Satu Dasawarsa: Wacanakan Pemimpin Negeri, Mantapkan WCU
Abadi Wijaya Senin, 7 April 2014 . in Berita . 1485 views
188_satu-dasawarsa-uin.jpg

GEMA-Tepat satu dasawarsa UIN Maliki turut mewarnai dunia pendidikan di Indonesia. Integritas lembaga selalu dimatangkan oleh segenap civitas akademika. Prestasi pun selalu silih berganti  menghampiri lembaga ini. Baik kepemimpinan pada periode Imam Suprayogo hingga kepemimpinan Mudjia Rahardjo sekarang. Prestasi mulai dari akreditas A, masuk dalam kategori BLU terbaik se-Indonesia, Jumlah mahasiswa asing terbanyak dari setiap PTAI, hingga peringkat ke-1 Webometrik PTAIN se-Indonesia. Kampus yang terintegrasi dengan pendidikan ma’had ini sekarang semakin yakin dalam mewujudkan lembaga yang bertaraf internasional (WCU).

Dalam momentum satu dasawarsa ini pula kampus ulul albab menggelar seminar nasional pada Sabtu (5/4) di gedung rektorat Lt-5. Diskusi antar jajaran dosen dan segenap mahasiswa dalam seminar tersebut turut menghadirkan pakar politik ternama. Pertama Ramlan Surbakti pakar politik dari UNAIR Surabaya, Fachry Ali dan J. Kristiadi yang keduanya merupakan pengamat politik dari Jakarta. Diskusi tersebut mengangkat topik Menakar Peluang Para Calon Presiden dan Masa Depan Bangsa. Topik seminar tersebut sebagai tanggapan terhadap pemilu tahun ini.

“Selain memiliki kompetensi akademik yang matang, mahasiswa harus tanggap terhadap perpolitikan yang hangat di negeri ini,” ungkap Mudjia Rahardjo dalam sambutannya. Rektor kelahiran Blitar tersebut menegaskan bahwa mahasiswa pada lima tahun yang akan datang akan turut mewarnai dunia politik. Maka seyogyanya mahasiswa mampu memahami perpolitikan yang sedang terjadi. Sehingga kedepan mampu berkecimpung dan patut menjadi kandidat pemimpin negeri ini.

Salah satu pemateri J. Kristiadi mengatakan bahwa sosok pemimpin ideal di mata masyarakat sekarang adalah mereka yang tidak segan berbaur dalam masyarakat. Berbaur dalam artian tanggap terhadap polemik yang terjadi di masyarkat. Mendengar aspirasi rakyat dan lekas merealisasikannya. Tidak heran jika masyarakat memandang dan mengidolakan satu calon presiden yang mempunyai kapebilitas tersebut. “Modal pencitraan diri yang baik dan jelas kinerjanya, juga menjadi salah satu hal yang perlu dimiliki oleh setiap calon presiden sekarang ini,” ungkapnya. (Sy)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up