Mengobarkan Bahasa Arab di Pulau Dewata
Muslikhudin Selasa, 22 April 2014 . in Berita . 3583 views

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tidak henti-hentinya mengobarkan semangat untuk men-syiarkan bahasa Arab di berbagai tempat, setelah dari Banyuwangi, Probolinggo, Gresik, Kabupaten dan Kota Malang, Kediri dan Lamongan, Jum’at (18/4) Tim BSA Fakultas Humaniora bekerjasama dengan KKM MTs. dan MA se-Provinsi Bali mengadakan workshop pendampingan dan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Arab se-Provinsi  Bali yang bertempat di Wisma Kementerian Agama Denpasar Bali.

Ketua pelaksana dalam sambutannya sangat berterima kasih sekali atas inisiatif kedua belah pihak, baik BSA UIN Malang dan KKM, yang telah memberikan jalan yang luar biasa untuk meningkatkan kompetensi guru-guru bahasa Arab di Bali, yang mungkin selama ini bahasa Arab hanya dianggap pelajaran yang menakutkan bahkan termasuk pelajaran yang dijauhi oleh kebanyakan siswa, maka beliau sangat mengharap kepada para guru, setelah pelatihan ada perubahan dahsyat, dan dapat merubaha imej siswa, bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang menyenangkan. Dan juga dalam sambutannya beliau menyatakan “di Bali bahasa Arab akan sangat di butuhkan, karena banyak wisatawan asing tidak hanya dari dunia Barat, tetapi juga dari Timur tengah, maka dengan pendampingan ini, saya mengharap ada peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab di Bali, nantinya siswa tidak hanya bisa membaca dan mengartikan al-Qur’an tetapi menjadi guide orang asing”.

Ketua KKM MTs. se-Provinsi Bali, dalam sambutannya juga sangat senang, karena baru kali ini ada pelatihan pembelajaran bahasa Arab untuk guru-guru bahasa Arab di Bali. Menurut beliau di Bali ada 33 madrasah, 7 madrasah negeri, dan 26 swasta. Menerutnya “hal ini menjadi potensi besar untuk membangun karakter siswa lewat pembelajaran bahasa Arab, karena dalam bahasa Arab tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga karakter, untuk membangun kesenangan berbahasa Arab, maka pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para guru, yang nantinya dapat diterapkan kepada murid di madrasah”.

Sedangkan wakil kepala Pendis Dr. H. Arjiman, M.Pd yang menyatakan kesalutannya kepada pihak jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Malang atas komitmennya mensyiarkan bahasa Arab diberbagai tempat, bahkan beliau berjanji untuk melakukan kerjasama lagi tahun depan dengan Tim BSA UIN Malang untuk mengadakan peningkatan kompetensi guru-guru bahasa Arab se-Provinsi Bali, tidak hanya satu hari atau dua hari, tapi minimal tiga hari, menurutnya tidaklah cukup membuat guru-guru mampu meningkatkan kompentensinya hanya satu atau dua hari, maka beliau sangat mengharap untuk ada tindak lanjut dari pendampingan tersebut.

Pelatihan ini diikuti sekitar 100 guru, 50 guru dari MTs dan 50 guru MA yang akan dilaksanakan bertahap dalam dua hari. Antusiasme guru sangat terlihat dari bagaimana senyum dan tawa mereka dari awal pelatihan sampai akhir, dan menurut salah satu peserta “ternyata bahasa Arab itu menyenangkan, jika diajarkan dengan metode menarik, dan dapat membisakan dan membiasakan siswa dengan cara yang benar”. Tim pendaping dari BSA adalah Dr. Faishol Mahmud Adam (Sudan), Dr. H. Halimi, M.Pd., MA., Hafidz Roziki, M.Pd., Arif Rahman Hakim, M.Pd., Zawawi, M.Pd., Shalahuddin, M.Pd. dan Khairul Anas, S.S. Dan tentunya ketua rombongan yang juga Ketua Jurusan BSA Fakultas Humaniora UIN Malang, M. Faishol Fatawi, M.Ag.

Diakhir sambutannya Faishol menyatakan, “ini bukan terakhir kali kita ke Denpasar Bali, tetapi ini awal kerjasama kita, dan insy Allah kita tetap mendampingi dan selalu siap untuk diajak kerjasama peningkatan guru-guru bahasa Arab di Bali”.  (Hlm)

(Muslikhudin)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up