Daftar Penulis: Abadi Wijaya


AMANAT REKTOR UNTUK DWP UIN MALIKI YANG BARU
Rabu, 8 September 2021 . in Berita . 166 views
3328_r.jpg
SERTIJAB: Ketua DWP UIN Maliki Malang Dra. Shofiyah Zainuddin saat menandatangani berkas sertijab di ruang pertemuan gedung Rektorat Lt.4

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara serah terima jabatan (Sertijab) dan pelantikan pengurus periode baru masa bakti 2021-2025. Acara yang berlangsung di ruang senat Lt. 4, Gedung Rektorat dengan penerapan prokes COVID-19 yang ketat, Rabu (8/9).

3329_rr.jpg


Dalam sambutannya, Prof. Dr. M. Zainuddin Rektor UIN Maliki Malang mengucapkan selamat atas terselenggaranya sertijab dan pelantikan kepengurusan DWP UIN Maliki. Peran DWP atau organisasi perempuan para istri ASN UIN Maliki Malang bisa semakin ditingkatkan dan mampu bersaing/berkompetisi dengan DWP dari Perguruan Tinggi yang lainnya. "Saya berharap DWP UIN Maliki ini mampu dan siap berkompetisi dengan DWP lainnya dari kampus-kampus sebelah di sekitar Malang ini (misalnya ada DWP Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Polinema, dan PTN lainnya)," ucapnya.

3330_rrr.jpg


Masih kata Prof. Zain, kompetisi atau persaingan yang dimaksud meliputi hal kebaikan (perkembangan dan kemajuan organisasi), program-program kerja serta peran DWP dalam pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, orang nomer wahid di kampus berlogo Ulul Albab itu menyarankan pada DWP UIN Maliki Malang untuk melakukan studi banding. "Silahkan nanti para Ibu DWP ini melakukan studi banding dengan memilih DWP terbaik dari PTN mana pun yang ada di Indonesia!", terangnya.
Tujuan dari studi banding tersebut tidak lain yakni menjadikan mitra dan kerjasama DWP. Maka diharapkan para pengurus dan anggota DWP periode ini lebih semangat berperan dan berkarya sebagai mitra. "Ibu-ibu ini semua adalah mitra kerja dari para bapak atau pimpinan di kampus ini sehingga nanti bisa bersinergi dan hasil program kerjanya terimplementasi semakin terbukti dan bisa dilihat oleh masyarakat," pungkasnya.
Sementara itu, Dra. Shofiyah Zainuddin(Ketua DWP periode 2021-2025) dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kepemimpinan DWP periode yang lalu dan ia menyatakan siap bersedia untuk melanjutkan berbagai program DWP yang telah disusun. Ibu Shofi sapaan akrabnya ini juga bersiap mengajak para armada baru DWP periode ini untuk berani berkarya, berinovasi dan berkreatifitas agar terwujud DWP yang maju dan unggul. Oleh karena itu beliau berharap adanya koordinasi yang solid dan kekompakan diantara anggota dan pengurus DWP. "Saya mohon doa restunya dalam mengemban amanah ini dan semoga Allah SWT meridhoi kita semua,"doanya seraya diamini oleh seluruh yang hadir. (ptt)

Lebih Lanjut »
REKTOR: KEMBANGKAN TRADISI SPIRITUAL MELALUI KAJIAN AL QUR'AN
Jumat, 20 Agustus 2021 . in Berita . 108 views

 

3292_h.jpg
Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. mengenalkan versi baru dan segar dari agenda Jumat rutinan. Jika biasanya dilaksanakan pagi hari dengan khataman al Quran dan dilanjut salawatan, kali ini pihak kampus juga mengundang narasumber. "Ini bagian dari inovasi, yang semula hanya khotmil quran dan shalawatan saja kita inovasi penyajiannya menjadi tadarus dan kajian al Quran," jelasnya, Jumat (20/8).
Menurut Prof. Zain, selama ini banyak orang membaca al Quran, maulid diba', al barzanji, juga manakib nurul Quran namun tidak memahami kandungan atau maknanya. "Kajian ini membantu kita untuk mempelajari isinya," ujarnya.
Ia berharap, dengan tadarus dan kajian al Quran ini keluarga besar UIN Maliki banyak menambah ilmu. Ia juga ingin agar kegiatan ini terus berjalan secara istiqamah. "Jumat ganjil diisi dengan tadarus dan kajian sedangkan pada Jumat genap diadakan istighotsah dan sholawatan," terangnya.
Model baru kegiatan tersebut mampu menghidupkan tiga unsur literasi, yakni spiritualitas, intelektual dan sosial. Di UIN Maliki Malang tidak bisa lepas dari literasi spiritual yang digembleng di ma'had untuk para mahasiswanya dan melalui forum kajian bagi staf dan dosen. Literasi intelektual dilakukan melalui kajian, seminar, dan terakhir literasi sosial berwujud pengabdian kepada masyarakat. "Ini bahasa tradisi di kita yakni zikir, pikir dan amal sholeh," tegasnya.
Mengakhiri sambutannya, Prof. Zain mengucapkan terima kasih kepada Ustadz Malik dan Ustadz Said Agil Husin Al Munawar sebagai narasumber perdana di acara tersebut. "Terima kasih karena sudah hadir meski secara virtual, semoga pandemi ini segera usai dan selanjutnya kita bisa bertemu secara langsung. Mohon doanya semoga UIN Maliki Malang menjadi World Class University karena itu tujuan kita di roadmap periode ini," pungkasnya. (ptt/nd)

 

Lebih Lanjut »
BARNOTO GAGAS LAYANAN DIGITAL P2B
Jumat, 20 Agustus 2021 . in Berita . 156 views
3289_q.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen RI) Prof.Dr. Nizar Ali, M.Ag. secara resmi merilis sistem aplikasi digital tata kelola dan manajemen di Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Aplikasi ini sendiri merupakan gagasan Kabiro AAKK Dr. Barnoto, M.PdI. Hal ini menandai adanya perubahan besar dari yang semula menggunakan sistem manual menjadi sistem digital. Acara bertempat di Ruang Meeting lt. 3, Gedung Rektorat dan dilaksanakan secara luring dan virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (20/8).

3290_we.jpg
Mewakili rektor UIN Maliki Malang, Wakil Rektor Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. menyampaikan rasa syukur dengan adanya perilisan aplikasi tersebut. Pasalnya, hal itu merupakan salah satu kemajuan dan perubahan menyesuaikan perkembangan zaman di era Industri 4.0 yang serba berbasis IT. "Kami para pimpinan mendukung agar semua unit di kampus ini pada saatnya nanti akan berbasis digital seperti halnya di P2B. Dengan adanya hal itu kami berharap ke depan P2B UIN Maliki bisa mengembangkan berbagai bisnisnya secara cepat, tepat, meluas pastinya secara legal dan halal," paparnya.
3291_ew.jpg

Sedangkan Prof. Nizar, Sekjen Kemenag RI juga sangat mendukung sistem aplikasi digital yang diterapkan pada tata kelola P2B UIN Maliki Malang. Menurutnya dengan sistem digital akan mempermudah proses administrasi, mempercepat segala transaksi, lebih transparan dan memperkuat akuntabilitas dalam pengelolaan bisnis. Sehingga, pada akhirnya mampu mengoptimalkan pemberdayaan aset, memperkuat kerjasama dan menambah pendapatan dari bisnis yang dijalankan UIN Maliki melalui P2B.

Selanjutnya, prosesi launching dilaksanakan secara virtual oleh Prof. Nizar dengan disaksikan oleh seluruh peserta dan tamu undangan via aplikasi Zoom, yakni para Kabiro AUAK/AUPK beserta para Kepala Unit P2B PTKIN BLU se-Indonesia. Di akhir acara, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima berkas aplikasi digital dari PTIPD kepada Unit P2B UIN Maliki Malang yang diwakili oleh kepala unit masing-masing.(ptt/nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN MALANG LANTIK WR I PARA WAKIL DEKAN DAN WAKIL DIREKTUR PSCASARJANA
Kamis, 19 Agustus 2021 . in Berita . 1681 views
3282_lantik.jpg


GEMA-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA melantik Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag menggantikan Dr. Agus Maimun M.Pd yang mengundurkan diri dari jabatan WR I kerena ingin konsen menuju guru besarnya.
Prof. Zainuddin dalam arahannya mengajak seluruh pejabat yang baru dilantik untuk menyamakan visi misi UIN Maliki Malang. Pelantikan di tanggal 10 Muharram 1443 H ini menjadi momentum yang baik. Pasalnya para rasul di bulan Muharram ini mendapat anugerah dan maunah dari Allah SWT. "Mudah-mudahan bapak ibu juga mendapatkan anugerah dan maunah dari Allah SWT. Dijauhkan dari segala penyakit dan bisa menjalankan amanah dengan sebaik mungkin," doanya.
Mantan WR I itu juga kembali menegaskan Bahwa jabatan itu bukan nikmat tapi ujian, oleh sebab itu tidak usah disyukuri. Faktanya setiap jabatan itu penuh dengan tanggungjawab dan ujian yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. "Oleh sebab itu, mari kita bersama rapatkan barisan demi kemajuan lembaga tercinta ini," ajaknya
Prof. Zain di selah sambutannya juga kembali mensosialisasikan program 100 hari dn 4 tahun kedepan.
100 hari kedepan targetnya melakukan evaluasi secara menyeluruh. Khususnya permasalahan yang belum terselesaikan dengan baik untuk menuju 4 tahun kedepan yaitu wrld class university.
"Ini sudah menjadi tekat UIN Malang 2021-2030 yaitu WCU ranking," paparnya.
Ini kata dia, memerlukan kerja keras dan keseriusan dari para pimpinan maupun sivitas akademika UIN Maliki Malang. Meskipun masa pandemi Covid-19 belum usai, semua warga kampus ini harus tetap menjalankan pekerjaan dengan semaksimal mungkin. "Untuk itu kita ini tim yang harus saling membantu dan menguatkan satu sama lain," tegasnya.
Kedepan papar Prof. Zain, UIN Malang harus bisa membaca peta perkembangan di era digital 4.0 ini. Kampus ini harus memanfaatkan IT terpadu untuk meningkatkan pelayanan digitalnya. Proses layanan digitalisasi harus dilakukan untuk kemajuan UIN Maliki Malang ke depan. "Tentu di 100 hari kedepan saya akqn kontrol dan yakinlah semua akan terwujud jika kita bisa bekerja sama dengan baik," pungkasnya.

3283_nama.jpg
Lebih Lanjut »
UIN MALANG BERSAMA POLRESTA MALANG GELAR VAKSINASI MASSAL
Kamis, 19 Agustus 2021 . in Berita . 134 views
3285_v.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Lagi!Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ( UIN Maliki) kembali menggelar program vaksinasi massal. Kali ini kampus Islam berlogo Ulul Albab ini bekerjasama dengan Polresta Malang Kota. Berlokasi di Gedung B, Kampus I UIN Maliki, dengan memanfaatkan ruang kelas perkuliahan, aula Gedung hingga area parkiran depan gedung B. Kamis(19/8)

3286_vv.jpg

Kali ini pelayanan vaksinasi lebih diutamakan untuk masyarakat umumnya yang berusia 13 tahun ke atas, khususnya yakni bagi para pelajar dengan jumlahnya 1000 dosis. Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan salah satu kontribusi serta komitmen dari UIN Maliki dan Unit Polresta Malang sebagai wujud mensupport program pemerintah pusat hingga pemerintah daerah (Pemda) dalam menangani penyebaran virus Covid-19 khususnya di area Malang dan umumnya wilayah Jawa Timur.

3287_vvv.jpg

Kedatangan tamu agung dari Lembaga Induk kepolisian Negara RI, yakni Inspektorat Pengawasan Umum(Irwasum) POLRI, Komjen POL. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si bersama Walikota Malang, Dr. H. Sutiaji. Tujuan kehadiran keduanya yakni melakukan survei dan monitoring secara langsung pelaksaan vaksinasi di lokasi yang diberi sebutan dengan Gerai Vaksinasi Merdeka Semeru.

Didampingi oleh rektor UIN Maliki, Prof. Zainuddin, para wakil rektor dan para Kabiro serta tim Satgas COVID-19 prosesi survei dari kedua tamu agung tersebut berjalan lancar hingga pelaksanaan vaksinasi juga tidak terkendala.

"Hal ini merupakan strategi Satgas dari gabungan berbagai pihak saat masa pandemi, kami sendiri TNI, POLRI kemudian juga kampus sebagai lembaga pendidikan bahkan juga ada dari komunitas masyarakat hingga Pemda untuk terus saling berkomunikasi, memiliki banyak link dan saling konfirmasi lebih cepat jadi lebih baik ditangani secara profesional. Di UIN Maliki ini juga sudah bagus dan isolasi terpadu nya (isoter) telah terkendali, "papar Komjen Agung saat diwawancarai di akhir survei. (ptt)

Lebih Lanjut »
P2B SIAP LAUNCHING LAYANAN BERBASIS DIGITAL
Rabu, 18 Agustus 2021 . in Berita . 166 views
3281_ba.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Rapat koordinasi finalisasi pembentukan sistem digitalisasi Unit Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Maliki Malang terus berlanjut. Kali ini rakor yang langsung dipimpin oleh Dr. H. Barnoto, M.Pd.I melakukan persiapan launching aplikasi sistem digital. Senin(16/8).

Dalam sambutannya, Barnoto menyampaikan bahwa rakor tersebut sebagai tindaklanjut rapat sebelumnya yang telah membahas penguatan akuntabilitas tatakelola keuangan BLU khususnya P2B. "Karena setting aplikasi digital sudah mendekati selesai, sehingga kali ini mari kita merapatkan barisan sebagai persiapan prosesi launching aplikasinya," ajaknya. 

Sesuai rencana, Kabiro asal Tuban itu mengatakan bahwa launching akan dilaksanakan pada Jumat(20/8). "Inshaa Allah acara launching dilaksanakan besok Jumat, 20 Agustus. Rencana kita undang seluruh stakeholder UIN MALIKI dan undangan daring untuk para Kabiro AUPK beserta Kepala P2B PTKIN BLU se-Indonesia, " paparnya. 

Selain itu juga disampaikan bahwa rencananya Bapak Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI yang nanti akan melaunching aplikasi tersebut. "Beliau sudah kita undang secara virtual, semoga tidak ada halangan sehingga bisa hadir saat acara tersebut, " harapnya. 

Rakor berjalan lancar dengan metode sharing dan diskusi. Dalam prosesnya, disampaikan perwakilan dari unit Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Maliki Malang bahwa proges perancangan sistem digital telah mencapai tahap finishing. "Hal pentingnya lagi adalah soal pemberian nama aplikasinya. Hal ini mungkin terlihat sederhana tapi dampaknya sangat luar biasa, " ungkap Mukhlis, Kepala PTIPD. Sehingga menurut mas Muchad sapaan akrabnya di lingkungan kampus itu menyarankan agar pemilihan nama aplikasinya nanti harus yang simple, jelas dan tentunya unik. 

Hal tersebut ia tekankan lagi karena dengan minimal tiga kriteria yang telah ia sampaikan, maka suatu aplikasi bisa dengan mudah diketahui oleh orang, dicari dan juga diingat nama aplikasi itu. "Tidak perlu pilihan nama yang panjang dan beranekaragam, cukuplah namanya itu paling mudah dikenali oleh orang lain!, " terangnya. (ptt)

Lebih Lanjut »
BARNOTO: SUDAH WAKTUNYA P2B DI PTKIN MENGGUNAKAN LAYANAN SISTEM DIGITAL
Senin, 16 Agustus 2021 . in Berita . 439 views
3274_barnoto.jpg

 Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Dalam rangka menindaklanjuti penerapan sistem digitalisasi Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kabiro AAKK, Dr. H. Barnoto menggelar acara sosialisasi yang bertajuk Brainstorming Aplikasi Digital di P2B UIN Maliki Malang. Acara virtual melalui Zoom meeting tersebut mengundang para Kabiro AUPK disertai kepala unit P2B PTKIN se-Indonesia. Tidak tanggung-tanggung narasumbernya dari Kepala BIRO keuangan dan BMN Setjen.Kementerian Agama RI, Drs. H. Subarja M. Pd. Jumat (13/8).

Dalam kesempatan itu, Barnoto (peserta PKN I angkatan 49 th 2021 ini) sekaligus inisiator terselenggaranya acara tersebut memaparkan secara detail terkait apa saja yang menjadi ulasan hingga pentingnya penetapan sistem digitalisasi pada P2B di UIN Maliki Malang khususnya dan bagi PTIKN seluruh Indonesia pada umumnya.

Sehingga tujuan dari acara tersebut tidak lain dalam rangka proses sosialisasi Penguatan Akuntabilitas Tata Kelola P2B di UIN Maliki Malang sebagai Satker Badan Layanan Umum(BLU). "Semoga ini menjadi embrio menuju layanan P2B yang semakin berbasis digital mengikuti zaman era revolusi Industri 4.0," harapnya. 

Kemudian, menanggapi terkait apa yang telah dipaparkan secara jelas oleh Kabiro AAKK UIN Maliki Malang, Subarja menyampaikan dukungannya atas inisiasi yang telah menjadi target demi perkembangan dan kemajuan P2B di PTKIN. "Semoga semua usaha ini lancar dan penuh berkah manfaat sehingga bisa menyesuaikan dengan perubahan era yang makin modern dan serba digital, " ujarnya. 

"Silahkan nanti apabila sudah berjalan prosesnya, dibuatkan semacam group di WA atau sosmed lainnya guna menambah intens nya komunikasi sekaligus bersilaturahmi membahas progressnya, " imbuhnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG MENJADI PTKIN DENGAN JUMLAH MAHASISWA ASING TERBANYAK
Senin, 16 Agustus 2021 . in Kegiatan . 846 views
3268_mahasiswa-asing-terbanyak.jpg
Lebih Lanjut »
LINDUNGI DIRI DAN KELUARGA DENGAN VAKSINASI COVID-19
Senin, 16 Agustus 2021 . in Kegiatan . 808 views
3269_covid.jpg
Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up