RIBUAN CAMABA IKUTI TES SBMPTN
Abadi Wijaya Selasa, 8 Mei 2018 . in Berita . 251 views
1482_sbmptn-ok.jpg

GEMA-Hari ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2018 serentak digelar di seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) kali ini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) menjadi Panitia Lokal (Panlok) 55 Malang. Selasa (8/5).
Kali ini giliran UB yang menjadi ketua Panlok 55 Malang. Pelaksanaan SBMPTN tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pasalnya ada tim monitoring dan evaluasi (monev) dari DIKTI Prof. Dr. Rina Indiastuti yang ditugaskan sebagai panitia khusus (Pansus). “Jadi tahun ini memang istimewa karena baru kali ini ada panitia pusat sehingga nanti akan ada ada informasi langsung dari beliau terkait monevnya,” kata Rektor UB Dr.Ir. Muhammad Bisri, MS saat diwawancarai di lapangan.
Panlok 55 Malang, kata Bisri, tahun 2018 ini pendaftar SBMPTN sebanyak 38.890 peserta. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 8,6 % dibandingkan tahun 2017. Pelaksanaan ujian SBMPTN kali ini terbagi dalam tiga kelompok, yaitu UIN Malulana Malik Ibrahim untuk kelompok ujian campuran, UB untuk kelompok ujian Sosial Hukum (SosHum) dan kelompok ujian Sains Teknologi (Saintek) oleh UM. “Dari jumlah tersebut yang memilih Ujian Tulis Berbasis Cetak sebanyak 16.310 peserta untuk kelompok ujian Saintek, 17.242 peserta di kelompok ujian SosHum dan sisanya 3.588 peserta pada kelompok ujian campuran yang dilaksanakan oleh UIN Maliki Malang,” ujarnya.
Sementara itu, dalam konferensi pers dengan para reporter dari berbagai media, Rektor UIN Malang Prof. Abd. Haris menuturkan bahwa pelaksanaan seleksi SBMPTN tahun ini memang lebih bagus. Pasalnya, pelaksanaannya langsung dipantau tim monev dari pusat. “Hal ini membuktikan bahwa Panlok 55 Malang melakukan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.
Selain itu, rektor asal Lamongan ini berharap, semoga dengan adanya kegiatan seleksi SBMPTN ini semua PTN bisa memperoleh calon mahasiswa yang unggul dan terbaik. “Sehingga bisa mengantarkan peserta calon mahasiswa baru (camaba) memperoleh formasi studi yang sesuai keinginannya,” harapnya. (ptt/aj).

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up