikut ini adalah skema-skema KKN yang dijelaskan oleh Syaiful selaku Penanggung Jawab kegiatan pengabdian masyarakat di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
KKN Reguler. Konsep KKN jenis ini masih sama dengan KKM yang pernah dilakukan mahasiswa terdahulu. Dilaksanakan selama sebulan, pihak LP2M menetapkan tiga wilayah utama yang bisa dipilih mahasiswa. Ketiga lokasi yang telah bermitra dengan kampus berlogo Ulul Albab ini ialah, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang. KKN Reguler berbobot 2 SKS.
KKN-DR (KKN-Dari Rumah). Model ini telah diterapkan sejak pandemi Covid-19. Lokasi pelaksanaan disesuaikan dengan domisili mahasiswa, yakni seluruh Indonesia. Jika mahasiswa berasal dari luar negeri, maka pelaksanaannya pun di negaranya masing-masing. KKN-DR berbobot 2 SKS dan dilaksanakan selama sebulan penuh.
KKN-MBKM (KKN-Merdeka Belajar, Kampus Merdeka). Skema ini merupakan amanah dari Kementerian Pendidikan yang memang sedang mencanangkan Kampus Merdeka. Berbeda dengan 2 skema sebelumnya, KKN-MBKM dilaksanakan selama 1 semester atau 4 bulan penuh. Karenanya, KKN ini berbobot 20 SKS. Pembagiannya ialah, 2 SKS untuk nilai KKN, sedangkan 18 SKS akan dikonversi sesuai dengan mata kuliah di jurusan masing-masing. Lokasi untuk KKN-MBKM akan diumumkan di kemudian hari sesuai dengan para mitra yang telah bekerjasama dengan UIN Malang.
KKN Kolaborasi. Ada dua jenis KKN-Kolaborasi. Pertama, Kolaborasi Ex-IAIN Sunan Ampel. Saat ini, skema KKN kolaborasi yang pertama tengah berjalan di Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek selama sebulan. Kedua, Kolaborasi PTKIN se-Indonesia. Lokasi KKN model ini ialah di Papua dan dilaksanakan selama sebulan. Ketiga, KKN Internasional. Sesuai namanya, KKN jenis ini akan dilaksanakan di luar negeri. Pelaksanaan KKN lebih lama dibanding dua KKN Kolaborasi lainnya, yakni 3 bulan. Mahasiswa yang menempuh KKN Kolaborasi Internasional, juga sekaligus melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) sesuai bidangnya. Lokasi yang ditetapkan ialah di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Kamboja, Thailand, Singapura, dan lainnya.
Tak hanya keempat jenis KKN di atas, ada pula KKN yang bekerjasama dengan beberapa kementerian di Indonesia yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Seluruh KKN yang bekerjasama dengan kementerian dilaksanakan selama dua bulan dan dapat diakui oleh kampus sebagai nilai KKN.
Pertama, Program Pejuang Muda. Ini merupakan program yang dirancang Kementerian Sosial. Kedua, Duta Perubahan Prilaku. Program ini merupakan besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya, Program Gotong Royong. Ini merupakan program unggulan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Yang terakhir ialah Ekspedisi Nusantara. Ini merupakan program KKN besutan Menko Kemaritiman. (nd)

Lebih Lanjut »
MAHASISWA UIN MALIKI RAIH GELAR PUTERA PUTERI PENDIDIKAN JATIM 2022
Putut Wahyu Hardiyanto Selasa, 28 Juni 2022 . in Berita . 49 views
3921_panitia.jpg

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) tambah torehan prestasinya lagi. Kali ini capaian prestasi diperoleh dari salah seorang mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maliki Malang di ajang Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur tahun 2022. Event yang terselenggara di bawah naungan Yayasan Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia tersebut dilaksanakan kemarin Jumat s/d Minggu (24-26/6) sedangkan Grand finalnya berlangsung di Grand City Mall Surabaya.Selasa(28/6)

 Mahasiswa tersebut bernama Ariel Alvi Zahry. Ia masih menempuh dua semester di Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Ariel begitu sapaan akarabnya ini berhasil mendapatkan gelar The Winner atau menjadi pemenang dalam ajang Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur tahun 2022 kategori Remaja. Menurut mahasiswa asal Madiun ini, dalam upaya untuk memperoleh prestasi tersebut, tidaklah mudah. Karena ada banyak tahapan tes yang harus dilaluinya, yakni mulai dari tahapan tes tulis yang diikuti oleh 300 peserta dari seluruh wilayah kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur hingga pada tahap grand final yang tersisa 24 peserta kategori remaja. Ia harus bersaing dengan para peserta lainnya dengan background atau latar belakang serta pengalamannya yang berbeda-beda.

Sebenarnya Ariel tidak begitu berambisi untuk berharap meraih juara atau menjadi pemenang dari ajang tersebut, namun demikian niat tulusnya memberikan yang terbaik bagi kampus dan kota asalnya justru berbuah manis hingga ia jadi sang juara. “Sungguh tidak disangka, namun syukur Alhamdulillah niat baik saya malah berakhir menjadi juara di ajang ini”,ucapnya penuh bahagia.  Selanjutnya, Ariel akan maju ke tingkat nasional sebagai perwakilan dari provinsi Jawa Timur.

Besar harapan Ariel agar nantinya dapat berdedikasi dan berkontribusi dalam bidang pendidikan terutama bagi lingkungan tempat tinggalnya dan di kampus tercintanya, yakni UIN Maliki Malang. Ia menambahkan bahwa keberhasilannya tidak terlepas dari doa orangtua dan dukungan dari kampusnya. “Terima kasih tak terhingga kepada Bapak, Ibu dan keluarga serta pastinya kampus UIN Maliki yang telah mendoakan dan medukung saya selama ini”,pungkasnya.

Lebih Lanjut »
INI 4 TEMA PENELITIAN YANG DICARI KAMPUS
Iffatunnida Selasa, 28 Juni 2022 . in Berita . 55 views

 

3920_ijen1.jpg

UIN MALANG-Penelitian masih menjadi agenda rutin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai sebuah institusi yang menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prof. Dr. Agus Maimun, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menjelaskan empat tema besar yang diusung tahun ini.
Tema pertama ialah moderasi beragama yang merupakan amanah pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia. Tema ini memang digalakkan Kemenag beberapa tahun terakhir, mengingat banyaknya kasus yang menyinggung isu agama di negeri ini.
Selanjutnya, masih kata Prof. Agus, ialah pengembangan kelembagaan. Output penelitian di tema ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan kampus, mulai dari tingkat jurusan hingga fakultas. Sehingga nantinya, kampus semakin siap dan mantap dalam mengakselerasikan diri sebagai World Class University.
Tema yang ketiga ialah teknologi baru dan terbarukan. “Ini khususnya untuk fakultas yang terkait, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi,” imbuh Prof. Agus Maimun. Ia yakin banyak sumber daya manusia yang unggul di fakultas tersebut. Karena itu, pihak kampus ingin akan ada keluaran berupa teknologi baru yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan, termasuk masyarakat luas.
Yang terakhir, Filologi menjadi tema penelitian yang baru diusung. Hal ini merujuk pada hasil diskusi pemerintah bahwa banyak sekali manuskrip-manuskrip milik Indonesia yang malah disimpan oleh negara lain. “Banyak sekali manuskrip kitab kuning karya Ulama Indonesia terdahulu, juga dokumen sejarah Indonesia yang disimpan di Belanda,” tuturnya. Ia ingin agar makin banyak penelitian di Bidang Filologi agar karya-karya ulama dalam negeri, khususnya, dapat terselamatkan dan masih dapat digunakan dan diaplikasikan oleh ulama dan calon ulama masa kini.
Hal ini disampaikan Prof. Dr. Agus Maimun dalam Workshop Penyusunan Roadmap Tema Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Acara dilaksanakan di Ballroom lt. 1 Ijen Suites Resort & Convention Malang selama sehari penuh, Selasa (28/6). Workshop dihadiri perwakilan seluruh jurusan, fakultas, dan unit-unit kampus terkait seperti SPI (Satuan Pemeriksa Internal) dan PMU (Penjaminan Mutu Universitas). (nd)

Lebih Lanjut »
KARO AUPK: IDENTIFIKASI MASALAH DAN CARI SOLUSINYA
Putut Wahyu Hardiyanto Senin, 27 Juni 2022 . in Berita . 52 views
3918_panitia.jpg
HUMAS-Dalam rangka mendukung terwujudnya visi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yakni Unggul dan Bereputasi Internasional maka Kepala Biro Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ahmad Hidayatullah,M.Pd menginisiasi dibentuknya GPIMK. Hal tersebut, Pak Karo, sapaan akrabnya itu sampaikan dalam agenda entry meeting di Loby, Lt. 1, Gedung Rektorat, DR. (HC) Ir. Soekarno. Senin(27/6)

GPIMK sendiri merupakan singkatan dari Gugus Pengembangan Inovasi Mutu Kinerja. Pak Karo, menginginkan dibentuknya gugus tersebut di setiap unit kerja, khususnya yang berada di bawah naungan bidang AUPK. Tujuan dibentuknya formasi gugus tersebut agar setiap unit di bidang AUPK mampu mengidentifikasi masalahnya masing-masing secara detail dan jelas. Selain itu, dengan adanya formasi itu juga bertujuan untuk mencari solusinya. "Hal yang harus kita lakukan untuk melakukan inovasi mutu kinerja yakni diawali dengan sadar diri melakukan identifikasi masalah yang ada dan selanjutnya segera bertindak mencari solusinya", terangnya.

3917_panitia.jpg

Oleh karena itu, lanjut Pak Karo bahwa tujuan utama dari adanya GPIMK selain meningkatkan mutu kinerja tiap unit-unit, maka tidak lain untuk membantu dan mensupport dalam mewujudkan mimpi besar kampus UIN Maliki Malang, seperti apa yang telah menjadi visinya,yakni menuju universitas yang Unggul dan Bereputasi Internasional. "Unggul itu berati bermutu dan punya kualitas terbaik dan bereputasi internasional itu berati memiliki kiprah, citra dan dikenal oleh dunia",paparnya. Sehingga mengakhiri arahannya, Pak Karo mengajak semuanya untuk bersemangat mendukung penuh visi kampus UIN Maliki Malang. "Mari semuanya, ayoo semangat bekerja keras, bekerja lebih baik lagi agar visi besar kampus kita ini bisa terwujud!", pungkasnya.

Hadir saat acara, Kabbag Umum, Kepala OKH, Ketua berserta koordinator perencanaan dan keuangan, para kasubbag, Ketua bagian keamanan(Satpam), para staf dan karyawan terkait hingga perwakilan bagian kebersihan kampus.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG BUKA JALUR MANDIRI, BERIKUT LINK DAN PROSEDUR PENDAFTARANNYA
Abadi Wijaya Senin, 27 Juni 2022 . in Berita . 145 views
3916_mandiri.jpg

HUMAS-Penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui jalur mandiri masih dibuka. Pendaftaran dibuka hingga 22 Juli 2022.

Pendaftaran terbuka untuk siswa SMA / MA / SMK lulusan tahun 2020-2022 bagi pendaftar Jalur Mandiri Tulis dan lulusan tahun 2021-2022 bagi pendaftar Jalur Mandiri Prestasi. Jalur Beasiswa Teladan untuk pendaftar lulusan tahun 2020-2022.

Pendafattaran dilakukan melalui laman pmb.uin-malang.ac.id. atau https://reg.uin-malang.ac.id/login. Pendaftar membayar biaya seleksi PMB Jalur Mandiri sebesar Rp 300 ribu di Bank BSI, Mandiri, BTN, BNI, BRI, dan BTN Syariah dengan menunjukkan nomor pendaftaran onlinnya ke teller atau petugas bank. "Calon mahasiswa mandiri harus mengikuti prosedur di laman registrasi online terlebih dahulu sebelum ke bank," terang Badrus salah satu panitia PMB jalur Mandiri UIN Maliki Malang.

Setiap peserta, kata dia wajib mengisi formulir pendaftaran dengan benar sebelum melakukan pembayaran administrasi ke bank setelah itu setiap peserta akan menerima bukti slip pembayaran dari bank yang di dalamnya berisi login user dan pasword 8 digit. "Untuk itu, bagi calon mahasiswa baru jalur mandiri ini harus menyimpan bukti slip pembayaran administrasinya," pesannya menegaskan.

Selain itu, Badrus sapaan akrabnya menjelaskan setelah selesai dari bank peserta harus kembali login menggunakan kode yang di dapat dari bank dan mengisi biodata dengan benar lalu jika sudah dilengkapi baru klik unggah berkas dan setelah itu tinggal cetak kartu tesnya saja. "Jadi prosesnya cukup mudah asal para pendaftar jalur mandiri mau memhamai terlebih dahulu prosesurnya sebelum melakukan pendaftaran online," terangnya.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran jalur mandiri ini dibuka meulai 1 Juni hingga 22 Juli 2022 dan pelaksanaan ujian dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari yaitu 27-28 Juli 2022. Sementara itu jika sesuai jadwal pengumuman hasil seleksi mandiri akan di umumkan 3 Agustus 2022.

Program Studi yang ditawarkan Jalur Mandiri Tulis & Prestasi yaitu mencakup Biologi, Farmasi, Fisika, Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah), Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah), Hukum Tata Negara, Kimia, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Dokter, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Perbankan Syari'ah, Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Psikologi, Sastra Inggris, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika.

 

 

 

 

Lebih Lanjut »
HALAL CENTER GELAR FGD HADIRKAN BPJPH
Abadi Wijaya Jumat, 24 Juni 2022 . in Berita . 170 views

 

3914_hala-center.jpg

HUMAS-Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Halal Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali melakukan Focus Group Discussion dalam rangka penguatan kelembagaan dengan menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Jumat (24/6).
Hadir sebagai narasumber FGD Dr. H.A. Umar, MA yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal (PPJPH). Pembahasan persoalan penguatan kelembagaan kali ini hanya diikuti pimpinan tertentu saja, diantaranya para wakil rektor, kepala biro, dekan, direktur pascasarjana, ketua lembaga dan ketua unit yang ada di lingkungan UIN Maliki Malang.

3915_hc.jpg


Dalam paparan materinya Umar menegaskan bahwa persoalan LPH saat ini sangat komplek sekali, dan saya ingin LPH Center UIN Malang kedepan bisa menjadi percontohan sebagai perguruan tinggi dalam penyelenggaraan jaminan produk halal. "Nanti LPH UIN Malang bisa melatih bagi penyelia dan penyelenggara untuk pengusaha dalam memiliki produk halal sesuai dengan ketentuan syariah," harapnya.
PTKIN khusunya UIN Maliki Malang yang memiliki kembaga Halal Center harus bisa dimanfaatkan betul khususnya untuk kepentingan produk halal dan persoalan edukasinya. Hal ini sudah menjadi amanat dari Kementerian Agama bahwa Gus Menteri mentargetkan setidaknya sertifikat produk halal bisa mencapai 10 juta. "10 juta mencakup produk makanan, obat ataupun kosmetik," paparnya.
Persoalan kosmetik, kata bapak berkacamata itu, 90 persen bahan bakunya masih didatangkan dari luar negeri, hal ini berdasarkan fakta dilapangan. Indonesia harus bisa memproduk bahan bakunya dari dalam dan jika ini bisa dilakukan tentu biayanya akan lebih murah. Untuk itu, para dosen dan mahasiswa Farmasi UIN Malang harus bisa melakukan penelitian dan menemukan bahan baku tersebut melalui hasil risetnya. "Dengan SDM dan peralatan lab yang dimiliki LPH Center UIN Malang harus gerak cepat agar manfaat dari hasil risetnya bisa dimanfatkan masyarakat," tegasnya.
Selain itu, tambah dia, persoalan label halal memang masih perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi seluas-luasnya. Salah satunya melalui LPH Center UIN Maliki Malang ini. "Karena saya meyakini dengan SDM yang dimiliki dengan bekal iomu agama dan sains akan lebih mudah dalam melakukan penelitian sekaligus sosialisasi kepada masyarakat," pungkasnya.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kelembagaan dan Kerjasama Dr. H. Isroqunnajah berkomitmen untuk mensosialisasikan LPH ini dengan sivitas akademikan dan juga melalui kegiatan dies natalis UIN Maliki Malang yang ke-61 yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. "Tentunya momen HUT UIN Maliki Malang ini akan kami manfaatkan juga untuk sosialisasi LPH," terangnya.

Lebih Lanjut »
KSR PMI UIN MALIKI GELAR KEGIATAN PENGAMBILAN NIA DAN SCARF
Putut Wahyu Hardiyanto Kamis, 23 Juni 2022 . in Berita . 82 views
3912_putut.jpg

HUMAS-Sebanyak 32 anggota muda Kops Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti kegiatan Pengambilan Nomor Induk Anggota (NIA) dan Scarf XXX Tahun 2022. Kegiatan yang mengambil tema “Bersama Kembangkan Diri, Temukan Jatidiri, dan Mengabdi Sepenuh Hati” tersebut, dibuka secara resmi oleh Koordinator Bagian Kemahasiswaan, H. Iwan Sugiarto, S.E., M.M., dan dihadiri juga oleh Pembina UKM KSR Ahmad Izzuddin, M.HI.Kamis(23/6)

Ketua KSR PMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Neli Agustin Lisdianti, mengatakan bahwa kegiatan pengambilan NIA dan Scarf ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan kelanjutan dari kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar). Tujuannya adalah mempersiapkan anggota untuk menjadi pengurus KSR PMI berikutnya.

3913_putut.jpg

“NIA Forum ini kelanjutan dari Diklatsar XXX Oktober 2021 yang lalu. Diklatsar membekali anggota dengan aspek kerelawanan, sedangkan kegiatan pengambilan NIA dan scarf ini membekali anggota dengan aspek keorganisasian",terang Neli, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, masih menurut Neli bahwa pada kegiatan ini peserta akan menerima materi yang meliputi keorganisasian, leadership dan team building, serta analisis diri dan problem solving. Harapannya, setiap anggota KSR PMI cakap dan mumpuni dalam 2 (dua) kompetensi, yakni kerelawanan dan keorganisasian.(*/ptt) 

Lebih Lanjut »
DELEGASI FITK UIN MALIKI RAIH TIGA PENGHARGAAN TERBAIK DI AICOIES 2022
Putut Wahyu Hardiyanto Kamis, 23 Juni 2022 . in Berita . 58 views
3910_putut.jpg

HUMAS-Delegasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan(FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil meraih penghargaan di ajang Annual International Conference on Islamic Education For Students yang diselenggarakan di Auditorium Kampus 3 UIN Salatiga, kemarin Selasa-Rabu(21-22/6). Event yang mengusung tema "Indigenous Culture Based Islamic Education For Moderating Religious Expression in The Public Sphere" merupakan program yang digagas oleh Forum Ketua Dekan FITK Se-Indonesia. Dari 58 total Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), ada 20 PTKI yang mengirimkan delegasinya. Pesertanya tiap tim delegasi terdiri dari tiga mahasiswa dan wakil dekan bidang kemahasiswaan (WD III) jadi total ada empat personil dari setiap PTKI.Kamis(23/6)

Dalam konferensi itu turut menghadirkan pembicara Internasional dari USA diantaranya, Erik Lincoln (Co-founder Peace Generation), Angie Davidsen, M.S.E (Atlanta North School, USA), Anita D. Dudek, M.E.D (Edupreneur and Social Worker, USA) dan Dr. Sururin, M.Ag (Chairman of Fordetak PTKIN in Indonesia)

Sedangkan para delegasi PTKI dari unsur mahasiswa diwajibkan juga membuat paper sesuai tema yang kemudian di presentasikan dihadapan seluruh peserta konferensi dan para reviewer jurnal.

Tiga mahasiswa FITK delegasi UIN Maliki Malang kali ini berhasil meraih penghargaan dengan masing-masing paper yang diusungnya, mereka adalah Riza Ummami (Pendidikan IPS) dengan judul "Development Of Religious Moderate House Design For Foreign Students in Islamic State University Malang" sebagai best presenter. Lalu Syafiyatul Maf'udah (Pendidikan Bahasa Arab) dengan judul "The Analysis of The Value of Religious Moderation In The Material of the Arabic Textbook for Islamic Senior High School" sebagai best abstract dan terakhir Nafa Nabilah (Pendidikan Agama Islam) dengan judul "The Relationship of Aksara Jawa as Local Folklore with Moderate and Progressive Islamic Education (Ethnographic Studies on Implementation of Religious and Cultral Moderation) sebagai Favorite Presentator.

Keberhasilan dari tim delegasi UIN Maliki Malang tersebut tidak lepas dari bimbingan WD III FITK, Dr. Marno, M.Ag dan tiga dosen yang fokus diamanahi sebagai pembimbing khusus, yakni: Faridatun Nikmah, M. Pd, Dr. Alfiana Yuli Efiyanti, M.A, dan Dr. Zakiyah Arifa M.Pd.

Seluruh paper yang ditulis oleh delegasi mahasiswa akan melewati tahap seleksi dan pertimbangan dari tim jurnal yang bertugas. Miftachuddin, M.A selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa hampir 65 paper yang ditulis oleh delegasi akan diseleksi dengan berbagai pertimbangan yang kemudian jika memang layak untuk terbit akan dipublish di OJS (Open Journal System). Ia pun memberikan apresiasi tidak hanya kepada PTKI yang mendelegasikan mahasiswanya tetapi juga kepada mahasiswa yang berani berkompetisi di ajang konferensi tersebut. "Semoga acara semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan menjadi kegiatan rutin mahasiswa FITK di seluruh PTKI", harapnya.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up