Daftar Penulis: Iffatunnida


J-PAI: BELAJAR UNTUK PENINGKATAN KUALITAS
Rabu, 23 Januari 2019 . in Berita . 44 views
1800_jpai.jpg

 

GEMA-Pengelola J-PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mengundang seluruh pengelola jurnal di UIN Malang dalam Workshop Peningkatan Mutu dan Kelola Jurnal, Rabu (23/1). Dekan FITK Dr. Agus Maimun dan Koordinator Rumah Jurnal Dr. Sri Harini membuka acara tersebut di Perpustakaan Pusat.
Dalam pemaparan Dekan FITK, kegiatan tersebut ditujukan untuk me-review jurnal yang sudah berjalan, khususnya di Jurnal Pendidikan Agama Islam. Fokus bahasan ialah peningkatan mutu dalam penataan dan penulisan jurnal.
Ia pun menambahkan, workshop semacam ini adalah tempat belajarnya para pengelola dalam mempersiapkan akreditasi jurnal yang dikelola. “Di sini lah kita sama-sama belajar agar kualitas jurnal kita meningkat dan dapat terakreditasi,” tuturnya berharap.
Mochammad Tanzil Multazam, pemateri, menyampaikan beberapa hal terkait telaah jurnal, tugas editor, juga hal lain terkait penulis. Tak ketinggalan, ia juga membahas referensi jurnal. “Referensi ini esensial, agar kita bisa melihat link sumber paper yang diambil oleh si penulis,” jelas pria berkacamata tersebut. (gl/nd)

Lebih Lanjut »
AGAR PEMILWA 2019 BERKUALITAS
Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 40 views
1798_lantik-pemilwa.jpg

GEMA-Menjelang Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa), Senat Mahasiswa (SEMA) UIN Malang melantik KPU (Komisi Pemilhan Umum) dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu), Kamis (17/1). Pihak SEMA berharap, pengurus baru memiliki integritas untuk bertugas dalam mengatur pelaksanaan Pemilwa mendatang.
Dalam pelantikan di Aula Gedung C Lt. 3 tersebut, Ketua SEMA Ongky Saputro menekankan pentingnya integritas sebagai wujud kepribadian seseorang. Kepribadian yang dimaksud ialah menumbuhkan kejujuran, adil, dan menjunjung tinggi asas demokrasi. “Jika semua pengurus memiliki kepribadian tersebut, saya yakin Pemilwa akan sangat berkualitas,” harapnya.
Ongky mengungkapkan akan ada hal berbeda di Pemilwa tahun ini. “Proses pemilihan akan dilakukan serentak di tingkat fakultas dan universitas,” tuturnya. Ia ingin pengurus di fakultas dan universitas dapat bekerjasama dengan selaras dan harmonis untuk mengawal pelaksanaan Pemilwa UIN Malang.
Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Isroqunnajah dan Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Abdul Aziz. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
KKM 2019: LOMBA ANTAR TPQ
Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 89 views
1796_kkm-tpq.jpg
NGAJI: Salah satu santri TPQ Desa Sumberpasir mengikuti MTQ yang diadakan kelompok 49 dan 184 KKM UIN Malang

GEMA-Melihat banyaknya jumlah tempat belajar mengaji di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, kelompok 49 dan 184 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Malang pun berinisiasi mengadakan lomba antar santri Taman Pendidikan al Quran (TPQ), Minggu (20/1). Event yang diberi nama Gebyar TPQ Sumberpasir 2019 ini dilaksanakan di area MI Nahdlatul Ulama desa setempat.
Ketua Kelompok KKM Romaldy Abdul Fattah menerangka, ada 14 TPQ yang berpartisipasi dalam rangkaian penutupan kegiatan KKM tersebut. Peserta berasal dari empat dusun di Desa Sumberpasir. “Para pemenang akan kami umumkan saat malam puncak sekaligus pengajian akbar,” jelasnya.
Gebyar TPQ ini, tutur Nindy, salah satu panitia, melombakan tiga kategori lomba. Yakni Musabaqoh Tartil al Quran, Azan, dan Menggambar. Ada sekitar 39 santri yang berpartisipasi aktif dalam lomba yang digagas kelompok KKM UIN Malang ini. “Setiap TPQ kami target untuk mengirimkan maksimal dua peserta,” ujarnya.
Pihak desa menyambut positif kegiatan yang digagas oleh mahasiswa-mahasiswa UIN Malang. Kepala Dusun Muhammad Qomari yakin, lomba yang digagas ini akan meningkatkan motivasi belajar para santri. “Khususnya meningkatkan semangat santri TPQ untuk semakin rajin belajar mengaji,” paparnya. (ir/nd)

Lebih Lanjut »
FKIK ADAKAN OLIMPIADE MEDIS
Senin, 14 Januari 2019 . in Berita . 74 views
1780_fkik.jpg

GEMA-Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter (HMPPD) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Science Primary Medical Olympiad 2019 (Cardion). Acara ini merupakan olimpiade Sains dan Kedokteran Dasar milik prodi Jurusan Pendidikan Kedokteran UIN Malang, Ahad (13/1).
Menurut data yang terhimpun, tahun ini peserta meningkat dua kali lipat. Jumlahnya mencapai 1391 tim dari tujuh rayon se-Indonesia. Asal peserta tak hanya dari Malang Raya, melainkan juga Surabaya, Jombang, Yogyakarta, Makasar, Jakarta, dan Tasikmalaya. Dalam babak penyisihan, nantinya akan diambil 40 Tim untuk memasuki babak selanjutnya.
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abd. Haris menyampaikan bahwa olimpiade ini digelar untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama calon mahasiswa yang masih sekolah di SMA/MA sederajat tentang prodi yang tergolong baru ini.
Prof. Haris pun berharap, ajang serupa nantinya bisa ditingkatkan skala, tak hanya di lingkup nasional. “Sekarang masih nasional, ke depan harus sudah bisa skala internasional karena UIN Malang memiliki banyak mahasiswa asing di berbagai prodi,” imbuhnya.
Ridho Anggera, penanggung jawab Rayon Malang menyampaikan, pihaknya sangat bangga dengan jumlah peserta yang meningkat di event tahunan ini. Tahun sebelumnya, peserta berasal dari empat rayon dengan jumlah tim 700. Namun tahun ini, bisa menjaring seribu lebih tim dari tujuh rayon di seluruh Indonesia. “Kami harap, ini jadi salah satu cara yang sangat bagus untuk memperkenalkan Prodi Pendidikan Kedokteran UIN Malang di Indonesia,” tuturnya. (kh/nd)

Lebih Lanjut »
JAGA KEBERSAMAAN DENGAN TIDAK HILANGKAN PERBEDAAN
Kamis, 3 Januari 2019 . in Berita . 125 views
1774_hab-rektor.jpg

GEMA-Awal 2019, Kementerian Agama mengusung tema Jaga Kebersamaan Umat di Hari Amal Baktinya yang ke-73. Seluruh jajaran pimpinan, dosen, dan karyawan memperingatinya dengan melakukan upacara pengibaran bendera di lapangan utama UIN Malang, Kamis (3/1).
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. berpesan agar seluruh elemen di kampus berkewajiban menjaga kebersamaan. Di tengah isu yang mengedepankan perbedaan, tentu bersatu adalah hal yang harus dipegang teguh. “Namun, tidak berarti kita menghilangkan perbedaan untuk bisa bersama,” imbuh rektor kelahiran Lamongan ini.
Ia melanjutkan, perbedaan merupakan keniscayaan. “Sehingga menghilangkannya sangat tidak mungkin,” jelasnya. Berbeda pilihan tentu ada, namun jangan menjadikannya sebagai alasan pemecah belah umat.
Prinsip ini digaungkan di wilayah Kementerian Agama dan institusi naungannya. Ia yakin, individu yang dididik di bawah Kemenag tentu menomorwahidkan kesatuan di atas perbedaan.
Upacara ditutup dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada lima pegawai negeri sipil di lingkungan UIN Malang dengan masa pengabdian 10, 20, dan 30 tahun. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
HAB 73: BUKAN BERTIKAI, TAPI BERSATU
Kamis, 3 Januari 2019 . in Berita . 126 views
1773_hab.jpg

GEMA-Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia kembali diperingati sivitas akademik UIN Malang dengan upacara di lapangan utama, Kamis (3/1). Upacara perdana di 2019 ini diikuti seluruh pimpinan, dosen, dan karyawan di tingkat universitas, fakultas, dan unit satuan kerja. Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya.
Ia mengingatkan untuk selalu berhati-hati dengan isu-isu yang bersifat merusak hubungan baik. Isu-isu seperti itu akan muncul karena perbedaan akan selalu ada. “Namun, yang perlu kita ingat, perbedaan tidak boleh menjadi alasan pertikaian,” imbuhnya. Pasalnya, di Indonesia yang penuh dengan ke-Bhinneka-an, tidak akan pernah luput dari keberagaman pemikiran.
Prof. Haris melanjutkan, Kemenag memegang teguh prinsip persatuan dalam perbedaan. Karena itu, seluruh individu di bawah naungan Kemenag juga harus turut andil dalam memelihara kesatuan bangsa dan negara. “Tak ketinggalan juga kampus kita UIN Malang yang akan selalu memegang prinsip dan menjadi salah satu pionir persatuan Indonesia,” tutupnya.
Dalam upacara tersebut, rektor menyampaikan amanah presiden Republik Indonesia dalam menganugerahkan penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada lima pegawai negeri sipil di UIN Malang. Penghargaan ini diberikan atas pengabdian mereka selama 10, 20, hingga 30 tahun masa jabatan.
Kelima penerima penghargaan ialah Prof. Dr. M. Djakfar, M.Ag. (30 tahun), M. Rodli (30 tahun), Dr. Salim al Idrus (20 tahun), Dr. Misbahul Munir (10 tahun), dan Pudji Pratitis Wismantara, MT. (10 tahun). (nd)

Lebih Lanjut »
TARGET IMPLEMENTASI 80% ILMU
Kamis, 27 Desember 2018 . in Berita . 109 views
1767_dpl-kkm.jpg

GEMA-Jumlah peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Mengabdi 2019 diluar dugaan Unit LP2M UIN Malang. Lebih dari 80% mahasiswa angkatan 2016 memenuhi kuota yang disediakan. Hal ini dipaparkan Ahmad Abtokhi, pihak LP2M dalam pertemuan dengan seluruh dosen pembimbing lapangan (DPL) KKM di Aula Humaniora Lt. 3, Kamis (27/12).
Masih kata Abtokhi, sesuai dengan pedoman pelaksanaan KKM periode ini, mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan 80% bidang keilmuannya. “20% lainnya digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan lain,” jelasnya.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah dalam sambutan pembukanya mengungkapkan bahwa KKM ini beda dengan tahun sebelumnya. “KKM tahun ini tidak berbasis Posdaya Masjid lagi,” ujarnya. Dengan begitu, pelaksanaan program kegiatan yang direncanakan bisa lebih luas dan leluasa.
Dalam diskusi bersama para DPL, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Batu Ir. Chairul Syarif Tartilla juga hadir. Pihaknya berharap mahasiswa UIN Malang dapat andil dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan tersebut tak hanya dibatasi dalam satu sisi saja namun di segala sektor. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
CARI ILMU SEKALIGUS KEBENARAN
Kamis, 27 Desember 2018 . in Berita . 124 views
1766_mulyadi-ok.jpg
FGD: Prof. Dr. Mulyadi Kartanegara (tengah) saat menyampaikan materi tentang integrasi sains dan agama kepada para dosen UIN Maliki Malang. Kamis (27/12).

GEMA-Pekan akhir 2018, pihak universitas mendatangkan Guru Besar Bidang Filsafat Islam Prof. Dr. Rd. Mulyadi Kartanegara. Ia dihadirkan untuk mengisi diskusi Integrasi Sains dan Agama bersama para ketua jurusan atau prodi di lingkungan UIN Malang, Kamis (27/12). Acara yang diadakan di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat Lt. 4 tersebut juga dihadiri oleh wakil rektor bidang akademik dan wakil rektor bidang kemahasiswaan.
Dalam penuturannya, Prof. Mulyadi menekankan pentingnya merubah mindset dalam belajar. Menurutnya, niat mencari ilmu seharusnya didasari dengan niat mencari kebenaran. “Bukan malah mencari ilmu demi pekerjaan. Nanti hasilnya berbeda,” imbuhnya.
Ketika seseorang belajar karena pencarian kebenaran, tuturnya, maka akan ada semangat untuk menggali ilmu lebih dalam. Seperti para sahabat atau tokoh Filsafat di zaman dahulu yang belajar dengan tekun karena mereka masih memiliki keraguan akan suatu hal. “Kalau masih ada rasa ragu, berarti ilmunya belum komplit,” tambah guru besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.
Guru besar kelahiran Juni 1959 ini secara spesifik menjelaskan tentang pengintegrasian keilmuan yang juga dilakukan oleh UIN Malang. Menurutnya, melakukan integrasi tanpa mengetahui basis akan sangat mustahil.
Ada dua sumber keilmuan yang harus dipahami benar oleh pakar Pendidikan. Yakni sumber ilmu umum yang berasal dari ayat kauniyyah dan sumber ilmu agama yaitu ayat qawliyyah. (nd)

Lebih Lanjut »
MASYARAKAT LUAS PERLU TAHU KEGIATAN KKM
Rabu, 26 Desember 2018 . in Berita . 109 views
1764_kkm-publikasi.jpg

GEMA-Selain mendapat pembekalan mengenai cara menyusun program kerja, peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UIN Mengabdi 2019 juga dibekali ilmu membuat berita. Narasumber yang didatangkan adalah Pemimpin Redaksi Malang Post Dewi Yuhana, Rabu (26/12).
Hana menyampaikan hal ini berguna agar mahasiswa bisa mempublikasikan kegiatan KKM kepada masyarakat luas. "Kalau tidak dipublikasi, yang tahu hanya masyarakat di desa itu," jelas lulusan Psikologi UMM tersebut.
Ia melanjutkan, publikasi kegiatan KKM akan bermanfaat bagi masyarakat setempat sebagai pengenalan pada masyarakat luas. Selain itu, kampus UIN Malang juga terangkat namanya melalui pelaksanaan kegiatan positif.
Ia pun menjelaskan berita yang dimuat Malang Post harus mengandung unsur-unsur tertentu. "Saya menyebutnya Rukun Iman ya," candanya. Unsur tersebut antara lain aktual, kedekatan, penting, luar biasa, tokoh, eksklusif, konflik, human interest, seks, progresif, tren, dan humor. "Unsur humor juga penting dalam berita, karena selain berita serius, orang juga butuh berita yang menghibur," tutur Hana.
Ia melanjutkan untuk berita yang ingin dimuat di Malang Post, baik media cetak dan online, biayanya lima ratus ribu per berita. "Kalau keberatan satu kelompok, bisa patungan dengan kelompok lain yang berdekatan," jelas Hana mengakhiri materi yang berlangsung di Gedung Sport Center UIN Malang. (ir/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up