Daftar Penulis: Iffatunnida


Komitmen UIN Malang Hasilkan Generasi dengan 4 Kekuatan Literasi
Sabtu, 2 Maret 2024 . in Berita . 105 views
6916_rek.jpg

UIN Malang-Memasuki era Pasar Global, Indonesia diharuskan memiliki sumber daya manusia yang siap berperan serta memajukan bangsa di tingkat internasional. Dalam sambutannya pada gelaran Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana ke-79 Periode I Tahun 2024, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. optimis bahwa kampusnya selalu siap berkontribusi menyumbangkan generasi emas. "Komitmen UIN Malang ialah mendidik dan meluluskan generasi bangsa yang memiliki empat kekuatan literasi, yaitu moral, spiritual, intelektual, dan profesional," jelasnya.
Ia melanjutkan, dengan ramainya Pasar Global, Indonesia tak hanya dituntut lihai di kawasan regional ASEAN, namun juga cakap bergerak di kawasan yang lebih luas lagi. Tentu, hal ini membuat persaingan semakin sengit. Namun, ia optimis, dengan bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia beberapa tahun ke depan, Indonesia memiliki SDM yang memadai dan mumpuni untuk tetap menjalankan peran negara serta memajukan imej di kancah global.
Dalam kesempatan yang sama, Prof. Zainuddin juga berbagi beberapa prestasi yang baru saja diraih oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam asesmen yang dilakukan BAN-PT tahun 2023, kampus berlogo Ulul Albab ini kembali memperoleh Predikat Unggul. Sejak 2013, UIN Malang konsisten mendapat pujian sebagai Universitas Terbaik dalam Pengelolaan BLU Bidang Pendidikan. Di level internasional, UIN Malang mendapat sertifikasi layanan bertaraf internasional dari ISO 9001:2015. Tak hanya itu, UIN Malang membuat Penghargaan UI Greenmetrics 2023 universitas paling berkembang dan berkelanjutan yang respon terhadap Green Campus. Sejak 2021, UIN Malang tersertifikasi oleh lembaga regional ASEAN University Network-Quality Assurance.
Tak hanya itu, UPT Perpustakaan Pusat milik UIN Malang konsisten meraih Predikat A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan yang dilakukan pihak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan masih banyak lagi predikat yang diraih oleh kampus ini, rektor dan jajaran pimpinan UIN Malang sangat optimis bahwa kampusnya memiliki peran yang sama besar dengan institusi unggul lainnya dalam menyiapkan generasi emas Indonesia hingga tahun-tahun selanjutnya. (nd)

Lebih Lanjut »
69% Sarjana Kantongi Predikat Cum Laude
Sabtu, 2 Maret 2024 . in Berita . 111 views

 

6914_sar.jpg

UIN MALANG-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar Wisuda ke-79 Periode Pertama Tahun 2024 dengan meluluskan 800 mahasiswa dari jenjang studi S1 hingga S3. Sesuai dengan laporan kelulusan yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademi Prof. Dr. Umi Sumbulah, sebanyak 485 sarjana meraih IPK di kategori Cum Laude, atau sebesar 68,9% dari jumlah sarjana yang dikukuhkan hari itu. Hal ini membanggakan karena menunjukkan keseriusan generasi masa depan Indonesia dalam menempuh pendidikan sebagai aset bangsa.

Menurut laporan wakil rektor Bidang Akademik, 704 wisudawan jenjang S1 diwisuda di periode pertama tahun 2024 ini. Wisudawan jenjang S2 sebanyak 64, dan S3 sebanyak 6 wisudawan. UIN Malang juga berhasil meluluskan Program Profesi Dokter di periode ini sebanyak 26 dokter.

Tidak seperti periode sebelumnya, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tidak menjadi jumlah mayoritas dalam kelulusan periode pertama tahun 2024, yakni hanya sejumlah 96 wisudawan. Kelulusan terbanyak diraih oleh Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 262 wisudawan. Adapun jumlah wisudawan fakultas lainnya dirinci sebagai berikut, 144 wisudawan Fakultas Syariah, 116 wisudawan Fakultas Humaniora, 20 wisudawan Fakultas Psikologi, 61 wisudawan Fakultas Ekonomi, 47 wisudawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan 54 wisudawan Program Pascasarjana.

Selanjutnya, di ujung laporan kelulusan wisuda, Prof. Umi juga mengumumkan tiga mahasiswa yang meraih predikat lulusan terbaik di masing-masing jenjang pendidikan. lulusan Sarjana Terbaik diraih oleh Laila Hanifatul Habibah, mahasiswa Jurusan Ahwalu Syakhsiyah, Fakultas Syariah asal Kabupaten Madiun dengan IPK 3,97. Lulusan Program Magister Terbaik diraih oleh Aji Wahyudin, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam asal Kabupaten Kediri dengan IPK sempurna 4,0. Sedangkan, lulusan Program Doktor Terbaik diraih Moh. Khoirul Fatihin, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam asal Kabupaten Kudus dengan raihan IPK 3,80. (nd)

Lebih Lanjut »
Kunjungan Pengelola Jurnal Puslitbang Lektur Kemenag ke UIN Malang
Senin, 18 Desember 2023 . in Berita . 164 views
6512_jurnal.jpg


UIN Malang-Menginternasionalisasi jurnal bukan perjalanan yang instan. Persiapannya bisa menahun dan menguras energi serta pikiran. Hal ini menjadi concern bagi setiap pengelola jurnal dimanapun. Untuk berdiskusi mengenai internasionalisasi jurnal, khususnya persiapan indeksasi Scopus, para pengelola jurnal di bawah naungan Puslitbang Lektur Kementerian Agama RI mengadakan kunjungan ke Pusat Publikasi Ilmiah-LP2M sebagai rumah bagi seluruh penerbitan jurnal ilmiah di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rombongan dari Kemenag disambut oleh Ahmad Abtokhi (Sekretaris LP2M), M. Anwar Firdausy (Kepala Pusat Publikasi Ilmiah), Rohmani Nur Indah (Ketua Rumah Jurnal), dan Ernaning Setiyowati (Pimred Journal of Islamic Architecture). Sementara itu, personel dari Kemenag ialah pengelola Jurnal Heritage of Nusantara dan Jurnal Lektur Keagamaan, yakni Fakhriati, I Nyoman Suwardi, Yazid Hady, dan Dicky Wahyudi.
Fakhriati menyatakan bahwa maksud kedatangannya ialah untuk belajar mengenai persiapan submit indeksasi Scopus. “Tidak hanya ingin belajar, tentunya kami ingin bisa berkolaborasi dengan pengelola jurnal di UIN Malang,” tutur Managing Editor Jurnal Heritage of Nusantara tersebut.
Yazid Hady melanjutkan, pihaknya sampai saat ini hanya bisa menerka-nerka, apa yang menjadi standar CSAB Scopus dalam menilai jurnal. “Bisa jadi menurut kita jurnal A sangat kurang, namun ternyata malah terindeks Scopus. Jadi kita bingung, apa yang sebenarnya jadi pakem CSAB,” ujar Editor Jurnal Lektur Keagamaan itu.
Dalam sambutannya, M. Anwar Firdausy menuturkan bahwa sampai saat ini pun, pihak Rumah Jurnal UIN Malang terus berusaha mengadakan program yang memfasilitasi para pengelola jurnal ilmiah. Beberapa jurnal yang dirasa siap dalam berbagai aspek, akan diberi pembekalan intensif dengan mengundang pakar dari asesor yang berpengalaman. “Tahun 2022 kami ajukan tiga jurnal yang ternyata belum beruntung. Tahun ini ada dua jurnal lagi, semoga kali ini lolos dan terindeks Scopus,” papar Dosy, sapaan akrabnya.
Sementara itu, Indah dan Erna menjelaskan bahwa perlu manajemen yang baik dan rapi dalam mempersiapkan internasionalisasi jurnal. Di JIA sendiri, jelas Erna, setiap editor bertanggung jawab atas beberapa naskah, “Editor tersebut menangani artikel dari mencarikan reviewer sampai publish. Tentunya, sebelumnya saya sudah mengajari mereka berbagai hal mengenai jurnal.”
Sementara itu, Indah tetap yakin bahwa salah satu faktor terpenting agar suatu jurnal dapat lolos terindeks Scopus adalah memiliki focus and scope yang unik. Selain itu, jajaran penulis di jurnal juga harus berpengalaman. “Makanya, sebagai pengelola, kita harus berkorban waktu, mencari dan meminta naskah dari penulis-penulis yang sudah berpengalaman nulis di jurnal internasional bereputasi,” ujarnya. (nd)

Lebih Lanjut »
Tidak Semua Calon Gubes Tahu Bidang yang Ingin Digelutinya
Jumat, 8 Desember 2023 . in Berita . 144 views
6478_iasf.jpg


UIN Malang-Kunjungan LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang setelah dari UIN Raden Mas Said Surakarta ialah menuju Studio Irwan Abdullah Scholar (IAS) di area Kaliurang, Yogyakarta, Jumat (8/12). Rombongan Malang yang dipimpin oleh Sekretaris LP2M, Ahmad Abtokhi, M.Pd. ditemui oleh Dr. Hasse Jubba, M.A., salah satu mentor di IAS yang mempunyai julukan Si Raja Scopus.
UIN Malang yang beberapa tahun belakangan fokus dalam melahirkan guru besar baru dari berbagai program studi, sering menggunakan jasa Studio IAS asuhan Prof. Irwan Abdullah dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Selama sekitar seminggu, beberapa dosen akan dipondokkan ke IAS untuk intens melahirkan karya ilmiah dengan tujuan terbit di jurnal terindeks Scopus.
Hasse mengungkapkan, selama menerima beragam tenaga pendidik dari berbagai universitas di Indonesia, problem yang dihadapi sangat beragam. "Bahkan, ada yang tidak tahu mereka itu mau meneliti di bidang apa," ia pun melanjutkan, "namun itu tidak masalah, program kami diawali dengan pemetaan sehingga para calon guru besar tahu bidang apa yang ingin dikuasai dan diteliti."
Dosen Bidang Politik Islam di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga mengungkapkan, IAS sedang mendesain kurikulum baru. Nantinya, program akan lebih segar dengan tips dan trik baru. "Tentu fokus kami adalah mempermudah para calon gubes untuk menulis artikel," imbuhnya.
Ahmad Abtokhi menyampaikan, pihak UIN Malang ingin terus meneruskan kerjasama dengan IAS. Tujuan utamanya ialah memperbanyak dosen yang menelurkan karya ilmiah yang terbit di jurnal bereputasi, baik itu reputasi nasional (Sinta) maupun internasional. "Kami yakin, semua yang kami programkan itu juga manfaatnya kembali ke dosen-dosen tersebut, juga kampus," jelas dosen Bidang Ilmu Fisika ini. (nd)

Lebih Lanjut »
Dialog LP2M UIN Malang dan UIN Surakarta
Jumat, 8 Desember 2023 . in Berita . 153 views
6472_mlgsolo.jpg

UIN Malang-Menutup 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan balasan ke LP2M UIN Raden Mas Said Surakarta, Jumat (8/12). Dikawal Ahmad Abtokhi (Sekretaris LP2M UIN Malang), para personel dari Malang terdiri dari kepala pusat dan pusat studi. Rombongan Malang disambut hangat oleh tim LP2M UIN Surakarta. Ramah-tamah bertempat di Ruang Meeting UPT TIPD.
Sambutan pembuka disampaikan oleh Muhammad Latif Fauzi, Ketua LP2M UIN Surakarta yang baru saja dilantik 1 November lalu, menggantikan Zainul Abas yang didaulat menjadi Wakil Rektor 1. Kedatangan tamu ini, menurutnya, juga bisa menjadi forum sharing. Apalagi, fokus LP2M di kedua kampus ini sama, yaitu mengembangkan penelitian dan pengabdian di universitas.

6473_mlgsolo1.jpg


Selanjutnya, Zainul Abas, WR1 UIN Raden Mas Said Surakarta juga menyempatkan hadir dalam forum dialog kedua LP2M tersebut. Ia menilai bahwa LP2M kampusnya harus banyak belajar pada UIN Malang. "Tata kelola LP2M di Malang, termasuk output dan outcome kegiatannya sangat rapi," ujarnya. Ia menduga karena UIN Malang menerapkan IKU (Indikator Kinerja Utama) yang terpusat langsung di rektor dan diturunkan ke lembaga-lembaga terkait.
Sementara itu, Ahmad Abtokhi mengawali forum sharing dengan mengenalkan pusat dan pusat studi di bawah naungan LP2M UIN Malang. Ia juga menuturkan, meski nampak menaungi banyak pusat studi, jumlah staf LP2M termasuk kurang. "Kebanyakan staf kami tentatif yang kami beri SK Rektor dan dibayar melalui remun tiap semester," jelasnya.

6474_solomlg2.jpg


Menanggapi penuturan Zainul Abas, WR1 UIN Surakarta, mengenai tata kelola, Abtokhi menilai bahwa kinerja LP2M UIN Malang terbantu dengan adanya sistem repository. Dikelola langsung oleh UPT Perpustakaan Pusat, repository menjadi tempat penyimpanan hasil kinerja. "Seluruh hasil pengabdian dan penelitian yang dilakukan dosen, wajib diunggah di repository agar dapat diberikan reward oleh kampus," ungkapnya.
Selama kunjungan, personel LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disambut oleh Zainul Abas (Wakil Rektor 1), Muhammad Latif Fauzi (Ketua LP2M), dan Fathan (Sekretaris LP2M) UIN Raden Mas Said Surakarta. (nd)

Lebih Lanjut »
LHS: Upaya Penyadaran Kembali Tata Cara Beragama yang Baik
Rabu, 6 Desember 2023 . in Berita . 285 views
6466_totmod.jpg


UIN Malang-Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI periode 2014-2019 hadir langsung di Malang sebagai salah satu narasumber Training of Trainers (ToT) Penguatan Moderasi beragama. LHS, sapaan akrabnya, mengurai konsep moderasi beragama yang digagas Kementerian Agama. Ia menegaskan bahwa moderasi seringkali disalahtafsirkan oleh orang yang tidak paham esensinya. "Banyak yang mengira bahwa Moderasi Beragama merupakan posisi tengah antara benar dan salah, atau antara haqq dan bathil. Padahal, Moderasi yang dimaksud bukanlah hal tersebut" terangnya.
LHS melanjutkan bahwa moderasi yang dimaksud adalah berada di tengah antara dua kutub ekstrim: Ifrath dan Tafrith. Hal ini ditengarai oleh cara atau sikap beragama yang terlalu berada di ujung; terlalu kekanan-kananan atau terlalu kekiri-kirian.
"Yang terlalu ke kanan misalnya, ia memahami al-Quran dari segi tekstual tanpa memahami konteks dari ayat tersebut. Hal ini mengakibatkan pemahaman yang dangkal akan teks agama. Sebaliknya, terlalu ke kiri maksudnya ia menginterpretasi agama menggunakan logika semata sehingga melahirkan tafsir-tafsir yang bahkan memiliki potensi keluar dari makna teks al-Qur'an itu sendiri. Dalam hal ini, Moderasi berarti berada di tengah antara kedua hal di atas. Berarti moderat adalah melihat keduanya: teks dan konteks" tegas LHS.
Selain itu, istilah beragama juga harus dipahami secara mendalam. Menurutnya, Beragama dan Agama adalah dua hal yang berbeda. Moderasi Beragama bukanlah Moderasi Agama. Jadi, yang dimoderasi bukanlah Agama itu sendiri. Sebab, Agama pada hakikatnya sudah moderat. Yang menjadi problem adalah cara atau sikap beragama dari penganut suatu agama.
Ia menegaskan "Sikap, cara pandang beragama inilah yang harus dibawa ke tengah. Jadi. Moderasi beragama adalah penyadaran kembali akan esensi dan tata cara beragama yang baik bagi penganut suatu agama" pungkasnya.
Di hadapan 30 peserta yang terdiri dari para pejabat struktural UIN Malang ini, LHS menegaskan bahwa perbedaan seringkali timbul di ranah yang furu'iyyah, bukanlah Ushuliyyah. Jika perbedaan itu di ranah Furu'iyah, maka tidak ada cara lain selain bertoleransi.

Penulis & Fotografer: Rois Imron

Lebih Lanjut »
Utamakan Keselamatan dan Keamanan, serta Hindari Kekerasan saat KKM
Rabu, 6 Desember 2023 . in Berita . 137 views
6465_bekall.jpg


UIN Malang-Tak hanya mendapat arahan dari pihak Bakesbangpol Kabupaten Malang, peserta KKM Reguler 2024 UIN Malang juga mendengarkan materi dari Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang, Ahmad Yanny Suryono Hasan, Rabu (6/12). Sesuai dengan fokus kerjanya, ia mengingatkan mahasiswa agar tidak menggunakan kekerasan selama 40 hari pelaksanaan KKM di 93 desa yang tersebar di 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang.
Ia melanjutkan, kalaupun peserta KKM melihat ada tindakan kekerasan, “Silakan laporkan pada kami,” tegas Suryono. Seluruh kasus yang dilaporkan masyarakat nantinya akan ditindak tegas. “Sudah ada Undang-Undang yang mengatur hal ini. Para pelaku kekerasan akan mendapat sanksi yang setimpal,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ahmad Abtokhi berpesan agar mahasiswa peserta KKM 2024 tidak mengabaikan keselamatan. Baik itu mulai berangkat dari kampus menuju tempat KKM, maupun saat di desa tempat pengabdian. “Bukan cuma pihak kampus yang akan kewalahan, tapi orang tua kalian di rumah juga akan khawatir,” imbuhnya.
Selanjutnya, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. Syaiful Mustofa menyampaikan beberapa pesan yang dititipkan oleh pihak kecamatan serta desa saat Sosialisasi KKM Reguler Selasa kemarin (5/12). Di antaranya ialah, sebelum pelaksanaan KKM, setiap perwakilan kelompok sudah harus mensurvey lokasi serta mencari tempat hunian sementara. Agar nantinya, ketika mulai KKM secara resmi pada 20 Desember 2023 mendatang, mahasiswa sudah memiliki informasi yang pasti.
Mahasiswa bersama DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) juga harus menyampaikan surat pengantar dari LP2M UIN Malang yang merupakan follow-up dari Bakesbangpol Kabupaten Malang.
Syaiful juga menyampaikan bahwa, program kerja selama KKM dibuat sesuai dengan kemampuan. “Pihak desa tidak ingin proker yang muluk-muluk, yang penting aplikatif,” jelasnya. Jika program dibuat berlebihan, dikhawatirkan nantinya peserta KKM hanya semangat di awal pelaksanaan saja dan mulai mengendur semangatnya menjelang akhir KKM. (nd)

Lebih Lanjut »
Pelaksanaan KKM Lintas Keilmuan dan Sektoral
Rabu, 6 Desember 2023 . in Berita . 158 views
6453_bekal.jpg


UIN Malang-Pada Pembekalan KKM Reguler 2024 bagi Mahasiswa, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Malang, Drs. Kasiyanto, MM. memberi arahan pada seluruh ketua kelompok mahasiswa yang hadir di Aula Gedung Rektorat Lt. 5, Rabu (6/12). Ia mengapresiasi program KKM UIN Malang yang fokus membantu visi-misi Kabupaten Malang sebagai realisasi MoU kampus dengan pemerintah terkait. Sebagai program pengabdian kepada masyarakat, KKM merupakan program lintas keilmuan dan lintas sektoral.
Kasiyanto menjelaskan, KKM UIN Malang dinyatakan lintas keilmuan karena peserta mahasiswa yang diterjunkan ke masyarakat berasal dari program studi yang berbeda. Sehingga, masyarakat tidak hanya menerima manfaat dari satu keilmuan saja, namun kombinasi dari seluruh prodi yang ada di UIN Malang.
Selanjutnya, Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Malang tersebut juga menyampaikan, KKM merupakan program lintas sektoral karena mahasiswa akan berkesempatan bekerjasama dengan stakeholder di masyarakat. Ia memberi contoh, jika ada program di bidang kesehatan, maka mahasiswa harus berkomunikasi dengan UPT Puskesmas setempat. "Jangan bergerak sendiri, karena walaupun mahasiswa memiliki ilmu yang cukup, kalian masih belum pernah praktik. Maka, mahasiswa butuh tenaga teknis yang sudah berpengalaman untuk membimbing secara langsung," tegas Kasiyanto.

6454_bekal1.jpg


Ia pun mengingatkan, karena saat ini merupakan masa kampanye menjelang Pemilu 2024, maka masa KKM tahun ini akan rawan. Ia mengingatkan agar mahasiswa tidak terlibat kampanye dalam bentuk apapun. "Jangan sampai program KKM yang sudah direncanakan dengan sangat baik ini ditunggangi oleh oknum-oknum yang berkepentingan," paparnya.
Yang terakhir, Kasiyanto berharap agar para DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) sering mengontrol mahasiswa selama 40 hari pelaksanaan KKM. Hal ini dimaksudkan agar KKM dapat benar-benar terlaksana dengan aman dan sesuai petunjuk teknis yang disepakati kampus dan pihak masyarakat. (nd)

Lebih Lanjut »
Program KKM Harus Bersinergi dengan Program Desa
Rabu, 6 Desember 2023 . in Berita . 150 views
6449_sosialisasi4.jpg


UIN Malang-Pada sesi terakhir agenda Sosialisasi dan Evaluasi KKM Reguler 2024 bagi ketua camat dan kepala desa yang ditempati KKM di Kabupaten Malang, seluruh camat yang diundang menyampaikan arahannya, Selasa (5/12). Dalam momen yang bertempat di Aula Lt.2 Gedung Micro Teaching tersebut, seluruh camat menyepakati beberapa hal, salah satunya ialah mensinergikan program yang direncanakan grup KKM Reguler UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan program yang sudah digagas di desa masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar, "Program yang digagas dapat memberikan kebermanfaatan baik bagi peserta KKM dan desa yang ditempati," tutur Ahmad Taufiq Juniarto, MM., Camat Ngajum.
Pensinergian program kerja juga ditujukan agar mahasiswa dan pihak desa selalu berkoordinasi. Sehingga, dalam pelaksanaannya, KKM 2024 tidak keluar dari jalur yang ditetapkan. "Dalam proses ini nanti akan ada bimbingan yang intens dari pemerintah dan kelembagaan masyarakat di desa. Jadi mahasiswa yang merasa baru di lingkungan KKM, akan cepat beradaptasi," papar Nandang Jumantara, MM., Camat Tumpang.

6450_sosialisasi5.jpg


Selain itu, sesuai amanah Kasiyanto, Sekretaris Bakesbangpol Malang, para Camat kembali menegaskan bahwa tidak boleh ada satu acara pun nantinya yang disisipi dengan agenda kampanye. Mengingat saat ini adalah masa promosi menjelang Pemilihan Umum 2024, tentunya acara-acara kemasyarakatan rentan digunakan sebagai ajang kampanye, baik itu pilpres maupun pileg.
Selanjutnya, Didik Agus Mulyono, Camat Poncokusumo menyampaikan bahwa, sesuai tema besar KKM Reguler 2024 UIN Malang yang mengusung misi moderasi beragama, maka ia ingin agar peserta mahasiswa tidak menyentuh ranah sensitif. "Jangan sampai ada paham dan kebiasaan yang berbeda dengan masyarakat yang ditempati," pesannya. Hal ini agar nantinya mahasiswa bisa berbaur dengan rukun dan damai dengan masyarakat pedesaan yang ditempati. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up