World Pharmacist Day Perdana di UIN Maliki
Abadi Wijaya Senin, 31 Agustus 2015 . in Berita . 3256 views
711_farmasiday.jpg
PERDANA: UIN Maliki akan menjadi panitia World Pharmacist Day untuk pertama kalinya pada September 2015 mendatang.

GEMA-Tahun lalu (26/11) Jurusan Farmasi UIN Malang resmi menjadi anggota Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) wilayah Jatim Bali. Hal itu disimbolkan dengan disematkannya lencana keanggotaan ISMAFARSI pada perwakilan Kampus Hijau, Neneng Fadiah Idzni, pada Latihan Kepemimpinan dan Menejemen Mahasiswa Farmasi tingkat 2 (LKMMF 2) di Universitas Airlangga. Tahun ini, Jurusan Farmasi diamanahkan untuk mengadakan acara tahunan World Pharmacist Day (WPD) yang akan dilaksanakan pada (19-20/9) mendatang.

Event perdana jurusan yang telah berdiri tiga tahun ini berisi Seminar dan Konsultasi Informasi Obat (KIO). Seminar mengusung tema Pharmacy is not About Drug. Menurut Ketua Pelaksana, Ratih Hefia, tema ini menguak sisi lain dari seorang farmasis bahwa mereka tak selalu berhubungan dengan obat dan resep. “Seorang farmasis tidak hanya suatu profesi yang terjun pada produksi obat-obatan saja melainkan mereka juga bisa memberikan penyuluhan, bekerja di dinas kesehatan, konsultan kesehatan, bahkan pengusaha dan pebisnis di bidang kesehatan dengan lisensi resmi,” tambahnya.

Seminar yang rencananya akan dilaksanakan di Rektorat Lt.5 menghadirkan Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Dra. Arofa Idha, Apt. M.FarmKlin, dan Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Malang, Dra. Mursyidah, Apt. M.Kes.

Selain itu, Ratih melanjutkan, kegiatan lainnya akan dilaksanakan di Car Free Day (CFD) untuk memberikan penyuluhan dan informasi kepada masyarakat mengenai cara penggunaan vitamin. Ia berharap masyarakat mengerti dan memahami cara penggunaan kedua obat itu, efek sampingnya bagi tubuh, kontraindikasi, dan jenis-jenis lain dari vitamin.

Sehingga, masih kata Ratih, masyarakat bisa melakukan pengobatan sendiri yang berpedoman pada 5 tepat. “Yaitu tepat obat, tepat dosis, tepat bahan sediaan obat, tepat cara dan waktu pemberian obat, serta tepat penderita,” jelas mahasiswa angkatan pertama Jurusan Farmasi ini.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh mahasiswa Farmasi seluruh Indonesia khususnya universitas yang tergabung dalam ISMAFARSI Jatim Bali rayon Malang. Selain itu, Badan Pengurus Harian (BPH) dan Staf Ahli ISMAFARSI Jatim Bali turut meramaikan dan mendukung terlaksananya kegiatan tahunan ini. (mil/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up