Daftar Penulis: Abadi Wijaya


PERHELATAN MASROHIYAH MAHASISWA BSA UIN MALANG SUKSES BESAR
Selasa, 29 November 2022 . in Berita . 82 views
4745_pagelaran.jpg

HUMAS-Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) angkatan 2019 selenggarakan masrohiyah (pentas seni drama) pada Senin malam (28/11) di Home Theatre Fakultas Humaniora. Masrohiyah merupakan sebuah ajang penampilan bakat guna untuk mengasah dan melatih kecakapan bahasa Arab mahasiswa BSA, khususnya bagi mahasiswa semester 7.

"Masrohiyah itu penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa, baik dalam berbahasa Arab maupun menambah wawasan seni dan sastra", ungkap pembimbing masrohiyah Ustadz Gufron Hambali, M.Hi.

4744_pagelaran-bsa.jpg

Tema pertunjukan ialah Romansa Jawa Dwipa dengan konsep Nusantara dengan kolaborasi percakapan bahasa Arab dalam penampilannya menjadikan pertunjukan ini mendapat antusiasme tinggi dari para penonton. Sebanyak 150 kursi yang disiapkan oleh panitia kurang karena membludaknya penonton yang hadir mencapai lebih dua kali lipat baik penonton lokal hingga mancanegara.

Perhelatan ini dimulai penampilan puisi yang dipadukan dengan seni tari dan lukis dari grup Asqasentris. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama, yang diperankan oleh 21 wayang orang, pemeran pentas Romansa Jawa Dwipa. Konsep acara yang diusung ini merupakan ide segar dari sutradara pemnetasan, Rizki Dea Pambudi yang dibantu oleh mahasiswa BSA angkatan 2019. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
KARO AAKK: AYO DISIPLIN IBADAH DAN JUGA KERJA
Senin, 28 November 2022 . in Berita . 44 views

 

4742_karoo.jpg
TEGAS: Karo AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I saat memberikan arahan kepada pegawai UIN Maliki Malang.

HUMAS-Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M.Pd.I kali ini menjadi pembina upacara yang istiqomah digelar setiap Senin pagi. Senin (28/11).

Dalam arahan singkatnya, Karo AAKK menegaskan kembali kepada seluruh pegawai agar senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan disiplin kerja. Setidaknya ada dua disiplin yang harus diperhatikan dan dilaksanakan bersama yaitu disiplin terhadap Tuhan dengan cara menjaga ibadah khususnya sholat berjamaah tepat waktu di masjid secara berjamaah dan kedua disiplin terhadap tugas dan fungsi sebagai aparatur sipil negara (ASN). 

4743_peseta.jpg

Disiplin ASN tentu berkaitan dengan jam kerja dan tupoksinya masing-masing sesuai satuan kerjanya, yang bagian ngurusi anggaran juga oenting untuk dilaksanakan sesuai program kerja di rencanakan agar anggarn terserap dengan baik dan tepat sasaran. "Ini juga butuh disiplin juga agar apa yang di harapkan oleh Kementerian Agama bisa terealisasikan dengan baik," paparnya.

Sebagai abdi ngara di Kemenag, tambah dia, usahakan pelaksanaan rapat tidak meninggalkan jamaah, maka saat pelaksanaan rapat harus diperhitungkan waktunya agar tidak bertabrakan dengan jam sholat berjamaah, hal ini wajar untuk disampaikan karena ini institusi UIN Malang yang notabene nya diberikan amanah untuk saling menguatkan nilai religiusnya kepada Allah SWT. "Menjaga ibadah karena disiplin untuk memenuhi undangan Allah melalui kumandang azan juga harus dilaksanakan dan saya yakin ini akan memberikan dampak positif pda hati pikiran dan lisan kita serta bagaiman cara kita bersosial di dunia kerja," tegasnya.

Selain itu, kampus yang diberi nama salah satu Wali Allah ini yaitu Syaikh Maulana Malik Ibrahim Malang ini tentu para tokoh dan pimpinan kampus ini menaruh harapan besar yaitu agar sivitas akademika bisa menteladani akhlak dan ilmu beliau yang terpatri dalam hati, sikap dan perilaku. "Ayo kita bersama-sama mulai membangun hati yang baik agar menghadirkan keharmonisan kolektif sehingga membawa dampak positif bagi kita semua," pungkasnya.

Lebih Lanjut »
TEMU ALUMNI AKBAR, PECAH KERINDUAN JALIN KEBERSAMAAN
Minggu, 27 November 2022 . in Berita . 82 views
4738_alumni.jpg

HUMAS–UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar Temu Alumni Akbar. Bertempat di Gedung Rektorat lantai lima. Temu Alumni IAIN, STAIN, dan UIN Malang dihadiri oleh alumni mulai dari angkatan 80-an dan 90-an hingga angkatan yang baru lulus, sesuai data hadir google form. Sebanyakempat ratus tujuh puluh enam alumni yang hadir dalam kegiatan tersebut pada acara yang digelar hari Sabtu,(26/11).

Acara ini mengusung tema Sinergi Alumni Menuju Kampus Unggul Bereputasi Internasional, untuk mempererat tali silaturrahmi dan memperluas jangkauan relasi antar keluarga besar alumni UIN Malang dari berbagai angkatan. Pada kesempatan ini, seluruh alumni turut serta dalam berkontribusi dalam personal branding UIN Malang melalui relasi, hingga kontribusi baik secara materi ataupun immateri, hal tersebut sesuai dengan penjelasan dalam laporan Ketua Pelaksana, Prof. Dr. H. Asnawi, M.Ag.

4739_alumni-2.jpg

Antusias alumni yang hadir membuat acara berlangsung meriah. Rangkaian acara kegiatan ini juga menyajikan sesi foto bersama dan penayangan video UIN Malang Tempo dulu, dimana melalui penayangan video ini alumni akan mengingat kembali keadaan yang dulu dilalui sekaligus sebagai bentuk evaluasi program setiap tahunnya. (Iwa/Na/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti & Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
ASAH POTENSI MAHASISWA, KOMUNITAS EL-JIDAL UIN MALANG GELAR KOMPETISI BAHASA ARAB
Minggu, 27 November 2022 . in Berita . 50 views
4740_eljidal.jpg

HUMAS–Regenerasi prestasi mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Malang terus digiatkan oleh Komunitas El Jidal. Melalui kegiatan Kompetisi Bahasa Arab Internal yang diselenggarakan pada Sabtu (26/11) di Masjid Ulul Albab. Kompetisi internal yang diikuti oleh 31 peserta ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diadakan untuk memperingati HUT El-Jidal yang ke-8 tahun 2022 yang mengusung tema Meningkatkan Kegemilangan dengan Semangat Kekeluargaan. Kegiatan ini berfungsi sebagai media pengembangan minat dan bakat mahasiswa Prodi BSA dalam berbagai bidang keterampilan berbahasa.

“Kompetisi ini diadakan tidak lain adalah untuk regenerasi prestasi bagi mahasiswa BSA UIN Malang, selain itu juga untuk menumbuhkan mental kompetisi bagi setiap mahasiswa”, ujar Presiden El Jidal, M. Husai Rifa'i.

Adanya penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu wadah dan sarana bagi mahasiswa Prodi BSA UIN Malang khususnya bagi mahasiswa semester 1, 3, dan 5 untuk membentuk individu yang berani serta memiliki moralitas dan beradab sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Bahasa dan Sastra Arab.

4741_lomba-bahasa-arab.jpg

Acara berlangsung meriah dengan 6 cabang perlombaan utama, yaitu khitobah, puisi bahasa Arab, insya, qiraatul akhbar, qiroatul kutub, debat dan ghina Araby. Rentetan kompetisi ini ditutup dengan pembukaan penerimaan anggota baru El Jidal yang akan diselenggarakan pada Sabtu (3/12) di Masjid Ulul Albab lantai tiga. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanarotama Bella A.
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
PRODI MANAJEMEN MENGADAKAN WORKSHOP PENYUSUNAN BUKU AJAR
Selasa, 22 November 2022 . in Berita . 82 views
4725_workshop-penyusunan-buku-ajar-prodi-manajemen.jpg
Sebelah kiri Dr. H. Misbahul Munir, Lc., ME.i (Dekan Fakultas Ekonomi); kanan Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M (Narasumber)

HUMAS-Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Maulana Maliki Malang mengadakan Workshop tentang Penyusunan Buku Ajar Program Studi Manajemen bertempat di Auditorium Lantai 3 Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, Senin (14/11).

Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. H. Misbahul Munir, Lc., ME.i

“Harapannya semoga dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan progres kegiatan belajar mengajar prodi manajemen kedepannya” Jelasnya.

4726_pemateri-workshop.png

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M dari Universitas Negeri Malang.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi Prof. Dr. H. Muhammad Djakfar, SH, M.Ag; Prof. Dr. H. Salim Al Idrus, MM. M.Ag ; Prof Dr. Siswanto, M.Si dan juga seluruh dosen program studi manajemen. (sm)

Lebih Lanjut »
PROSESI WISUDA PERIODE IV TAHUN 2022 UIN MALANG LANCAR DIGELAR
Minggu, 20 November 2022 . in Berita . 199 views
4719_panitia.jpg
HUMAS–UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selenggarakan Rapat Terbuka dalam rangka Senat Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode IV Tahun 2022 bertempat di lapangan utama UIN Malang. Peserta wisuda periode IV berjumlah 800 wisudawan dengan 730 wisudawan program sarjana, 65 wisudawan program magister, dan 5 wisudawan program doktor, pada Sabtu(19/11).
4715_putut.jpg

Upacara Wisuda UIN Malang kemarin, merupakan pelaksanaan wisuda periode empat tahun 2022 sesuai dengan pengumuman No. 5242/Un.3.1/PP.00.9/11/2022 tentang Ketentuan Pelaksanaan Wisuda Periode IV dan V Tahun 2022. Kegiatan Wisuda UIN Malang digelar sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 20 Tahun 2022 tentang Prokes demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan acara.

Prosesi wisuda berlangsung dengan khidmat di tengah guyuran hujan. Harapan besar Rektor UIN Malang, Dr. H. M. Zainuddin, M.A., dan seluruh jajaran dosen ialah kualitas lulusan mahasiswa UIN Malang mampu mencerminkan karakter ulul albab dan berkompeten. Sehingga mampu bersaing di dunia luar baik dalam dunia kerja maupun jenjang selanjutnya.

4720_bersama.jpg

“Saya turut bangga dan berbahagia bagi seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya di UIN Malang dengan baik. Semoga kedepannya dapat meneruskan cita-cita mulia bangsa dan turut berperan nyata dalam masyarakat. Selamat dan sukses saya haturkan,” prakata yang disampaikan Rektor UIN Malang kepada wisudawan. (Iwa/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
MERIAH, I-YES 2022 FAKULTAS HUMANIORA SUKSES DIGELAR
Jumat, 18 November 2022 . in Berita . 100 views
4709_i-yess-2022-fakultas-humaniora.jpg

HUMAS-Rangkaian acara International Youth Enhancing Study (I-Yes) Fakultas Humniora 2022 yang digelar sejak 14 November berlangsung dengan meriah hingga puncak acara pada Jum’at, (18/11). Puncak I-Yes sekaligus penutupan acara hari ini turut dihadiri oleh perwakilan dari 12 negara yang kompak mengenakan pakaian rajut batik kuas jumputan kontemporer nan unik. Pakaian yang dikenakan tersebut ialah hasil karya dari paguyuban orang tua disabilitas Malang Raya binaan komunitas Hamparan Rintik.

Penutupan I-Yes 2022 ini dihadiri oleh Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Zainuddin, M.A., Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M. Faisol, M.Ag., dan jajaran wakil dekan, serta seluruh Kaprodi Fakultas Humaniora. Acara dimulai dengan sambutan oleh Rektor UIN Malang yang mengapresiasi rentetan acara I-Yess 2022 telah berjalan dengan lancar dan sukses.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan ucapan terima kasih juga kepada 12 perwakilan negara yang telah hadir memenuhi seluruh agenda I-Yes 2022. Semoga dengan adanya kegiatan ini jalinan silaturahmi bisa saling terjaga dan dapat menjadi sebuah kunjungan ilmiah yang bermanfaat bagi para seluruh peserta I-Yes 2022,” begitu ungkap Rektor UIN Malang.

4710_penyerahan-sertif-pada-perwakilan-iyes-2022.jpg

Program yang berlangsung selama 5 hari ini telah memberikan pengalaman menarik untuk peserta I-Yess 2022 luar negeri mulai dari pengenalan budaya nusantara yang meliputi intercultural talk, pengenalan pada tari dan musik tradisional, kelas batik dan seni tradisional wayang, tur kampus, hingga sesi classroom. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanaro Bella Indriasandi
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
TINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN, BERIKUT ISI MoU FITK UIN MALANG DENGAN SEKOLAH MITRA
Kamis, 17 November 2022 . in Berita . 84 views
4707_kerjasama-mbkm-fitk.jpg

HUMAS-Penandatangan Kerja Sama Madrasah & Sekolah Mitra Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang digelar bersama dengan sosialisasi MBKM di aula Gedung Rektorat lantai lima pada, Kamis (17/11). Kegiatan penandatangan ini merupakan bagian dari upaya UIN Malang untuk mendukung program MBKM yang telah dicanangkan oleh menteri pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., sebagaimana yang telah tertera dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Kerja sama ini melibatkan 155 lembaga pendidikan yang meliputi, 18 lembaga Raudhatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA), Taman Kanak-Kanak (TK), Tarbiyatul Athfal (TA), 38 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 11 Sekolah Dasar (SD), 35 Madrasah Tsanawiyah (MTs), 13 Sekolah Menengan Pertama (SMP), 30 Madrasah Aliyah (MA), 6 Sekolah Menengah Atas (SMA), dan 4 lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

4708_penandatanganan-mou.jpg

Pelaksanaan penandatangan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan program, layanan, kurikulum, dan keilmuwan yang menjadi komitmen bersama sesuai dengan visi misi, tujuan, tugas pokok dan fungsi kelembagaan masing-masing. Adapun ruang lingkup kerja sama program PKL MBKM ini berupa pengabdian masyarakat, pengembangan keilmuwan dan kelembagaan, pendidikan, pelatihan dan penelitian, pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan, asistensi mengajar mahasiswa, dan pengembangan kurikulum merdeka.

Surat perjanjian kerja sama ini ditanda tangani oleh Dekan FITK, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd., dan perwakilan dari masing-masing lembaga mitra. Isi dari surat perjanjian ini terdiri atas enam pasal, meliputi tujuan, lingkup, pelaksanaan, pembiayaan, jangka waktu, dan penutup. Kesepakatan perjanjian kerja sama ini berlaku selama lima tahun sejak tanggal penandatangan, yaitu 17 November 2022. (Na/Fer)

Pewarta: Ihwanarotama Bella Indriasandi
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »
HARAPAN REKTOR TERHADAP PROGRAM MBKM FITK UIN MALANG
Kamis, 17 November 2022 . in Berita . 72 views
4700_panitia.jpg

HUMAS-Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selenggarakan  Sosialisasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Penandatanganan Kerjasama  Madrasah / Sekolah Mitra, yang bertempat di gedung rektorat lantai lima, Kamis (17/11).

Kegiatan ini menghadirkan 155 kepala sekolah yang tergabung dalam mitra sekolah se-Jawa Timur. Sosialisasi Pelaksanaan PKL MBKM merupakan bentuk integrasi adanya perubahan dari kegiatan PKL yang sebelumnya terhitung 4 SKS menjadi 20 SKS. MBKM menjadi konsep pembelajaran yang baru pada sistem pembelajaran.

Rektor UIN Malang, Prof. Zainudin MA., menyampaikan bahwa MBKM disesuaikan dengan perubahan zaman dengan ragam inovasi pembelajaran aktif untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Inti dari MBKM, bagian dari program experience e-learning untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa sesuai minat dan bakat sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu semester atau setara dengan 20 SKS,” ujar beliau dalam Sosialiasi MBKM.

4703_sosialisasi-mbkm.jpg

Kegiatan mendapatkan antusias tinggi dari seluruh tamu undangan melalui pemaparan materi sosialisasi yang disampaikan dengan jelas dan lugas perihal program MBKM UIN Malang. Wakil Dekan I FITK UIN Malang, Dr. Muhammad Walid, juga menyampaikan bahwasanya program ini menjadi nilai positif bagi lulusan di masa depan. Harapannya melalui adanya program MBKM, dapat menjadi inovasi baru yang dapat meningkatkan kualitas lulusan yang kompeten. (Iwa/Fer)

Pewarta: Ika Widia Astuti
Editor: Ferika Sandra

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up