Matematika tingkatkan riset dan publikasi
Abadi Wijaya Senin, 3 November 2014 . in Berita . 2400 views
414_wcu-ok.jpg

 GEMA-Sebagai upaya mendukung dan mensukseskan cita-cita UINMaliki Malang sebagai World ClassUniversity,

Jurusan Matematikan Fakultas Sains dan Teknologi mengembangkan riset bertafar internasional dengan diskusi ilmiah tentang world class mathematic research and publication (14/10).  Diskusi ilmiah yangmembahas tentang publikasi internasional ini diikuti 35 peserta terdiri dari dosen, pengurus HMJ dan ketua kelas . “di Jurusan Matematika, ada riset bersama mahasiswa dengan dosen, jadi kami tidak hanya mengundang dosen tapi juga mahasiswadengan harapan bisa bersatunya misi,” Jelas Abdussakir, ketua jurusan Matematika saatditanya mengenai peserta diskusi.

Diskusi yang dipimpin oleh Eriyani, dosen Matematika Universitas Airlangga Surabaya ini membahas bagaimana sebuah riset dapat go internasional dan publikasi jurnal atau artikel bisa diakui secara internasional. Menurut Eriyani, harus ada colaborative research sepaya publikasi lebih mudah karena akan sangat sulit apabila hanya “orang dalam” saja yangmelakukan riset. Menurut Absussakir juga publikasi merupakan kebutuhan dosen, karena karirdosen ditentukan oleh publish risetnya, selain itujurusanjuga butuh dikenal di dunia luar (luar negeri) jadi sangat perlumemahami world class publication and research.

Sadar akan kebutuhan tersebut, dan Jurusan Matematika yang belum memenuhi syarat untukpublikasi dan riset kelas dunia, kegiatan ini akan kembali dilaksanakan sampai jurnal Jurusan Matematika yang masng  ISBN,menjadijurnal yang terakreditasisecara internasional. “Sebenarnya ntukbisa mewujudkan riset dan publikasi secara internasional, membutuhkan dosen yang konsisten melakukan riset, di matematika ini ‘kan dosen nyambi riset, selainitu kendala yang paling pokok adalah bahasa,” jelas Abdussakir.(plp)

(Operator)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up