OJK Komitmen Kembangkan Sistem Keuangan
Abadi Wijaya Selasa, 10 Juni 2014 . in Berita . 1099 views
263_ojk.jpg

GEMA-Ratusan mahasiswa dan dosen delegasi dari Perguruan Tinggi se Malang tampak memadati Aula Rektorat Lt.5, Kehadiran para akademisi tersebut untuk mengikuti seminar nasional yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (10/6).

Hadir sebagai keynote speech Pimpinan Perbankan Syariah pusat beserta akademisi dan praktisi lembaga keuangan. Diantaranya, Departemen Perbankan Syariah Bambang Wijanarko, Kepala Kantor OJK Malang Indra Krisna, dan Sugiarto. Tepat pukul 09.00 WIB Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo membuka kegiatan akademik tersebut dengan bacaan basmalah.

Dalam sambutannya, Prof. Mudjia merasa senang sekali OJK bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi UIN Maliki untuk menggelar seminar nasional dengan tema Membangun kesadaran berekonomi syariah. Rektor UIN Maliki menilai bahwa OJK rerlatif baru dan perlu secara terus menerus untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara luas. Ditambah lagi, negara Indonesia yang wilayahnya cukup luas tentunya tidak mudah dan butu waktu untuk melakukan sosialisasi terhadap institusi baru tersebut. “Salah satunya bisa dilakukan melalui kegiatan seminar seperti ini kepada para akademisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Departemen Perbankan Syariah Bambang Wijarnoko menegaskan bahwa kegiatan seminar nasional ini tidak lain untuk ajang sosialisasi sekaligus mengenalkan kebijakan pengembangan jasa keuangan berbasis syariah. “OJK memang masih tergolong baru dan baru disahkan berdasarkan UU No.2 Tahun 2011 dengan tujuan agar kegiatan jasa keuangan dapat terselenggara dengan teratur, adil, transparan, dan akuntabel,”terangnya.

OJK sendiri kata dia, lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, serta penyidikan pada sektor keuangan. “Kehadiran OJK ini tidak lain adalah untuk mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara subur dan berkelanjutan, stabil, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat,” tegasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up