Daftar Penulis: Iffatunnida


Program Doktor Ekonomi Syariah Sukses Gelar Ujian Terbuka Perdana 
Selasa, 23 Juli 2024 . in Berita . 531 views
7401_s3eko.jpg

HUMAS UIN MALANG-Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menorehkan sejarah dengan sukses menggelar ujian terbuka perdana, Rabu (20/7). Ujian ini menjadi momen penting bagi program studi yang baru berdiri 3,5 tahun ini. Luthfi Abdillah, menjadi doktor pertama yang dikukuhkan dalam ujian terbuka ini. Disertasinya berjudul "Analisi Pengaruh Digital Shari'ah Bank Experience (DSBE) terhadap Customer Benefit, dengan Customer Loyality sebagai Variabel Mediasi" menarik perhatian banyak pihak. Hadir dalam kegiatan ini para pakar Ekonomi Syari'ah, dosen, mahasiswa Prodi Doktor serta pihak terkait dan pemerhati pengembangan Ekonomi Syari'ah di Indonesia.

Ujian terbuka ini dihadiri oleh berbagai pakar ternama di bidang Ekonomi Syariah, termasuk Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bigger Adzanna Maghribi, Prof. Setyo Wahyudi, SE, M.Sc, Ph.D. (Universitas Brawijaya Malang), Prof. Dr. Wahid Murni, SE, M.Pd., Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, MA., Dr. H.Ahmad Djalaluddin, Lc., MA., Prof. Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag., dan Dr. Indah Yuliana, SE., MM.

Dalam paparannya, Luthfi menyoroti tentang potensi besar Perbankan Syariah di Indonesia yang belum teroptimalkan. Digital Shari'ah Bank Experience (DSBE) yang dikemukakannya dalam disertasi ini menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja Perbankan Syariah dan meningkatkan daya saingnya di tengah dominasi perbankan konvensional.

7402_s3ekoo.jpg

Ketua Program Studi Doktor Ekonomi Syariah UIN Malang, Prof. Dr. Nur Asnawi, menyatakan bahwa ujian terbuka ini merupakan bagian penting dari proses akademik untuk memastikan kualitas lulusan. Ia juga menyampaikan komitmen prodi untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di bidang Ekonomi Syariah, serta berkontribusi dalam pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia dan internasional.

Ujian terbuka perdana ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Program Studi Doktor Ekonomi Syariah UIN Malang. Keberhasilan ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus berkarya dan menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas di bidang Ekonomi Syariah.

Lebih Lanjut »
PTKIN Sepakati Penataan Rumpun Ilmu dan Penguatan Mutu Kelembagaan
Kamis, 11 Juli 2024 . in Berita . 144 views
7352_wr1.jpeg


HUMAS UIN MALANG-Forum Wakil Rektor Bidang Akademik (WR 1) dan Wakil Ketua 1 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Swissbell Hotel Kendari, Rabu-Sabtu (10-13/7). Acara yang diinisiasi oleh IAIN Kendari ini dihadiri oleh 30 peserta WR 1/WK 1 dari berbagai PTKIN di Indonesia.
Salah satu fokus utama FGD ini adalah pembahasan kebijakan penataan rumpun ilmu keagamaan. Kebijakan ini nantinya akan menjadi lampiran Peraturan Menteri Agama (PMA) terkait kenaikan jabatan fungsional dosen. Dalam kebijakan baru ini, diusulkan adanya kesetaraan uji kompetensi untuk kenaikan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar di lingkungan Kementerian Agama.
Selain itu, FGD ini juga membahas rencana pembuatan buku terkait implementasi moderasi beragama di masing-masing PTKIN. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi perguruan tinggi dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan kampus.
Pada kesempatan ini, para peserta FGD juga berdiskusi tentang penguatan mutu kelembagaan PTKIN menuju Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul (APT). Beberapa PTKIN, seperti UIN Malang, UIN Yogyakarta, UIN Lampung, UIN Aceh, dan UIN Purwokerto, telah memiliki kontrak APT unggul dan menjadi contoh bagi PTKIN lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikannya.
FGD Forum Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Ketua 1 PTKIN ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan dan rekomendasi yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di PTKIN.

Lebih Lanjut »
Seluruh Peserta KKM 2024 UIN Malang Diberangkatkan
Jumat, 5 Juli 2024 . in Berita . 206 views
7342_kkm1.jpg
Seluruh peserta KKM 2024 berdoa bersama sebelum berangkat ke lokasi KKM masing-masing


HUMAS UIN MALANG-Liburan semester telah tiba. Namun bagi mahasiswa tahun ketiga, ini masa mengikuti KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa). Seluruh kategori KKM, diberangkatkan oleh Kepala Pusat Studi Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Syaiful Mustofa, M.Pd. dari depan Gedung Rektoran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (5/7). Seluruh kategori KKM yang diberangkatkan ialah KKM Reguler Gelombang Kedua, KKM Kolaborasi Nasional Mandalika di Kabupaten Lombok Barat, KKN Kolaborasi Nusantara IAIN Madura di Kabupaten Pamekasan, KKN Kolaborasi Nusantara Ternate di Kabupaten Halmahera, KKN Kolaborasi Nusantara Persemakmuran Ex IAIN Sunan Ampel di Kabupaten Jember, KKM Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama PTKIN/PTKIS di Kabupaten Kuningan, serta KKN Kolaborasi Internasional di Serawak Malaysia.
Syaiful Mustofa menuturkan, dengan hidup di lingkungan yang benar-benar baru, mahasiswa atau peserta KKM nusantara serta internasional akan lebih terlatih. “Mereka akan dengan sendirinya semakin dewasa dan matang dalam menghadapi berbagai persoalan, baik itu di skala nasional, maupun global,” ujarnya. Tak hanya itu, peserta KKM diharapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih luas kepada masyarakat di tempat KKM-nya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

7343_kkm2.jpg


KKM dimulai pada 8 Juli hingga 19 Agustus 2024. Tema KKM tahun ini beragam, KKM Reguler fokus pada program yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Malang, “Stunting, Parenting, Kemiskinan Ekstrem, dan Moderasi Beragama.” KKM Kolaborasi di wilayah Indonesia lainnya bertema “Membangun Desa Berkelanjutan Berbasis Penguatan Moderasi Beragama dan Potensi Lokal.” Sedangkan, KKM Internasional diberi tema “Spiritual, Kemanusiaan, Kesehatan, dan Pendidikan untuk Membangun Peradaban di Dunia Internasional.” (nd)

Lebih Lanjut »
PKPBI Fasilitasi Mahasiswa Berkreasi dengan Bahasa Inggris
Sabtu, 8 Juni 2024 . in Berita . 185 views
7270_jreng.jpg


UIN MALANG-Menjelang akhir semester genap Tahun Akademik 2023-2025, Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris kembali mengadakan English Exposure. Tahun ini tema yang diambil oleh panitia ialah Global Voices, Local Echoes. Dilaksanakan selama tiga hari (6-8/6), acara ditutup dengan panggung musik bertempat di Aula Gedung C (Pusat Pengembangan Bahasa) lt. 3, Sabtu (8/6). Seperti pelaksanaan English Exposure tahun-tahun sebelumnya, pihak PKPBI mengadakan beberapa perlombaan, yaitu Vlog, Akustik, Reels, dan The Researchers (Mini Research).
Menurut Dr. Agwin Degaf, MA., Ketua PKPBI, seluruh perlombaan diikuti perwakilan masing-masing program studi yang terdiri dari beberapa orang dalam satu tim. Kegiatan tidak hanya sekadar mengasah kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa semester empat, tetapi juga melatih mahasiswa untuk berkreasi dalam sebuah teamwork. "Lomba-lomba yang kami rancang pun bersifat kekinian. Contohnya Reels yang sedang hits di Instagram di kalangan mahasiswa," jelas Agwin.
Dari jumlah peserta yang mendaftarkan diri dalam masing-masing kategori lomba, antusiasme mahasiswa dapat terlihat. Persaingan tak bisa dihindari. Tim juri dari kalangan pengajar Mata Kuliah Bahasa Inggris 2 pun dipaksa untuk tetap objektif saat menilai hasil karya mahasiswa. Pada acara puncak, seluruh pemenang diumumkan. Untuk Lomba The Researchers: Juara 1 Prodi Tadris Matematika, Juara 2 Prodi Farmasi, dan Juara 3 Prodi Teknik Arsitektur. 

7271_pkpbi.jpg

Lomba Vlog: Juara 1 Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Juara 2 Prodi Perbankan Syariah, dan Juara 3 Prodi Manajemen. Lomba Reels Instagram: Juara 1 Prodi Matematika, Juara 2 Fisika, dan Juara 3 Prodi Hukum Keluarga Islam. Sementara itu, Lomba Akustik: Juara 1 Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Juara 2 Prodi Manajemen, Juara 3 Prodi Kimia. Agwin berharap agar kegiatan English Exposure di tahun mendatang akan tetap ada dengan skala yang lebih besar dan meriah. Pihaknya juga tetap terus berkomitmen untuk memberi ruang bagi mahasiswa untuk berkreasi dengan menunjukkan hasil pembelajaran Bahasa Inggrisnya selama dua semester. (nd)

Lebih Lanjut »
UIN Malang Diamanahi Kemenaker RI Dampingi BLK-Komunitas
Sabtu, 8 Juni 2024 . in Berita . 161 views
7272_blk1.jpg


UIN Malang-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia memberikan kepercayaan kepada Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang untuk melakukan pendampingan di beberapa Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di seluruh Indonesia pada tahun 2024.
Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. Isroqunnajah, M.Ag. datang untuk penandatanganan berita acara Nota Kesepahaman Swakelola Tipe II Kegiatan Pendampingan BLK-Komunitas Menjadi Inkubator Wirausaha tersebut.
Pendampingan BLK Komunitas menjadi inkubator wirausaha bukan hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi juga di wilayah lain di seluruh Indonesia. Secara khusus, BLK Komunitas yang nantinya akan didampingi oleh UIN Malang yaitu yang berada di berbagai pesantren dengan berbagai bidang kompetensi. Tujuan utama program ini adalah untuk menjadikan BLK Komunitas sebagai inkubator wirausaha bagi masyarakat, terutama di lingkungan pesantren. Program ini secara khusus diharapkan dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan dan mengurangi pengangguran.

7273_blk2.jpg


Secara teknis, program ini akan melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, dan sivitas akademika UIN Malang sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama antara UIN Malang, Kemenaker yang dikoordinasi oleh Dirjen Pembinaan PenempatanTenaga Kerja dan perluasan kesempatan kerja Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja (BBPKK), dan BLK Komunitas diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat di berbagai wilayah.

Lebih Lanjut »
Prof. Irwan Abdullah Terapkan Rumus PREC Saat Menulis
Jumat, 31 Mei 2024 . in Berita . 585 views
7228_iawork.jpg


UIN MALANG-Membekali para dosen yang menjadi penerima dana penelitian tahun anggaran 2024, Pusat Studi Penelitian yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) mengadakan Workshop Academic Writing, Jumat (31/5). Acara yang dilaksanakan di Home Theater Fakultas Humaniora ini menghadirkan pemilik 67 artikel jurnal ilmiah yang terindeks Scopus, Prof. Dr. Irwan Abdullah.
Setidaknya, ada 4 (empat) komponen yang harus diperhatikan saat menulis paragraf dalam artikel ilmiah. Pertama, P (point). Apa ide utama yang ingin disampaikan oleh penulis terkait tema yang diambil. Sesuai namanya, P harus brief dan merepresentasikan hal-hal yang ingin digarisbawahi oleh penulis terkait topik yang dibahas.
Kedua, R (reasons) memuat supporting kalimat untuk menjabarkan maksud dari elemen P. Di bagian ini, penulis dapat menghadirkan referensi teori yang digunakan atau terkait dengan topik yang dibahas. “Dengan adanya teori atau referensi yang relevan, statemen yang kita kemukakan di P menjadi semakin kuat,” imbuh guru besar Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta ini.
Ketiga, E (evidences/bukti). Untuk semakin memperkuat statemen dan teori, maka penulis perlu menjabarkan contoh-contoh yang nyata terjadi. “Contoh kalau kita membahas ketimpangan sosial di kalangan remaja saat ini, maka jadikan beragam berita yang memuat kasus anak durhaka pada orang tua atau guru,” papar pemilik IA Scholar Foundation tersebut. Terakhir, untuk meringkas statemen dan referensi serta makin menegaskan opini penulis, maka suatu paragraf harus ditutup dengan C (conclusion/kesimpulan).
Dengan menerapkan keempat elemen PREC ini, tulisan kita akan tersusun secara sistematis mengikuti kaidah penulisan artikel ilmiah. “Penulis enak bacanya, mudah dipahami. Editor jurnal pun tidak akan mau menolak tulisan kita,” ujar Prof. Irwan. Ia juga menambahkan bahwa muatan artikel tidak perlu terlalu banyak. Konten yang dicantumkan hanya yang perlu saja; bagian yang tidak terlalu penting sebaiknya dibuang. Tak hanya itu, Prof. Irwan juga menyatakan, untuk mengetahui kebaharuan artikel hasil penelitian kita, maka ada baiknya kita mencari tema serupa terlebih dahulu. Agar kita tahu, apa yang harus ditambahkan dalam penelitian kita dan menjadikannya unik. (nd)

Lebih Lanjut »
Wakil Menag: Latih Diri Bertenggang Rasa Terima Perbedaan
Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 311 views
7131_wamenag.jpg


UIN Malang-Wakil Menteri Agama, H. Saiful Rahmat Dasuki, S.IP., M.Si. hadir di Gedung Sport Center, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka memberikan sambutan pada gelaran Wisuda ke-80, Periode Kedua Tahun 2024, Sabtu (4/5). Sebagai wakil dari Kementerian Agama Republik Indonesia, sambutannya berfokus pada diseminasi topik Moderasi Beragama. Ia menyatakan, Indonesia memperoleh anugerah melimpah dengan banyaknya suku dan ras, serta diakuinya 6 agama yang sah. Semua ini tentu tak lepas dari takdir Allah swt. "Ia yang menghendaki Indonesia dengan keberagamannya. Tentu mudah pula bagi-Nya untuk membuat hanya satu agama di dunia," tuturnya. Namun, Tuhan berkehendak dengan menghadirkan bermacam agama serta kepercayaan di dunia dan juga Indonesia.
Keberagaman yang tercipta ini, lanjut Wamenag, merupakan media untuk belajar seluruh umat manusia. Manusia diminta untuk mengelola dan memahami perbedaan, serta bertoleransi. Hal ini seperti yang tercantum dalam al Quran, Surat Al-Hujurat: 13. Penekanannya ialah pada kata lita'arrofu. "Kita diharuskan untuk saling mengenal, memahami, mengetahui karakter orang lain yang berbeda dengan kita," ia melanjutkan, "dengan pengetahuan ini, maka lahirlah sikap-sikap Moderasi Beragama dan menghargai sesama."
Pemerintah menunjukkan komitmennya untuk meleburkan moderasi beragama ke dalam setiap aktivitas kehidupan. Hal ini tertuang pada Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama. Aturan ini adalah wujud komitmen untuk tidak menghilangkan kemajemukan di Indonesia. "Sehingga, bahasan moderasi beragama tidak hanya sekadar kata-kata, namun fokus kita bersama untuk memelihara keseimbangan. Hal ini terkait dengan nilai-nilai kebersamaan dan tenggang rasa sebagaimana yang diajarkan di agama kita, Islam," jelas Gus Saiful yang berulang tahun setiap 7 Desember tersebut.
Seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dihadiri oleh 800 wisudawan. Mereka terdiri dari 563 wisudawan jenjang S1 (sarjana), 217 wisudawan jenjang S2 (magister), 19 wisudawan jenjang S3 (doktor), dan 1 wisudawan Pendidikan Profesi Dokter. Menurut laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. sebanyak 362 wisudawan S1 meraih IPK kategori Cum Laude. Jumlah ini menjadi mayoritas dengan persentase sebanyak 64%. (nd)

Lebih Lanjut »
Fitriyani: Orang Desa Pun Bisa Sukses Raih Impian
Sabtu, 4 Mei 2024 . in Berita . 326 views
7130_fitri.jpg


UIN Malang-Pada seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fitriyani, Wisudawati Program Studi Farmasi dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif 3,80, Sabtu (4/5). Tak hanya itu, ia juga berbangga diri karena dapat menyelesaikan seluruh kewajiban perkuliahan sarjananya hanya dalam 7 semester atau 3,5 tahun. Tetap rendah hati, Fitriyani menyatakan bahwa dosen-dosen serta teman-temannya sangat suportif dalam penyelesaian studi S1-nya tersebut. "Semoga seluruh ilmu yang diajarkan dosen-dosen kita selama perkuliahan dapat teraplikasikan, meski sekecil apapun itu, dalam kehidupan profesional kita ke depannya," imbuh Fitriyani.
Ia masih tidak menyangka, dengan keterbatasan keluarganya yang tinggal di desa, ia diberikan anugerah oleh Allah untuk bisa melanjutkan studi hingga menjadi sarjana. "Tak bisa saya bayangkan dulu. Bahkan untuk melanjutkan SMA saja saya memakai seragam bekas yang diberikan kepada saya," kisahnya. Namun, keterbatasan-keterbatasan yang ia alami tidak pernah sekalipun mematahkan semangat Fitriyani untuk belajar hingga ke jenjang yang lebih tinggi. "Bahkan sampai sekarang saya bisa melanjutkan pendidikan di Program Profesi Apoteker," ucapnya bersyukur.
Fitriyani adalah satu dari di antara sekian mahasiswa yang dinyatakan lulus pendidikan S1 tanpa perlu menempuh penyusunan Skripsi layaknya mahasiswa S1 lainnya. Hal ini ia capai karena banyaknya karya ilmiah yang sudah ia terbitkan, baik di jurnal berskala nasional maupun internasional. Tak hanya itu, semasa kuliah, Fitriyani adalah mahasiswa yang berprestasi dan beberapa kali mewakili UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di event bergengsi internasional. "Dengan dukungan kampus, saya bisa mengharumkan nama almamater hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Turki," tuturnya. Ditambah lagi dengan beragam prestasi akademis yang selalu ia torehkan selama tujuh semester menempuh pendidikan di kampus berlogo Ulul Albab ini.

Seremonial Wisuda Periode Kedua Tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dihadiri oleh 800 wisudawan. Mereka terdiri dari 563 wisudawan jenjang S1 (sarjana), 217 wisudawan jenjang S2 (magister), 19 wisudawan jenjang S3 (doktor), dan 1 wisudawan Pendidikan Profesi Dokter. Menurut laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. sebanyak 362 wisudawan S1 meraih IPK kategori Cum Laude. Jumlah ini menjadi mayoritas dengan persentase sebanyak 64%. (nd)

Lebih Lanjut »
LP2M Siapkan Rencana Kinerja Hingga 2025 untuk Dukung Visi Kampus
Jumat, 22 Maret 2024 . in Berita . 233 views
7010_ast.jpg


UIN MALANG-Memasuki akhir trimester pertama 2024, seluruh lembaga di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan rancangan kinerja untuk sepanjang 2024 hingga perencanaan setahun ke depan, 2025. Begitu juga Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) sebagai lembaga yang mengelola dua poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni penelitian dan pengabdian masyarakat. Selama dua hari (21-22/3), LP2M beserta pusat dan pusat studi di bawah naungannya fokus menggarap rencana kinerja dua tahun di Aston Inn Batu.
Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., Ketua LP2M UIN Malang, menyatakan rencana kinerja yang disusun setiap pusat dan pusat studi akan sejalan dengan IKU (Indikator Kinerja Utama) rektor. “Tidak akan ada kegiatan yang menyimpang dari IKU rektor dan turunannya,” tegasnya. Workshop dua hari ini diadakan untuk memastikan bahwa seluruh program atau kegiatan yang direncanakan akan berjalan efektif dan efisien.
Target seluruh program dari LP2M tentunya untuk mewujudkan cita-cita besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai kampus yang unggul dan bereputasi internasional. Karena itu, tutur Prof. Agus, target dari setiap program pusat dan pusat studi harus mengarah ke situ.

7011_astt.jpg


Ahmad Abtokhi, Sekretaris LP2M, menambahkan, workshop selama dua hari ini merupakan follow-up dari Rapat Pimpinan Universitas yang telah berjalan di awal Maret 2024. Dari amanah para pimpinan itu, maka LP2M menginstruksikan pusat dan pusat studi di bawahnya untuk merancang sebaik mungkin program yang linier dengan kinerja LP2M.
Ia menyatakan, “Sebenarnya beberapa target pimpinan sudah tercapai di tahun lalu, jadi tugas tahun ini dan 2025 hanyalah sekedar mempertahankan prestasi dan meningkatkannya.” Contohnya, gol dua jurnal ilmiah terindeks Scopus sudah dicapai di akhir 2023 dengan diterimanya De Jure (jurnal di bawah naungan Fakultas Syariah) dalam pengindeks tersebut. Maka, tugas selanjutnya ialah mengawal beberapa jurnal lain yang digadang bisa menembus indeksasi Scopus.
Abtokhi juga menegaskan bahwa, apapun program kerja yang disusun hendaknya berkiblat pada standar internasional. Seperti, perancangan program di Pusat Kesehatan Masyarakat, harus menarget rumah sakit-rumah sakit di luar negeri. Sehingga nantinya, saat masa akreditasi, poin yang diraih bisa tinggi. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up