Daftar Penulis: Abadi Wijaya


UIN MALIKI JALIN KERJASAMA DENGAN KEMENAKER RI
Jumat, 23 Oktober 2020 . in Berita . 96 views
3006_ker.jpg


Penulis & Foto: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kedatangan tamu dari orang nomer wahid di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yakni Ida Fauziyah, M. Si. Kedatangannya beserta tim Kemenaker RI ini disambut hangat oleh Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Abd. Haris, M. Ag beserta jajarannya. Tujuan Menaker Ida sapaan akrabnya ini adalah untuk silaturahim dan yang utama yakni memberikan arahan terkait program pengembangan karir alumni UIN Maliki Malang sekaligus menjalin kerjasama di bidang peningkatan mutu sumber daya manusia(SDM). Kamis (22/10)

3007_ker1.jpg


Mengawali arahannya, Menaker Ida menyatakan rasa takjubnya dengan kondisi kampus hijau yang berlogo Ulul Albabdi kota Malang ini. Ia merasakan adanya atmosfer yang berbeda setelah mendengarkan sambutan Prof. Haris sapaan akrab Rektor UIN Maliki sekaligus melihat video profile universitas. Begitu agungnya cita-cita dari UIN Maliki yakni ingin membangun universitas sekaligus mendirikan pusat pendidikan Islam dan menjadi pusat dari pengembangan peradaban Islam di Indonesia dan untuk dunia. "Saya rasa UIN-UIN lainnya yang ada Indonesia memiliki tujuan yang sama tetapi di UIN Maliki Malang ini berbeda,"ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Menaker Ida menjelaskan bahwa saat ini kondisi ketenagakerjaan di Indonesia masih memiliki beberapa permasalahan, salah satunya adanya tidak sebandingnya antara kondisi SDM dengan besarnya kebutuhan pasar kerja. Ia menambahkan, tantangan ketenagakerjaan Indonesia ke depan yakni harus mampu bersaing dan menghadapi perubahan era industri 4.0. Hal tersebut selanjutnya akan berpengaruh pada siklus kebutuhan kerja dan kesiapan kompetensi SDM di Indonesia. Selanjutnya, Ibu berkarakter cekatan ini juga gencarnya menyosialisasikan substansi UU Cipta Kerja. Menurutnya, meski saat ini masih diliputi pro-kontra bahkan sampai terjadinya aksi demo dari masyarakat Indonesia namun ke depan dengan UU Cipta Kerja dapat mempermudah izin usaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara masif.

3009_e.jpg

Usai memberikan arahan, Menaker Ida meresmikan pembentukan Career Development Center di UIN Maliki. Ia berharap adanya unit tersebut nantinya alumni dari UIN Maliki dapat membantu pemerintah dalam mempercepat kesiapan pembangunan SDM di kalangan akademisi.
Terakhir, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) peningkatan kemampuan SDM antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan UIN Maliki Malang. MoU kali ini meliputi pelatihan kerja dan pelatihan kewirausahaan, penelitian ketenagakerjaan serta akses informasi ketenagakerjaan.Sehingga pada hal ini, para alumni lulusan UIN Maliki nanti akan mempunyai akses informasi dan pelatihan (advokasi) yang sesuai di pasar kerja. (ptt)

Lebih Lanjut »
WARGA MSAA TUNJUKKAN KREASI PENAMPILAN DI HARI SANTRI
Jumat, 23 Oktober 2020 . in Berita . 120 views
3005_tari-saman.jpg


Penulis & Foto: Syifa Oktania Elsa

GEMA-Peringati Hari Santri 2020 Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly (MSAA) UIN
Malang laksanakan Upacara Bendera yang dilaksanakan di Lapangan Utama, Kamis
(22/10).
Ditengah situasi yang terbatas karena adanya pandemi saat ini, tidak menyurutkan
semangat warga santri MSAA. Hal tersebut dibuktikan saat seusai upacara Hari Santri
2020 beberapa para musyrif/musyrifah menunjukkan berbagai penampilan untuk
memeriahkan peringatan hari resolusi jihad ini.
Beberapa penampilan tersebut yakni kolaborasi tarian daerah nusantara yang berasal
dari Sumatera hingga Nusa Tenggara, kemudian disusul dengan penampilan paper
moop yang berisi empat jenis tulisan yakni, “Hari Santri 2020, Selamat Hari Santri
Nasional, MSAA Icon UIN Malang, dan MSAA Jihadku”.

2996_santri2.jpg


Dibalik kemeriahan penampilan yang ditunjukkan oleh musyrif/musyrifah tersebut,
Gufran selaku Ketua Panitia Hari Santri 2020 menuturkan bahwa dalam mempersiapkan
agenda ini membutuhkan kurang lebih tiga sampai empat minggu sebelum
acara."Karena tahun ini tidak ada mahasantri, jadi peserta penampilanpun juga
terbatas,” tutur murobi MSAA tersebut.
Beliau juga menyampaikan, adanya penampilan dari para musyrif/musyrifah ini selain
dapat memeriahkan Hari Santri 2020 juga untuk membuktikan jika santri itu mampu
berkreasi.
Kegiatan yang dihadiri oleh para petinggi jajaran kampus, para musyrif/musyrifah,
santri Bait Tahfidz Al Quran (BTQ) UIN Malang, Santri Takmir, serta Santri Ma’had
‘Aly UIN Malang ini dilaksakan sesuai dengan protokol kesehatan. (syf)

Lebih Lanjut »
AKSI TANAM POHON PERINGATI DIES MAULIDIYAH KE 59 UIN MALANG
Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 66 views
3001_tanam-pohon.jpg


GEMA-Bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional, Tim Penghijauan Dies Maulidiyah Ke-59 mengadakan kegiatan Penghijauan Hutan Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kamis (20/10) Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Panitia Dies Maulidiyah, Kepala Cabang BNI Syariah Kota Malang, Kepala Dusun Precet, Kepala Desa Sumbersekar Dau Malang, para wakil Dekan dan beberapa dosen serta mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman bibit pohon.

3002_tp1.jpg


Dalam sambutannya, Dr. H. Mahfud Shodar, M. Ag selaku ketua panitia menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan penghijauan dan penanaman bibit ini, karena kegiatan tersebut merupakan bentuk amal jariyah warga kampus terhadap alam. ”Nantinya jika pohon-pohon ini berbuah, yang menikmati tidak hanya manusianya saja, tetapi secara otomatis kita juga memberikan makan kepada burung-burung melalui pohon matoa yang akan kita tanam ini”, ujarnya.
Selain itu, Zaenal Arifin, selaku pimpinan BNI Syariah yang menjadi salah satu sponsor kegiatan ini juga menyampaikan bahwa kedepannya akan terus memberikan dukungan kepada kegiatan-kegiatan UIN Maliki Malang. Selanjutnya acara ceremonial penanaman bibit pohon secara simbolis dilakukan oleh Ketua Panitia Dies Maulidiyah dan Kepala Cabang BNI Syariah Malang. “Insyaallah BNI Syariah akan terus memberikan dukungan dan kerjasama dengan UIN Maliki Malang,” katanya.

3003_tp2.jpg


Ditempat terpisah, secara simbolis Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Abd Haris, M.Ag juga telah menanam bibit pohon di kampus I setelah upacara Hari Santri Nasional selesai dilaksanakan. Dalam kesempatan ini, Dr. Imam Tazi, M. Si selaku ketua Tim Penghijauan menyampaikan “Kami berharap bibit-bibit pohon ini semuanya bisa tumbuh besar dan berbuah, karena belajar dari pengalaman yang kemarin, sekarang kami sudah mempersiapkan irigasi yang dibuat secara otomatis waktu pengairannya , sehingga bisa dipastikan pohon ini tidak sampai kering dan mati,” terangnya.
Acara ini juga melibatkan beberapa mahasiswa diantaranya dari Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan UKM Mapala Tursina dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (Devi)

Lebih Lanjut »
JASA KIAI DAN SANTRI BAGI NKRI TIDAK BISA DINILAI DENGAN MATERI
Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 62 views
2995_santri1.jpg

GEMA-Begitu besar dan luar biasanya jasa para kyai dan santri zaman dahulu dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan bisa dinilai dengan material. Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Abd. Haris,M. Ag, selaku Inspektur Upacara saat memberikan sambutan acara peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Lapangan Utama Kampus I UIN Maliki Malang, Kamis(22/10).

2996_santri2.jpg


Selanjutnya, dalam kesempatan itu Prof. Haris sapaan akrab rekator UIN Maliki mengajak semuanya khususnya warga sivitas akademika UIN Maliki Malang untuk selalu menghargai jasa-jasa para kyai dan santri terdahulu. Oleh karena begitu pentingnya jasa mereka (kyai dan santri-red) salah satunya yakni ditetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengenang kembali semua jasa para kyai dan santri dalam memperjuangkan eksistensi NKRI hingga saat ini. “Hal ini tidak boleh dilupakaan sampai nantidsi hari kiamat!,” tegasnya.
Rektor asal Lamongan ini pun berharap kepada warga kampusnya agar bisa memberikan apresiasi yang lebih dari yang lainnya terhadap peringatan Hari Santri Nasional ini. Ia juga menghimbau agar semuanya lebih bersemangat dalam mengisi kemerdekaan negeri ini. Menurut orang nomer wahid di kampus berlogo Ulul Albab ini bahwa warga UIN Maliki adalah bagian dari kyai dan santri di zaman ini. Sehingga ke depannya siapa pun nantinya berhak menjadi bagian pemimpin negeri ini. “Mau menjadi presiden, menteri, Bupati atau cukup menjadi Ketua RT, silahkan!,” ucapnya.
Di ujung sambutannya, Prof. Haris mengungkapkan bahwa disamping kemerdekaan NKRI sebagai warisan perjuangan kyai dan santri maka di sisi lain hal tersebut menjadi amanah tersendiri. Sehingga beliau menyatakan sebagai tanggungjawab besar bagi generasi bangsa saat ini adalah melakukan segala hal kebaikkan demi perkembangan dan kemajuan negeri ini. “Kita penerus perjuangna para kyai dan santri mesti terlibat dalam memperbaiki bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya. (ptt)

Lebih Lanjut »
PERINGATI HARI SANTRI: UTAMAKAN TOLERANSI DAN MODERASI DALAM BERAGAMA
Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 78 views
2997_santri3.jpg


GEMA-Dalam rangka memperingati hari santri nasional, pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang bersama sivitas akademika menggelar upacara di lapangan utama, Kamis (22/10).
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag memimpin langsung upacara peringatan hari santri 2020, dalam amanatnya, memperingati hari santri harus ada untuk mengingat sejarah peran santri dalam melawan penjajah. Sejarah telah mencatat bahwa melalui rsolusi jihad 1945KH. hasyim Asy'ari menetapkan wajib hukumnya para santri melawan para penjah, semua santri harus semangat berjuang meski waktu itu jumlah dan teknologi melawan penjajah tidak seimbang. "Dengan semangat takbir para santripun membela NKRI ini dengan penuh semangat," ceritanya.

2998_santri-4.jpg


Presiden pun, kata Prof. Haris meminta agar para santri jangan pernah melupakan kejadian ini, sejarah para santri memperjuangkan tanqah air ini. "Para kiai dan santri satu kesatuan yang tidak bisa terlepaskan, santri dengan sandal dan sarung menjadi salah satu ciri khasnya," terangnya.
Masih kata Prof. Haris, memperingati hari santri ini, seluruh warga besar UIN Maliki Malang harus turut andil mengisi kemerdekaan NKRI ini dengan cara bekerja dan berkarya dengan semaksimal mungkin, yang dosen, tenaga pendidik semua bekerja dengan tuposkinya masing-masing, sementara mahasiswa belajar dengan baik di kampus ini. "Begitulah salah satu cara memajukan negeri melalui institusi ini. Santri harus mengutamakan toleransi dan moderasi dalam beragama, selamat harsi santri dan jayalah selalu," tutupnya.

Lebih Lanjut »
FUN BIKE SEMARAKKAN DIES MAULIDIYAH KE-59
Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 38 views
3000_rapat.jpg


GEMA-Dalam rangka menyemarakkan hari jadinya atau Dies Maulidiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang ke-59 Panitia Dies akan menyelenggarakan kegiatan Fun Bike, Kamis (22/10).
Pelaksanaan fun bike kali ini akan dilaksanakan Minggu 25 Oktober 2020 dengan jarak tempuh kurang lebih 18 km. Penanggung jawab funbike Hilmy Saifuddin menjelaskan bahwa gowes tahun ini pesertanya hanya diikuti oleh sivitas akademika UIN Maliki Malang saja, jumlah peserta yang mendaftar di googleform sejumlah 200 peserta. "Rute yang dipilih mengambil jalan yang tentunya tidak mengganggu pengendara lain," jelasnya.
Kegiatan ini disepeonsori langsung oleh rekanan UIN Maliki Malang, setidaknya ada sepuluh rekanan yang mensupport kegiatan funbike ini. Semua peserta akan mendapat fasilitas kupon undian gratis dari panitia sehingga semua peserta memiliki peluang untuk mendapatkan doorprize dari panitia. "Hadiahnya ada banyak salah atunya 6 unit sepeda gunung yang siap diperebutkan," jelasnya.

Untuk itu, kata dia, mari sukseskan bersama kegiatan gowes ini untuk bersilaturahmi dan sekaligus memperingati hari jadinya kampus UIN Maliki Malang ini. "Semoga, kegiatan gowes yang akan start dan finish dari kampus I ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses," harapnya.

Lebih Lanjut »
PESAN NASIHAT REKTOR UIN MALANG DI HARI SANTRI 2020
Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 42 views
3004_santri.jpg

Penulis & Foto: Syifa Oktania Elsa

GEMA-Mengenang jasa ulama dalam resolusi jihad kemerdekaan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang peringati Hari Santri Nasional 2020 dengan upacara bendera. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Utama, Kamis (22/10).
Upacara Hari Santri 2020 merupakan agenda setiap tahun di UIN Malang, yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga di detik ini UIN Malang mampu mengemban amanah untuk meneruskan generasi para pahlawan serta ulama.
Saat penyampaian amanat upacara, Prof. Abdul Haris memberikan pesan bahwasanya warga kampus Ulul Albab ini harus mengapresiasi jasa para kyai serta santri, karena berkat perjuangan mereka membela tanah air UIN Malang saat ini mampu menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memfasilitasi ribuan penuntut ilmu.
Beliau melanjutkan, peringatan Hari Santri ini tidak boleh dilupakan, karena sebenarnya pejuang kemerdekaan itu adalah para kyai dan santri yang meneriakkan semangat Allahu Akbar. “Bahkan sampai hari kiamatpun tidak boleh dilupakan.” Tuturnya.
Rektor Kampus Hijau tersebut juga mengingatkan kepada warga kampus terutama mahasiswa UIN Malang agar kelak menjadi santri yang mampu menduduki jajaran birokrasi, serta ahli di berbagai bidang ilmu seperti Sains dan Teknologi. Agar santri mampu mengintegrasikan ilmu agama dan pengetahuan, “jadi selain ahli dibidang kedokteran juga ahli membaca kitab seperti kitab fathul wahab,” ungkapnya.
Beliau juga menuturkan, “kelak saya harap presiden ada yang berasal dari seorang santri pun juga alumni UIN Malang.” Tuturnya dalam penutup amanat upacara.
Kegiatan yang bertepatan pada hari Kamis ini dihadiri oleh sejumlah para jajaran petinggi kampus, para musyrif/ah serta santri Ma’had Aly dengan diikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, physical distancing, serta pengecekan suhu badan.(syf)

Lebih Lanjut »
LP2M SIAP SUKSESKAN ICONETOS 2020
Rabu, 21 Oktober 2020 . in Berita . 60 views
2994_iconetos2.jpg


GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) kembali akan melaksanakan konferensi Internasional atau The 2nd International Conference on Engineering, Technology, and Social Sciences dengan tajuk "Interdisciplinary Synergy in the COVID-19 Era: A Scientific Perspective”, Selasa (20/10).
Ketua LP2M UIN Maliki Prof. Dr. Tutik Hamidah, M.Ag menjelaskan bahwa pelaksanaan ICONETOS tahun ini dijadwalkan akan berlangsung 31 Oktober 2020, Peserta yang mendaftar ada 111 peserta dari berbagai negara. Semua paper atau tulisan yang dikirim harus disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan. "Target 200 peserta dan semua paper yang dikirim bisa submit dan terindek di Web of Science (WOS)," harapnya.
Pelaksanaan ICONETOS 2020 ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini konfrensi dilaksanakan dengan sistem daring atau virtual sehingga dari segi anggaran akan lebi efisien dan efektif. "Selain itu, dananya juga bisa digunakan untuk pembinaan bagi pengelola jurnal di lingkungan UIN Malang," tegasnya.
Selanjutnya, dalam rapat koordinasi panitia persiapan acara tersebut, Ernaning Setiyowati sebagai perwakilan sie procceding menekankan lebih pada persiapan yang harus segera dilakukan. Mengingat pelaksanaan acara tersebut semakin dekat, ia berharap masing-masing sie acara bergerak cepat. Hingga hasil koordinasi awal untuk acara tersebut menyimpulkan bahwa setiap anggota dari masing-masing sie acara telah menyatakan kesiapannya dan sanggup untuk mensukseskan terlaksananya ICONETOS tahun 2020 ini. "Ini adalah event yang berlevel internasional, semoga nanti bisa berjalan lancar dan sukses karena secara tidak langsung bisa memberikan manfaat pada instansi pendidikan kita", pungkasnya di akhir rapat yang bertempat di Meeting room Lt. Gedung Rektorat. (aj/ptt).

Lebih Lanjut »
YAKIN! BSA UIN MALIKI RAIH SERTIFIKAT TERBAIK DARI AUN-QA TAHUN 2020
Senin, 19 Oktober 2020 . in Berita . 76 views
2993_aun.jpg


Penulis & Foto: Putut Wahyu Hardiyanto
GEMA-Di hari pertama mulainya visitasi On-line The Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dekan Fakultas Humaniora Dr.Hj. Syafiyah,MA optimis akan meraih predikat terbaik. Pasalnya, salah satu prodinya yang diajukan, yakni Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) sudah ketiga kalinya berturut-turut mendapatkan hasil cemerlang dalam visitasi AUN-QA yang sebelumnya pernah dilakukan, Senin (19/10).
Ditemui selepas, acara sesi pertama pelaksanaan visitasi online bersama tim Prodi BSA, Bu Syafi begitu sapaan akrab Dekan Fakultas Humaniora ini menyatakan keyakinannya akan raihan cemerlang yang akan diperoleh Prodi BSA dalam visitasi online AUN-QA kali ini. Ia begitu optimis karena sejak awal sudah melakukan berbagai persiapan dengan matang dan optimal. Apalagi dari sesi pertama ini, tim dari Fakultas Humaniora telah mampu menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari tim penguji secara tepat dan responsif. “Ada masukan dan saran tim penguji dari sana yang menurut kami bersifat konstruksif dan itu bisa menjadi bahan perbaikan terutama pada dokumen kurikulum dan program-program pendidikan di fakultas kami ke depan”, ungkapnya.
Proses berikutnya, masih kata Bu Syafi bahwa setelah sesi pertama ini, maka akan visitasi terhadap para dosen, para staf/karyawan, mahasiswa, para alumni, steakholder hingga User. “Pelaksanaannya Senin ini sampai besok hari Jumat(23/10) sehingga ini bertahap dan nanti juga ada visitasi terhadap fasilitas, sarpras baik tingkat universitas sampai fakultas”,ungkapnya. “Inshaa Allah, kami dari Fakultas Humaniora sudah siap atas segala yang dibutuhkan pada visitasi online kali ini, terutam soal IT dan SDM-nya”, imbuhnya dengan senyum optimis.
Ditanya soal harapan setelah adanya visitasi AUN-QA ini, Ibu berparas ramah ini menjelaskan bahwa fakultas Humaniora UIN Maliki Malang tidak semata-mata mengejar sertifikatnya namun yang dianggap lebih dari itu atau benefit-nya adalah karena adanya kemauan dan semangat belajar untuk selalu berbenah, melakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan fakultas terutama prodi. Menurutnya, visitasi AUN-QA ini merupakan bahan belajar bersama bagi fakultas Humaniora khususnya dalam mengimplementasikan sistem managemen pendidikan tinggi yang bertaraf internasional dan itu sesuai dengan komitmen kampus UIN Maliki Malang yakni menuju World Class University. (ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up