MERDEKA INDONESIAKU
Dr. HM. Zainuddin, MA Senin, 17 Agustus 2020 . in Wakil Rektor I . 1163 views


Hari ini kita tengah memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Di mana-mana: tidak hanya di kota, tetapi juga di desa-desa dan kampung-kampung, perayaan kemerdekaan marak dilaksanakan. Mulai dari memasang bendera merah putih, umbul-umbul, menghias halaman rumah, gapura, pos kamling dst. Walhasil, warga, bangsa Indonesia memiliki semangat untuk memperingati hari kemerdekaan, hari dan peristiwa bersejarah yang amat penting untuk tidak dilupakan. Di tengah maraknya perayaan kemerdekaan ini, kita juga sedang dilanda oleh pandemi Covid-19 yang hingga hari ini belum kunjung reda.



Makna Kemerdekaan



Apa sesungguhnya makna dan hikmah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia ini? Apakah kita sudah merasa cukup hanya dengan merayakan kemerdekaan itu secara fisik atau simbolik, tanpa harus tetap menjaga dan memelihara kesadaran yang mendalam sebagai bangsa yang memiliki peradaban dan kepribadian?



Mengisi kemerdekaan Indonesia yang telah dibangun oleh para pendahulu kita (syuhada’, the founding fathers) bagi generasi kemudian adalah merupakan kewajiban kita semua. Jika kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan kita dengan rela berkorban jiwa dan raga ini tidak kita teruskan dan pertahankan, maka ini merupakan kezaliman besar. Oleh sebab itu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan negeri ini dengan baik, juga merupakan penghargaan dan penghormatan kepada para pejuang dan pendiri negeri ini.



Memang mengisi kemerdekaan itu banyak cara yang bisa ditempuh, dan setiap kita sesungguhnya adalah pejuang, dengan kapasitas dan tingkatan masing-masing, seperti bahwa di antara kita juga adalah pemimpin. Bagi mereka yang tidak mampu berjuang secara fisik, maka cukup dengan menyampaikan ide-ide pengembangan Indonesia ke depan dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan.



Dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 ini, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan bersama: Pertama, kita perlu bersyukur kepada Allah SWT. Karena, berkat rahmat dan inayah-Nya kita terbebas dari penjajahan dan penindasan dari bangsa yang tidak beradab. Seraya kita berterima kasih kepada para pejuang dan para syuhada’ yang telah berkorban dengan jiwa dan raganya. Semoga perjuangan mereka diterima di sisi Allah SWT, dicatat sebagai amal salih dan amal jariyah. Kedua, sebagai generasi yang datang kemudian, yang telah mewarisi negeri ini dari para pejuang dan para syuhada’ itu, kita harus mencintai negeri ini dengan menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan. Kita terus berupaya untuk menegakkan keadilan dan ber-amar ma’ruf nahi munkar, supaya segala macam penjajahan dan kejahatan tidak pernah lagi muncul di bumi Indonesia tercinta ini. Karena penjajahan baru (new-imperialism) dengan bentuknya yang lain (budaya dan ideologi baru) akan tetap ada. Ketiga, kita perlu meningkatkan kualitas pengetahuan kita melalui pendidikan dengan terus belajar dan mengajar demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat dan bermartabat. Merdeka dan jayalah Indonesiaku.***


(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up