Wakil Rektor II Buka Forum Kepala PTIPD PTKIN ke-3 di UIN Malang
Abadi Wijaya Sabtu, 27 April 2024 . in Berita . 409 views
7104_ptipd.jpg

HUMAS UIN MALANG – Gelaran FGD (Focus Group Discussion) Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) PTKIN ke-3 dilaksanakan di Gedung Ir. Soekarno (Rektorat) UIN Malang pada (26/04/2024).

Acara ini dihadiri oleh Kepala PTIPD PTKIN dan beberapa undangan lainnya. Acara ini bertujuan untuk membahas sejumlah isu dan tantangan yang dihadapi PTKIN saat ini, khususnya dalam hal penerimaan mahasiswa baru. 

Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa isu-isu yang muncul di UIN Malang bisa saja menjadi suatu isu strategis. “Madrasah dan pondok pesantren merupakan pangsa pasar besar PTKIN, namun sekarang PTN menjadi semakin luas pasarnya dan mengambil pangsa siswa madrasah dan pesantren,” ungkapnya. 

7105_ptipd.jpg

Berkaitan dengan suasana persaingan yang semakin tajam ini, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. menyarankan adanya perbaikan layanan digitalisasi dari PTIPD. PTIPD memiliki peran sentral dalam penyegeraan rebranding guna menarik calon mahasiswa untuk berkuliah di UIN Malang. “Kita tidak boleh puas dengan branding yang telah dicapai. Penting bagi seluruh pihak yang terkait untuk bersama-sama mulai memikirkan isu-isu lain yang berpotensi muncul serta distrupsi apa saja yang mungkin terjadi dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,” ujarnya. 

Potensi UIN Malang untuk melakukan rebranding adalah dalam aspek-aspek yang tidak dimiliki oleh PTKIN lain, seperti adanya mahad al-jami’ah, HTQ 30 juz (Haiah Tahfidzil Qurani), serta sebagai Universitas Islam dengan mahasiswa asing terbesar di Indonesia. Namun, tantangan yang muncul adalah bahwa saat ini banyak pula PTN yang menyediakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tahfidz dan jalur santri. Selain itu, tantangan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si. adalah bagaimana agar mahasiswa internasional bisa berkuliah di UIN Malang tanpa harus datang ke kampus.  

“PTIPD diberikan IKU untuk meningkatkan perankingan untuk menjadi nomor satu. PTIPD harus mensupport peran kelembagaan dan diharapkan dari forum ini PTIP bisa saling belajar dari PTKIN yang sudah berada di peringkat atas,” harapnya di pungkasan sambutan.

 

Reporter: Nyiur Salsabila Frida

Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up