Daftar Penulis: Abadi Wijaya


PIONIR 2019: SIAPKAN LAPANGAN FUTSAL STANDAR NASIONAL
Jumat, 14 Juni 2019 . in Berita . 68 views
2098_l1.jpg

GEMA-Perhelatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) yang kesembilan akan dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Segala bentuk persiapan venue Pionir terus dikebut. Salah satunya lapangan futsal, voli, dan basket, Jumat (14/6).
Satu unit alat berat ekskavator didatangkan untuk mempercepat proses pembuatan lapangan futsal. Kali ini UIN Maliki mempercayakan pengerjaan lapangan tersebut kepada CV. Wiratamajaya yang berkantor di Jl. Batubara Nomor 12 a Malang.

2099_l2.jpg


Kepala CV. Wiratamajaya, Wahyu Trijayadi menegaskan bahwa dirinya menargetkan bahwa pembuatan lapangan futsal ini akan rampung tanggal 10 Juli mendatang. Dia berharap, proses pengerjaan penggalian tanah hingga proses pembetonan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. “Jika semua berjalan dengan lancar, insyallah tanggal 10 Juli sudah selesai,” jelasnya.
Dia menjelaskan, selama 45 hari ke depan, dia dan timnya harus kerja ekstra agar lapangan futsal seluas 31x38 meter untuk perhelatan Pionir ini bisa rampung dan siap digunakan pada 15-21 Juli mendatang. “Saya mohon doa dan dukungannya agar proses pembuatan lapangan futsal ini bisa berjalan lancar,” pintanya.

2100_l3.jpg


Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah meminta agar semua kebutuhan Pionir disiapkan sejak dini. Semua harus dipersiapakan dengan matang. Perhelatan Pionir di UIN Maliki Malang harus sukses dan spektakuler dan tetap mengedepankan nilai sportivitas dan kejujuran yang tinggi. “Ini acara kita bersama, untuk itu mari kita sukseskan bersama,” pintanya.

 

Lebih Lanjut »
UIN MALANG: TERIMAKASIH PAK ROBBY
Kamis, 13 Juni 2019 . in Berita . 80 views
2097_robby.jpg


GEMA-Halal bihalal tahun menjadi memnen yang tak terlupakan bagi salah satu purnawirawan PNS yang sudah mengabdikan dirinya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sejak 1 Maret tahun 1987 hingga 31 Desember 2018 ini. Di adalah Mochamad Robby, SE yang sudah mendharma bahktikan selama 31 tahun demi kemajuan UIN Maliki Malang.
Pemberian penghargaan dharma bhakti sebagai PNS itu diberikan langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag. Robby dinilai telah mendharma baktikan dirinya kepada universitas sejak masih berstatus IAIN sampai sekarang ini menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. “Atas nama pimpinan dan seluruh keluarga besar UIN Maliki Malang mengucapkan terimakasih atas semua jasanya dan semoga Allah SWT menerima semua amal baiknya dan senantiasa membalasnya dengan kebaikan yang berlipat ganda,” amiin, doanya.

Lebih Lanjut »
HALAL BIHALAL: LEPAS SEMUA RASA NEGATIF DAN PERBEDAAN
Kamis, 13 Juni 2019 . in Berita . 66 views
2095_rektor.jpg

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, MAg mengajak seluruh pegawai dan masyarakat sekitar kampus berkumpul menggelar kegiatan halal bihalal di Aula Gedung Rektorat Lt.5 Rabu (12/6).
Halal bi halal kali ini diikuti seluruh karyawan, dosen serta para tamu undangan baik dari unsur perbankan, maupun para purnatugas. Prof. Haris mengajak kepada seluruh warga kampus UIN Maliki Malang untuk saling memaafkan di momen fitri ini.
Dia meminta agar melepaskan semua rasa negatif dan sentimen serta berburuk sangka kepada sesama. Pasalnya islam mengajarkan manusia untuk selalu berbuat baik dan saling membukakan pintu maafnya.
UIN Maliki Malang sendiri memiliki empat pilar utama yang apabila itu dipegang teguh dan diamalkan insyaallah akan menjadi orang yang selamat, yaitu memilki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
Hadir juga dalam forum tersebut KH. Marzuki Mustamar pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang. KH. Marzuki kali ini memberi tausiah tentang mensikapi perbedaan madzhab di negeri ini. Dia menilai bahwa perbedaan itu tidak perlu dipersoalkan dan dipermasalahkan panjang lebar, yang terpenting amal syari yang dilakukan masih dalam koridor syari dan memiliki dalil yang jelas serta bisa dipertangung jawabkan.
Semoga di hari yang fitri ini, UIN Maliki Malang semakin maju dan terus kompak menjaga kebersamaan sehingga UIN Maliki Malang bisa menjadi kampus yang unggul yang lulusannya bisa diterima di masyarakat secara luas baik di kancah nasional maupun internasional.

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN, TRADISIKAN ZIKIR UNTUK TUMBUHKAN KEDALAMAN SPIRITUAL!
Kamis, 13 Juni 2019 . in Berita . 76 views
2096_salaman.jpg


GEMA-Pasca liburan Idul Fitri 1440 Hijriyah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengumpulkan seluruh pimpinan, staf, dosen, dan masyarakat sekitar kampus dalam Halal bi Halal di Aula Lt.5 Gedung Ir. Soekarno, Rabu (12/6). Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. mengajak untuk membiasakan zikir dalam keseharian.
Melakukan zikir, kata Prof. Haris, merupakan salah satu cara untuk menguatkan pilar pertama kampus. Yakni, kedalaman spiritual. Apalagi di kampus UIN Malang juga sudah ada majelis untuk menaungi agenda dzikir dan pelaksanaannya bisa diisi oleh K.H Chamzawy, K.H. Marzuqi Mustamar, Drs. H. Isroqunnajah, M.Ag, Dr. H. M. Zainuddin, MA,dll. Sehingga diharapkan adanya tradisi zikir bersama para kyai dan tokoh agama itu mampu menumbuhkan kedalaman spiritual bagi warga kampus UIN Malang.
Masih menurut rektor kelahiran Lamongan ini bahwa dari keempat pilar UIN Malang, yakni poin pertamalah yang paling mendasari dan paling penting sebagai landasan dari pilar lainnya. “Apabila seluruh warga kampus UIN Malang sudah memiliki kedalaman spiritual maka segala kebijakan yang diambil dan diamanahkan, inshaa Allah akan berjalan dengan benar dan tentunya baik,” kata orang nomor wahid di kampus UIN Malang ini.
Selain ungkapan rasa syukur, dalam sambutannya, rektor berharap kepada seluruh keluarga besar UIN Malang untuk benar-benar mampu memanfaatkan moment penting seperti ini (halal-bihalal,-red). “Ini adalah momen yang penting bagi kita karena bisa saling memaafkan, melepaskan rasa iri, dengki, dll,”imbuhnya.
Di akhir acara ada sesi pemberian penghargaan kepada salah satu warga sivitas UIN Malang atas dharma baktinya telah mengabdikan diri kepada universitas sejak masih berstatus IAIN sampai sekarang ini menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, atas nama Mochamad Robby, SE. (ptt)

Lebih Lanjut »
SPIRITUAL KEBANGSAAN DALAM PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA
Sabtu, 1 Juni 2019 . in Berita . 254 views
2094_upacara.jpg


GEMA-Seluruh warga dan sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hari ini, Sabtu (1/6) kompak hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Tidak seperti biasanya, karena acara rutin tiap setahun sekali ini dilaksanakan di teras dan taman depan Gedung Rektorat Ir. H. Soekarno, Sabtu (1/6).
Di awal sambutannya Prof. Abd. Haris, M.Ag Rektor UIN Malang yang bertindak sebagai pembina upacara, langsung mengucapkan rasa syukur sekaligus rasa bangganya atas kehadiran dan kedisiplinan para warga kampus UIN Malang dalam mengikuti upacara tersebut. “Saya tidak menyangka, ternyata peserta upacara kali ini lebih banyak dari yang kami (Rektor dan Kabiro AUPK,-red) perkirakan sebelumnya,”ungkapnya.
Dalam amanahnya beliau memberikan dorongan spiritual kebangsaan. Hal itu terwujud dari lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Terutama yang tertuang pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurutnya hal tersebut memiliki esensi yang paling penting untuk tidak hanya dibaca, dihafal dan dipahami. Begitu juga diikuti sila-sila yang lainnya hendaknya bisa diaplikasikan dalam wujud perilaku berkebangsaan di kehidupan sehari-hari.
“Semoga kita semua diberi kekuatan dan ridha Allah SWT agar benar-benar mampu memahami, menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila,” harap profesor kelahiran Lamongan ini sambil mengakhiri sambutannya.
Usai pelaksanaan upacara prof. Haris juga menyerahkan SK CPNS tahun 2018 kepada 4 orang yang bersangkutan. (ptt/*)

 

Lebih Lanjut »
SIARAN PERS DUGAAN KEKERASAN SEKSUAL
Sabtu, 1 Juni 2019 . in Pengumuman . 379 views

Siaran Pers tentang dugaan kekerasan seksual di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

siaran pers

 

Lebih Lanjut »
DIES NATALIS KE 58 HARUS INOVATIF
Rabu, 29 Mei 2019 . in Berita . 211 views
2087_rektor.jpg
PENGARAHAN: Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag saat memberikan pengarahan dies natlis ke 58
GEMA-Univeritas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) bersiap menghelat acara akbar untuk memperingati hari jadinya yang ke 58 tahun. Rabu, (29/5).

Dies natalis kali ini rencananya akan dilaksanakan 28 Oktober mendatang. Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menghimbau kepada seluruh Fakultas dan Lembaga yang ada di lingkungan UIN Maliki agar saat mengadakan kegiatan disesuaikan dengan tema utama Dies Natalis yaitu "Penguatan Budaya Akademik Universitas Selaras dengan Nilai-nilai Alquran".

2088_rapat.jpg


Menurut Rektor, kegiatan Dies Natalis ini mengacu pada PMA Nomor 50. Sehingga pelaksanaan Dies Natalis UIN Maliki ini tidak lagi jatuh pada tanggal 21 Juni, Akan tetapi jatuh pada tanggal 28 Oktober. "Ini dihitung dari embrio UIN Maliki yang dulu berawal dari Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta," paparnya.
UIN Maliki, kata dia, sesungguhnya bukan bagian dari UIN Surabaya. Akan tetapi waktu itu UIN Malang dan UIN Surabaya bersama-sama mendirikan kampus ini dan endingnya kampus malang ini menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. "Ini sejarah yang sesungguhnya, sehingga semua kegiatan harus mencerminkan sesuai dengan grand tema utamanya," pesannya.
Setiap kegiatan yang akan dilakukan setidaknya harus ada unsur penguatan budaya Akademik Universitas yang selaras dengan nilai-nilai Alquran.
Kegiatan yang dilakuka pun tidak harus sama dengan tahun lalu. Setidaknya harus ada inovasi dan kreativitas sehingga kegiatan Dies ini lebih semarak dan kegiatannya bisa menjadi unggulan. "Caranya jangan membuat kegiatan yang seragam semua, dies natalis harus ada karya yang bisa di publikasikan, baik bersifat buku, gambar dan video," harapnya.
Sementara itu, Dr. Sri Harini menjelaskan bahwa kegiatan Dies natalis ini mengajak seluruh sivitas akademika UIN Maliki Malang untuk menyalurkan kreatifitasnya melalui karya-karyanya, baik di bidang seni, dan karya ilmiahnya. "Saya melihat mahasiswa kita banyak yang memilki kemampuan yang spektakuler dan mereka perlu di mediasi melalui lomba-lomba dalam event dies natalis ini," paparnya.

Lebih Lanjut »
WIKIMEDIA: LOKAKARYA UNTUK CALON WIKIDATAWAN DAN WIKIDIAWATI
Rabu, 29 Mei 2019 . in Berita . 147 views
2084_lokakarya-wikimedia.jpg
Dr. M. Faisol Fatawi, M.Ag saat memberikan sambutan di sesi pengantar buku Manaqib Ulama Nusantara bersanding dengan Biyanto Rebin Ketua Umum Wikimedia Indonesia. Senin (27/5).


GEMA-Perpustakaan Pusat UIN Malang menyelenggarakan acara workshop dan pelatihan lokakarya Wikidata. Acara yang bertajuk Membangun Basis Pengetahuan Ulama-Ulama Nusantara dengan sumber buku “Manaqib Ulama Nusantara” ini terlaksana atas kerjasama dengan Wikimedia Indonesia. Kegiatan ini bertempat di Rumah Jurnal, Gedung Perpustakaan Pusat UIN Malang Lt.1, Senin (27/5).

2085_lokakarya-wikimedia-2.jpg


Dalam sambutannya tentang buku Manaqib Ulama Nusantara, Dr. M. Faisol Fatawi, M.Ag. berpesan agar kerjasama antara UIN Malang dan Wikimedia dapat dicapai sebuah peningkatan. Peningkatan ini adalah pada akses penyebaran pengetahuan bebas khususnya di bidang pendidikan juga akademik. Yang menjadi catatan penting, masih menurut dosen berkopyah hitam ini, “Jangan sampai pengetahuan bebas berubah menjadi berita bohong atau hoaks!,” ungkapnya.
“Hindari pemberian data tertulis tapi tidak bisa dipertanggungjawabkan!” tegas penyunting buku Manaqib Ulama Nusantara yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan bagian Akademik Fakultas Humaniora ini.
Sedangkan ditanya saat jeda acara tersebut, Biyanto Rebin Ketua Umum Wikimedia Indonesia menyatakan harapannya setelah adanya MoU ini. Menurutnya, akan dilaksanakan acara semacam seminar dan pelatihan-pelatihan bagi anggota baru wikimedia sebagai calon wikidatawan dan wikidiawati. “Intinya agar segera terwujud semacam wikicorner atau wikiclub baik di kalangan dosen maupun mahasiswa UIN Malang,” ungkap pria berkaca mata asal Salatiga tersebut.

2086_lokakarya-wikimedia-3.jpg


Selanjutnya, acara berlangsung sampai menjelang waktu berbuka puasa. Diisi oleh dua pemateri, yaitu Ari Zuntriana, M.A. (Dosen UIN Malang yang sudah tergabung sebagai wikidiawati) dan Dr. Fariz Darari (Dosen UI yang tergabung sebagai wikidatawan). Setelah itu sesi hands-on peserta pengayaan data Ulama Nusantara dari Buku Manaqib di Wikidata. (ptt/nhl)

Lebih Lanjut »
VALIDASI SPAN PTKIN BERLANGSUNG TERTIB DAN LANCAR
Selasa, 28 Mei 2019 . in Berita . 195 views
2078_v-1.jpg

Hari ini, Selasa (28 mei 2019) suasana kampus yang memasuki musim liburan semester tetap ramai di padati calon mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pasalnya, hari ini di kampus berlogo ulul albab ini ada dua kegiatan besar yaitu pelaksanaan ujian UM PTKIN dan pelaksanaan validasi jalur SPAN PTKIN.
Khusu untuk proses validasi, timp penerimaan mahasiswa baru UIN Maliki melakukan proses verivikasi data di gedung Sport Center lt.2, ribuan mahasiswa baru pun tampak mengantri di loket yang sudah bertuliskan sesuai dengan jurusannya masing-masing.

2079_v2.jpg


Semua camaba wajib menyerahkan semua data yang dibutuhkan sehingga hal ini akan memperlancar proses validasi dan menghindari penumpukan peserta validasi.
Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswa Drs. A. Heru Achadi Hari, M.Si menjelaskan bahwa validasi ini khusu bagi camaba yang mendaftar melalui jalur SPAN PTKIN yang khusus menerima camaba prodi keagamaan saja. Seperti Prodi yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Humaniora dan Fakultas Ekonomi.
Semua camaba yang melakukan validasi ini membawa berkas hard copy untuk ditunjukkan kepada petugas dan disesuaikan dengan data yang ada di website.

2080_v3.jpg


Pasalnya, validasi ini juga berdampak pada penentuan UKT. Sehingga dibutuhkan kejujuran dalam menyampaikan data dari camaba. Jangan sampai ada yang memanipulasi data hanya karena untuk mendapatkan UKT yang paling rendah.
Dengan begitu, diharapkan proses validasi ini bisa selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sehingga, diharapkan Agustus 2019 camaba UIN Maliki Malang bisa masuk ma’had dan mengikuti proses akademik dengan baik dan tertib.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up