IMPLEMENTASI NIAT (INTENTION) DALAM KEHIDUPAN KERJA
Dr. HM. Zainuddin, MA Jumat, 8 November 2013 . in Wakil Rektor I . 28214 views
Abstrak Niat (intention) merupakan representasi kognitif dari kesiapan seseorang untuk melakukan suatu perilaku/tindakan, dan niat ini dijelaskan ke dalam tiga determinan, yakni sikap (pendapat diri sendiri tentang perilaku), norma subjektif (pendapat orang lain tentang perilaku), dan kontrol perilaku yang dirasakan. Ketiga determinan ini dapat memprediksi perilaku/tindakan, dalam hal ini kehidupan kerja. Kata Kunci: Niat, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku yang dirasakan A. PENDAHULUAN Kerja merupakan suatu upaya yang sungguh-sungguh, dengan mengerahkan seluruh aset, pikir, dan zikirnya untuk mengaktualisasikan atau menampakkan arti dirinya sebagai manusia yang harus menundukkan dunia dan menempatkan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang terbaik atau dengan kata lain bahwa hanya dengan bekerja manusia dapat memanusiakan dirinya (Tasmara, 2002). Menurut Salmiyah (2008), kerja adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh manusia, baik dalam hal materi atau nonmateri, intektual atau fisik, maupun hal yang berkaitan dengan masalah keduniaan atau keakhiratan. Atau kerja adalah usaha untuk memenuhi tuntutan hidup manusia berupa makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang merupakan kewajiban bagi setiap orang yang harus dilakukannya, untuk menentukan tingkat derajatnya, baik di mata manusia atau di mata Sang Pencipta. Secara hakiki, kerja adalah ibadah (kewajiban agama) dan jihad (jalan Tuhan) yang harus ditempuh oleh manusia, atau bukti pengabdian dan rasa syukur manusia terhadap Tuhan untuk mengolah dan memenuhi panggilan Ilahi agar mampu menjadi manusia yang terbaik. Hal ini karena manusia sadar bahwa bumi Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 diciptakan dan dihamparkan bukan sekedar tempat manusia menumpang hidup, melainkan justru untuk diolahnya sedemikian rupa untuk menggapai kehidupan yang lebih baik (Tasmara, 2002). Konsep kerja sebagai suatu ibadah dan jihad menunjukkan bahwa keterlibatan dan partisipasi manusia dalam kegiatan ekonomi bukan hanya sarana untuk mempertahankan perkembangan dan kesejahteraan manusia itu sendiri, akan tetapi juga merupakan panggilan Tuhan (Rizk, 2008). Oleh karena itu, untuk mewujudkan kerja sebagai perbuatan ibadah dan perbuatan jihad, maka faktor terpenting yang perlu diperhatikan oleh manusia di dalam kehidupan kerja adalah niat (intention). Niat adalah tergeraknya hati menuju apa yang dianggapnya sesuai dengan tujuan, baik untuk memperoleh manfaat atau mencegah keburukan. Atau niat adalah suatu kehendak yang dibarengi dengan tindakan, dan niat ini merupakan barometer untuk meluruskan suatu tindakan. Apabila niat seseorang baik, maka tindakan yang dihasilkan menjadi baik. Sebaliknya, apabila niat seseorang buruk maka tindakan yang dihasilkan juga akan menjadi buruk (Nawawi dalam Murtadho&Salafuddin, 2001). Menurut Teori Perilaku Terencana (TPB), niat (intention) adalah representasi kognitif dari kesiapan seseorang untuk melakukan perilaku/tindakan tertentu, dan niat ini dapat digunakan untuk ukuran perilaku/tindakan seseorang (Ajzen, 2006). Artinya, perilaku/tindakan seseorang ini akan dapat terwujud jika ada niat dia untuk berperilaku/bertindak. Konsep niat yang telah diuraikan di atas, apabila dikaitkan dengan kehidupan kerja maka dapat dikatakan bahwa kehidupan kerja seseorang akan sangat bergantung pada niat. Artinya bahwa setiap usaha atau kerja akan bisa terwujud apabila ada niat di dalam bekerja. Dan apabila niat di dalam bekerja itu baik maka akan memiliki dampak yang baik pula pada kehidupan kerja atau sebaliknya, karena baik buruknya kehidupan kerja seseorang adalah merupakan implementasi atau wujud konkrit dari niatnya. Sehingga dengan demikian, niat individu ini penting sekali bagi perilaku/tindakan, dalam hal ini kehidupan kerja. Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 Dari uraian di atas maka perlu kiranya diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana sebenarnya implementasi niat individu dalam kehidupan kerja. B. PEMBAHASAN Menurut Teori Perilaku Terencana (TPB), manusia dituntun oleh tiga (3) macam pertimbangan, yakni keyakinan tentang kemungkinan konsekuensi dari perilaku (keyakinan perilaku), keyakinan tentang harapan normatif orang lain (keyakinan normatif), dan keyakinan tentang adanya faktor yang dapat memfasilitasi atau menghambat kinerja perilaku (keyakinan kontrol). Kemudian keyakinan perilaku itu sendiri menghasilkan sikap terhadap perilaku yang menguntungkan atau tidak menguntungkan, keyakinan normatif menghasilkan tekanan sosial yang dirasakan atau disebut norma subjektif, dan keyakinan kontrol memberikan kontrol perilaku yang dirasakan. Dari ketiga keyakinan ini akan mengarah pada pembentukan niat (intention) (Ajzen, 2006). Secara umum, semakin baik sikap dan norma subjektif, serta semakin besar kontrol yang dirasakan, maka semakin kuat niat (intention) seseorang untuk melakukan perilaku yang dimaksud. Niat (intention) merupakan pondasi atau dasar yang sangat penting bagi setiap perilaku/tindakan, bahkan menjadi barometer setiap perilaku/tindakan. Nilai suatu perilaku sangat tergantung pada niat, apabila niat baik maka perilaku tersebut menjadi baik. Sebaliknya, apabila niat buruk maka perilaku tersebut juga menjadi buruk (Nawawi dalam Murtadho&Salafuddin, 2001). Imam Nawawi mengartikan niat adalah tergeraknya hati menuju apa yang dianggapnya sesuai dengan tujuan baik berupa perolehan manfaat atau pencegahan keburukan (Murtadho& Salafuddin, 2001). Menurut Imam Zarkasyi, niat merupakan tujuan mutlak. Niat mempunyai hubungan erat dengan maksud tertentu bagi seseorang dan mutlaknya tujuan bagi sebuah pekerjaan. Al-Qurafi berpendapat bahwa niat adalah tujuan seseorang dengan hatinya terhadap sesuatu Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 yang dia kehendaki untuk dikerjakannya (dikutip oleh Umar Sulaiman Al-Asyqar, 2006). Sementara Al-Khithabi mengatakan bahwa niat adalah tujuan individu terhadap sesuatu, menurut hatinya dan menuntut dia untuk ditindaklanjuti. Niat adalah keinginan hati, jadi tujuan dan keinginan adalah merupakan bagian dari niat. Selanjutnya, Imam Haramain menspesialisasikan pengertian niat adalah keinginan karena keinginan hanya bisa diterapkan untuk suatu tindakan yang akan dikerjakan pada masa yang akan datang, sedangkan tujuan adalah untuk pekerjaan yang benar-benar sedang dikerjakan. Ibnul Qayyim mengungkapkan bahwa niat itu berkaitan dengan suatu pekerjaan yang memungkinkan untuk dilaksanakan dan yang tidak mungkin untuk dilaksanakan, dan ini berbeda dengan tujuan dan harapan. Keduanya itu tidak berhubungan dengan suatu pekerjaan yang tidak mungkin untuk dilaksanakan baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain. Oleh karena itu niat itu lebih umum dari pada tujuan. Sedangkan Daraz mengatakan bahwa niat adalah gerakan, yang dengan gerakan tersebut seseorang bisa melakukan kehendaknya dengan benar-benar melakukan sesuatu yang dikehendaki (dikutip oleh Umar Sulaiman Al-Asyqar, 2006). Dari pengertian-pengertian tentang niat di atas dapat disimpulkan bahwa niat adalah suatu keinginan atau kehendak yang diikuti oleh tindakan atau perilaku. Apabila hal ini dikaitkan dengan tindakan dalam bekerja maka implementasi niat adalah sangat penting di dalam wujud kerja seseorang. Teori Tindakan Beralasan (TRA) menunjukkan bahwa tindakan seseorang ditentukan oleh niat untuk melakukan tindakan tersebut dan niat ini pada gilirannya merupakan sebuah fungsi dari sikap serta norma subjektif (Ajzen, 2006). Selanjutnya, Teori Perilaku Terencana (TPB), menyatakan bahwa niat (intention) dapat diartikan sebagai representasi kognitif dari kesiapan seseorang untuk melakukan perilaku/tindakan tertentu, dan niat ini dapat digunakan untuk ukuran perilaku/tindakan seseorang (Ajzen, 2006). Kemudian, Ajzen (2006) mengatakan bahwa niat dapat dijelaskan ke dalam tiga (3) determinan, yakni Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 sikap (pendapat diri sendiri tentang perilaku), norma subjektif (pendapat orang lain tentang perilaku), dan kontrol perilaku yang dirasakan. Ketiga determinan atau penentu ini dapat memprediksi perilaku. Apabila hal ini dikaitkan dengan kerja maka ketiga determinan ini dapat memprediksi kehidupan kerja. 1. Sikap (pendapat diri sendiri tentang perilaku/tindakan) Sikap adalah pernyataan-pernyataan atau penilaian-penilaian evaluatif - baik yang diinginkan atau yang tidak diinginkan mengenai objek/sesuatu, orang, atau peristiwa (Robbins, 2006). Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan sesuatu. Menurut Robbins (2006) ada tiga (3) komponen dari sikap, yakni komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen perilaku. Komponen kognitif adalah sikap yang mengacu kepada pendapat atau keyakinan seseorang terhadap objek (misalnya pendapat/keyakinan baik atau buruk). Komponen afektif adalah sikap yang mengacu kepada emosional atau perasaan seseorang terhadap objek (misalnya perasaan senang atau benci). Komponen perilaku adalah sikap yang mengacu kepada maksud untuk berperilaku dalam cara tertentu terhadap seseorang atau sesuatu. Selanjutnya sikap menurut Ajzen (2006), adalah suatu evaluasi keseluruhan dari perilaku. Hal ini diasumsikan bahwa sikap memiliki dua (2) komponen yang saling berhubungan, yakni keyakinan tentang konsekuensi perilaku dan penilaian negatif atau positif tentang masing-masing fitur dari perilaku. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sikap adalah sesuatu yang sangat penting bagi perilaku seseorang karena dengan adanya sikap maka perilaku seseorang dapat diprediksi. Apabila hal ini dikaitkan dengan kehidupan kerja maka kehidupan kerja seseorang bisa diprediksi melalui sikap dia di dalam bekerja, apakah sikap dia (baik/buruk, menyenangkan/tidak menyenangkan) di dalam bekerja. Ketika seseorang menginginkan suatu kehidupan kerja yang baik atau menyenangkan maka tentunya sikap yang ditampakkan adalah sikap yang baik atau menyenangkan. Namun sebaliknya ketika kehidupan kerja seseorang Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 kurang menyenangkan maka hal itu adalah konsekuensi dari sikap yang dimunculkan adalah juga kurang menyenangkan. Sehingga baik/buruknya, senang/tidaknya kehidupan kerja seseorang adalah tergantung dari dirinya sendiri. 2. Norma Subjektif (pendapat orang lain tentang perilaku/tindakan) Norma subjektif adalah penilaian orang dari tekanan sosial untuk melakukan target perilaku (Ajzen, 2006). Hal ini diasumsikan bahwa norma subjektif memiliki dua (2) komponen yang saling berinteraksi, yakni keyakinan tentang bagaimana orang lain yang kemungkinan di beberapa cara penting bagi yang lainnya, akan menyukai untuk berperilaku/bertindak, yang disebut dengan keyakinan normatif. Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa norma subjektif adalah juga penting untuk memprediksi perilaku seseorang karena dengan adanya norma subjektif maka perilaku seseorang bisa dinilai oleh orang lain, benar atau salah. Apabila hal ini dikaitkan dengan kehidupan kerja maka kehidupan kerja seseorang bisa diprediksi melalui norma subjektif yakni bagaimana caranya dia bekerja, benar atau salah menurut penilaian orang lain atau sosial. Sehingga kehidupan kerja seseorang itu dinyatakan benar atau salah adalah tergantung dari penilaian orang lain atau masyarakat, bukan dari dirinya sendiri. Jika orang lain atau masyarakat menilai pekerjaan itu benar maka hal itu dianggap benar, namun jika orang lain atau masyarakat menilai pekerjaan itu salah maka hal itu pun dianggap salah. Dengan demikian, dia akan mengikuti apa yang menjadi penilaian orang lain atau masyarakat di sekitarnya dalam melakukan sebuah pekerjaan. 3. Kontrol Perilaku yang dirasakan Kontrol perilaku yang dirasakan adalah sejauh mana seseorang merasa mampu untuk memberlakukan perilaku (Ajzen, 2006). Kontrol perilaku yang dirasakan ini memiliki dua (2) aspek yaitu seberapa banyak seseorang memiliki kontrol atas perilaku dan bagaimana seseorang merasa percaya diri tentang kemampuan untuk melakukan atau tidak melakukan perilaku. Dan hal ini Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 ditentukan oleh keyakinan kontrol tentang kekuatan, baik faktor situasional maupun internal untuk menghambat atau memfasilitasi kinerja perilaku. Apabila hal ini dikaitkan dengan kehidupan kerja maka kehidupan kerja seseorang bisa diprediksi melalui kontrol perilaku yang dirasakan. Artinya kehidupan kerja seseorang bisa dinilai baik/tidak, melalui kemampuan serta keyakinan dia dalam menilai atau mengontrol pekerjaan, apakah pekerjaan itu sesuai/tidak bagi dirinya, dan pekerjaan itu benar atau salah menurut penilaian orang lain. Jadi manakala dia mampu mengontrol pekerjaan tersebut maka bisa dikatakan bahwa dia memiliki niat perilaku yang kuat untuk melakukannya. Dengan demikian, kontrol perilaku yang dirasakan bisa memprediksi kehidupan kerja. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada tiga determinan dari implementasi niat ke dalam kehidupan kerja yakni sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Dengan sikap dan norma subjektif yang baik, serta kontrol perilaku yang dirasakan besar maka niat yang diimplementasikan ke dalam kehidupan kerja semakin kuat. C. PENUTUP Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi niat dalam kehidupan kerja adalah ditentukan oleh tiga determinan, yakni sikap (pendapat diri sendiri tentang perilaku), norma subjektif (pendapat orang lain tentang perilaku), dan kontrol perilaku yang dirasakan. 1. Sikap adalah suatu evaluasi keseluruhan dari perilaku. 2. Norma subjektif adalah penilaian orang dari tekanan sosial untuk melakukan target perilaku. 3. Kontrol perilaku yang dirasakan adalah sejauh mana seseorang merasa mampu untuk memberlakukan perilaku. Dharma Ekonomi No. 36 / Th. XIX / Oktober 2012 REFERENSI Ajzen, Icek, 2006. The Theory of Planned Behaviour. Murtadho&Salafuddin, 2001. Syarah Hadits Arba’in. Penerbit Al-Qowam, Solo. Robbins, 2006. Perilaku Organisasi. Edisi ke-10, PT Indeks, Indonesia. Rizk, R.R., 2008. Back to Basic: An Islamic Perspective on Business and Work Ethics, Social Responsibility Journal, Vol.1/2. Salmiyah, Ummu, 2008. Etika Kerja dalam Islam. Tasmara, Toto, 2002. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta, Gema Insani Press. Umar Sulaiman, A., 2006. Fiqih Niat. Jakarta, Gema Insani Press.

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up