STEP BY STEP: MENUJU JURNAL SCOPUS
Iffatunnida Selasa, 22 Juni 2021 . in Berita . 895 views

 

3203_pen.jpg

GEMA-Sebagai guru besar yang sering membimbing mahasiswa dan dosen untuk menghasilkan karya ilmiah, Prof. Irwan Abdullah berbagi ilmu agar tulisan dapat diterima di jurnal berindeks Scopus. Dalam Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal yang diadakan LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ia menjelaskan tahapan untuk memulai tulisan, Selasa (22/6).
Menurut profesor asal Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, kerangka tulisan dinilai sangat penting. Kerangka tulisan yang baik, akan membantu mengorganisir cara berpikir penulis menjadi lebih terarah. Selain itu, kerangka tulisan membantu kita menulis artikel yang efektif tanpa berbelit.
Ia mencontohkan, saat menulis bagian Introduction, biasanya penulis pemula memulai dengan sesuatu yang general. Misal, ketika ingin membahas pendidikan multikultural di pesantren, banyak penulis yang memulai latar belakang dengan menulis bhinneka-nya Indonesia. “Sangat jauh dari inti bahasan, padahal yang mau dibahas adalah lingkungan pesantren,” papar Prof. Irwan.
Ia melanjutkan, di bagian literature, sebaiknya penulis berpedoman pada keywords yang sudah ditulis di awal tulisan. “Kalau ada tiga keywords, maka sub bahasan sebaiknya tiga saja,” jelasnya. Hal yang ditulis dalam bagian literature, selanjutnya akan dibahas lagi di bagian discussion.
Karena karya ilmiah merupakan hasil penelitian, maka penulis wajib menyertakan wujud atau bukti-bukti yang didapatkan selama riset. Bukti yang didapatkan harus dipresentasikan di bagian Methods. Dengan begitu, karya tulis yang dihasilkan benar-benar bernilai ilmiah. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up