Daftar Kategori: Berita


UIN MALANG LEPAS 1600 WISUDAWAN SECARA DARING
Abadi Wijaya Selasa, 30 November 2021 . in Berita . 121 views

 

3522_wisuda.jpg

HUMAS-Pagi ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengukuhkan 1600 wisudawan secara daring. Rapat terbuka Senat UIN Malang yang diketuai Prof. Dr. H. Muhtadi Ridwan diawali dengan seremoni pembukaan yang ditandai dengan ketukan palu. Selasa, (30/11).

Pelepasan wisudawan kali ini terdiri dari periode III sebanyak 800 wisudawan dan periode IV sebanyak 800. "Total wisudawan yang dikukuhkan pagi ini ada 1600 wisudawan yang terdiri dari wisudawan program sarjana dan Pascasarjana," terang Prof. Muhtadi.

3523_wisudawann.jpg

Dalam sambutannya Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H.M Zainuddin, MA mengucapkan selamat dan mendokan semoga ilmunya berkah dan bermanfaat. Selain itu bisa segera meraih apa yang telah dicita-citakan. "Kami mohon maaf jika wisuda ini masih daring, dikarenakan keadaan yang mengharuskan begitu. Akan tetapi sesungguhnya para pimpinan lebih suka acar wisuda ini dilaksanakan secara offline," tuturnya.

Meski begitu, tambah dia, meski pelaksanaan wisuda ini dilaksanakan secara daring tetap khidmat dan semoga Covid 19 ini bisa segera berakhir. "Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita semua agar tahun 2022 kedepan bisa melaksanakan wisuda secara offline," doanya.

3524_wisudawannn.jpg

Sesungguhnya tujuan pendidikan itu utk memberikan ilmu dan membentuk mereka anak yang solih dan Sholihah dan memiliki sikap yang dermawan. "Inilah tujuan utama dari pendidikan yang sebenarnya," terangnya.

Perlu diketahui bersama, UIN Malang saat ini secara roadmap sudah menuju internasional rekignition atau menuju kampus pengakuan di tingkat internasional atau world class university (WCU). "Cita-cita mulia ini tentu dibutuhkan kerja keras dari seluruh lini di kampus ini," tegasnya.

Sekali lagi, lulusan UIN Malang harus memiliki modal soft skill dan hard skill, lulusan UIN Malang adalah generasi milenial dan tentunya dituntut untuk selalu bisa beradaptasi sesuai dengan kebutuhan zaman di era 4.0 ini. "Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada para wisudawan, semoga ilmunya manfaat dan berkah," tutupnya.

 

Lebih Lanjut »
UKM MENWA Adakan Kegiatan Kursus Pembinaan Mental MENWA se-Indonesia (SUSBINTALNAS)
Fatkhul Ulum Senin, 29 November 2021 . in Berita . 165 views
3534_a.png
Salah satu pemateri atau GUMIL Ari Sediyanto S.PAK ( Metode dan Teknik Ceramah ) dalam Kursus Pembinaan Mental Nasional ke-IX UKM MENWA BATALYON 811 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

 

HUMAS-UKM MENWA (Resimen Mahasiswa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  mengadakan kegiatan Kursus Pembinaan Mental Nasional ke-IX (SUSBINTALNAS KE-IX). kegiatan yang di ikuti oleh MENWA seluruh Indonesia ini dilaksanakan secara daring pada hari senin 29/11 dan dibuka oleh WAKABINTAL DAM V Brawijaya Letkol Inf M Fauzi, SE., M. M. bertempat di Gedung C Pusat Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan yang dilaksanakan dimasa pendemi Covid 19 ini tidak menyurutkan niat UKM MENWA BATALYON 811 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk berkarya lewat kegiatan berskala Nasional.

3535_a.jpg
Wakil Komandan MENWA BATALYON 811 Wira Cakty Yudah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada KALAKBINTALJARAH Mayor. Inf. I Ketut Switranaya S.Pd.

DANSATGAS SUSBINTALNAS ke-IX Gilang Febryan Syahputra atau biasa disapa Gilang yang menjadi Kepala Provos (Ka-Prov) periode 2021 mengatakan bahwa peserta dalam  kegiatan ini naik 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. kalau tahun sebelumnya hanya di ikuti sekitar 53 peserta namun kali ini di ikuti oleh 135 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini tidak menyurutkan niat kami dalam mengadakan kegiatan rutin setiap tahunya. Kegiatan ini adalah Program unggulan kami setiap tahun dan ini adalah sebagai wujud tuntutan dari perguruan tinggi kami bahwa masing – masing UKM wajib memiliki program unggulan. Dan tuntutan program unggulan inilah yang bisa kami wujudkan untuk perguruan tinggi kami ungkapnya.

3536_a.jpg
Para Personil Menwa BATALYON 811 Wira Cakti Yuda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

sementara itu Komandan Satuan MENWA BATALYON 811 Wira Cakti Yudha Agung Rachmat Hidayat atau biasa disapa Agung berharap setelah peserta mengikuti kegiatan ini diharapkan mempu membimbing anggotanya di satuan Resimen Mahasiswa masing-masing sehingga memiliki mental yang tangguh dan bisa menguasai kecerdasan emosional dan spiritual serta kecerdasan intelektual.(ulm)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG RAIH JUARA UMUM OASE I PTKI SE-INDONESIA
Fatkhul Ulum Minggu, 28 November 2021 . in Berita . 185 views
3520_a.jpg
Upacara Penutupan Ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


HUMAS-Usai sudah perhelatan Nasional ajang kompetisi Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia pada sabtu malam pukul 23.00 di lapangan UIN Ar-Raniry Nangro Aceh Darussalam. Dalam ajang nasional itu telah di umumkan seluruh para pemenang perlombaan. adapun para pemenang dalam juara umum itu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang masuk dalam daftar pemenang Juara Umum 3 setelah tuan rumah UIN Ar-Raniri Aceh dan UIN Sunan Kalijaga Jogja.

Adapun respon dari Dr. Dwi Suheriyanto selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa dalam setiap pertandingan selalu ada yang menang dan ada yang kalah yang menang jangan sombong dan yang kalah jangan putus asa.hari esok masih panjang bagi adik-adik semua, yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan yang paling penting adik-adik mendapatkan pengalaman berkompetisi di tingkat nasional.

3521_a.jpg
Perwakilan Pengambilan Piala Medali oleh Ketua Kontingen Dr. Dwi Suherianto di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


sementara itu Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dalam statmenya mengatakan bahwa saya sebgai WR 3 merasa bangga dan senang bahwa kontingen dr UIN Malang mendapat peringkat tiga besar dlm ajang perlombaan OASE PTKIN/S se Indenesia, dari seratus lebih perguruan tinggi negeri/swasta di lingkungan kemenag yg ikut berlaga dalam kompetisi tersebut UIN Maliki Malang masih mendapat juara umum peringkat ketiga, ini luar biasa, dalam waktu persiapan yg sangat mepet atau singkat kita masih bisa meraih prestasi yg membanggakan. Mahasiswa UIN Malang memang harus diakui mereka adalah bibit bibit unggul yg perlu dibina terus menerus agar ke depan menjadi yg lebih baik dan berprestasi lagi. Kami ucapkam selamat buat kontingen UIN Maliki malang, kalian adalah pejuang yg bisa mengharumkan nama baik almamater. Tetap giat dalam belajar untuk meraih prestasi yg lebih baik dari hari ini ungkap fatah yasin

Lebih Lanjut »
IKA ALUMNI UIN MALANG DI ACEH TELAH TERBENTUK
Fatkhul Ulum Minggu, 28 November 2021 . in Berita . 194 views
3518_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. bersama Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqunnajah dalam pertemuan dengan alumni di kota Banda Aceh.

HUMAS-Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. Bersama dengan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama menerima para alumni UIN Malang yang berada di Aceh. pertemuan yang awalnya tidak sengaja dan hanya pertemuan biasa antara murid dan gurunya sewaktu belajar di UIN Malang. Semua ini dipertemukan karena ada kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia dan  ternyata berlanjut dalam pertemuan pembentukan alumni UIN Malang di ACEH.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. mengatakan bahwa pembentukan IKA Alumni itu sangat penting. untuk memudahkan komunikasi antar alumni dan mempererat tali silaturrahmi serta menghimpun peran alumni dalam pengembangan UIN Malang ke depan.

IKA Alumni ini adalah sebagai wadah atau transformasi informasi kepada masyarakat aceh khususnya para calon-calon mahasiswa baru. alumni bisa bisa berperanmemberikan informasi  kepada calon mahasiswa baru mengenai UIN Malang itu seperti apa sehingga memantapkan hati untuk memilih ke UIN Malang.

3519_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqunnajah dan para wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan dalam pertemuan dengan alumni di kota Banda Aceh.

Sementara itu Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqun Najah atau biasa di sapa Gus is menyatakan bahwa peran alumni sangat penting. bisa dijadikan sebagai ajang untuk tukar pikiran atau juga bisa untuk membuat bisnis bersama yang bernilai ekonomis. Contohnya tentang kuliner. dimalang banyak sekali kuliner yang bisa di adopsi ke aceh untuk menjadi peluang bisnis. karena dimalang sudah hidup sekian tahun dimasa kuliah maka apa yang pernah dilihat kuliner disana bisa ditiru disini untuk menjadi peluang bisnis kuliner. atau ada yg punya usaha di aceh lalu di sondingkan dengan Pusat Bisnis yang ada di UIN Malang kira2 usaha apa dari alumni yang bisa kita pasarkan dan kita informasikan lewat web bisnis yang dimiliki oleh UIN Malang sehingga bisa menambah informasi kepada masyarakat bahwa IKA UIN Malang dari aceh juga punya usaha kuliner pungkasnya.

Adapun sambutan oleh ketua terpilih sementara IKA Alumni UIN Malang di ACEH Bahrul Ilmi Alumni Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Tehnik Informatika mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Fatah selaku wakil Rektor III dan Gus Is selaku wakil Rektor IV yang telah hadir di kota kami yaitu ACEH dalam rangka pembentukan IKA Alumni UIN Malang Di Aceh. Adapun langkah pertama setelah ditunjuk sebagai Ketua IKA Alumni UIN Malang di Aceh adalah kami akan menghimpun para alumni yang belum masuk dalam grup kemudian dalam waktu dekat kami akan menyusun kepengurusan dan melaksanakam mubes dan program kerja pungkasnya.(ulm)

Lebih Lanjut »
Jadi Narasumber di hari ke-5, Inilah Materi dari Rektor UIN Maliki Malang
Fatkhul Ulum Sabtu, 27 November 2021 . in Berita . 72 views
3516_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, menjadi Narasumber di hari ke-5, Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

HUMAS-Sudah terhitung lima hari pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen baru CPNS tahun 2020 dan dosen BLU(pkpba/pkpbi) UIN Maliki Malang. Silih berganti narasumber dari UM tampil menyajikan materi. Kali ini, pelatihan yang bertempat di Gedung A-21 Kampus Universitas Negeri Malang(UM) itu digembleng sendiri oleh Rektor UIN Maliki Malang, yakni Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA.Jum'at (26/11)

Prof. Zain sapaan akrab Rektor UIN Maliki Malang, menjadi pemateri di hari kelima pelatihan PEKERTI dengan menjelaskan tentang integrasi keilmuan melalui teori Vortex(Vortex Theory). Bergaya khas dengan nada yang tegas, Prof. Zain mulai memaparkan materinya secara runtut dan detail. Di awali dengan ulasan berdasarkan teori Vortex yang diwujudkan dengan bagan lingkaran. Profesor asal Bojonegoro itu menjelaskan tentang sumber ilmu yakni Ayat Allah(Qauliyyah dan Kauniyyah).

3517_a.jpg
Foto peserta Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bersama Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Setelah itu dilanjutkan dengan metode pendekatannya yakni secara rasional, empirik dan intuitif. Dalam hal ini, Prof. Zain menerangkan bahwa ayat-ayat Allah sebagai sumber ilmu itu harus dikaji dan digali melalui pendekatan ilmiah maupun filosofis. "Jadi cara atau metode pertama yang mesti dilakukan yakni secara rasional maupun empirik dengan memperhatikan sesuatu itu bisa kah diterima oleh pikiran/akal manusia maupun dibuktikan secara ilmiah (kenyataan)", ucapnya. Jika tidak bisa didekati secara ilmiah (karena pendekatan ilmiah perlu bukti empiris), maka didekati secara filosofis (melalui pemikiran dan perenungan yang mendalam, rasional, sistematis, logis dan metodologis). Demikian juga selain itu bisa menggunakan metode pendekatan lain, yakni intuitif (ilham).

Selanjutnya, pada bagian ketiga berdasarkan bagan teori Vortex yakni dimensi ajarannya meliputi akidah, syariah dan akhlak. Lalu dilandasi dengan aspek ontologis, apistemologis, dan aksiologis.
Sehingga apabila telah ada landasannya maka ketemulah apa yang dinamakan dengan ilmu. Ilmu itu bisa dikategorikan menjadi tiga(secara umum), yakni ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu humaniora. Sedangkan dalam perkembangannya, ilmu itu akan terus mengelaborasi sampai tidak ada batas waktunya. Namun seluruh ilmu yang berkembang itu, apapun jenis ilmunya tidak akan tersekularisasi, karena semua ilmu tersebut berlandaskan sumber dasarnya, yaitu wahyu (kitab suci) dan ayat-ayat Allah SWT.

Kemudian pada fase intinya, Prof. Zain menyebutnya dengan paradigma ilmu islami (Islamic Knowledge Paradigm), yaitu ilmu yang berangkat dari basmalah dan berakhir dengan hamdalah. Dalam setiap memulai pekerjaan selalu dimulai dengan menyebut asma-Nya (komitmen) dan jika sudah selesai mengerjakan sesuatu selalu memuji asma-Nya. Kesimpulannya, menuju harapan agar ilmu yang diperoleh itu berkah, bermanfaat untuk semuanya dan keselamatan umat(rahmatan lil’alamin).

Sebelum mengakhiri materinya, Prof. Zain memberikan tambahan wawasan tentang ciri khas pembelajaran/nilai distingsi di UIN Maliki, yakni integrasi Islam dan Sains, moderasi beragama serta Tarbiyah Ulul Albab. Usai di semua materinya, terakhir para peserta diberi tugas membuat RPS yang memuat nilai ketiga hal tersebut.(ptt)

Lebih Lanjut »
WR III BERSAMA TIM KUNJUNGI STAND OASE UIN MALANG
Fatkhul Ulum Sabtu, 27 November 2021 . in Berita . 90 views
3515_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. bersama tim pendamping saat kunjungan di stand peserta OASE UIN Malang,

HUMAS-Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. sabtu siang,(27/11) mengunjungi stand peserta anak didiknya di gedung LP2M UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia.
Fatah Yasin sapaan akrabnya kedatanganya ke stand anak didiknya beserta tim pendamping dan pembina untuk memberikan semangat dan support agar seluruh kontingen UIN Maulana Malik ibrahim Malang tambah semangat dan menumbuhkan mental sebagai sang juara serta pulang membawa permata alias juara utama pungkasnya.
sementara itu kesan Ilmi sapaan akrabnya salah satu penjaga stand dalam bidan Desain Arsitektur Islam sangat senang sekali dikunjungi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. Tim penjaga stand seperti ada atmosfir semangat baru dalam diri kita untuk terus semangat dalam menjaga stand dan menjelaskan kepada pengunjung terkait dengan bidangnya yaitu Desain Arsitektur Islami pungkasnya.(ulm)

Lebih Lanjut »
GUBERNUR ACEH BANGGA DENGAN KEGIATAN OASE I PTKI SE-INDONESIA
Fatkhul Ulum Sabtu, 27 November 2021 . in Berita . 78 views
3512_a.jpg
Sambutan Gubernur Nangro Aceh Darussalam dalam acara jamuan makan yang di wakili oleh Sekda Provinsi Nangro Aceh Darussalam dr.Taqwallah, M.Kes. 

HUMAS-Rektor beserta Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan PTKI se-Indonesia berkumpul di kantor Gubernur Nangro Aceh Darussalam pada jum'at malam26/11 dalam acara jamuan makan malam yang di pelopori oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam sambutanya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, M.A. mengucapkan selamat datang kepada para Rektor dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan di aceh dalam kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia. banyak sekali destinasi wisata di Aceh, baik wisata kuliner maupun wisata bencana alam yang lebih dikenal dengan sebutan Sunami Aceh 16 Tahun silam. Ada kuliner Mie Aceh, ada kopi gayo, ada wisata kapal apung, ada masjid di bibir pantai yg masih berdiri kokoh sementara bangunan lainya roboh dan masih banyak lagi ungkapnya.
3514_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dalam acara jamuan makan malam oleh Gubernur Nangro Aceh Darussalam.

sementara itu sambutan  gubernur yang diwakili oleh Sekda Prov dr.Taqwallah, M.Kes. mengatakan bahwa Pemerintahan Provinsi merasa bangga atas partisipasi seluruh peserta PTKI dalam kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset yang sudah hadir di Aceh ini.saya ucapkan selamat kepada Rektor UIN Ar-Raniry beserta tim karena dalam melaksanakan kegiatan ini acaranya bisa sukses dan pesertanya juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan mulai dari awal pembukaan sampai dengan akhir nanti.

Adapun harapan gubernur dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekda Prov Taqwallah sapaan akrapnya para mahasiswa yang menjadi peserta OASE diharapkan bisa menjadi Pionir untuk generasi muda yang Islami dimasa yang akan datang dan menjadi pelopor untuk menjadi agen perubahan.(ulm)

Lebih Lanjut »
TIM MASTER PLAN RENCANAKAN DESAIN PEMBANGUNAN RSP TIPE C
Abadi Wijaya Jumat, 26 November 2021 . in Berita . 48 views
3510_plan.jpg


HUMAS-Keinginan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mendirikan rumah sakit pendidikan terus digenjot. Faktanya, tim master plan perencanaan desain pembangunan RS pendidikan mulai mereview kesesuaian bangunan kondisi existing untuk alih fungsi menjadi rumah sakit tipe c, yang nantinya berada di lahan kampus 2 jalan Areng-areng Pendem Kota Batu. Jumat (26/11).

3511_rspp.jpg


Salah satu tim perancangan master plan RSP Aulia Fikriarini, MT menjelaskan proses perancangan master plan alih fungsi ini ditargetkan rampung tahun 2022. Master plan bisa dijadikan rumusan perencanaan pembangunan RSP UIN Maliki Malang. Dengan adanya master plan ini diharapkan perencanaan pembangunan RSP ini bisa terukur sesuai dengan konsep yang telah direncanakan. "Master plan ini akan menjadi dasar dan konsep pembangunan menjadi lebih terencana, terstruktur dan sistematis," terangnya.
Aulia menambahkan, untuk proses tahap selanjutnya yaitu Detail Engineering Design (DED) ditargetkan bisa selesai di tahun 2024. DED Ini digunakan sebagai acuan dalam membuat perencanaan gambar kerja sebuah bangunan. "Konsultan akan menjadikan DED ini untuk perencanaan bangunan," terangnya.

Lebih Lanjut »
TIM RS PENDIDIKAN MULAI SUSUN ROADMAP
Abadi Wijaya Jumat, 26 November 2021 . in Berita . 46 views
3508_rsp-ok.jpg

 

HUMAS-Di hari kedua, masing-masing devisi penyusun roadmap pendirian rumah sakit pendidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mulai melakukan Perencanaan penyusunan roadmap, Jumat (26/11).

Rapat devisi kali ini dibagi menjadi empat kelompok yaitu devisi yang fokus menysun assesment dan identifikasi sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing devisi, penyusunan rekomendasi solusi, dan penyusunan proyeksi sesuai dengan kebutuhan. "Ada juga yang melakukan penyusunan proyeksi RS pendidikan sesuai dengan bidang devisi," jelas Ach. Nashichuddin Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maliki Malang.

3508_rsp-ok.jpg

Rapat devisi ini dijadwalkan akan berlangsung selama satu hari penuh dengan harapan masing-masing devisi bisa menyusun segala kebutuhan roadmap pendirian RS pendidikan ini. "Sementara untuk pelaksanaan rapat pleno masing-masing devisi dijadwalkan besok pagi," ujarnya.

Semoga tambah dia, workshop RSP ini bisa menghasilkan perencanaan yang matang dan pendirian RS pendidikan UIN Malang bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama," tutupnya.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up