Kreasi Baru Jejaring Sosial Buatan Mahasiswa UIN Maliki Malang
Abadi Wijaya Kamis, 30 Oktober 2014 . in Berita . 2608 views
412_kwiku.jpg
Hamdi (biru) penemu jejaring sosial kwikku.com yang cukup fenomenal di Indonesia

Siapa yang tak kenal jejaring sosial di jaman yang serba teknologi ini? Facebook, twitter, atau jejaring sosial lainnya sudah menjadi teman dekat manusia di dunia.

Namun, perkembangan dunia maya tidak berhenti sampai di situ saja. Baru-baru ini contohnya, seorang mahasiswa jurusan Teknologi Informatika (TI) UIN Maliki Malang mampu berinisiatif untuk membuat satu jejaring sosial yang tak kalah menarik. Situs jejaring sosial itu bernama kwikku.com. Inilah paparan selengkapnya.

Gema-Hamdi, begitulah ia biasa disapa. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI) UIN Maliki Malang ini mulai banyak dikenal publik satu tahun belakangan ini. Pasalnya, ia telah berhasil menciptakan sebuah situs jejaring sosial yang tak kalah populernya dengan situs-situs jejaring sosial yang ada. Kwikku.com adalah situs yang berhasil ia ciptakan dengan tangannya sendiri.

Ketika ditemui di sela-sela kesibukannya di Fakultas Saintek, ia mulai bercerita tentang perjalanannya mengembangkan kwikku.com. Disambut dengan senyumnya yang ramah, Gema pun dipersilakan untuk wawancara. “Awalnya saya iseng blogging di dunia maya dengan memposting komik-komik dari berbagai bahasa yang kemudian saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ternyata banyak yang megomentari layaknya obrolan,” jelas mahasiswa asal Ambon ini. Akhirnya, imbuh Hamdi, saya berinisiatif untuk membuat situs kwikku.com tersebut. Di awal perjalanannya mengembangkan kwikku.com, ia tak sendiri. Ia mengajak teman seperjuangannya, Ifa Alif.

Optimis dan yakin adalah bekal yang dibawa Hamdi untuk mempromosikan karyanya ini untuk dikenal di Indonesia. Ia ingin orang Indonesia mencintai produk asli. “Kenapa harus menggunakan produk luar kalau Indonesia bisa?” ungkap mahasiswa semester 7 ini. Ia mendedikasikan kwikku.com ini untuk Indonesia. Ia mengaku bahwa salah satu motivasi membesarkan kwikku.com ini ialah untuk membanggakan Indonesia.

Pro dan Kotra adalah hal yang lumrah. Begitu pun yang dialami Hamdi. Namun, ia terus berjuang untuk mempromosikan kwikku.com di kancah nasional. Sudah banyak ajang-ajang penghargaan yang ia dan timya ikuti. “Kwikku.com pernah meraih juara Jawa Timur di ajang Cakrawala Award,” tuturnya. Jejaring sosial ini memang terbilang unik. Karena kwikku.com merupakan jejaring sosial yang berbasis popularitas. Tak hanya itu, berselancar di kwikku.com pun dapat menggunakan bahasa lokal, seperti bahasa jawa.

Kini Hamdi menggandeng 10 orang sebagai tim pengolah kwikku.com. Tim tersebut menjadi 3 bagian, ada desain, koding, dan fitur yang berpusat di kantor kwikku.com yang terletak dekat alun-alun kota Malang. Walaupun tak pernah ada gaji, namun Hamdi dan timnya tetap bertekad menjadikan kwikku.com sebagai produk IT andalan Indonesia. Rasa memiliki-lah yang terus dipegang oleh tim kwikku.com untuk mengembangkan situs jejaring sosial ini.

Pengguna kwikku.com kini sudah mencapai sekitar 43.000 orang. Dan uniknya ini hanya berselang selama sekitar setahun sejak berdirinya kwikku.com, November 2013 lalu.  Berusaha untuk terus memberikan fitur-fitur berbeda dan menarik adalah komitmen dari kwikku.com. Bukan hanya status-status alay yang dijadikan headline, namun kwikku.com mempunyai program untuk meletakkan status yang berisi pengetahuan di atas headline. “Kami ingin pengguna kwikku.com lebih cerdas dan lebih produktif. Jadi tidak hanya bersifat hiburan saja,” papar mahasiswa kelahiran 18 Agustus 1993 ini. Ia pun berharap agar kwikku.com dapat diikuti oleh 95.000 pengguna aktif, dan kwikku.com meluas menjadi situs yang dapat diandalkan untuk berbisnis.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up