Fakultas Ekonomi Bina 200 Koperasi Wanita di Jawa Timur
Abadi Wijaya Rabu, 20 Mei 2015 . in Berita . 2348 views
589_koperasi.jpg

Untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan keuangan Koperasi Wanita (Kopwan) di  Jawa Timur, maka Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur menggandeng Fakultas Ekonomi UIN Malang. Kerjasama ini  berupa pendampingan akses pembiayaan koperasi wanita di Kabupaten Kediri dan Madiun. Nota kesepahaman ini ditandatanganni antara Dekan Fakultas Ekonomi UIN Malanag dengan Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Jawa timur, pada tanggal 19 Maret 2015.

Dalam kerjasama ini ini Fakultas Ekonomi mendapatkan kepercayaan untuk meembina sekitar 200 (dua ratus) Koperasi Wanita di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Madiun. Kegiatan itu ini adalah berupa pelatihan pembuatan laporan keuangan koperasi yang akuntable serta pendampingan akses pembiayaan Koperasi Wanita dalam upaya untuk perkuat permodalan.

Menurut Dr. H. Achmad Sani, SE, M.Si, selaku wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi UIN Malang, mengatakan bahwa tujuan kerjasama ini karena disinyalir masih banyak Koperasi Wanita di Jawa Timur yang masih belum bankable dan akuntable. Ke 200 (dua ratus) koperasi wanita ini tersebar di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Madiun. Kerjasama ini berlangsung selama 3 (tiga) bulan, dengan output yang dihasilkan adalah kemampuan manajerial dan keuangan pengurus koperasi yang semakin meningkat serta mampu untuk mengakses permodalan di beberapa Bank baik Bank BUMN maupun perbankan swasta. Lebih lanjut  dikatakan oleh beliau bahwa kerjasama ini menunjukkan bahwa Dinas Koperasi Dan UMKM Jawa Timur telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Ekonomi untuk membantu koperasi wanita agar lebih maju dan berkembang serta mampu mengelola koperasi agar lebih akuntable dan bankable.

Sementara itu ketua pelaksanana kegiatan Yona Octiarini, S.E, M.Si.Ak yang juga dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan akses pembiayaan untuk memperkuat permodalan ini adalah melatih dan membina seluruh pengurus Koperasi Wanita agar mampu untuk mengelola manajemen keuangan sesuai standar akuntansi yang baik. Selain itu juga agar koperasi wanita menjadi koperasi yang bankable atau layak didanai oleh perbankan. Pelatihan periode pertama telah dilakukan di Gedung PKPRI Kabupaten Kediri pada tanggal 12-13 April 2015 yang dihadiri oleh lebih dari 125 (seratus dua puluh lima) pengurus Koperasi Wanita Se Kabupaten Kediri. Dalam kegiatan ini selain dihadiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri, Tim dari Fakultas Ekonomi, juga perwakilan dari Bank Jatim.

Adnya kegiatan ini disambut gembira oleh para peserta dan pengurus Koperasi Wanita Se Kabupaten Kediri. Salah satu peserta yaitu ibu Istiani pengurus koperasi   wanita Sekar Arum Ngasem, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat membantu pengurus untuk dapat mengelola koperasi dengan baik. Salah satunya adalah agar laporan RAT tahunan dapat dilakukan sesuai dengan jadwal (tepat waktu) dan tidak molor. Disamping itu dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini akan memudahkan koperasi wanita untuk dapat mengakses permodalan di berbagai Bank semakin terbuka lebar.  (san)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up