Dua Hari Workshop, PSIS UIN Maliki Sajikan Paket Lengkap Materi Integrasi
Fatkhul Ulum Selasa, 23 November 2021 . in Berita . 136 views
3485_a.jpg

HUMAS-Usai dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Prof. Umi Sumbullah, M. Ag. Workshop Peningkatan kompetensi dosen bidang Integrasi Islam dan sains langsung menuju sesi pembahasan materi. Kegiatan yang bertempat di Hall Utama, eL- Hotel Kartika Wijaya Batu itu diisi oleh lima narasumber dengan pembahasan materi yang berbeda-beda sampai hari keduanya ini. Selasa(23/11)

Tampil sebagai narasumber yang pertama yakni Dr. Agus Maimun, M. Pd. Dalam kesempatan itu, dosen senior yang saat ini menjabat sebagai Ketua LP2M UIN Maliki Malang menyampaikan terkait dasar dari penting adanya integrasi Islam dan sains. Menurut Agus Maimun, apabila di UIN Maliki Malang adanya integrasi dilandasi empat pilar yang menjadi jargon yakni kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Ia juga menjelaskan tentang lingkup kajian ilmu yang integral dan universal. Sehingga integrasi bukan hanya mengaitkan antara ilmu umum dengan ayat-ayat al-Quran namun lebih dari itu karena integrasi bukan hanya sekedar pembelajaran melainkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan.

3486_a.jpg

Lanjut pada narasumber yang kedua diisi oleh Dr. Shofiyullah Muzammil. Materi yang beliau sampaikan yakni tentang paradigma integrasi interkoneksi dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Kemudian pada narasumber berikutnya, yakni materi ketiga diisi oleh Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro, D. Sc. Beliau memaparkan tentang desain pengembangan pembelajaran berbasis integrasi dan interkoneksi.

Sedangkan untuk materi keempat yang berisi tentang implementasi pengembangan pembelajaran berbasis integrasi dan interkoneksi disampaikan oleh Dr. Imelda Fajriati, M. Si. Materi terakhir yakni tentang penyusunan draf dan outline buku ajar berbasis Islam dan sains sebagai implementasi integrasi dan interkoneksi dalam pembelajaran dipaparkan oleh narasumber dari UIN Maliki lagi, beliau adalah Dr. M. Mujab, MTh, Ph. D.

3487_a.jpg

Di penghujung acara, sebelum workshop ditutup oleh Ketua panitia pelaksana, Dr. Begum Fauziyah,M.Farm maka diumumkannya pemberian tugas bagi peserta yakni membuat atau menyusun draf artikel dan segera dikumpulkan ke kantor Pusat Studi Islam dan Sains(PSIS) dalam bentuk hard file. "Silahkan anda semua memilih sendiri pasangannya untuk menjadi satu tim dalam mengerjakan tugas tersebut sebagai tindaklanjut dari acara kita selama dua hari ini", ucap Bu Begum sapaan akrabnya.(ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up