Daftar Penulis: Abadi Wijaya


Kapus PKM UIN Malang Sosialisasi Program KKN Internasional di IAIN Kudus
Kamis, 30 Mei 2024 . in Berita . 347 views
7221_malam.jpg

HUMAS UIN MALANG - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menyelenggarakan Workshop Penulisan Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat dan Sosialisasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Aula Laboratorium SBSN lantai tiga. Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 29 Mei 2024 ini dihadiri oleh sekitar seratus mahasiswa dan beberapa dosen pembimbing lapangan (DPL).
Acara ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Dr. Nabiela Naily, Kepala Pusat Kerjasama Internasional LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya, menyampaikan materi mengenai “Penulisan Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat”. Sedangkan narasumber kedua, Dr. Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, membawakan tema "Sosialisasi dan Pemetaan Program KKN Internasional”.

7222_pem.jpg


Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Kudus, Shobirin, mengungkapkan kebanggaannya atas peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh IAIN Kudus setiap tahunnya. "Alhamdulillah, dalam pengabdian kepada masyarakat setiap tahun IAIN Kudus semakin baik. Lokasi pengabdian tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Saat ini kampus telah mengirim mahasiswa pengabdian ke Malaysia dan Thailand. Ke depannya, kami akan berusaha untuk mengirim lagi ke beberapa negara dan berkolaborasi dengan kampus lain," ujarnya.
Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Kudus, Agus Riyanto, menekankan pentingnya acara workshop ini. "Tujuan dilaksanakannya workshop penulisan ilmiah pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan wawasan dan pencerahan kepada mahasiswa mengenai pentingnya menulis untuk persiapan KKN mendatang. Sedangkan sosialisasi program KKN Internasional adalah agar mahasiswa bisa mempersiapkan diri dan menabung sejak sekarang," jelas Agus Riyanto.

7223_bersamax.jpg


Dr. Nabiela Naily, dalam sesinya, memberikan penjelasan mendalam tentang tata cara penulisan karya ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Ia menjelaskan tujuan melakukan pengabdian, bentuk pengabdian, hasil pengabdian yang bisa dimanfaatkan masyarakat, serta model pendekatan pengabdian kepada masyarakat yang harus dilakukan.
Dr. Syaiful Mustofa, sebagai pemateri kedua, memaparkan model KKN Internasional yang dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ia menjelaskan estimasi biaya yang perlu dipersiapkan, program kerja, laporan KKN, tata tertib pelaksanaan, serta dokumen yang perlu dipersiapkan. Ia juga memberikan gambaran mengenai budaya negara tujuan dan lokasi KKN di berbagai negara, seperti Mesir, Arab Saudi, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan persiapan yang matang bagi mahasiswa IAIN Kudus untuk berpartisipasi dalam program KKN Internasional, meningkatkan kompetensi mereka dalam pengabdian kepada masyarakat, serta memperluas jaringan dan pengalaman internasional.

Lebih Lanjut »
Biro Keuangan dan BMN Kemenag Dorong Profesionalisme ASN
Kamis, 30 Mei 2024 . in Berita . 316 views
7218_agusly.jpg

HUMAS UIN MALANG - Agusli Ilyas, Ketua Tim Perbendaharaan dan Pelaksanaan Anggaran/ APK-APBN Ahli Madya Biro Keuangan dan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema "Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara melalui DIPA Kementerian Agama". Acara ini digelar di ruang pertemuan Rumah Singgah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dihadiri oleh 40 Bendahara Pengeluaran serta Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PPABP) se-wilayah Malang Raya. Kamis, 30 Mei 2024.

7219_sass.jpg


Dalam sambutannya, Agusli menekankan pentingnya profesionalisme bagi para Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Perbendaharaan. Ia menegaskan bahwa ASN di Kementerian Agama harus mampu bekerja secara profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. "Bapak ibu yang ditunjuk menjadi Bendahara dan PPABP harus bisa bekerja profesional sesuai tupoksinya masing-masing," ujarnya.
Agusli juga mengingatkan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. "Kita bekerja berdasarkan SOP, peraturan-peraturan yang diterbitkan merupakan salah satu acuan kita dalam menuntaskan tugas, dan harus jeli menelaah peraturan yang ada," tegasnya. Hal ini, menurut Agusli, merupakan langkah Kementerian Agama untuk terus meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pembinaan dan pelatihan berkelanjutan.

7220_ly.jpg


Kementerian Agama telah mengambil langkah strategis dengan mengadakan FGD ini untuk menciptakan bendahara dan PPABP yang berkompeten dan profesional. "Berdasarkan peraturan yang berlaku, bendahara dan PPABP harus memiliki sertifikat keahlian dan tidak bisa sembarangan dijabat oleh orang yang tidak memiliki keahlian di bidang itu," terang Agusli.
Agusli juga mengungkapkan bahwa Kementerian Agama saat ini memiliki 3.118 Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (JF APK APBN). "Oleh karena itu, kegiatan FGD Peran Bendahara Pengeluaran dan Petugas Pengelola Anggaran Belanja Pegawai (PPABP) sudah menjadi rutinitas untuk meningkatkan mutu SDM perbendaharaan," tegasnya.
Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan ASN yang memiliki akuntabilitas tinggi dan profesionalisme dalam mengelola keuangan negara, sesuai dengan visi dan misi Kementerian Agama dalam meningkatkan kinerja birokrasi.

Lebih Lanjut »
Pengajian Bulanan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI: Menguatkan Spirit Berbagi dan Taqwa
Kamis, 30 Mei 2024 . in Berita . 211 views
7239_dwp-idul-adha.jpeg


HUMAS UIN MALANG – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI, Ny. Hilda Ainissyifa Ali Ramdhani, menggelar pengajian bulanan yang bertempat di kantor pusat Kementerian Agama di Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh berbagai ketua dan anggota DWP di bawah naungan Kementerian Agama, termasuk Ketua DWP PTKN, Istri Kepala Biro PTKN, Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua DWP Kankemenag Kab/Kota, Ketua DWP UPT Asrama Haji, serta Ketua DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama dari seluruh Indonesia. Kamis, 30 Mei 2024.

Dalam kesempatan ini, Ketua DWP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dra. Hj. Shofiyah Zainuddin beserta anggotanya juga turut berpartisipasi melalui platform Zoom dari ruang Rektorat Lt.1. Acara yang diadakan pada hari Kamis ini mengundang Ustadz H. Syamsuddin Nur Makka, S.Sos.I, S.Q, MA sebagai penceramah dengan tema "Idul Adha: Spirit Berbagi Meraih Taqwa Hakiki."
Ustadz H. Syamsuddin Nur Makka menyampaikan pesan-pesan tentang pentingnya berbagi dan meningkatkan taqwa di momen Idul Adha. Beliau menekankan bahwa Idul Adha bukan hanya tentang ritual penyembelihan hewan kurban, tetapi juga mengenai esensi berbagi dan peduli terhadap sesama.

7229_okey.jpg

“Kita harus mengambil spirit dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam berkurban. Ketaatan dan keikhlasan mereka adalah contoh nyata bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan dengan penuh keikhlasan dan taqwa. Idul Adha mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama, terutama kepada mereka yang kurang beruntung,” ujar Ustadz Syamsuddin.
Acara pengajian ini bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi di antara anggota DWP dan meningkatkan spiritualitas mereka. Ny. Hilda Ainissyifa Ali Ramdhani berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam upaya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan.
“Kami berharap pengajian bulanan ini bisa terus berjalan dan menjadi momentum bagi kita semua untuk saling menguatkan dalam keimanan dan ketakwaan. Melalui tema Idul Adha kali ini, semoga kita semua terinspirasi untuk lebih banyak berbagi dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT,” ungkap Ny. Hilda.
Pengajian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan doa bersama, menciptakan suasana penuh kekhusyukan dan kebersamaan di antara seluruh peserta. Acara ini juga menjadi bukti komitmen DWP Kementerian Agama dalam mendukung program-program keagamaan dan peningkatan spiritualitas anggotanya.

Lebih Lanjut »
Kembangkan Desa Digital UIN Mataram Undang UIN Malang dan UIN Tuluangagung
Kamis, 30 Mei 2024 . in Berita . 312 views
7226_arek-weru.jpg

HUMAS UIN MALANG - Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sukses menggelar Workshop Penguatan Kapasitas Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada Kamis, 30 Mei 2024, bertempat di gedung Auditorium Kampus Dua UIN Mataram. Acara ini diikuti oleh sekitar seratus dosen pembimbing lapangan dan menghadirkan dua narasumber ternama di bidangnya.
Workshop ini menghadirkan Prof. Dr. Ngainun Na’im, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan materi "Model dan Pendekatan KKN Mahasiswa". Narasumber kedua, Dr. Syaiful Mustofa, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, membawakan tema "Stunting, Parenting, dan Kemiskinan Ekstrem".
Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Mataram, Prof. Adi Fadli, menyampaikan apresiasinya terhadap peningkatan kualitas pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UIN Mataram. "Alhamdulillah, dalam pengabdian kepada masyarakat setiap tahun UIN Mataram semakin baik. Prestasi ini harus kita tingkatkan bersama. Tri Dharma Perguruan Tinggi saling berkaitan, terutama bidang penelitian dan pengabdian yang bisa dilaksanakan bersama-sama. Tidak harus berdiri sendiri-sendiri," ujar Prof. Adi Fadli.

7227_foto-opo-iki.jpg


Ketua LP2M UIN Mataram, Prof. Atun Wardatun, dalam sambutannya menjelaskan tentang kegiatan workshop Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) mahasiswa UIN Mataram. "Kami menghadirkan dua narasumber dari kampus yang telah memberikan inspirasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat, yaitu UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," jelas Prof. Atun Wardatun. Tema KKP tahun ini mencakup Desa Digital, Ramah Perempuan, Kewirausahaan, dan UMKM Halal. "Tema ini sangat penting mengingat kemajuan teknologi yang pesat agar tidak salah dalam pemanfaatan, situasi kurang ramah terhadap perempuan yang menyebabkan pernikahan dini, pentingnya mengembangkan kewirausahaan untuk mengurangi angka kemiskinan, dan pendampingan UMKM Halal," ujarnya penuh semangat.
Prof. Ngainun Na’im menjelaskan model dan pendekatan KKN yang diterapkan di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. "UIN Tulungagung telah mengembangkan banyak model KKN, terutama model KKN Inklusi yang ramah terhadap perempuan, termasuk mahasiswi yang sedang hamil dan mahasiswa difabel. Model KKN Inklusi menawarkan kegiatan yang bisa dilaksanakan di wilayah kampung masing-masing, tidak harus bergabung dengan mahasiswa lain di KKN reguler," ujar Prof. Ngainun dengan penuh antusias.
Dr. Syaiful Mustofa membahas isu stunting di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) berdasarkan hasil survei dari Studi Status Gizi Indonesia (SSGI). Ia memaparkan penyebab masalah stunting, pentingnya kegiatan parenting, serta peran perguruan tinggi Islam dalam mencegah stunting dan kemiskinan ekstrem. "Melalui skema pengabdian dan kolaborasi antar PTKIN, kita berharap dapat membantu pemerintah dalam menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Indonesia," kata Dr. Syaiful Mustofa.
Dengan adanya workshop ini, UIN Mataram berharap dapat meningkatkan kapasitas dosen pembimbing lapangan dalam mendukung pengabdian kepada masyarakat, serta menginspirasi langkah-langkah strategis dalam mengatasi berbagai isu sosial di Indonesia.

Lebih Lanjut »
UIN Malang Terima 41 Formasi CPNS dan Jalin Kerja Sama Internasional di Acara Sosialisasi Kemenag
Rabu, 29 Mei 2024 . in Berita . 506 views
7214_cin.jpg

HUMAS UIN MALANG - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. M. M. Zainuddin, MA bersama Wakil Rektor Bidang AUPK Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, S. Ag., M. Si dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, menghadiri acara Sosialisasi dan Penyerahan Formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diadakan oleh Kementerian Agama di Auditorium H.M. Rasjidi, Jalan M.H. Thamrin Nomor 6, Jakarta. Acara ini turut dihadiri oleh Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani, perwakilan dari Kementerian PAN-RB, para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, serta Kepala Satker Kementerian Agama pusat dan daerah. Rabu, 29 Mei 2024.

7215_siapa.jpg


Sekjen Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, yang mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, membuka acara dengan menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam pengisian formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). "Kita harus mewujudkan aparatur yang berdaya saing dan profesional, memiliki ciri khas ASN yang smart dan modern, dengan integritas nasionalisme, profesionalitas di atas standar, pengetahuan global, serta menguasai teknologi informasi dan penggunaan bahasa yang baik," ujarnya.
Pada acara tersebut, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mendampingi Ali Ramdhani dalam penyerahan secara simbolis formasi CASN Kementerian Agama tahun 2024. Kementerian PANRB telah menyetujui 110.553 formasi CASN, yang terdiri dari 20.772 formasi calon pegawai negeri sipil dan 89.781 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). UIN Malang sendiri mendapatkan 41 formasi CPNS dan akan menerima lebih banyak kuota untuk PPPK. "Mudah-mudahan nantinya semua formasi bisa terisi seluruhnya untuk membantu peningkatan kualitas layanan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang," harap Zainuddin.

7216_ramdhani.jpg


Di sela-sela acara, Rektor Zainuddin juga bertemu dengan Sekjen untuk melaporkan progres pembangunan kampus ketiga UIN Malang. "Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang optimal, UIN Malang terus meningkatkan sarana prasarana pendidikan yang mendukung target capaian kinerja Kementerian Agama terkait perbaikan layanan pendidikan tinggi," ungkapnya.
Selain itu, Rektor UIN Malang bersama Wakil Rektor bertemu dengan Vice President I of United in Diversity (UiD) Suyoto, yang juga alumnus IAIN Malang, dan Sobhi Lawaleta, Director of Academic and Learning Program UiD. Mereka membahas kerja sama antara UIN Malang dan UiD melalui pemberian beasiswa bagi satu tenaga pendidik (dosen) untuk mengikuti sekolah leadership, serta co-initiating program yang akan menghubungkan UIN Malang dengan lembaga pendanaan luar negeri. "Kami berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan tokoh-tokoh kaliber internasional dan bersinergi dengan lembaga pendanaan baik dalam maupun luar negeri guna merealisasikan program-program besar menuju reputasi internasional," tutup Zainuddin.

7217_gus.jpg


Acara sosialisasi ini menjadi momentum penting bagi UIN Malang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menjalin kemitraan strategis untuk masa depan yang lebih baik.

Lebih Lanjut »
Studi Banding untuk Penguatan Kelembagaan: UIN Alauddin Makassar Kunjungi UIN Malang
Selasa, 28 Mei 2024 . in Berita . 312 views
7210_barengwae.jpg

HUMAS UIN MALANG - Dalam rangka penguatan kelembagaan, rombongan UIN Alauddin Makassar yang dipimpin oleh Kepala Biro AAKK Dr. H. Kaswat Sartono, M.Ag, bersama para Ketua Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), Organisasi Intra Kampus (OMIK), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tiba di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kedatangan ini disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag, Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, serta pejabat kemahasiswaan lainnya, Selasa, 28 Mei 2024.

7211_omik.jpg


Rombongan dari UIN Alauddin Makassar disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Maliki Malang, Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag, Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, serta Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Ketua Sema dan Dema UIN Malang. Dalam sambutannya, Fatah Yasin menyampaikan ucapan selamat datang dan memperkenalkan profil singkat UIN Maliki Malang. Beliau juga menjelaskan perkembangan pembangunan kampus III UIN Maliki Malang yang berlokasi di Kota Batu.
Dr. H. Kaswat Sartono, M.Ag, mengungkapkan harapannya bahwa studi banding ini, yang telah lama direncanakan, dapat memberikan banyak pelajaran berharga bagi sivitas akademika khususnya OMIK UIN Alauddin Makassar. "Kedatangan kami ke sini ingin belajar banyak hal, baik tentang sistem akademik maupun non-akademik yang ada di UIN Maliki Malang," jelasnya.

7212_dema.jpg


UIN Maliki Malang dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di tingkat PTKIN se-Indonesia. Meskipun UIN Alauddin Makassar memiliki puluhan ribu mahasiswa aktif, UIN Maliki Malang tetap unggul dengan program ma'had dan pengembangan bahasa yang khas. "Kami ingin banyak belajar tentang manajemen pengembangan ma'had dan OMIK yang ada di kampus ini," tegas Kaswat Sartono.
Setelah pertemuan seremonial, para tamu diajak untuk melakukan survei langsung di lapangan dan mengunjungi Maliki Plaza, pusat makanan di kampus yang unggul dan bereputasi internasional ini. Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antar kedua institusi dan memperkaya wawasan para mahasiswa serta pengelola lembaga kemahasiswaan dari UIN Alauddin Makassar.
Dengan adanya studi banding ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang didapat di UIN Alauddin Makassar, sehingga mampu mendukung perkembangan kelembagaan dan meningkatkan kualitas pendidikan di kampus mereka.

Lebih Lanjut »
67 Peserta Study Exchange UIN Malang 2024 Masuki Tahapan Wawancara
Selasa, 28 Mei 2024 . in Berita . 253 views
7204_interview.jpg

HUMAS UIN MALANG - Setelah melalui seleksi administrasi dan tes akademik yang ketat, sebanyak 67 peserta terpilih dari program Study Exchange UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2024 kini memasuki tahapan interview atau wawancara. Tahapan ini sangat penting dalam menentukan siapa saja yang akan terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri. Selasa, 28 Mei 2024.

7205_karods.jpg


Dari pagi hingga sore hari ini, para peserta akan menjalani dua sesi wawancara yang berbeda. Kepala Biro AAKK, Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, menjelaskan bahwa sesi pagi akan dilakukan dalam Bahasa Arab, sementara sesi siang menggunakan Bahasa Inggris. "Dari 76 peserta awal, hanya 20 orang yang akan terpilih," jelasnya.

7206_seken.jpg


Program Study Exchange ini direncanakan akan berlangsung antara Juli hingga September, bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. "Ini adalah langkah nyata untuk mewujudkan kampus yang unggul dan bereputasi internasional," ungkap Barnoto di kantor WR 4.
Selain kuota fully funded untuk 20 peserta, tahun ini juga ada tambahan dari kategori partial funded dan self funded. "Dengan demikian, jumlah peserta tahun ini diharapkan lebih dari 20 orang," tambah Barnoto. PMU UIN Malang bersama Biro AAKK telah menambah langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah peserta.

7207_segaf.jpg


Kemampuan berbahasa Arab dan Inggris menjadi syarat mutlak dalam proses wawancara ini, mengingat lingkungan perguruan tinggi luar negeri yang menggunakan bahasa tersebut. "Kami akan menilai kemampuan bahasa, pengetahuan akademik, serta komitmen para peserta," terang Barnoto.
Hasil wawancara akan diumumkan pada minggu pertama bulan Juni setelah 16 pewawancara menyelesaikan rekap hasil. "Kami berharap hasil student exchange tahun ini lebih baik, baik dari sisi kualitas maupun komitmen peserta," harapnya.

7208_rofiq.jpg


Setelah kembali dari program pertukaran, peserta diharapkan untuk membagikan ilmu dan pengalaman mereka di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. "Mereka akan diminta untuk berbagi pengalaman dengan sivitas akademika UIN," tegas Barnoto.
Dengan program Study Exchange ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan akademik dan bahasa, serta membawa pengalaman berharga bagi perkembangan kampus. Program ini juga menjadi langkah nyata dalam mewujudkan visi kampus yang unggul dan berkontribusi pada pengembangan pendidikan di tingkat internasional.

7209_alfin.jpg
Lebih Lanjut »
Gelar ICOLESS ke-7, Fakultas Syariah UIN Malang Hadirkan 2 Narasumber Internasional
Selasa, 28 Mei 2024 . in Berita . 223 views
7201_icoless.jpg

HUMAS UIN MALANG | UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar International Conference On Law, Technology, Spirituality and Society (ICOLESS) ke-7 pada Selasa, (21/5/24).

Kegiatan yang berlangsung di Rektorat Lt.5 UIN Malang tersebut diramaikan oleh mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 

Mewakili Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag., menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya kegiatan ICOLESS ke-7 yang diselenggarakan Fakultas Syariah UIN Malang, dan berharap agar Fakultas Syariah dapat terus menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya. "Semoga kegiatan ICOLESS yang merupakan international conference tahunan ini bisa menjadi forum diskusi yang bermanfaat dan terlaksana lancar sampai akhir," harapnya. 

7202_icoless.jpg

Dalam acara tersebut, Prof. Dr. Sudirman Hasan MA. CAHRM, selaku Dekan Fakultas Syariah menyampaikan bahwa kegiatan ICOLESS ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahunnya dan tahun 2024 ini merupakan tahun ke-7 diselenggarakannya.

"Tahun ini kita mengusung tema Reinforcement of Cyber Law: A Solution to Legal Problems In The Digital Era," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Fakultas Syariah menghadirkan empat orang speaker yang luar biasa, yaitu Prof. Yoo Jun Gu dari Yonsei University, Korea Selatan, Assoc. Prof. Muath Amayerh, Ph. D. dari Australian National University, Assoc. Prod. Sonny Zulhuda, Ph. D. dari International Islamic University Malaysia, serta Assoc. Prof. Zaenul Mahmudi, M. A. dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 

7203_icoless.jpg

ICOLESS ke-7 ini menerima berbagai subtema paper, mulai dari Cyber Law in the Field of Islamic Law, Privacy Protection and Data Security, Exploring the Interplay Cyber Law and Economic Field, dan beberapa sub tema yang lain. Adapun para penulis paper berkesempatan untuk mempublikasi papernya pada beberapa jurnal dari berbagai perguruan tinggi. Ada Jurnal De Jure Fakultas Syariah UIN Malang dengan index scopus, Jurnal El Maslahah IAIN Palangka Raya dengan index scopus, Jurnal Legality dari UMM dengan index scopus, serta beberapa jurnal dari perguruan tinggi lain dengan index sinta 2. 

ICOLESS 2024 merupakan kegiatan yang penting untuk membahas isu kontemporer yang terkait dengan hukum Islam dan hukum positif. Semoga kedepannya konferensi ini dapat terus diselenggarakan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi umat Islam dan masyarakat global.

 

Reporter: Kiki & Nyiur

Editor: Edy Hyto

Lebih Lanjut »
Klinik Rawat Jalan UIN Malang Jalani Proses Akreditasi untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan
Selasa, 28 Mei 2024 . in Berita . 222 views
7198_cek-alat.jpg

HUMAS UIN MALANG– Klinik Rawat Jalan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sedang menjalani proses akreditasi sebagai langkah penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Proses ini melibatkan assesmen online dan lapangan oleh tim surveyor dari Lafskespri, yaitu Dr. dr. Farida Rusnianah, M.Kes, SP.KKLP (K) dan Anang Yulianto, S.Kep. S.H., MM. CRM. Selasa, 28 Mei 2024.

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, turut hadir dalam kegiatan ini. Beliau menekankan pentingnya akreditasi sebagai jaminan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. “Keberadaan klinik ini sangat penting untuk membantu dan melayani kesehatan tidak hanya bagi sivitas akademika UIN Malang saja tapi juga untuk masyarakat sekitar. Ini sudah menjadi komitmen UIN Malang untuk bisa memberikan kontribusinya di bidang kesehatan,” ujarnya.

7199_segel.jpg

Dalam sambutannya, Prof. Zainuddin menyatakan harapannya agar proses asesmen oleh Lafskespri ini dapat membantu Klinik Rawat Jalan UIN Maliki Malang terus menjaga kualitas dan pelayanan di bidang kesehatan. Beliau juga menekankan pentingnya pembaruan sarana dan prasarana serta alat kesehatan yang sesuai standar untuk mendukung peningkatan mutu layanan.

Kepala Klinik UIN Malang, dr. Christyaji Indradmojo, Sp.EM, juga menegaskan bahwa regulasi akreditasi klinik memiliki nilai yang sangat penting. “Akreditasi klinik bukan hanya sekadar pengakuan kualitas, tetapi juga merupakan langkah untuk meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan serta keselamatan pasien. Dengan adanya regulasi ini, diharapkan setiap klinik dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan terukur,” ungkapnya.

7200_allah-karim.jpg

Proses akreditasi ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. Khusus untuk akreditasi klinik, aturannya diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1983/2022 tentang Standar Akreditasi Klinik.

Dengan menjalani proses akreditasi ini, Klinik Rawat Jalan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, memberikan perlindungan yang lebih baik bagi sumber daya manusia, serta mendukung program-program pemerintah di bidang kesehatan.

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up