Daftar Penulis: Abadi Wijaya


PROF. NUR KHOLIS: PERGURUAN TINGGI JADI BASIS MODERASI BERAGAMA
Rabu, 7 April 2021 . in Berita . 143 views
3169_khol.jpg

GEMA-Dewan Pengawas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Phil. H. Muhammad Nur kholis Setiawan, M.A. hadir menjadi salah satu nara sumber dalam acara Pelatihan Teknis Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang dihelat oleh Pusat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat bekerjasama dengan UIN Malang, Rabu (7/4).
Prof. Nur Kholis sapaan akrabnya menegaskan bahwa di era digital saat ini telah memberikan banyak perubahan terhadap gaya hidup dalam beragama dan kebangsaan. Kehadiran perguruan tinggi saat ini sangat dibutuhkan perannya di tengah masyarakat untuk bisa menginjeksikan nilai-nilai keislaman yang moderat. "UIN Malang harus bisa menjadi filter agar masyarakat memahami Islam secara moderat," harpnya.
Slain itu, tambah dia, UIN Malang harus mampu menelurkan sistem yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi, kampus berlogo ulul albab ini sudah menjalankan layanan berbasis Badan Layanan Umum (BLU). "Denga layanan BLU ini UIN Malang bisa lebih fleksibel dalam melakukan trobosan sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku," arahnya.
Sistem yang dikembangkan harus proporsional dan profesional, apa lagi yang menyangkut soal layanan publik. "Semua harus dilakukan secara transparan dan akuntabel," tegasnya.

3170_khol2.jpg


Oleh sebab itu, peningkatan layanan akademik yang sesuai dengan zamannya sangat dibutuhkan saat ini. Jika masih menggunakan sistem yang lama tentu akan ketinggalan dengan perguruan tinggi lainnya dan ini akan memberikan dampak menurunnya kepuasan terhadap stake holder di kampus ini. "Untuk itu, perguruan tinggi harus mampu membaca perubahan di masyarakat dengan cepat," ujarnya.
Masih kata Prof. Kholis bahwa pemerintah saat ini memerlukan peran perguruan tinggi dalam menjaga keutuhan NKRI ini, pemerintah melalui Kementerian Agama dan PTKIN mengajak untuk bersama membangun menguatkan bidang agama secara moderat. "Pembangunan bidang agama ini penting, karena menjadi basis menjaga NKRI," tegasnya.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang AUPK Dr. Ilfi Nurdiana, M.SI merespon positif arahan Dewan Pengawas UIN Malang dengan salah satu cara memanfaatkan media sebagai sarana untuk publikasi informasi yang positif. "Sehingga keberadaan medsos bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan di perguruan tinggi," terangnya. (aj)

 

Lebih Lanjut »
LP2M GELAR WORKSHOP METPEN BAGI TENDIK
Rabu, 7 April 2021 . in Berita . 98 views
3163_metpen.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan workshop metodologi penelitian (metpen) dengan tajuk Kebijakan Pendidikan bagi Tenaga Kependidikan ini dikhususkan untuk para tenaga kependidikan yang memiliki jabatan fungsional tertentu (JFT). Acara bertempat di ruang Aula Lt. 5, Gedung Rektorat, Rabu (7/4).

3165_met.jpg

Dalam sambutannya Ketua LP2M UIN Maliki Malang, Prof. Tutik Hamidah menyampaikan bahwa workshop kali ini memang benar-benar ditujukan kepada para tendik UIN Maliki yang merangkap sebagai JFT. Tujuannya tidak lain sebagai salah satu usaha menselaraskan pada visi besar kampus yakni mewujudkan smart Islamic university. "Jadi dengan adanya workshop metpen kali ini bisa secara langsung maupun tidak, nantinya bisa meningkatkan kualitas SDM para tendik di lingkungan UIN tercinta ini," ucapnya. 

3166_mett.jpg

Kemudian masih dari Prof. Tutik begitu sapaan akrabnya, ia menambahkan bahwa pelaksanaan workshop ini terbagi menjadi dua materi, yakni materi tentang teori dan kedua adalah materi praktik secara langsung. Oleh karena itu, Prof. Titik berharap pada kesempatan berharga tersebut, para tendik yang menjadi pesertanya bersedia mengikuti semua rangkaian acaranya sampai tuntas. Apalagi ia mengingatkan juga bahwa di tengah sesi pemaparan materi akan diberikan tugas dari narasumbernya. "Jangan khawatir, di sela acara inti nanti akan ada PR dan itu harus dikerjakan sebagai tindak lanjut proses pembelajaran menpen secara teknisnya, "ungkapnya. 

3167_mettt.jpg

Di akhir sambutan, Prof. Tutik pun memberikan suport agar para peserta selalu antusias dan semangat dalam mengikuti workshop tersebut. "Selamat dan sukses, semoga acara ini bisa memberikan banyak manfaat, khususnya peningkatan kualitas SDM para tendik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, " pungkasnya. (ptt)

Lebih Lanjut »
WUJUDKAN PROFESIONALITAS KINERJA UIN MALANG ADAKAN PELATIHAN ANJAB DAN ABK
Senin, 5 April 2021 . in Berita . 90 views
3159_anjab.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia mengadakan pelatihan teknis analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Acara tersebut diselenggarakan di ruang meeting Kantor Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Lt. 4 Gedung Rektorat, Kampus I UIN Maliki Malang, Senin (5/4).

3160_anjab2.jpg

Sambutan pertama oleh perwakilan dari Pusdiklat Kemenag RI menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasamanya UIN Maliki Malang dalam memfasilitasi diklat tersebut. "Kami berterima kasih kepada rektor UIN Maliki Malang, Prof. Abd. Haris karena telah bekerja sama dan memfasilitasi dari pelaksanaan diklat ini, " ucapnya. ia juga menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain untuk melatih keterampilan secara teknis dalam bidang pengadministrasian. 

3161_anjab3.jpg

Selanjutnya, Dr. Uril Bahruddin, MA sebagai perwakilan dari UIN Maliki dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangatlah penting karena dengan adanya pelatihan seperti itu bisa meningkatkan skill dan profesionalitas dalam bekerja. "Hal ini merupakan salah satu upaya kita dalam mewujudkan profesionalitas dalam bekerja," ucapnya. 

3162_anjab4.jpg

Lanjut, masih dari wakil rektor bidang kerjasama dan pengembangan lembaga UIN Maliki itu juga menjelaskan keuntungannya jika mampu bekerja secara profesional, yakni bisa memberikan pelayanan dan hasil yang optimal sehingga para stakeholder dan pengguna jasa merasa puas.

Kemudian Ia menambahkan pula bahwa sebenarnya selain dengan diklat, profesionalitas bisa terwujud melalui pembiasan atau rutinitas positif dalam bekerja. Namun demikian, adanya diklat semacam itu akan bisa lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman baru dan mendalam dari hal teknis terhadap pekerjaan yang dijalankan. Sehingga, ia pun berharap peserta dari UIN Maliki bisa hadir semua dan mengikuti diklat tersebut sampai selesai. (ptt)

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN MALANG: HUT KOTA MALANG KE 107, SEMOGA SEMAKIN MAJU, SEJAHTERA DAN BERKAH
Rabu, 31 Maret 2021 . in Berita . 92 views
3157_r.jpg
Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof.Abd. Haris ikut serta menyambut hari ulang tahun (Ultah) Kota Malang. Ditemui saat berutinitas di ruang kerjanya, rektor asal Lamongan tersebut menyempatkan waktu sejenak untuk memberikan ucapan sekaligus mengungkapkan harapannya untuk Ultah Kota Malang yang kini berusia 107 tahun, Rabu (31/3).

“Saya Prof. Abd. Haris, rektor UIN Maliki Malang mengucapkan selamat dan sukses hari ulang tahun ke 107 Kota Malang,” ungkapnya.

Di ultah yang kali ini mengusung tema “Peduli dan Berbagi”, menurut Prof. Haris sapaan akrabnya, begitu cocok atau sesuai dengan era pandemi saat ini, karena tema tersebut mampu membangkitkan rasa kepedulian untuk berbagi kepada siapa saja terutama golongan masayarakat yang serba kekurangan dan mengalami banyak kesusahan akibat terdampak covid-19.

Prof. Haris pun mengajak kepada semuanya untuk ikut bersama membangun kota Malang agar menjadi lebih baik lagi dan menguatkan ikonnya sebagai kota pendidikan, kota pariwisata dan kota santri.

“Kita tidak boleh melupakan tiga ikon tersebut, agar Kota Malang menjadi Baldatun Thoyyibatun wa rabbhun ghaffur, yakni kota yang baik, tidak hanya sejahtera, tetapi juga masyarakatnya selalu dipenuhi berkah dan ampunan dari Allah SWT, aamin,”. pungkasnya.(ptt)

 

Lebih Lanjut »
TUJUH BAKAL CALON REKTOR UIN MALANG, BERIKUT NAMA-NAMANYA
Rabu, 31 Maret 2021 . in Berita . 653 views
3158_penjar.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Panitia penjaringan(Panjar) bakal calon rektor(Balonrek) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara resmi mengumumkan bahwa pendaftaran bakal calon rektor telah ditutup. Hal tersebut secara langsung disampaikan oleh ketua Panjar, Dr. KH. Baddrudin, M. HI saat jumpa pers di ruang kesekretariatan panitia Panjar, Lt.4, Gedung Rektorat. Rabu (31/3) 

Kyai Bad, begitu sapaan akrab ketua Panjar mengatakan sekarang ini tahap pendaftaran telah resmi ditutup dan tahap selanjutnya akan dilakukan verifikasi persyaratan administrasi dokumen. Ketika muncul pertanyaan, berapa jumlah bakal calon rektor yang mendaftarkan diri? ia menerangkan bahwa yang telah resmi tercatat ada tujuh pendaftar dan itu semua ternyata dari orang-orang internal kampus. 

"Terhitung waktu pendaftarannya sejak Kamis-Rabu(25-31/3) ada tujuh orang mendatangi panitia untuk mendaftarkan dirinya di kantor kesekretariatan Panjar dan mereka semua adalah dari kampus ini", ungkapnya. 

Selanjutnya, ia pun menjelaskan bahwa memang di tahun ini tidak ada calon dari luar(eksternal) kampus. Padahal penjaringan bakal calon rektor itu juga membuka peluang bagi pihak eksternal mana pun asalkan memenuhi syaratnya. "Tidak ada pendaftar dari eksternal, kalau pun ada yang merespon mereka hanya sebatas bertanya kepada kami(panitia,-red), namun sampai pendaftaran berakhir tidak menyerahkan dokumen", jelasnya. 

Ketujuh pendaftar dari internal kampus itu secara berurutan, yakni diawali oleh Prof. Abd. Haris lalu disusul Prof. Hartono, keduanya mendaftarkan diri di hari pertama dibukanya pendaftaran. Kemudian di hari berikutnya Prof. Roibin, MH, disusul oleh Prof. Nur Yasin, M. Ag, lanjut Prof.M. Zainuddin, MA, dan Prof.Umi Sumbulah, M.Ag serta yang terakhir adalah Prof. Bayyin, M.Si. (ptt)

Lebih Lanjut »
MABA S3 HKI IKUTI OSPEK VIRTUAL
Selasa, 30 Maret 2021 . in Berita . 85 views
3156_hki.jpg

Renulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Setelah resmi ditetapkan dalam Keputusan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, nomor 1143 tahun 2021 tentang penetapan mahasiswa baru (maba) Program Doktor Hukum Keluarga Islam (HKI) atau Ahwal Al Syakhshiyyah semester genap tahun akademik 2020-2021, Fakultas Syariah menyelenggarakan ospek  bagi maba HKI secara virtual bertempat di ruang sidang Lt.1 Fakultas Syariah. Selasa (30/3).

Rektor UIN Maliki Prof.Abd. Haris saat membuka acara, memberikan apresiasi atas terselenggaranya orientasi bagi maba HKI tersebut meskipun secara virtual karena faktor situasi yang belum mendukung. Kemudian dalam sambutannya, Profesor asal Lamongan ini menyampaikan bahwa program studi S3 HKI di Fakultas Syariah memiliki pandangan yang luas ke depannya. Hingga dalam perkembangannya nanti tidak hanya sebatas di Indonesia namun bisa di seluruh penjuru dunia.

Harapannya adalah prodi doktor HKI UIN Maliki Malang bisa menghasilkan lulusan doktoral yang benar-benar expert di bidangnya, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi negara dan bangsa. Melalui HKI nanti akan bisa mewujudkan penataan keluarga-keluarga yang baik apalagi jika itu baik menurut syariat Islam, maka hal itu bisa menjadi modal besar bagi negara untuk berbenah dan bersatu hingga menguatkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(ptt)

Lebih Lanjut »
RAPIM 2021: RENSTRA DAN PERKIN FAKULTAS HARUS SELARAS DENGAN UNIVERSITAS
Kamis, 25 Maret 2021 . in Berita . 85 views
3153_perkin.jpg

GEMA-Di Hari ke-3 atau terakhir dalam agenda RAPIM 2021 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan membahas tentang Renstra dan Perkin yang telah disusun oleh setiap fakultas dan pascasarjana. Acara tetap berlangsung di Aula Lt. 5, Gedung Rektorat dan kali ini dibuka dan dipandu langsung oleh Segaf, M.Sc. Kamis(25/3) 

Sesuai dengan jadwalnya, Segaf memberikan arahan bahwa pada kali agenda diisi dengan pemaparan Rencana Setrategis(Renstra) dan Perjanjian Kinerja (Perkin) hasil dari FGD yang sebelumnya telah dilakukan di hari kedua rapim. Sehingga diharapkan nanti hasil penyusunan Renstra dan Perkin di setiap fakultas dan pascasarjana selaras dengan yang disusun pada tingkat universitas. 

Selanjutnya, menggaris bawahi agenda yang telah direncanakan maka pelaksanaannya diatur sedemikian rupa sehingga pemaparan Renstra dan Perkin akan dijelaskan setiap fakultas melalui Dekan atau yang mewakilinya. "Bapak Ibu pimpinan, nanti kami persilahkan anda memaparkan Renstra dan Perkin yang telah disusun, kemudian sampaikan apa saja hal yang baru atau jika ada inovasi di berbagai bidang, "terangnya.

Sesi pertama, pemaparan diawali dari Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) yang diwakili oleh Dr. Anton(Wakil Dekan Bidang Akademik), kedua Fakultas Syariah oleh Prof. Dr. Saifullah (Dekan) dan ketiga fakultas Ekonomi juga oleh dekannya sendiri yakni Prof. Dr. Nur Asnawi. Begitu seterusnya dilanjutkan fakultas-fakultas lainnya sampai pada pascasarjana. (ptt)

Lebih Lanjut »
RAPIM 2021: PAPARKAN HASIL PROGRAM KERJA MASING-MASING SATKER
Kamis, 25 Maret 2021 . in Berita . 75 views
3152_rapim3.jpg

GEMA-Rapat pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang di hari ke Tiga ini difokuskan pada penyampaian rencana program kerja dari masing-masing satuan kerja yang ada di lingkungan UIN Malang, baik di tataran fakultas, lembaga dan unit, Kamis (25/3).

Seperti hasil arahan Rektor UIN Malang bahwa yang mnjadi target kampus berlogo ulul albab ini mentargetkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa khususnya mahasiswa Pascasarjana. "Setidaknya jumlah mahasiswa S2 bisa mencapai 60 persen dan 40 persennya untuk mahasiswa S1," tegas Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag saat membuka kegiatan Rapim.

Fakultas Sains dan Teknologi dalam paparan program yang menjadi target di tahun 2021 ini berencana terus melakukan peningkatan kompetensi lulusannya. Pasalnya peningkatan kualitas lulusan dan doble degree saat ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa. Sehingga saat mereka terjun di dunia kerja bisa lebih fleksibel. "Ini menjadi salah satu fokus kami untuk meningkatkan mutu SDM," ungkap wadek I Dr. Anton Prastya.

Anton mnjelaskan, meningkatkan hasil publikasi dosen dan mahasiswa saat pandemi ini juga akan terus di genjot agar dosen dan karyawan bisa terus produktif dalam melakukan research. "Hasil publikasi karya ilmiah juga memberikan poin tinggi dalam akreditasi di kelembagaan ini," jelasnya.

Selain itu, Fakultas Saintek juga berupaya untuk terus mengoptimalkan komunitas keilmuan dosen dan mahasiswa, sehingga bisa memberikan manfaat khusunya dalam peningkatan skil bagi dosen dan mahasiswa. "Tidak hanya itu saja, persoalan pengembangan program app karya kreatif dari mahasiswa juga terus dikembangkan dan di-support oleh Fakultas Saintek," tegasnya.

Saat ditanya soal kendala, wadek I tersebut tidak menampik bahwa persoalan dana menjadi permasalahn fundamental. Apa lagi di era pandemi ini semua kegiatan juga dibatasi. Dan semoga pandemi ini segera selesai dan pembelajaran bisa kembali normal," pungkasnya.

Soal pengembangan kelembagaan, Fakuktas Saintek juga telah bersiap mengajukan pembukaan prodi baru. Salah satunya membuka prodi S2 Teknik Arsitektur dan melakukan kerjasama lagi dengan perusahaan asing lebih luas lagi. 

 

 

Lebih Lanjut »
RAPIM 2021: SEMUA SATKER HARUS PAHAMI SARGIS UNIVERSITAS
Rabu, 24 Maret 2021 . in Berita . 52 views
3150_rapim1.jpg

 

GEMA-Memasuki hari kedua, Kamis (24/3) pelaksanaan rapat pimpinan di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memasuki pembahasan persoalan menyusun rencana strategis (Renstra) 2021-2025. Rapat kali ini dimoderatori langsung oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Malik Karim Amrullah dan di pandu langsung oleh Sekretaris Dewan Pengawas BLU UIN Maliki Malang Slamet, Ph.D, Rabu (24/3).

3151_rapim2.jpg

Dalam pengarahannya, setiap satker dilingkungan UIN Malang diminta untuk menyusun program strategis sesuai dengan roadmap yang termaktub dalam renstra. Pimpinan fakultas, lembaga dan unit yang ada tidak boleh membuat program yang tidak ada hubungannya dengan pengembangan kampus lima tahun kedepan. "Rapim hari ini kita fokuskan pada program kerja tahun 2021 dan rencana program kerja di 2022," terangnya.

Dia juga menegaskan bahwa rapim ini bukan sekedar sebagai formalitas atau agenda tahunan saja. Akan tetapi, dalam rapim ini seluruh pemegang kebijakan di masing-masing satker yang ada diminta untuk memahami bersam-sama apa yang menjadi tujuan kampus ini. Sehingga, kata Slamet, apa yang disusun dan dan direncanakan dalam rapim ini bisa sesuai dg visi misi kampus ini. "Pertemuan hari ini akan menentukan nasib kampus ini kedepan, dan saya minta para pimpinan untuk lebih hati-hati lagi dalam menyusun program kerja yang terukur, efisien dan akuntabel," pungkasnya.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up