Daftar Penulis: Iffatunnida


UIN MALANG STOP PEREDARAN NARKOBA
Kamis, 21 Maret 2019 . in Berita . 51 views
1893_bnn1.jpg
SOSIALISASI: Ketua BNN Kota Malang dan Wakil Rektor Bidang AUPK UIN Malang dalam sosialisasi pencegahan narkotika

GEMA-Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Malang AKBP Ir. Bambang Sugiharto, M.Si. mensosialisasikan Bahaya Narkotika dan Prekusor Narkotika di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis (21/3). Sosialisasi ini diikuti oleh dosen dan staf kampus di Gedung Rektorat Lt. 5.
Sosialisi BNN ini diadakan sesuai dengan terbitnya Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika. “UIN Malang termasuk salah satu perguruan tinggi yang sudah melaksanakan instruksi presiden tersebut,” ujar Kepala BNN asal Pamekasan ini.
Ia menambahkan, status Kota Malang dalam kategori bahaya narkoba. Hasil penelusuran BNN, pengedar narkoba sudah banyak berkeliaran di Kota Bunga ini. Ditambah lagi banyaknya fasilitas yang rawan pengedaran obat-obatan terlarang. Seperti, apartemen, kos, dan tempat hiburan.

1894_bnn2.jpg

Karena banyaknya kampus di Malang, pihak BNN rutin mengadakan sosialisasi tentang bahaya narkotika. Dengan harapan, masyarakat berpendidikan di kalangan kampus bisa menularkan informasi tersebut di kalangan awam.
Wakil Rektor Bidang AUPK Dr. Ilfi Nurdiana mendukung penuh kegiatan BNN di UIN Malang. Ia pun mengerahkan dosen dan staf untuk melakukan tes urin sebagai syarat tes bebas narkoba. “Kami pimpinan UIN Malang mewajibkan semua warga kampus ini untuk ikut tes urin”, tegasnya. Tes urin akan dilaksankan di stan yang telah disiapkan oleh staf BNN Kota Malang untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

1895_bnn2019.jpg

Menurut WR 3 ini, siapa saja yang melakukan upaya dalam mengenalkan bahaya narkoba kepada masyarakat disertai penjelasan terkait upaya pencegahannya beserta solusinya berarti telah melakukan dakwah tentang ajaran Islam. “Hal tersebut sangatlah bermanfaat bagi banyak umat karena menyelamatkan masyarakat,” terangnya.
“Tak hanya itu, kampus juga akan membentuk relawan pencegahan narkoba,” tutur dosen Fakultas Ekonomi tersebut. hal ini menunjukkan bahwa kampus memiliki perhatian khusus terkait narkoba.
Kedatangan BNN di UIN Malang sekaligus untuk memperbaharui Memorandum of Understanding yang pernah dibuat. Dengan itu, maka BNN dan UIN Malang sama-sama memiliki akses untuk melakukan kegiatan terkait penanggulangan bahaya narkotika. (ofi/ptt/nd)

Lebih Lanjut »
RIDHO ZIKRI JUARA SATU PENCAK SILAT
Kamis, 21 Maret 2019 . in Berita . 82 views
1892_silat.jpg
UKIR PRESTASI: Ridho Zikri berhasil menjadi pemenang pertama dalam kejuaraan nasional Pencak Silat di Yogyakarta

GEMA-Mahasiswa UIN Malang kembali torehkan prestasi di kancah nasional. Ridho Zikri berhasil membawa pulang gelar juara pertama kategori tanding dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat Yogyakarta Championship ke-5, Selasa-Rabu (12-13/3).
Perlombaan yang bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut diikuti oleh sebanyak 2.600 pesilat seluruh indonesia. Sebagai delegasi kampus hijau, latar belakang Zikri yang merupakan atlet pencak silat semakin menambah performanya. Sempat kalah di babak satu dan dua, tidak menghalangi mahasiswa asal Medan itu untuk terus mengerahkan seluruh kemampuannya demi almamater.
Persiapan yang matang tentu telah dilatih jauh hari. Sekalipun masih menduduki semester awal di UIN Malang, tidak menghalangi semangat Zikri untuk giat berlatih di tengah padat aktivitas di Pusat Mahad al Jamiah (PMJ).
Ia justru semakin pandai dalam mengatur waktunya. Dirinya tidak pernah absen barang sekali untuk berlari pagi sebelum mengikuti perkuliahan reguler. Terlebih ia memiliki amanah untuk mengharumkan almamater dalam bidang Pencak Silat.
Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) ini memiliki tekad kuat sehingga tidak ada kesempatan baginya untuk berhenti berlatih demi impiannya menjadi atlet profesional. “Membagi waktu latihan dan perkuliahan memang sedikit sulit awalnya. Namun saya yakin dengan tekad kuat semua akan lebih mudah,” tuturnya.
Ia pun menambahi bahwa selama mempersiapkan kompetisi, pihakya selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Utamanya perihal berat badan. Untuk kategori yang diikuti, Zikri harus menurunkan beratnya hingga 70-75 kg. ”Asupan gizi seperti buah dan vitamin selalu saya perhatikan agar berat badan yang awalnya 76 kg menjadi sesuai kriteria,” pungkas mahasiswa asal Aceh Tenggara tersebut. (aqa/nd)

Lebih Lanjut »
HUMANIORA: DUA KONSER DALAM SEHARI
Rabu, 20 Maret 2019 . in Berita . 85 views
1876_hum1.jpg

GEMA-Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret lalu diperingati Fakultas Humaniora dengan konser, Selasa (19/3). Tak tanggung-tanggung, dua konser sekaligus dilaksanakan dalam sehari. Pada pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB di Home Theatre Fakultas Humaniora Lt.3.
Acara yang dikemas dalam Apresiasi Seni dan Budaya ini diramaikan oleh seluruh sivitas akademik fakultas tersebut. Tak hanya penampilan band dan tari dari mahasiswa, namun juga penampilan dari dosen dan karyawan.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Humaniora Siti Masitoh menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi komunitas yang digagas oleh mahasiswa. Sampai saat ini, sudah ada delapan komunitas di fakultasnya. “Semua mahasiswa di Fakultas Humaniora boleh dan bebas memilih komunitasnya,” terangnya.
Jika didata, kata Masitoh, ada beberapa komunitas mahasiswa yang telah terbentuk. Di antaranya komunitas pecinta kaligrafi, debat, dan penulisan kreatif. Pihaknya masih membuka kesempatan jika ada komunitas baru yang akan dibentuk selama masih bertujuan positif.

1877_hum2.jpg

Dalam acara yang digagas tersebut, fakultas juga sekaligus meresmikan komunitas yang baru terbentuk, El Faraby. Ini merupakan komunitas yang fokus di bidang music band. Komunitas ini, walau baru diresmikan, sudah sering diundang dalam event di Malang Raya.
Dalam kegiatan Apresiasi Seni dan Budaya tersebut, ada beberapa band yang ditampilkan. Di antaranya ialah Alvest Band (HMJ Bahasa dan Sastra Arab), Hello Good Bye Band, dan Telas Ria. Komunitas fakultas lain pun juga turut menunjukkan penampilannya seperti Galileo Band dan Teater Galileo dari Fakultas Sains dan Teknologi. (ir/nd)

Lebih Lanjut »
GUS RIAN TENTANG MANAJEMEN CINTA
Selasa, 19 Maret 2019 . in Berita . 67 views
1871_gusrian.jpg

GEMA-Da’i muda kondang, Rian Adjie Prasetya berbicara cinta untuk seseorang yang beranjak remaja. Ia diundang dalam seminar yang digagas UPKM Jam’iyah Dakwah wa al Fan al Islamiyah (JDFI) di Auditorium Fakultas Saintek Lt. 4, Ahad (17/3).
Menurutnya, rasa cinta memang tidak bisa dihindari setiap manusia karena itu fitrah. Namun, tidak semua bisa memenej rasa itu dengan baik. Ia mengibaratkan rasa cinta dengan sebuah ponsel. Akan menjadi anugerah jika ponsel bisa dimanfaatkan secara positif. “Dan jadi musibah jika salah digunakan. Tergantung penggunanya,” imbuh Gus Rian, sapaan akrabnya.
Penyampaiannya yang diselingi lelucon pada seminar bertema Mendekap Khitbah dengan Cinta yang Lillah tersebut menghibur peserta. Ia juga mengingatkan bahwa akan banyak yang lalai karena cinta. Akibatnya, banyak hal yang terbengkalai.
Khusus bagi pencari ilmu, ia melanjutkan, harus selalu mengingatkan diri sendiri. Bahwa fokus yang dijadikan prioritas adalah belajar sebagai ibadah kepada Sang Pencipta. “Bukan malah sibuk cari jodoh. Jangan khawatir, jodoh sudah pasti ada dan diatur untuk setiap orang,” lanjut siswa MAN 1 Jombang itu.
Dalam al Quran, masih kata Gus Rian, Allah menjanjikan pasangan untuk setiap hamba-Nya. Wanita yang baik untuk pria yang baik dan begitu pula sebaliknya. “Yang perlu jadi fokus kita adalah menjaga diri, dekati Pencipta,” lugasnya. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
873 PESERTA BERSAING DI MUFI KE-5
Senin, 18 Maret 2019 . in Berita . 58 views
1867_mufi.jpg

GEMA-Jam’iyah Dakwah wa al Fann al Islamy (JDFI) Pusat Mahad Al Jamiah (PMJ) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Musabaqoh Funuun Islamiyah (MUFI) ke-5. Kompetisi seni Islami tingkat nasional ini diikuti oleh 246 kontingen dengan jumlah 873 peserta.
Secara resmi acar dibuka di Home Theatre Fakultas Humaniora. Direktur PMJ Dr. Ahmad Muzakki memberi sambutan pembuka di hadapan seluruh peserta, pengasuh, dan pengurus PMJ.
Ia menekankan, selain berkompetisi, pihaknya ingin agar MUFI menjadi ajang silaturahim tahunan. Dengan tujuan mulia tersebut, makan persaingan sehat akan tercapai. “Karena kita di sini tidak hanya bersaing, tapi juga berbagi ilmu tentang seni untuk meningkatkan prestasi,” imbuhnya.
Muzakki melanjutkan, MUFI rutin diadakan setiap tahunnya dengan membawa misi pelestarian warisan leluhur. Seluruh kategori lomba yang diadakan menjadi wujud dijaganya kearifan lokal di nusantara. “Di sini kita buktikan kalau seni bisa jadi sarana dakwah Islam yang baik di Indonesia,” tegasnya. (kh/nd)

Lebih Lanjut »
TAX CENTER: YUK ISI BARENG SPT
Jumat, 15 Maret 2019 . in Berita . 115 views
1864_isi-spt.jpg

GEMA-Dosen dan karyawan UIN Malang yang telah membayar pajak penghasilan wajib melapor dengan cara mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Tax Center Fakultas Ekonomi (FE) membuka jasa pelayanan isi bareng SPT untuk PPh 21 tahun 2018. Acara tahunan ini terselenggara di Laboratorium Statistik FE, Rabu-Kamis (13-14/3).
Ketua Pelaksana Sulis Rochayatun mengatakan tahun ini waktu pengisian dipersingkat menjadi dua hari agar Wajib Pajak tidak menunda seperti tahun sebelumnya. “Seperti yang kami prediksi, hari pertama jumlah Wajib Pajak (WP) membeludak dibanding hari kedua,” jelasnya. Pasalnya jumlah WP yang datang di hari pertama mencapai 400 lebih, sedangkan hari kedua hanya sekitar 50 orang.
Kendala yang banyak terjadi saat pengisian SPT adalah WP lupa password untuk masuk ke akun pengisian e-filing di laman DJP online. Mahasiswa yang bertugas melayani dan WP memandu mereka untuk masuk ke e-mail yang digunakan untuk mendaftar e-filing. “Sebelumnya harus memasukkan kode e-fin terlebih dahulu, baru kita buka e-mail,” jelas Zulasfi, salah satu relawan Tax Center.
Setelah itu, akan ada kotak masuk yang menuntun WP untuk mengganti password akun. “Sebaiknya password akun DJP disamakan dengan password e-mail, agar tidak lupa,” tegas Sulis. Tidak sedikit juga WP yang lupa kode e-fin, e-mail, dan password. “Kalau sudah begini, WP harus mengurus langsung ke kantor DJP,” pungkas pembina Tax Center tersebut. (ir/nd)

Lebih Lanjut »
HUMANIORA AKAN RILIS EL-FARABI
Jumat, 15 Maret 2019 . in Berita . 120 views
1863_elfarabi.jpg

GEMA-Komunitas mahasiswa di UIN Malang selalu berkembang. Tak hanya yang tergabung dalam OMIK yang biasa disebut Unit Kegiatan Mahasiswa, namun ada juga yang bernaung dalam fakultas maupun jurusan. Seperti El-Farabi yang ada dalam asuhan Fakultas Humaniora. Meski tergolong baru, komunitas musik tersebut sudah kerap kali diundang dalam beberapa acara.
Dibentuk pada awal 2018, anggota komunitas ini tergolong rutin latihan setiap minggunya. Beberapa mahasiswa tentu sudah tidak asing dengan alunan-alunan musik yang sering terdengar di gedung Fakultas Humaniora.
Menurut Dr. Siti Masitoh, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, anggota El-Farabi sudah sering mendapat undangan untuk perform. “Untuk saat ini masih di Kotamadya dan Kabupaten Malang,” imbuhnya.
Untuk mengenalkan komunitas ini pada khalayak, Masitoh menyatakan akan mengadakan acara rilis. “Kami rencanakan pada 19 Maret ini,” ujarnya berbagi informasi. Dalam acara launching tersebut, panitia mengemasnya dalam Apresiasi Seni dan Budaya.
Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga sekaligus meramaikan Hari Musik Nasional yang diperingati di Bulan Maret, tepatnya setiap 9 Maret. Tak hanya diisi dengan performance anggota El-Farabi, beberapa dosen Fakultas Humaniora juga akan turut serta mempersembahkan tarian, vokal, dan deklamasi puisi. (nd)

Lebih Lanjut »
VISITASI AKREDITASI MOMEN EVALUASI INSTITUSI
Jumat, 15 Maret 2019 . in Berita . 100 views
1862_visitasi.jpg

GEMA-Sesi akhir asesmen lapangan, seluruh asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) beserta jajaran pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan (tendik) UIN Malang berkumpul di Ruang Senat Rektorat Lt. 4, Kamis (14/3). Dalam kesempatan itu, para asesor menyampaikan hasil wawancara dengan dosen, tendik, mahasiswa, alumni, serta pengguna jasa.
Dimulai dengan Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D. yang menyimpulkan hasil wawancara dengan mahasiswa dan alumni UIN Malang. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan alumni. Utamanya terkait fisik UIN Malang yang semakin hari semakin megah dibanding beberapa tahun sebelumnya.
Alumni pun, menurut Prof. Marwan, memberikan saran untuk dicatat pihak kampus. Mereka ingin agar pihak UIN Malang, terkhusus para dosen, agar lebih melebarkan sayap keilmuannya. “Keilmuan dosen tidak bisa diragukan lagi, cuma dirasa kurang speak up ke luar kampus atau bahkan di kancah nasional,” jelasnya.
Selanjutnya, Prof. Dr. Budi Nurani R., M.Si. menyampaikan garis besar informasi yang didapat ketika berdiskusi dengan dosen, tendik, dan pengguna jasa. Beberapa catatan disampaikan oleh dosen dan tendik terkait hal yang dapat memotivasi kinerja dan keilmuan. “Mereka ingin ada sebuah bentuk penghargaan yang dapat dijadikan motivasi untuk berkembang lagi,” tutur wanita berkacamata tersebut.
Sementara itu, dari sisi pengguna jasa lulusan UIN Malang, Prof. Budi menyoroti beberapa hal yang cukup unik. “Seluruh pengguna jasa menyatakan bahwa lulusan UIN Malang memang cukup menonjol khususnya dalam perilaku,” ia melanjutkan, “Bahkan mereka jadi penggerak di lingkungan kerjanya untuk mengadakan kegiatan religius.”
Sebelum mengakhiri sesi, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. menyampaikan apresiasi atas kunjungan keempat asesor yang ditunjuk BAN-PT. Ia berharap, agar momen asesmen ini menjadi bahan evaluasi bagi institusinya agar semakin berkembang dan membangun imej positif. Ia pun tak lupa mendeklamasikan syair yang ia buat hari itu yang ditujukan khusus untuk keempat asesor.
Selama sehari, keempat asesor yang diutus BAN-PT melakukan tugasnya dalam tahapan asesmen lapangan. Tahapan ini adalah tahap kedua dari rangkaian reakreditasi universitas yang diajukan UIN Malang. Untuk kepentingan tersebut, pihak kampus memajang pameran UIN Malang dari masa ke masa di lt. 1 Gedung Rektorat.
Selain itu, di lt. 4, setiap fakultas memajang produknya di stan yang dipersiapkan panitia. Sedangkan di lt. 5, beberapa karya kaligrafi juga terpampang. UIN Maliki Press juga nampak membangun stan untuk memajang buku-buku terbitan sivitas akademik UIN Malang. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG SUDAH LAMPAUI TAHAP TIGA
Kamis, 14 Maret 2019 . in Berita . 330 views
1861_prof-marwan.jpg

GEMA-Dalam salah satu sesi audiensi saat asesmen lapangan, Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D. memeriksa Road Map Pembangunan UIN Malang 2005-2030, Kamis (14/3). Menilik kelima tahapan yang tertera, UIN Malang pada 2019 ini berada di tahap tiga, yakni regional recognition and reputation.
Pada tahap ketiga tersebut, UIN Malang menarget pembangunan imej di skala regional dari 2016 hingga 2020. Faktanya, menurut data yang terkumpul, UIN Malang bahkan sudah mulai menjajaki tahap keempat. Yaitu tahap international recognition and reputation. “Ini berarti UIN Malang sudah bisa dikatakan melangkah ke tahap yang lebih tinggi dibanding targetnya. Itu tentu pencapaian yang bagus,” pujinya disambut tepuk tangan hadirin di Aula Rektorat Lt. 5.
Fakta ini didasarkan pada data statistik penerimaan mahasiswa asing yang tidak hanya berasal dari skala Benua Asia. “Dari 29 asal negara mahasiswa asing ini, bahkan sudah sampai ke Benua Afrika. Ini berarti sudah bukan sekadar skala regional lagi,” tambah Prof. Marwan.
Ditambah lagi, menurut data yang didapatkan oleh tim asesor, UIN Malang rutin menerima students exchange. Juga, menjadi tuan rumah bagi mahasiswa dari Benua Australia yang mengikuti In-Country Program di Fakultas Humaniora yang fokus pada pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia.
Prestasi ini, tentu menjadi poin plus bagi UIN Malang. Kampus di Jalan Gajayana ini selalu giat berbenah dan mengembangkan setiap aspek di lingkungannya. Hasil akreditasi yang memuaskan tentu sangat diharapkan seluruh sivitas akademik UIN Malang agar bisa menuju tahapan menuju World Class University. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up