Daftar Kategori: Berita


PELANTIKAN: 10 PEJABAT BARU 3 PESAN REKTOR
Abadi Wijaya Rabu, 16 Januari 2019 . in Berita . 249 views
1790_10-pelantikan.jpg
SELAMAT: Rektor saat memberikan selamat kepada salah satu pejabat baru di lingkungan UIN Maliki Malang, Rabu (16/1).

GEMA-Pagi ini, rektor akan melantik 10 pejabat baru di lingkunagn UIN Malang, Rabu (16/1). Upacara pelantikan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. Wakil Rektor dan sejumlah Dekan Fakultasturut hadir pada upacara pelantikan tersebut.

Acara yang dilsaksanakan di Ruang Rektor Gedung Rektorat Lantai Satu ini awalai dengan pembacaan Fatihah. Yang kemudian dilanjutkan dengan pemanggilan nama-nama pejabat. Di antara nama pejabat yang dilantik adalah Hj. Umi Hanik SE. sebagai Kepala Bagian Organisasi Kepegawaian dan hukum, Dr. H. Sutikno Edianto sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi, dan Abdul Ghofar A.S. Hi. sebagai Kepala Sub Bagian Organisasi dan Hukum Bagian Organisasi Kepegawaian dan Hukum, yang kemudian disusul tujuh penerima jabatan baru lainnya.

Setelah pengambilan sumpah yang dipimpin langsung oleh Rektor dan disaksikan oleh WR 1 dan WR 2, orang nomor wahid kampus hijau ini memberikan sambutan. Dalam kesempatan ini, Prof. Haris memberikan tiga pesan untuk 10 Pejabat Baru.

“Saya berpesan agar setelah pelantikan ini, masing-masing mengetahui peran dan tugasnya masing-masing,” jelasnya. Tentunya pesan pertama ini harus menjadi dasar bagi setiap pejabat baru untuk dapat segera beradaptasi dengan jabatannya. Kedua, dengan jabatan ini ada sebuah tuntutan untuk elakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. “Dan yang terakhir adalah bekerja keras dan selalu ikhlas,” pesannya di akhir sambutan. (lg/nhl)

Lebih Lanjut »
DOSEN SYARIAH UIN MALANG RAIH GELAR DOKTOR TERMUDA DI UINSA
Abadi Wijaya Rabu, 16 Januari 2019 . in Berita . 218 views
1789_muhammad-dr.jpg
BANGGA: Sesi foto bersama Dr. Muhammad sekeluarga dengan jajaran penguji sesaat setelah Ujian Terbuka di Gd. B Twin Towers Lt. 2 UIN Sunan Ampel Surabaya, Senin (14/01).

GEMA-Selain mengajar di Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Muhammad juga menyelesaikan studi S3-nya. Ujian terbuka Program Doktoral ini berlangsung di Gd. B Twin Towers Lt. 2 UIN Sunan Ampel Surabaya, Senin (14/01).

Doktor berusia 28 tahundi Fakultas Syariah tersebut mengangkat disertasi dengan tajuk Argumen Polemik Atas Autentisitas Teks al Quran.  Judul disertasi yang sempat mengejutkan pembimbing tersebut dilatarbelakangi sebab kegelisahan penulis ketika membaca beberapa kitab ‘Ulumul Quran.

“Banyak perbedaan, baik dari golongan ataupun riwayat sahabat yang berpendapat mengenai al Quran mengalami pengurangan dan penambahan,” tutur promovendus ketika menyampaikan sebagian disertasinya. Sedangkan, hal ini bersangkutan dengan kepercayaan umat Islam bahwa al Quran tidak akan mengalami perubahan hingga akhir zaman.

“Sejauh ini, menurut anda pribadi apakah Al Quran autentik atau tidak?”tanya Dr. Ahmad Nur Fuad, MA.Salah satu promotor dalam Ujian Terbuka ini mencoba menggali lebih dalam tentang disertasi ini. “Al Quran tetaplah autentik,” jawab Muhammad Promovendus Ujian Terbuka kali ini. Dosen Fakultas Syariah UIN Malang ini mendasarkan jawabannya atas riwayat sejarah.Menurut disertasi dan penelitiannya, pada masa sebelum wafatnya Rasul, Al Quran telah dibaca dua kali dan ditasmi’ langsung oleh sahabat Zaid bin Tsabit.

“Semoga ilmu yang saya dapatkan sejauh ini dapat bermanfaat dan bisa lanjut ke profesor,” harap doktor muda ini di akhir sidangnya. (syf/nhl)

 

 

Lebih Lanjut »
KOMITMEN LAKUKAN PERUBAHAN DEMI KEMAJUAN UIN MALANG
Abadi Wijaya Rabu, 16 Januari 2019 . in Berita . 257 views
1782_prof-haris.jpg

GEMA-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malaik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag mengawali kinerjanya di tahun 2019 ini mengajak seluruh pimpinan baik ditingkat universitas, fakultas, unit dan lembaga berkomitmen melakukan perubaha demi kemajuan kampus berlogo ulul albab ini, Rabu (16/1).
Melalui ajakan yang disampaikan melalui WhatsApp itu, orang nomor satu di UIN Malang itu meminta para pemangku jabatan untuk berkomitmen bersama-sama melakukan perubahan. Perubahan itu bisa dimulai dari diri sendiri melalui prilaku disiplin, tepat waktu, efisien dan tidak menggunakan uang negara yang tidak tepat sasaran. “Kebutuhan kampus ini sangat banyak, dan semua membutuhkan anggaran yang cukup,” jelasnya.
Melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, tambah dia, tentu menjadi impian semua orang. Akan tetapi melakukan perubahan dan inovasi tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, dalam prosesnya dibutuhkan komitmen yang kuat dalam menghadapi segala tantangan yang di hadapi. “Tanpa itu semua, jangan harapa ada perubahan,” tegasnya.
Di tahun 2019 ini, kata Prof. Haris, para pimpinan harus diikrar kembali untuk terus berupaya melakukan komitmen perubahan dalam rangka memajukan UIN Maliki Malang. “Memimpin adalah amanah yang kelak akan dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat,” pesannya mengakhiri.

 

Lebih Lanjut »
PERSIAPAN FGD: UIN MALANG UNDANG REKTOR ITB PROF. DR. IR. KADARSAH SURYADI, DEA
Abadi Wijaya Senin, 14 Januari 2019 . in Berita . 108 views
1781_fgd.jpg

GEMA-Segenap panitia pelaksana Focus Group Discussion melakukan persiapan melalui rapat perdananya. Kegiatan yang bertajuk Strategi Menuju World Class University (WCU) tersebut direncankan akan mengundang Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA pada Jumat mendatang (18/1, Red). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di ruang pertemuan Gedung Rektorat Lt.4. Senin (14/1).
Mengawali koordinasi perdana, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, MA yang sekaligus penanggungjawab kegiatan meminta agar pelaksanaan FGD ini betul-betul dimaksimalkan, dia meminta agar seluruh pimpinan dan kepala unit serta lembaga bisa hadir dalam forum tersebut. Pasalnya, dalam FGD kali ini Prof. Kadarsah akan menyampaikan kiat-kiat sukses menuju WCU, dan UIN Maliki Malang saat ini sudah melakukan proses menuju WCU. “Saya berharap kehadiran beliau bisa kita manfaatkan untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari beliau, istilahnya nimba ilmu,” paparnya.
Dalam kesempatan tersebut, diharapkan Prof. Kadarsah mebagikan tips bagiamana menjadikan perguruan tinggi yang bisa go internasional seperti yang sudah dilakukan ITB. “Dalam FGD kita harus aktif dan banyak bertanya bagaimana langkah-langkahnya,” pesanya.
Sementara itu, Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menghimbau agar selama bulan Januari seluruh pimpinan diminta tidak melakukan kegiatan keluar kota. Pasalnya, perguruan tinggi yang berlogo ulul albab ini harus mempersiapakan diri untuk dilakukan akreditasi ulang oleh tim asesor dari BAN-PT. “Untuk itu saya menghimbau agar jangan ada satupun yang keluar kota apalagi melakukanperjalanan keluar negeri,” pintanya.

Lebih Lanjut »
FKIK ADAKAN OLIMPIADE MEDIS
Iffatunnida Senin, 14 Januari 2019 . in Berita . 75 views
1780_fkik.jpg

GEMA-Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter (HMPPD) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Science Primary Medical Olympiad 2019 (Cardion). Acara ini merupakan olimpiade Sains dan Kedokteran Dasar milik prodi Jurusan Pendidikan Kedokteran UIN Malang, Ahad (13/1).
Menurut data yang terhimpun, tahun ini peserta meningkat dua kali lipat. Jumlahnya mencapai 1391 tim dari tujuh rayon se-Indonesia. Asal peserta tak hanya dari Malang Raya, melainkan juga Surabaya, Jombang, Yogyakarta, Makasar, Jakarta, dan Tasikmalaya. Dalam babak penyisihan, nantinya akan diambil 40 Tim untuk memasuki babak selanjutnya.
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris menyampaikan bahwa olimpiade ini digelar untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama calon mahasiswa yang masih sekolah di SMA/MA sederajat tentang prodi yang tergolong baru ini.
Prof. Haris pun berharap, ajang serupa nantinya bisa ditingkatkan skala, tak hanya di lingkup nasional. “Sekarang masih nasional, ke depan harus sudah bisa skala internasional karena UIN Malang memiliki banyak mahasiswa asing di berbagai prodi,” imbuhnya.
Ridho Anggera, penanggung jawab Rayon Malang menyampaikan, pihaknya sangat bangga dengan jumlah peserta yang meningkat di event tahunan ini. Tahun sebelumnya, peserta berasal dari empat rayon dengan jumlah tim 700. Namun tahun ini, bisa menjaring seribu lebih tim dari tujuh rayon di seluruh Indonesia. “Kami harap, ini jadi salah satu cara yang sangat bagus untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Kedokteran UIN Malang di Indonesia,” tuturnya. (kh/nd)

Lebih Lanjut »
JUMAT BERSIH: LESTARIKAN TANAMAN BUAH
Abadi Wijaya Jumat, 11 Januari 2019 . in Berita . 137 views
1777_jumatbersih.jpg
Segenap sivitas akademika UIN Malang saat menanam tanaman buah di samping Gedung Rektorat, Jumat, (11/1).

GEMA-Pagi ini, Segenap sivitas akademika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang galakkan Jumat bersih. Kerja bakti ini berlangsung di lingkungan kampus. Jumat, (11/01).

Kegiatan menanam pohon dan merawat lingkungan sekitar ini merupakan wujud mensyukuri nikmat alam yang telah Allah anugerahkan kepada segenap keluarga besar UIN Malang.

“Pohon yang berbuah ini mengisyaratkan bahwa kampus ini akan menghasilkan orang-orang yang bermanfaat juga,” tutur orang nowor wahid di kampus hijau ini. Menurutnya, hal ini senada dengan maqola arab yang berbunyi al ilmu bila amalin kassyajaroti bilaa tsamarin, ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tak berbuah.

Selain menanam pohon, sivitas akademika kampus juga memperindah lingkungan sekitar dengan mengecat trotoar dan mengembangkan budidaya ikan di sungai. Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat tidak hanya warga kampus, namun juga penduduk sekitar.

 “Kegiatan seperti ini merupakan pendidikan bagi warga kampus, agar apa yang ada ini dapat dikelola agar bermanfaat dengan baik,” jelas Prof. Haris. (ig/syf/nhl)

Lebih Lanjut »
WAJAH BARU PERPUSTAKAAN BERTEMA “GENERASI MILENIAL”
Abadi Wijaya Jumat, 11 Januari 2019 . in Berita . 115 views
1778_wajah-baru.jpg
REDESIGN: Salah satu mahasiswa tampak keluar dari perpustakaan pusat UIN Maliki Malang.

GEMA-Wujud baru perpustakaan kampus dengan desain berkelas merupakan sesuatu yang baru di awal tahun ini. Penggarapan tata ruang yang dimulai bulan september lalu ini telah rampung pada akhir tahun 2018. Proses pengerjaan selama empat bulan ini dilakukan demi kenyamanan mahasiswa.

“Wajah baru ini tidak spontanitas, butuh proses panjang untuk merealisasikannya,” tutur Faizuddin Harliansyah Kepala Perpustakaan Pusat, Kamis(10/1) kepada kontributor Gema. Menurutnya, rencana renovasi ini telah digagas sejak tahun 2013 lalu dan baru terealisasi di tahun 2018.Tidak heran jika lantai satu gedung K.H. Abdurrahman Wahid ini memiliki daya tarik yang berbeda pasca renovasi.

Dengan desain baru ini, suasana belajar disana menjadi semakin segar. Pintu masuk yang dulunya kecil kini terlihat sangat lebar. Dinding-dinding yang dulunya polos kini menjadi berwarna dengan adanya kata-kata mutiara. Kursi-kursi yang bervariasi memiliki nilai seni sendiri dan semakin menyegarkan pandangan. Dengan perubahan tata ruang seperti itu menjadikan tempat baca ini tampak kekinian dengadesain khas zaman now.

Master of Information Management (Library Studies)ini berharap, dengan desain baru ini mahasiswa yang datang semakin banyak dan perpustaan selalu ramai pengunjung. “Di tahun 2019 rencananya lantai dua  perpustakaan akan direnovasi juga sebagai proyek ke 2, dan semoga lancar,” tutupnya.(gl/nhl)

Lebih Lanjut »
TERPESONA, PERPUSTAKAAN BARU
Abadi Wijaya Jumat, 11 Januari 2019 . in Berita . 105 views
1779_terpesona.jpg
LAYANAN: Salah satu staf perpustakaan melayani peminjaman buku kepada dua mahasiswi UIN Maliki Malang.

GEMA-Perpustakaan Pusat Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang baru selesei di renovasi, Selasa (25/12). Faizuddin Harliansyah Kepala Perpustakaan memberikan keterangan bahwa wajah baru ini terlihat sangat elok dengan desain generasi milenial. Tujuan utama dirombaknya lantai satu gedung ini adalah untuk menambah daya tarik dan minat baca mahasiswa.

“Belum ada desain interior perpustakaan seindah ini di kampus lain di Kota Malang,” ujar pak Faiz. Salah satu dosen UIN Malang ini juga mengaku sangat senang dengan perubahan ini. Menurutnya, mahasiswa kelihatan lebih banyak yang berkunjung daripada sebelumnya. Dulu mahasiswa ke perpustakaan hanya mencari buku saja, kini mereka datang dengan banyak aktifitas dan alasan yang beragam.

Lantai satu gedung K.H. Abdurrahman Wahid ini tak hanya dikunjungi oleh mahasiswa saja, namun juga alumni. Seperti Diva salah satu Alumni UIN Malang yang berkunjung ke Perpustakaan baru ini. Menurutnya, perpustakaannya sekarang bersih, terang dan kelihatan wah!. “Kenapa tidak dari tahun-tahun sebelumnya saja, sewaktu saya masih berstatus mahasiswa, kok pas selesei kuliah baru berubah total gini,” kata alumni Sastra Arab tahun 2018 ini.

Melalui desain baru ini kepala perpustakaan Faizuddin Harliansyah berharap, mahasiswa semakin banyak yang bersinggah. “Tata ruang baru ini akan didukung dengan penambahan jumlah buku baru dan jurnal-jurnal terbaru,” imbuhnya. (gl/nhl)

Lebih Lanjut »
JAGA KEBERSAMAAN DENGAN TIDAK HILANGKAN PERBEDAAN
Iffatunnida Kamis, 3 Januari 2019 . in Berita . 127 views
1774_hab-rektor.jpg

GEMA-Awal 2019, Kementerian Agama mengusung tema Jaga Kebersamaan Umat di Hari Amal Baktinya yang ke-73. Seluruh jajaran pimpinan, dosen, dan karyawan memperingatinya dengan melakukan upacara pengibaran bendera di lapangan utama UIN Malang, Kamis (3/1).
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. berpesan agar seluruh elemen di kampus berkewajiban menjaga kebersamaan. Di tengah isu yang mengedepankan perbedaan, tentu bersatu adalah hal yang harus dipegang teguh. “Namun, tidak berarti kita menghilangkan perbedaan untuk bisa bersama,” imbuh rektor kelahiran Lamongan ini.
Ia melanjutkan, perbedaan merupakan keniscayaan. “Sehingga menghilangkannya sangat tidak mungkin,” jelasnya. Berbeda pilihan tentu ada, namun jangan menjadikannya sebagai alasan pemecah belah umat.
Prinsip ini digaungkan di wilayah Kementerian Agama dan institusi naungannya. Ia yakin, individu yang dididik di bawah Kemenag tentu menomorwahidkan kesatuan di atas perbedaan.
Upacara ditutup dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada lima pegawai negeri sipil di lingkungan UIN Malang dengan masa pengabdian 10, 20, dan 30 tahun. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up