Daftar Penulis: Abadi Wijaya


TIGA PT SUSUN KURIKULUM PRODI BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR
Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 198 views
1910_p1.jpg
OPENING: WR III UIN Maliki Malang Dr. Isroqunnajah bersama Prof. Dr. Sangidu, UGM saat pembukaan rapat koordinasi tahap dua pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar. Jumat (22/3).

GEMA-Siang ini, Jumat (22/3) perwakilan dari tiga Perguruan Pinggi (PT) yaitu UGM, UIN, dan UMS yang ditunjuk sebagai tim perumus persiapan pembukaan Program Studi Bahasa Indonesia di Universitas al Azhar hadir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pertemuan rapat koordinasi sudah kali kedua dilakukan stelah sebelumnya dilakukan pertemuan di UGM. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Isroqunnajah berkesempatan membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya dia menegaskan bahwa pertemuan kali ini difokuskan pada pembahasan penyusunan kurikulum Prodi Bahasa Indonesia. "Saya ucapkan selamat datang atas kehadiran tim dari UGM dan UMS di UIN Maliki Malang, semoga pertemuan ini bisa segera menyelesaiakan persiapan pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar," sambutnya.

1912_p3.jpg


Bahasa Indonesia, kata Gus Is, merupakan bahasa Ibu, bahasa nasional dan semoga upaya ini bisa menjadi amal saleh yang bisa memberikan mafaat bagi semuanya dan khususnya bangsa Indonesia ini. "Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi dan memberikan kelancaran terhadap proses pembukaan Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar," doanya.
Sementara itu, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum merasa senang sekali atas sambutan yang diberikan UIN Maliki Malang. Dia menceritakan sejarah singkat embrio didirikannya Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar Mesir sudah dirintis sejak tahun 1955, melalui proses MoU antara Al Azhar dengan UGM. "MoU nya sudah di tandatangani langsung oleh Duta Besar Mesir untuk Indonesia pada tahun 1955," ceritanya.

1911_p2.jpg


Lalu, tambah dia, pada tahun 2005 UGM melakukan kunjungan yang kesekian kalinya ke Mesir dan ditawari untuk membuka Indonesian corner, dan saat itu belum bisa dilaksanakan karena butuh aturan dan regulasi serta dukungan yang cukup.
Selain itu, minat mahasiswa Mesir cukup tinggi yang ingin mempelajar Bahasa Indonesia. Faktanya, saat Atase Pendidikan dan Kebudayaan Malaysia mengadakan lomba debat Bahasa Melayu, justru pendaftarnya banyak dari kalangan Mahasiswa asli Mesir. "Hadiahnya waktu itu cukup besar sekitar 6000 pon Mesir, dan jika di kruskan dalam bentuk dolar bisa mencapai $.600 dolar lebih," jelasnya.

1913_p4.jpg


Prof. Sangidu berharap dengan dibukanya Prodi Bahasa Indonesia lulusan S-1 nya bisa mendapatkan beasiswa untuk studi S-2 nya di Indonesia. "Semoga harapan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan kita," jelasnya.
Rencananya, September ini Prodi bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar akan diresmikan, untuk itu persiapan penyusunan silabus dan kurikulumnya harus segera disusun. "Finalisasinya bisa dilakukan di UMS Surakarta," pungkasnya. (aj)

1909_rakor-prodi-bahasa-indonesia-di-al-azhar-mesir.jpg
Lebih Lanjut »
WR 1 AJAK SUKSESKAN PROGAM 1000 BUKU
Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 229 views
1908_wr1.jpg
SOSIALISASI: WR 1 mengeluarkan surat edaran yang berisi Sosialisasi Program Seribu Buku untuk Negeri, Jumat (22/3).

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka meningkatkan kapasistasnya menjadi perguruan tinggi unggul dan terkemuka serta bereputasi internasional, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainduddin, M.A mengajak seluruh sivitas akademika UIN Maliki turut berpartisipasi dalam karya tulisan, Jumat (22/3).
Melalui surat edaran Nomor B-1430/Un.03.1/PP.009/03/2019 mensosialisasikan program seribu buku untuk negeri. Dalam edaran tersebut WR 1 menghimbau agar seluruh dosen, pegawai PNS, DTBPNS, BLU maupun LB supaya ikut berpartisipasi dalam program tersebut.
"Ini salah satu langkah pimpinan dalam menggenjot karya tulis dari sivitas akademika UIN Malang," paparnya.
UIN Maliki, Kata dia, terus berupaya untuk menjadikan kampus ini sebagai the Center of Excellence and the Center of Islamic Civilization. Salah satunya dengan mengenjot dan menfasilitasi para sivitas akademika untuk menerbitkan karya tulisannya dalam bentuk buku. Caranya mudah, bagi mereka yang memiliki tulisan silakan kirim saja langsung ke penerbitan UIN-Malikipress dalam bentuk soft file. "Saya harap semua pimpinan mengawal program ini baik para dekan wakilnya untuk mensukseskan program 1000 buku ini," harapnya. (aj)

NB: Bagi para penulis bisa mengirim soft file ke email: uinmalikipressredaksi@gmail.com (aj)

Lebih Lanjut »
'NGOPI' BARENG PIMPINAN UIN MALANG
Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 335 views
1902_n1.jpg
LUGAS: Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Maliki Malang Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si menjelaskan sejumlah prestasi yang tengah diraih UIN Maliki di depan sivitas akademika, Jumat (22/3).

GEMA-Segenap pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kali ini mengagendakan kegiatan 'ngopi' (ngobrol pintar, Red.) setiap Jumat pagi usai melaksanakan kerja bakti bersama seluruh warga kampus. Jumat (22/3).
Ngopi bareng ini menurut Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Isroqunnajah menjelaskan sebagai media untuk memberikan informasi seputar kampus UIN Maliki Malang. Obrolan ringan antara pimpinan dengan sivitas akademika ini dimulai dari runtutan sejarah perkembangan kampus berlogo ulul albab ini.

1905_n4.jpg

Ketua Senat UIN Maliki Malang Dr. Muhtadi Ridwan menyampaikan kronologi sejarah hingga perkembangan kampus ini. Tidak hanya itu, mantan Dekan Fakultas Ekonomi itu juga memaparkan beberapa prestasi yang telah diraih UIN Malang. "Beberapa hari yang lalu, UIN Malang sudah melaksanakan proses asesmen reakreditasi perguruan tinggi, terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya semoga upaya yang sudah dilakukan membawa berkah," doanya seraya diamini peserta ngopi bareng yang berada di depan teras gedung Rektorat.

1903_n2.jpg

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang AUPK Dr. Ilfi Nur Diana, M.Si mengajak seluruh warga kampus UIN Maliki Malang berbangga diri sebagai salah satu warga kampus PTKIN yang berada di bawah naungan Kemenag.
Semua warga kampus ini harus menunjukkan prestasi, seperti UIN Malang menjadi nomor 1 tingkat PTKIN versi uniRank (Indonesian University Ranking), dan Tingkat 20 dari 100 perguruan tinggi se Indonesia baik PTN, PTKIN, dan PTS data update Februari 2019. "Kita sudah melampau jauh dari PTKIN yang lain, untuk itu kita harus bangga menjadi warga kampus UIN Malang," paparnya.
Selain itu, UIN Malang juga menduduki ranking ke dua Webometrics di tingkatan PTKIN se Indonesia di bawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Data webo Agustus 2018, Red.). UIN Malang juga terpilih menjadi pengelola Badan Layanan Umum (BLU) terbaik di PTKIN se Indonesia. UIN Maliki Malang juga peraih terbaik nomor 3 Sistim Manajemen Strategi (SMS) dan tahun ini UIN Malang optimis bisa mencapai nomor 1 SMS. "Tidak hanya itu, Perpustakaan UIN Malang juga terakreditasi A dan semua warga kampus harus optimis dan bangga terhadap prestasi yang diraih kampus ini," ajaknya tegas.

Selain itu, tambah dia, UIN Maliki Malang juga fokus melaksanakan pengembangan kampus baik dari sisi akademik, sarana dan prasarana, kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri. "Semua warga kampus harus konsen pada tugasnya masing-masing dan jangan sampai termakan isu apapun yang merugikan kampus tercinta ini," pesannya tegas. (aj/*/INFOPUB)

1904_n3.jpg
Lebih Lanjut »
MAHASISWA S-2 PBA BELAJAR DI NEGERI PIRAMIDA
Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 218 views
1898_pba3.jpg

Langkah Nyata Program Kerja Sama Internasional UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
GEMA-Melalui Program Kerja Sama Internasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan Pelatihan Bahasa Arab (Daurah fi al Lughah al Arabiyah). Kali ini, kampus ini melebarkan kiprahnya ke Mesir, tepatnya di Mahad Muallimi Al Qur’an, Giza. Lembaga tersebut telah menjalin kerja sama dengan UIN Malang sejak 2017.
Menurut data yang dihimpun Gema (22/3) program ini bukan hanya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab aktif saja. tetapi juga menambah pengetahuan peserta tentang Ilmu Tafsir, Ilmu Fiqh, Ilmu Mu’jam, Metodologi Penulisan Karya Ilmiah, serta pengalaman praktik Bahasa Arab dan al Quran dengan berbagai macam bacaan (qira’at).

1899_pba3.jpg

Dewi Hamidah, staf Lembaga Kerjasama Luar Negeri UIN Malang, menyatakan pihaknya telah mengirimkan perwakilan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Program Magister. “Mereka dipandu oleh tim ahli di bidangnya dari Universitas al Azhar Kairo, dan Universitas Canal Suez,” jelasnya.
Untuk memudahkan peserta, program ini dibagi menjadi beberapa kajian. Yaitu Peningkatan Kemahiran Bahasa Arab Fusha, Metode Pengajaran Bahasa Arab untuk Non-Penutur (Isma’ wa takallam), Tahsin, Tahfiz, dan Sanad Tahfiz al Quran, Kajian Ilmu al Quran, serta Daurah Ilmu Hukum Islam.

1900_pba4.jpg


Program pelatihan intensif ini telah berlangsung sejak 24 Februari 2019 hingga 7 April mendatang. Selain itu, Mahad Muallimi al Quran juga memfasilitasi para peserta untuk mengunjungi beberapa tempat wisata internasional. Seperti, Piramida, Spinx, Benteng (qol’ah) Shalahuddin Al Ayyubi, Perpustakaan Alexandria, Pantai dan Istana Montaza, Banteng Qaitbey, serta ziarah ke beberapa makam auliya’ baik yang ada di Kairo maupun Alexandria. (aj/nhl)

1901_pba1.jpg
Lebih Lanjut »
RAPAT PERSIAPAN PEMBUKAAAN PRODI BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR
Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 161 views
1896_rapat-1.jpg

GEMA-Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Isroqunnajah hari ini melakukan rapat lanjutan tahap dua persiapan pembukaan Program Studi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar, Jum'at-Sabtu (22-23/3).
Rapat lanjutan tahap dua ini akan dihadiri anggota konsorsium yang terdiri dari tiga perguruan tinggi yaitu UIN Maliki Malang, UGM Yogyakarta, dan UMS Surakarta.
Pembukaan Prodi  Bahasa Indonesia itu rencananya akan diresmikan bulan September mendatang. Segala persiapan dilakukan mulai dari persoalan administrasi, dosen pengajar serta kurikulum yang akan digunakan di Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar Mesir.

1897_rapa2.jpg
Lembaga Kerjasama luar negeri Dr. Dewi Hamidah menjelaskan bahwa rencana pembukaan Prodi Bahasan Indonesia ini atas dasar permintaan dari Universitas Al Azhar dan ditindaklanjuti oleh anggota konsorsium yang terdiri dari tiga perguruan tinggi yaitu UIN Maliki Malang, UGM Yogyakarta, dan UMS Surakarta. "Di Indonesia hanya tiga perguruan tinggi itu yang dipercaya Al Azhar, dan UIN Maliki Malang satu-satunya yang dari PTKIN," terang Dewi Hamidah saat rapat persiapan pembukaan Prodi Bahasa Indonesia yang berlangsung di ruang WR III.

Sementara itu, Gus Is dalam arahannya menegaskan, pertemuan tahap dua ini lebih difokuskan pada pembahasan proses penyelenggaraan, kurikulum dan juga bahan ajar apa saja yang dibutuhkan. Pasalnya, kurikulum yang disusun tentunya berbeda dengan Prodi Bahasa Indonesia yang ada di sini. "Tentunya harua disesuaikan dengan kebutuhan dan budaya yang ada di Al Azhar, sehingga keberadaan Prodi Bahasa Indonesia bisa lebih mudah diterima," pintanya.
Persoalan sejarah kebudayaan yang Islami serta persoalan aqidah ahlussunah wal jamaah turut melengkapi penyusunan kurikulum Prodi Bahasa Indonesia. "Al Azhar minta nantinya ada empat tenaga pengajar yang akan mengajar Bahasa Indonesia di sana, dan semuanya harus bergelar doktor," pungkasnya. (aj/INFOPUB).

Lebih Lanjut »
SAINTEK DATANGKAN PROFESOR AHLI NUKLIR
Kamis, 21 Maret 2019 . in Berita . 85 views
1888_batan-1.jpg
BUKA WAWASAN: Ratusan mahasiswa Fakultas Saintek dijelaskan manfaat teknolgi akselerator oleh Badan Tenaga Nuklir (Batan) Yogyakarta Prof. Drs. Darsono, M.Sc Kamis (21/3).


GEMA-Fakuktas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pagi ini melaksanakan kuliah tamu dengan tajuk Peran Teknlogi Akselerator (Partikel kecil yang berhubungan dengan magnet yang mampu menghasilkan teknologi, Red.) Bidang Industri dengan dua narasumber dari Badan Tenaga Nuklir (Batan) Yogyakarta Prof. Drs. Darsono, M.Sc dan Aris Bastianudin, S,ST. Kamis (21/3).
Kegiatan yang digelar di Auditorium Gedung B.J. Habibie Fakultas Saintek Lt.4 itu dibuka langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Saintek Dr. Imam Tazi, M.Si. Selain kuliah tamu juga dilakukan penandatanganan nota kerjasama antara Fakuktas Saintek dengan Batan, khususnya di bidang riset bagi peningkatan dosen maupun mahasiswa.

1889_batan-2.jpg

Sementara itu, Darsono dalam paparan materinya menjelaskan bahwa manfaat rencana pembangunan laboratorium berbasis teknologi akselerator ini disiapkan untuk pemanfaatan teknologi jangka panjang. "Pemanfaatan teknologi akselerator ini sangat banyak, dan bisa digunakan disemua sektor industri," paparnya.
Secara umum, kata dia, pembangunan teknologi akselerator ini untuk menunjang percepatan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kinerja induatri nasional. "Salah satu harapan pemanfaatan teknologi akselerator tersebut bisa digunakan untuk rekayasa bahan dalam era indusrial 4.0," terangnya.
Tantangannya, kata Darsono, semua teknopogi yang dikembangkan saat ini harus ramah lingkungan, dan sudah menjadi tuntutan konsumen di negara-negara maju. "Oleh karena itu, untuk mengantisipasi masalah tersebut diperlukan penguasaan dan pemanfaatan teknologi akselerator untuk membantu menyelesaiakan permasalahan di sektor perindustrian di Indonesia," jelasnya.
Saat ini, kata Darsono, di Indonesia hanya ada tiga yang mengembangkan teknologi akselerator ini yaitu Serpong, Bandung dan Batan Yogyakarta saja, padahal teknologi ini sangat manfaat bagi perkembangan disemua lini kehidupan. "Batan sangat terbuka untuk bersama-sama melakukan riset bersama bagi para doaen dan mahasiswa dari UIN Malang," pungkasnya.

1890_batan-3.jpg

BATAN BERI PELUANG DOSEN DAN MAHASISWA UIN MALANG MELAKUKAN RESEARCH
Aris Bastianudin, S,ST dalam kuliah tamunya yang bertajuk Peran Teknlogi Akselerator Bidang Industri menjelaskan empat tugas utama Batan Yogyakarta. 
Diantaranya mengembangkan reaktor, akselerator, dan iradiator. Selain itu Batan juga memiliki tujuh sistem yang sudah terakreditasi. Mulai sistem manajemen kerja, akuntansi, dan pusat unggulan iptek. "Bagi dosen dan mahasiswa yang mau melakukan penelitian, Batan siap membantu," paparnya.
Batan memberikan peluang bagi dosen dan mahasiswa untuk mengikuti workshop teknologi nuklir yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 11 April mendatang. "Batan memberikan peluang selebar mungkin bagi para dosen dan para mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan tersebut tanpa seleksi," ajaknya.
Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahunnya Batan Yogyakarta yang ke 55 tahun. (aj/*/INFOPUB)

1891_batan-4.jpg
Lebih Lanjut »
KUPU-SB BRUNEI DARUSSALAM KUNJUNGI UIN MALANG
Kamis, 21 Maret 2019 . in Berita . 90 views
1872_brunai.jpg
Dr. Ismail Abbas Asisten Profesor Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Brunei Darussalam saat menerima cindera mata dari Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag., Selasa (19/3).

GEMA-Rombongan tim Fakulti Pendidikan Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Brunei Darussalam disambut langsung oleh Drs. H. Isroqunnajah, MA di Gedung Rektorat, Selasa (19/3). Wakil Rektor 3 ini mendampingi rombongan untuk menuju ruang rektor. Rombongan yang terdiri dari pimpinan fakulti dan mahasiswa tersebut juga dijelaskan tentang miniatur pembangunan Kampus 3 UIN Maliki Malang.
Kedatangan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam ini adalah untuk menjalin kerjasama. “Selain untuk menjalin silaturrahmi, kami juga ingin melihat dan mengamati langsung kampus ini,” ujar Dr. Ismail Abbas. Asisten Profesor KUBU SB ini menambahkan, tentunya dengan kerjasama yang baik diharapkan dapat dilakukan sebuah usaha bersama dalam membangun masing-masing institusi. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan zaman yang semakin modern.
Senada dengan ini, Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag dalam sambutannya juga menyampaikan harapannya. “Semoga dengan adanya kunjungan kali ini bisa saling mengenalkan ciri khas dari masing-masing institusi,” harap orang nomor satu kampus Islam negeri di Malang ini. Selain itu, Prof. Haris juga berharap agar ke depannya dapat dijalin sebuah kerjasama yang lebih serius dalam bentuk MoU.
Acara diakhiri dengan saling memberi cindera mata antar instansi. Acara dilanjutkan dengan tour the campus, dengan gedung perpustakaan sebagai salah satu obyeknya. (ptt/nhl)

 

Lebih Lanjut »
KONFERENSI BIOLOGI KUMPULKAN 359 PENELITI
Rabu, 20 Maret 2019 . in Berita . 55 views
1879_bio-1.jpg


GEMA-Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Biologi melaksanakan konferensi internasional yang diberi nama Internasional Converence on Biology and Applied Science, dengan tema Biodiversity and environment in 4ir: issues, paradigm and reality, Rabu-Kamis (20-21/3).
Hadir sebagai keynote speaker Prof. Toshifumi Sakaguchi asal Jepang, Dr. Tatsuya Ueki (Associate Professor); Dr. Noppadon Kitana, dan Panupong Thammachoti, Ph.D.
Kegiatan yang diikuti 359 peneliti ini bertempat di Ballroom Hotel Montana 2 Kota Malang itu dibuka langsung Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Anton Prasetyo, M.Si, Kepala Jurusan Biologi, Romaidi, M.Si., D.Sc. Anton sapaan akrab Dr. Anton Prasetyo, M.Si, menyambut bahagia Jurusan Biologi bisa menyelenggarakan konferensi internasional yang pertama kalinya seperti ini. “Mewakili Pimpinan saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat,” sambutnya.

1881_bio3.jpg


Kajur Biologi, Romaidi menjelaskan bahwa konferensi ini dilakukan untuk merespon revolusi industri 4.0 yang saat ini lagi marak. Dia memahami bahwa generasi saat ini dituntut bisa mengimbangi kemajuan teknologi yang cukup pesat. Selama ini para peneliti hayati di era revolusi 4.0 ini kebanyakan melakukan pendekatan konfensional saja, dan kurang adanya tindakan konkrit. “Diharapkan pertemuan 359 peneliti hayati ini bisa melakukan konsensus dan membuat summary bersama,” harapnya.
Dalam konferensi ini, para peneliti bisa berkumpul bersama untuk melakukan langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang ahli biologi, sehingga para peneliti bisa mengambil langkah kongrit dalam mengembangkan penelitiannya di era revolusi 4.0 ini. “Para peneliti saat ini harus bisa memanfaatkan teknologi untuk pengembangan konservasi hayati,” tegasnya.

1880_bio-2.jpg


Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Didik Wahyudi menjelaskan, minat peserta konferensi ini melebihi target yang telah ditetapkan panitia. Awalnya, peserta dibatasi hingga 50 peserta saja. Akan tetapi, saat dibuka pendaftaran mencapai 359 peserta. "Peserta yang mendaftar terdiri dari peneliti, dosen dan mahasiswa S-1, S-2 dan S-3," terangnya.
Bahkan, kata dia, pesertanya tidak hanya dari Indonesia saja. Akan tetapi juga diikuti peserta dari manca negara, ada yang dari Thailand, Australia, dan Prancis.
Didik menjelaskan konferensi yang digagas Jurusan Biologi ini mengambil grand tema Hubungan revokusi industri 4.0 Dibidang pendidikan ini dikelompokkan menjadi tujuh topik yaitu, Biologi Education, Natural Science, Applied Science/Material, Biotechnology, zoologi, Environment dan poster. "Semoga kegiatan ini bisa memberikan pemikiran tentang revolusi industri 4.0 sesuai dengan bidang dan disiplin keilmuannya masing-masing," harapnya.
Sementara itu, artikel yang berbobot akan di review kembali dan diupayakan bisa dipublikasikan di indeks sitasi jurnal Scopus. "Artikel yang layak akan ditindak lanjuti kembali untuk proses publikasi di Scopus," pungkasnya.

1882_bio4.jpg
Lebih Lanjut »
BRI GELONTORKAN BEASISWA DI UIN MALANG
Selasa, 19 Maret 2019 . in Berita . 157 views
1868_beasiswa-bri.jpg
POSE BERSAMA: Para Pimpinan beserta penerima beasiswa foto bersama usai penyerahan beasiswa dari BRI secara simbolik, Selasa (19/3).

GEMA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Malang Martadinata menggelontor beasiswa untuk 35 mahasantri Mahad al Jamiah al Aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki, Red), program beasiswa ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) BRI, Selasa (19/3).
Beasiswa pendidikan BRI Peduli itu sebesar Rp 175 juta untuk 35 mahasantri Mahad al Jamiah al Aly yang terdiri dari berbagai fakultas. Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menegaskan bahwa bantuan beasiswa BRI Peduli ini diharapkan bisa membantu para mahasiswa dalam menempuh studinya di UIN Maliki. Selain itu, para mahasantri yang mendapatkan beasiswa ini diambil melalui proses seleksi yang ketat. “Insyaallah mereka yang terpilih mendapatkan beasiswa sudah tepat sasaran,” paparnya.
Selain itu, kata dia, 35 mahasantri ini juga memiliki tangungjawab untuk belajar memperdalam ilmu agama melalui kajian kitab kuning yang dibimbing langsung oleh mudirul mahad al Jamiah al Aly KH. A. Muzaki. “Dengan program pendidikan mahad ini diharapkan lulusannya bisa menguasai kitab kuning, serta siap menjadi pemimpin di tengah masyarakat,” harapnya.

1869_mou-bri.jpg

Sementara itu, Pimpinan BRI Cabang Malang M. Zulham Salahuddin berharap agar bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi para mahasantri dan UIN Maliki Malang. Dia juga berharap kerjasama antara BRI dengan UIN Maliki Malang tidak hanya berhenti disini saja, namun apa yang menjadi kebutuhan UIN Maliki ke depan pihak BRI akan siap mendukung.
Misalnya saja persoalan pembiayaan pembangunan kampus III UIN Maliki Malang di Kota Batu, Jika UIN Maliki Malang berkenan BRI untuk memberikan bantuan pinjaman dana kepada kontraktor maka BRI siap mendukung proses pembangunan gedung tersebut. “Yang penting pinjaman yang diajukan sesuai dengan aturan yang berlaku di BRI,” paparnya.
Untuk itu bagi penerima beasiswa diharuskan menjaga prestasi terutama IPK. “Kami ucapkan terima kasih kepada UIN Maliki Malang karena telah menjalin kerja sama yang baik dengan kami, kedepan kami berharap kerjasama ini bisa terus meningkat. Bahkan tidak hanya beasiswa namun juga sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan, kami siap membantu untuk meningkatkan kerjasama BRI dan UIN Maliki Malang,” terangnya.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up