Membangun Institusi Tidak Akan Pernah Selesai
Abadi Wijaya Senin, 14 April 2014 . in Berita . 1192 views
194_malik-f.jpg

GEMA-“Banyak yang bertanya apakah perubahan STAIN lalu IAIN hingg institusi perguruan tinggi itu menjadi Universitas dinilai sudah selesai?” Itulah penggalan kalimat pertanyaan yang disampaikan  Prof. Dr. H. A. Malik Fadjar mantan Mendiknas era Gusdur itu pada acara Forum Pimpinan PTAIN Eks-Sunan Ampel Surabaya di aula Rektorat Lt. 5 (12/4).

Sampai kapanpun, kata Malik, pengembangan institusi tidak akan pernah selesai. Karena, zaman terus berkembang dan institusi pendidikan pun juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Meski begitu, perlu diingat bahwa, perkembangan institusi itu harus tetap menyandang bobot akademik yang mengandung unsur  sistematis.

Masih kata Prof. Malik, perkembangan institusi tidak hanya persoalan upaya menjaga mengembangkan dan meningkatkan kualitas akademik saja, lebih dari itu, antara PTAIN pun harus bisa menjalin komunikasi yang baik. Sehingga perkembangan kelembagaan PTAIN di Indonesia ini bisa merata dan bisa dirasakan secara bersama. “Untuk menjaga keharmonisan antar lembaga tersebut salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengadakan pertemuan rutin sepert ini,” ungkapnya.

Pertemuan para pimpinan PTAIN seperti ini, kata dia, juga dapat dijadikan sebagai ajang tukar ide dan gagasan, sehingga hal itu bisa saling melengkapi dan menciptakan harmoniasasi dalam kebersamaan membangun negeri ini. Percepatan dan responsibility terhadap fenomena global saat ini, seorang pimpinan dituntut harus bisa menyiapkan mahasiswanya untuk masa yang akan datang.

“Membangun peradaban setidaknya ada tiga fase. Yaitu, image building, trust building, dan institutional building tiga hal tersebut juga harus diberengi dengan semangat untuk membangun dan jangan sampai saling menjatuhkan antara PTAIN yang satu dengan yang lainnya,” ungkapnya tegas.

(Ajay)



UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up