- Definisi Filsafat, Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam.
- Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
- Metode Mempelajari Filsafat Pendidikan Islam
- Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogis Menurut Islam
- Sumber Dasar Pendidikan Islam
- Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam
- Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Barat dan Tokoh-Tokohnya
- Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam dan Tokoh-Tokohnya.
- Fitrah Manusia dalam pendangan Barat dan Islam
Ad. 1. Filsafat : Berpikir rasional-logis dan radikal, untuk memperoleh kebenaran.
Berpikir sedalam-dalamnya tentang segala sesuatu.
Filsafat sebagai
mother of science.
Ad. 2.
Pendidikan : Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa mendatang;
(UU RI No.2/1989 tentang SPN Bab I Psl. I ayat I)
Bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribaadian yang utama.
Ad. 3. Filsafat Pendidikan Islam:
Berpikir sedalam-dalamnya (radikal) berdasarkan sumber wahyu (al-Qur’an dan al-Hadis) tentang pendidikan.
Ad. 4.
Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam:
- Makro: Objek Kajian filsafat: Tuhan, alam dan manusia.
- Mikro : Komponen Pendidikan yang 5; tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, dan alat pendidikan (kurikulum, metode dan penilaian pendidikan), dan lingkungan pendidikan.