Daftar Penulis: Abadi Wijaya


Saudi Fund Development Gelar Pertemuan Teknis dan Finansial di Indonesia, Bahas Kemajuan Proyek Universitas
Selasa, 14 Mei 2024 . in Berita . 425 views
7163_sfd.jpg


HUMAS UIN MALANG – Eng. Mohammad Alrashed, Kepala Departemen Asia Timur dan Selatan dari Saudi Fund Development (SFD), melakukan lawatan resmi ke Indonesia. Dalam kunjungan ini, Alrashed memimpin pertemuan teknis dan finansial dengan tiga universitas penerima dana dari SFD. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Tower 1B Universitas Negeri Jakarta pada Selasa (14/05).
Pertemuan lintas sektor ini berjalan dengan efektif dan efisien, dihadiri oleh sejumlah perwakilan penting, termasuk Abdulrahman Alsogheer (Advanced Projects Specialist, Asia Loan Operation) dan Eng. Abdulmohsen Alayban (East and South Asia Project Specialist) dari SFD. Hadir pula perwakilan dari Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, Direktorat Keuangan dan Manajemen Risiko, Bapenas, serta tim proyek dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bengkulu, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dalam sambutannya, Prof. Zainuddin menyampaikan bahwa proyek yang didanai SFD berjalan lancar. Ia menyoroti bahwa beberapa area pembangunan dapat dipercepat, termasuk gedung ma’had dan Islamic Tutorial Center yang sudah selesai dan akan segera dimanfaatkan tahun ini. Ia juga mengumumkan bahwa pembangunan di UIN Malang akan disertifikasi Green Building sebagai upaya menciptakan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

7164_rektors.jpg


Kerja sama antara UIN Malang dan SFD telah memperkuat posisi UIN Malang sebagai perguruan tinggi yang semakin kokoh, berupaya menjadi universitas Islam yang unggul dengan reputasi internasional. Dengan pendanaan yang berkelanjutan, diharapkan pengembangan UIN Malang akan semakin cepat, menjadikannya destinasi edukasi berkualitas dan berkelas dunia.
Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam mempererat kerja sama antara SFD dan universitas-universitas di Indonesia, serta memastikan bahwa proyek-proyek yang didanai dapat memberikan manfaat maksimal bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Lakukan Persiapan Seleksi Mahasiswa Asing 2024
Selasa, 14 Mei 2024 . in Berita . 137 views
7157_asliis.jpg

 

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang sedang mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru internasional yang akan dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2024. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, telah memeriksa kesiapan panitia dalam menyelenggarakan seleksi ini, Selasa, 14 Mei 2024.

Seleksi mahasiswa asing di UIN Malang tahun ini akan lebih ketat dengan fokus pada etos akademik. Prof. Umi menekankan pentingnya memastikan bahwa calon mahasiswa asing benar-benar berkomitmen untuk studi, bukan hanya ingin berkunjung ke Indonesia tanpa niat kuliah. "Ini harus diantisipasi sejak proses seleksi yang ketat," ujarnya.

7156_xz.jpg

Mahasiswa asing yang lolos seleksi akan mendapatkan berbagai fasilitas melalui beasiswa yang meliputi biaya pendidikan gratis, program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), akomodasi di asrama atau Ma'had, serta biaya ujian gratis. "Detail komponen beasiswa harus disampaikan sejak awal agar calon mahasiswa yakin dengan skema yang ditawarkan ini," tambah Prof. Umi.

Penerimaan mahasiswa asing ini merupakan bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, sementara proses seleksi hingga aspek akademiknya berada di bawah tanggung jawab Wakil Rektor Bidang Akademik (WR 1). Tahun ini, jumlah pendaftar meningkat dibanding tahun sebelumnya, dengan total 267 pendaftar dari 41 negara dan yang dinyatakan lolos administrasi sejumlah 65 calon mahasiswa asing terdiri dari 46 jenjang S1, 16 jenjang S2, dan 3 jenjang S3.

"Alhamdulillah, sejak tahun 2023, seleksi mahasiswa asing melibatkan kaprodi dan proses screening dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI)," jelas Prof. Umi. Seleksi ini sangat penting karena kuota yang tersedia hanya untuk 25 peserta, yang berasal dari 24 negara.

Prof. Umi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia dan tim seleksi. "Mari kita lakukan seleksi ini dengan baik dan serius, sehingga kita bisa mendapatkan calon mahasiswa asing yang siap menjalankan perkuliahan di UIN Maliki Malang," tutupnya.

Dengan persiapan matang, diharapkan seleksi kali ini dapat menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki komitmen tinggi terhadap studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Lebih Lanjut »
SPI UIN Malang Lakukan Penguatan Kapasitas Pengawasan Internal Fokus pada Manajemen Risiko dan Audit SDM
Selasa, 14 Mei 2024 . in Berita . 95 views
7154_s.jpg

HUMAS UIN MALANG- Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Penguatan Kapasitas Pengawasan Internal dengan tema manajemen risiko dan audit sumber daya manusia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2024 yang di ikuti oleh 85 auditor dari unsur Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawasan Internal yang bertempat di ruang pertemuan Lembaga Penjaminan Mutu, gedung Rektorat Lt. IV.
Acara ini menghadirkan dua narasumber ahli, yaitu Aditya Permana, SE., MA., AK., CA., CPA., CRMO., QGIA, yang membahas manajemen risiko, dan Anggun Prabowo, S.AK., CRMO., QGIA., QIA, yang membawakan materi tentang audit sumber daya manusia. Dalam arahannya, Kepala SPI Dr. In'am menekankan pentingnya kegiatan ini untuk membantu tim auditor internal dalam melakukan langkah-langkah strategis guna mengurangi risiko dalam setiap keputusan dan tindakan yang diambil oleh para pemangku kepentingan di lungkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

7155_dvf.jpg

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa tim auditor internal dapat melakukan pengawasan yang efektif, sehingga risiko dapat diminimalkan pada setiap level organisasi," ujar Dr. Muhammad In'am Esha, M.Ag selaku Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI). Beliau juga menambahkan bahwa pelatihan ini sangat penting dalam memastikan standar pencapaian terkait hak dan kewajiban dosen serta karyawan di UIN Maliki Malang.

Menurut Dr. Muhammad In'am Esha, M.Ag, kasus-kasus yang terjadi di lapangan, terutama yang berkaitan dengan nominalisasi gaji dan kewajiban dosen serta karyawan, memerlukan monitoring yang ketat untuk memastikan kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan. "Misalnya, apakah setiap dosen telah memenuhi kewajibannya, dan ini berkaitan langsung dengan hak sertifikasi dosen (serdos) mereka," jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan auditor internal dalam mengelola risiko dan melakukan audit sumber daya manusia, sehingga dapat mendukung terciptanya lingkungan kerja yang lebih transparan dan akuntabel di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Gelar Raker untuk Tingkatkan Reputasi Internasional
Senin, 13 Mei 2024 . in Berita . 85 views

 

7148_rektor-zainuddin.jpg

HUMAS UIN MALANG-Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang telah mengambil langkah besar menuju visi menjadi kampus Islam unggul dan bereputasi di tingkat internasional. Hal ini ditunjukkan melalui kegiatan Rapat Kerja yang digelar pada Senin, 13 Mei 2024, dengan tema "Rebranding Program Unggul Bereputasi Internasional".
Rapat Kerja tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan, mulai dari pejabat rektorat, fakultas, lembaga, hingga unit-unit pelayanan, yang berkumpul di Aula Gedung Rektorat Lt.5. Mereka berkumpul untuk mendiskusikan program kerja yang sesuai dengan program strategis yang akan dicapai dalam tahun 2024.

7149_peserta-raker.jpg


Dalam sambutannya, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, selaku Rektor UIN Malang, menekankan pentingnya memaksimalkan sisa masa kepemimpinannya yang tersisa satu tahun lagi. Beliau menegaskan bahwa semua permasalahan yang dihadapi lembaga perguruan tinggi ini harus diselesaikan dengan sinergi dan kolaborasi yang baik dengan pihak terkait.
Rektor Zainuddin juga menekankan pentingnya membangun citra kepercayaan (trust. red) yang baik di masyarakat, terutama bagi calon mahasiswa baru. Pelayanan yang berkualitas harus menjadi prioritas, tanpa adanya pelayanan yang menyulitkan atau membuat masyarakat takut.

7150_pimpinan.jpg


Selain itu, pembangunan citra kepercayaan juga harus didukung oleh prestasi akademik dan non-akademik yang membanggakan. “Hal ini dianggap penting agar UIN Malang bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya,” paparnya.
Sebagai langkah lanjutan, Rektor Zainuddin meminta kepada tim penerimaan mahasiswa baru dan Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) untuk segera melakukan riset penelitian terhadap berbagai jalur yang dilakukan oleh UIN Malang. “Sehingga kebijakan yang diambil memiliki dasar yang kuat,” pintanya.
Rapat Kerja ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk terus meningkatkan kualitas dan reputasinya di tingkat internasional, serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan bangsa.

7151_kabeh.jpg
Lebih Lanjut »
Rektor UIN Malang Lepas 23 Calon Jamaah Haji dengan Pesan Khusus
Senin, 13 Mei 2024 . in Berita . 221 views
7145_haji.jpg

HUMAS UIN MALANG-Pagi ini, Senin 13 Mei 2024 suasana haru dan penuh kebersyukuran menyelimuti lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Rektor UIN Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA, didampingi oleh para wakil rektor serta jajaran pejabat lainnya, secara resmi melepas 23 calon jamaah haji tahun 2024.
Kegiatan penuh khidmat ini berlangsung di Masjid Attarbiyah UIN Malang dan dihadiri oleh para dosen, karyawan, serta keluarga dan sahabat para calon jamaah haji. Mereka yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci terdiri dari berbagai lapisan akademisi, seperti Prof. Dr. H. Agus Maimun, M.Pd, Prof. Dr. Roihatul Muti'ah, S.F.Apt., M.Kes. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Dr. Nur Hasaniyah, S.Ag., MA, Rini Safitri, M.M. Ulil Fitriyah, M.Ed, Suchaimi, Sarkowi, S.PdI., M.A, Dewi Sinta Megawati, M.Sc, Dr. Fachrul Kurniawan, M.MT, Ahmad Fahmi Karami, M.Kom, Drs. Zainul Arifin, M.Ag, Dra. Luluk Khoirun Nisa, M.Si, Imam Syafi'i, Yona Octiani Lestari, SE., M.SA, dr. Riskiyah, MMRS, Faridah Abubakar M., S.Ag., Nunik Junara, MT, Sujak, S.AP, M. Yahya, Ph.D.

7146_haji2.jpg


Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang menyampaikan pesan yang penuh makna. "Jaga kesehatan jasmani dan rohani, serta niatkan perjalanan ini semata-mata karena Allah SWT," ujarnya dengan tulus. Ia menegaskan bahwa ibadah haji adalah panggilan langsung dari Sang Pencipta, yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, keberangkatan ini harus disyukuri dengan penuh rasa syukur.
Selain itu, Rektor Zainuddin juga mengajak para jamaah haji untuk senantiasa mendoakan kebaikan bagi lembaga mereka, UIN Malang. "Doa dari tanah suci adalah doa yang mustajab. Mari kita doakan agar lembaga kita semakin maju dan lulusannya menjadi berkah bagi masyarakat dan negara," tambahnya.

7147_haji-3.jpg


Sebelum melepas para calon jamaah haji, Rektor UIN Malang juga mengucapkan doa dan harapan. "Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur dan ibadahnya diridhoi serta diterima oleh Allah SWT," pungkasnya dengan penuh doa.
Dengan penuh semangat dan kebersamaan, para calon jamaah haji dari UIN Malang diberangkatkan untuk memenuhi panggilan suci ini. Semoga perjalanan mereka dipenuhi dengan berkah dan keselamatan.

Lebih Lanjut »
Puluhan Mahasiswa Ikuti Tes CBT (Computer Based Test) Program Student Exchange 2024
Rabu, 8 Mei 2024 . in Berita . 160 views
7143_cbt.jpg

HUMAS UIN MALANG - Lulus seleksi tahap pertama (seleksi administrasi), 67 mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti tes CBT (Computer Based Test) untuk program Student Exchange 2024 (08/05/2024).

Tes CBT ini berlangsung di empat ruangan laboratorium lantai 3 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang. Tes CBT sendiri dilakukan untuk menguji kemampuan akademik para mahasiswa agar bisa lolos ke tahap seleksi selanjutnya yaitu tes wawancara.

 

Rektor UIN Malang, Prof Dr. H. M. Zainuddin MA ikut meninjau langsung proses tes CBT untuk program Student Exchange 2024. Beliau berharap dengan program Student Exchange ini bisa menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengeksplor banyak hal-hal baru di luar negeri. “Program Student Exchange ini merupakan salah satu wujud dari higher education partnership programs bagi mahasiswa untuk mobile international,” jelasnya.

Sebelumnya terdapat 71 mahasiswa dari berbagai program studi yang mengikuti seleksi administrasi dan terdapat 67 mahasiswa yang lolos untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu tes CBT. Mahasiswa yang lolos tes CBT selanjutnya akan mengikuti tes wawancara. Mahasiswa yang diperkenankan untuk mengikuti program Student Exchange ini adalah mahasiswa semester 1-6.

Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (Kabiro AAKK) UIN Maliki Malang, Dr. Barnoto, M. Pd. I menyampaikan terkait negara tujuan untuk program Student Exchange 2024 masih di dalam tahap perencanaan. Wacana sementara untuk program Student Exchange 2024 ini akan berlangsung di Asia dan Eropa. “Saya berharap program Student Exchange 2024 ini akan lebih bagus dari segi kualitas dari tahun sebelumnya,” ucapanya.

Pengumuman kelulusan tes CBT untuk program Student Exchange 2024 akan diumumkan pada bulan Juni mendatang. Pelaksanaan program Student Exchange 2024 ini direncanakan akan berlangsung pada bulan September atau Oktober 2024.


Reporter: Sulpadli
Fotografer: Pak Ajay
Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
UIN Malang Konsolidasi dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 170 views
7135_ilfi.jpg

HUMAS UIN MALANG-Dalam rangka mewujudkan visi misi universitas, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menguatkan kerja sama internasional dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya.
Kunjungan kali ini dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga, Drs. H. Basri, MA., Ph.D sebagai Wakil Direktur Program Pascasarjana, Prof. Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed sebagai Direktur International Office dan Muhammad Khafid Staff International Office, SE., ME.

7136_gus-is.jpg


Kunjungan kali ini diterima langsung oleh Joshua Shen sebagai Public Affairs Officer, U.S. Consulate General bertempat di Gedung Konjen Amerika Surabaya, Senin 6 Mei 2024. Pertemuan kali ini menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam beberapa program yang mendukung terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Guna mendukung pendidikan dan pengajaran di lingkup kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka akan dilakukan kuliah tamu dengan menghadirkan ahli-ahli di bidang yang berhubungan dengan disiplin ilmu di fakultas-fakultas di UIIN MALANG untuk memberikan update perkembangan keilmuan terkini di tingkat global, sebagai salah satu bahan refleksi pencapaian tingkat keberhasilan sistem pendidikan di UIN Malang. Selain itu, ke depan akan dilakukan pertukaran dosen dan mahasiswa ke dan dari Amerika untuk saling menguatkan potensi akademik di kedua negara.
Joshua Shen selaku Publik Affairs Officer U.S Consulate General Surabaya menyampaikan bahwa akan memberikan fasilitas pelatihan kepada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang ingin melanjutkan pendidikan di Negara Amerika Serikat.

7137_joss.jpg


Selain itu, dalam Bidang Penelitian, akan dilakukan kerja sama terkait pelaksanaan pelatihan academic writing bagi dosen dan mahasiswa serta pendampingan publikasi untuk meningkatkan nilai publikasi ilmiah sivitas akademika UIN Malang di kancah internasional.
Dalam program kerja sama terkait pengabdian masyarakat telah disepakati beberapa program guna menunjang internasionalisasi kampus. Pertama, pengiriman tokoh-tokoh penggerak organisasi kemasyarakatan Islam dan non Islam ke Amerika untuk memperdalam wawasan tentang praktek kehidupan beragama di dunia global, khususnya di Amerika. Hal ini akan menjadi sarana peningkatan kualitas kehidupan umat Islam dan kehidupan lintas agama, di mana UIN Malang mempunyai peranan penting dalam posisinya sebagai salah satu Pembina Forum Kehidupan Beragama di wilayah Jawa Timur. Kedua, UIN Malang berlokasi di Provinsi Jawa Timur di mana propinsi ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah pesantren terbanyak se-Indonesia. Posisi UIN Malang, sebagai pembina madrasah di Jawa Timur, sangatlah menentukan keberhasilan program peningkatan mutu madrasah di Indonesia.

7139_kapit.jpg


Oleh sebab itu, untuk mewujudkan misi ini, UIN Malang bekerja sama dengan Konjen Amerika Serikat akan melakukan pembinaan bagi siswa siswi madrasah untuk mendapatkan kesempatan pengembangan diri di level internasional. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan wawasan tentang kehidupan akademik, budaya dan beragama di Amerika Serikat. Wawasan ini akan sangat mendukung peningkatan kualitas sosial dan akademik siswa siswi madrasah dalam menghadapi persaingan global.

7138_basri.jpg


Semoga kerja sama yang dilakukan antara UIN Malang dan Konjen AS akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak dalam menjalankan visi misi dunia yaitu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersanding dan bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian dunia.

7140_mejeng.jpg
Lebih Lanjut »
Rektor Penuhi Undangan USAID dalam Program HEPI
Selasa, 7 Mei 2024 . in Berita . 133 views
7132_hepi.jpg


HUMAS UIN MALANG-REKTOR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Prof. Dr. HM. Zainuddin, MA mendapatkan penghormatan diundang oleh United States Agency for International Development (USAID) melalui Arizona State University (ASU) untuk mengikuti meeting selama tiga hari (6-8/5/24) di BINUS University Jakarta. Program tersebut diberi nama Higher Education Partnership Inisiative (HEPI).
Merupakan kebanggaan tersendiri, karena tidak banyak perguruan tinggi yang diundang dalam pertemuan tersebut. Agenda pertemuan membahas kerjasama pengembangan perguruan tinggi dan kelembagaan.
Pada sesi hari pertama dibahas dua grup, yaitu tentang peran perempuan dan masalah relasi perguruan tinggi dengan dunia industri dan juga IT. "Pada sesi hari kedua dibahas tentang persiapan akreditasi internasional perguruan tinggi," ujar Prof. Zainuddin.

7133_binus.jpg


Hadir dalam panel forum tersebut dari berbagai kalangan diantaranya para pebisnis Rockwell, Meta Data, pimpinan perguruan tinggi, NGO dan masih banyak lainnya. Dalam even tersebut Rektor didampingi oleh Dr. Segaf, Prof. Dr. Hj. Like Rascova Octaberlina, dan Dr. Anton. Dalam kesempatan itu, Rektor Zainuddin berharap program tersebut dapat ditindaklanjuti oleh UIN Malang dalam rangka mensukseskan visinya, yaitu international recognition and reputation atau menjadi world class university.

7134_zen.jpg


Partisipasi Rektor Zainuddin dalam acara HEPI di BINUS University Jakarta tidak hanya mengangkat nama UIN Malang, tetapi juga menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Prof. Zainuddin mengambil langkah konkret untuk menjadikan visi UIN Malang sebagai world-class university menjadi kenyataan. "Dengan kerjasama lintas batas seperti ini. Saya berharap akan terwujud pengakuan internasional dan reputasi yang gemilang bagi UIN Malang semakin mendekati realitas," pungkasnya.[*]

Lebih Lanjut »
Cerita Inspiratif Afskar, Lulusan Terbaik Fakultas Psikologi dengan Aktivitas Organisasi yang Padat
Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 88 views

 

7152_psi.jpg

HUMAS UIN MALANG | Setelah prosesi yudisium dan menjadi lulusan terbaik dengan nilai memuaskan yang diperoleh di Fakultas Psikologi UIN Malang, Achmad Afskar akhirnya mendapat giliran untuk menjadi wisudawan dalam acara wisuda Ke-80 Periode 2 Tahun 2024 UIN Malang, yang diselenggarakan di Gedung Sport Center pada Sabtu, (4/5/2024).

Wisudawan yang kerap dikenal dengan sapaan Afskar tersebut merupakan mahasiswa yang telah menyelesaikan masa studi dalam waktu 3,5 tahun. Perjuangan menyelesaikan studi dengan waktu yang cepat merupakan suatu hal menantang bagi Afskar pasalnya ia juga aktif dalam kegiatan akademik dan non akademik selama berkuliah.

Selama berkuliah di Fakultas Psikologi UIN Malang, Afskar tergolong mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi intra mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang. Pengalamannya dimulai dengan menjadi bagian dari DEMA Fakultas Psikologi hingga mencapai posisi tertinggi di Senat Mahasiswa Psikologi, yakni Ketua Umum SEMA Fakultas Psikologi 2023.

7153_psi.jpg

Selain aktif berorganisasi, Afskar juga memiliki serangkaian prestasi akademik yang gemilang. Beliau dikenal sebagai mahasiswa yang rajin dan gigih dalam mencapai berbagai hal. Ia membuktikannya dengan menorehkan prestasi Juara 1 LKTI Nasional ILMPI V x UTM JATIM tahun 2023. 

Segala pencapaian dan kesuksesannya di bidang akdemik dan non akademik tentu tak lepas dari kemampuan manajemen waktu yang baik. Dalam sesi wawancara beliau menjelaskan bahwa segala hal yang diperolehnya saat ini merupakan hasil strategi yang ia lakukan dalam mengatur waktu selama berkuliah. Beliau menegaskan pentingnya mengatur skala prioritas guna menyelesaikan segala kegiatan dan tanggungjawab dengan berhasil.

“Selama berkuliah, saya selalu menyusun segala jadwal saya secara terstruktur serta menentukan skala prioritas dengan menempatkan tugas akademik sebagai mahasiswa sebagai prioritas tertinggi,” ungkapnya.

Menjadi organisatorias serta keterilbatan yang aktif dalam berorganisasi telah menjadi hal yang mendarah daging baginya. Berorganisasi memiliki peran krusial baginya dalam berkembang dan berproses di setiap langkahnya. Ia menuturkan bahwa melalui organisasi, ia dapat mengasah kemampuan dalam problem solving, teamwork, serta kemampuan dalam leadership.

“Setiap organisasi yang telah saya masuki, saya selalu belajar bagaimana untuk bisa berkolaboratif sesama sehingga berdampak baik bukan hanya bagi saya sendiri namun juga berdampak positif bagi orang lain,” tambahnya.

Beliau juga menegaskan pentingnya komunikasi yang efektif antar sesama anggota tim serta dengan pihak eksternal.

Setelah dinyatakan lulus dari Fakultas Psikologi UIN Malang, ia berharap dapat mengaplikasi segala ilmu yang telah ia dapatkan selama berkuliah di bidang profesional. Beliau juga menyampaikan harapannya dapat menempuh studi lanjut setelah S1 guna mengembangkan segala keterampilan dan ilmu pengetahuannya.

Dengan segala kecerdasan serta pencapaian yang telah diraih Afskar di bidang akademik dan non akademik, diharapkan dapat menjadi cerminan dan inspirasi bagi mahasiswa terkhusus mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang dalam mengukir prestasi akademik dan non akademik.

 

Reporter : Rizki Pratama

Editor : Edy Hyto

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up