Rumah Bibit Sentuh Daerah Plosok
Abadi Wijaya Rabu, 6 Mei 2015 . in Berita . 2479 views
572_bibit.jpg
Peserta didik Rumah Bibit sedang serius menulis pelajaran yang diberikan mahasiswa PGMI

GEMA-Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang semakin berkiprah.

Dengan adanya Rumah Belajar  Itu Bebas Indah Tepat sasaran (Rumah Bibit). Yang dirintis sejak bulan Februari 2014 dan disahkan pada tangga l 8 Maret 2014. Rumah Bibit di sini adalah tempat belajar mengajar bagi anak-anak sekolah dasar dan mahasiswa prodi PGMI.

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia menemukan sebuah cinta. Sepenggal puisi karya Dorothy Law Nolte, menjadi inspirasi yang menggerakkan sekelompok mahasiswa PGMI FITK UIN Maliki Malangdi Dusun Picetan Desa Mblayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Alam desa yang asri di bawah kaki gunung Kawi inilah mereka mengajar kurang lebih 47 siswa Sekolah Dasar. Selama 2 jam, siswa belajar mengenai pelajaran yang belum mereka fahami di sekolah sekaligus mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Sementara itu, Kepala Rumah Bibit Khoirul Anwar menyampaikan bahwa Rumah Bibit ini dapat memberikan wawasan kepada anak sekolah dasar akan makna belajar. “Bahwasannya,  belajar tidak harus serius dan bukan suatu paksaan atau beban yang harus dipikul mereka. Tetapi belajar adalah kewajiban yang harus kita jalani dengan menyenangkan,” ungkap mahasiswa PGMI semester VI tersebut ketika diwawancarai melalui akun WhatsApp (WA), Rabu (31/3).

Anwar menegaskan keberadaan Rumah Bibit ini juga sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa. Khususnya mahasiswa calon guru untuk mengembangkan potensi mengajar mereka dalam pendidikan dasar pada anak-anak.  “Besar harapan saya untuk mengembangkan Rumah Bibit ini bisa berjalan sendiri seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam bidang pendidikan lainnya sebagai bukti pengabdian kami kepada dunia pendidikan,” pungkas Anwar optimis. (fr/nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up