Saintek Gelar Workshop Analis Statistik Bagi Mahasiswa
Abadi Wijaya Selasa, 14 Oktober 2014 . in Berita . 1684 views
390_pamflet.jpg

GEMA-Lagi, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek ) adakan workshop bagi mahasiswa, kali ini yaitu workshop analisis statistik mahasiswa dengan mengusung tema Pelatihan Peningkatan Kemampuan Analisis Statistik di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang.

Acara bertempat di Auditorium Lt.4 Fakultas Saintek itu menghadirkan Dr. Sri Harini (Dosen Matematika UIN Maliki Malang) dan Dr. Suci Astutik (Dosen Prodi Statistika Universitas Brawijaya) sebagai pemeteri (11/10).

Pemateri pertama, Dr. Sri Harini menyamapikan tentang analisis regresi logistik dan stastitik non parametik. Wakil Dekan I Bidang Akademik itu menjelaskan mengenai penerapan langsung statistik non parametik yang terdiri dari uji bertanda wilcoxon, uji mann-whitney, anova kruskal wallis (RAL), dan anova friedman (RAK) dengan menggunkan aplikasi Predictive Analystiic Software (SPSS).  “Analisis statistik ini tidak hanya untuk memudah pembahasan uji coba penelitian tetapi uji untuk pre test uji coba sehingga hasil  penelitian yang kita dapatkan nantinya bisa memuaskan dan sesuai dengan teori yang ada,” terang dosen Matematika itu kepada seluruh audien.

Sementara pemateri kedua, Dr. Suci Astutik menjelaskan mengenai Multivariative Analysis of Variance (Manova) dengan SPSS, perbedaan pengunaan Manova dan Anova. Selanjutnya beliau menjelaskan mengenai konsep dasar manova yang terdiri dari manova untuk klasifikasi satu arah dan manova untuk klasifikasi dua arah. (js)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up