Daftar Penulis: Fatkhul Ulum


UIN Maliki Support Fasilitas Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2021
Minggu, 5 Desember 2021 . in Berita . 15 views
3546_a.jpg
Pemeriksaan Kelengkapan Kesehatan PCR

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ( UIN Maliki) menjadi tempat pelaksanaan Tes SELEKSI KOMPETENSI BIDANG(SKB) bagi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021. Lokasi ujian yang berlangsung selama lima hari kedepan Minggu-Kamis(5-9/12) berada di Gedung B dengan menggunakan beberapa ruang kelas yang telah disetting sedemikian rupa sehingga memang sangat memadai dan telah memenuhi standar pelaksanaan tes SKB tersebut.Minggu(5/12)

3547_a.jpg
Pemeriksaan Dokumen kelengkapan oleh panitia

Fasilitas ruang tes SKB yang telah disediakan oleh panita terdiri dari Ruang Kesekretariatan (1 ruang), Ruang Penguji( 5 ruang), Ruang ujian peserta (3 ruang), dan Ruang tunggu peserta (2 ruang). Selain menyediakan ruang tes yang memadai, tim panitia pelaksana tes SKB di kampus yang berlogo Ulul Albab itu juga menerapkan protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Berikut adalah alur bagi peserta tes yang akan mengikuti ujian tes SKB, yakni pertama peserta yang baru datang dipersilahkan segera mencuci tangan dengan sabun dan air bersih tempatnya telah disediakan oleh panitia. Kedua peserta wajib dicek suhu badannya. Ketiga, peserta melakukan registrasi dengan memeriksa segala berkas kelengkapan persyaratan tes. Keempat, peserta menitipkan barang bawaan yang tidak diperlukan saat tes SKB berlangsung. Kelima, peserta dipersilahkan masuk ke ruang tunggu (steril) sambil menunggu gilirannya untuk masuk ke ruang ujian. Sebagai antisipasi dan siaga covid-19, panitia pelaksana juga menyediakan ruang khusus yakni ruang isolasi yang difungsikan untuk para peserta yang mungkin terindikasi covid dan atau memiliki masalah kesehatan ringan, misal: mendadak pusing, demam, kelelahan, sakit perut, dsb.

3548_a.jpg

Sedangkan untuk pelaksanaan ujian dari tes SKB CPNS terbagi menjadi tiga sesi, yakni dimulai dari sesi ujian praktek kerja pada hari Minggu-Senin(5-6), kemudian lanjut sesi ujian wawancara/interview pada hari Selasa-Rabu(7-8) dan sesi yang terakhir adalah ujian tes psikologi (psikotes) pada hari Kamis(9/12).

Hadir di lokasi kegiatan tes SKB sekaligus meninjau langsung pelaksanaan ujiannya, yakni Wakil Rektor bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, S. Ag, M. Si, Kabiro AUPK, Drs. Mahfudz Shodar, M.Ag, didampingi perwakilan Unit keuangan, Unit OKH dan tim panitia pelaksana.(ptt)

Lebih Lanjut »
Senat UIN Maliki Gelar Forum Pembahasan dan Perumusan Kebijakan
Minggu, 5 Desember 2021 . in Berita . 43 views
3544_a.jpg
Ketua Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, M.Ag dari Kanan, Prof. Nur Syam, M. Si dab Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. dalam acara Forum Perumusan Kebijakan Senat 


HUMAS-Senat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menyelenggarakan agenda pembahasan dan perumusan kebijakan. Forum yang dihadiri oleh seluruh anggota senat UIN Maliki Malang, para jajaran rektorat, para guru besar, jajaran dekanat, dan para pimpinan unit-unit universitas ini berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu(6-8/12) di The Singhasari Resort: Hotel and Convention, Kota Batu. Senin(6/12)

Dalam sambutannya, ketua senat UIN Maliki Malang, Prof. Muhtadi Ridwan menyampaikan seberapa penting adanya forum yang tujuannya tidak lain seperti apa yang menjadi kegiatan di dalamnya, yakni melakukan pembahasan terkait segala hal yang harus dirumuskan bersama-sama untuk menentukan kebijakan senat demi kemajuan dan perkembangan institusi/lembaga. Oleh karena itu, Prof. Muhtadi begitu sapaan akrabnya pun mengajak kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk bisa fokus, bekerjasama, berfikir keras, tepat dan cerdas dalam usaha menyusun program-program terbaik yang nanti menjadi kebijakan senat.

3545_a.jpg

Selaras dengan apa yang disampaikan ketua senat, dalam arahannya rektor UIN Maliki Malang, Prof. Zainuddin, MA pun juga menegaskan bahwa terselenggaranya forum dari senat itu begitu penting untuk diikuti oleh para jajaran pimpinan mulai dari rektorat, fakultas dan unit-unit universitas. Sehingga Prof. Zain sapaan akrabnya itu mengharapkan keseriusan dan komitmen para peserta dalam forum tersebut agar aktif berdiskusi, membahas dan memberikan masukan, pemikiran, ide-ide kreatif dan inovatif sehingga muncul rumusan terbaik yang menjadi kebijakan senat dalam wujud program-program tertentu. Dimana program tersebut bertujuan tidak lain untuk melakukan regulasi, perubahan, perbaikan demi kemajuan dan pengembangan lembaga atau institusi.
"Semoga melalui forum yang penting ini, kita semua bisa bersinergi untuk mewujudkan visi universitas dengan menyesuaikan roadmap yang sedang berjalan hingga menghasilkan program kebijakan yang bisa dijalankan oleh rektor", pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Nur Syam, M. Si sebagai narasumber menjelaskan tentang peluang dan tantangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Era revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Profesor pendiri sekaligus direktur Nur Syam Center, Surabaya itu menyatakan bahwa kehidupan di era milenial ini dimulai dari kolaborasi sehingga bagi siapapun yang mampu berkolaborasi di berbagai aspek/lini maka dialah yang bisa menguasai.(ptt)

Lebih Lanjut »
ORGANISASI MAHASISWA (ORMAWA) SIAP BERPRESTASI DAN BEREPUTASI INTERNASIONAL
Kamis, 2 Desember 2021 . in Berita . 102 views
3537_a.png
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. bersama Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, UPI Bandung Prof. Dr. Didi Sukyadi, MA dalam rangka Benchmarking

HUMAS-Bagian kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang di pelopori oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. sedang melakukan kegiatan Benchmarking ke UPI Bandung. Rombongan ini terdiri dari Staf Kemahasiswaan, Para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaa, Pembina, DEMA U, SEMA U dan Ketua UKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Benchmarking yang dilakukan di UPI Bandung ini dilakukan untuk memperdalam gerakan Organisasi Kemahasiswaan agar bisa berprestasi dan bereputasi International dalam semua lini.Kegiatan Benchmarking ini bertujuan mencari model pembinaan maupun kepelatihan yang mampu merespon roapmap UIN Maliki Malang, menjadikan universitas bereputasi internasional

 

3538_a.jpg

Dalam sambutannya Wakil Rektor bidang kemahasiswaanUIN Maulana Malik Ibrahim Malang,  Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag. mengatakan bahwa study komparasi (benchmarking) ini sangatlah penting agar dapat mencari pola yang tepat dalam pembinaan maupun pelatihan UKM. sehingga dapat menjuarai kompetisi nasional maupun kompetisi Internasional. Hal ini dapat dilihat bahwa UKM di UPI Bandung baru saja menjurai mobil hemat energi yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek Dikti yang ke 9 di Graha UNESA Surabaya.  Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong perubahan mental, mindset, pola pikir maupun pembinaan yang berada di UIN Maliki Malang”, ajak  Fatah Yasin sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Didi Sukyadi, MA menyampaikan bahwa sekarang ini, cerminan masa depan bangsa tergambar dari para aktivitas UKM mengelola organisasi yang produktif , kreatif dan berpikir out of the box. “Jumlah UKM di UPI mengalami penambahan setiap tahunnya,sekarang ini berjumlah ada 66 UKM yang bersifat spesifik bidang garapannya,tentunya ini didasarkan untuk merespontuntutan era digitalisasi dan menjadi garda terdepan menjadi obor perubahan sedari awal”, Ujar Didi Sukyadi

Lebih Lanjut »
ISLAGE KE-3 PUBLIKASIKAN PENELITIAN BERKUALITAS
Rabu, 1 Desember 2021 . in Berita . 105 views
3531_a.jpg
Sambutan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, M.A. dalam acara ISLAGE ke-3 Tahun 2021

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) melalui Program Pasca Sarjana(PPS) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lekture Khasanah Keagamaan dan manajemen organisasi Kementerian Agama Republik Indonesia(Kemenag RI) dan International Research Center for Islamic History, Art and Culture (IRCICA) di Turki menyelenggarakan International Symposium On Religious Literature and Heritage (ISLAGE) Tahun 2021. Acara simposium internasional yang ketiga kalinya ini bertempat Hotel Swiss-Belinn Malang dan berlangsung selama tiga hari(30/11-2/12) secara during dan luring. Selasa(30/11)

3532_a.png

ISLAGE ke-3 ini dihadiri oleh 12 pembicara undangan internasional yang merupakan representasi dari para ahli Sastra Keagamaan, Warisan Budaya, dan Medical Tradisional. Selain itu juga menghadirkan 68 pembicara paralel dari Indonesia, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Sudan, dan Uzbekistan. Para pembicara undangan internasional itu diantaranya sebagai berikut: 1). Prof.Dr.Phil. Al Makin, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Indonesia, 2). Prof. Dr. Azyumardi Azra* dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta Indonesia, 3). Prof. Sutiman Bambang Sumitro, D.Sc dari Universitas Brawijaya, Malang Indonesia, 4). Prof.Dr.FX. Eko Armada Riyanto CM* dari Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang Indonesia, 5).Prof. Dr. Mudjia Rahardjo dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang Indonesia, 6). Prof. Dr. Oman Fathurrahman* dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta Indonesia, 7). Prof. Dr. Faisal Mahmoud Adam Ibrahim dari University of the Holy Quran and Islamic Science, Sudan, 8). Prof. Dr. Umi Sumbulah dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang Indonesia, 9). Prof. Dr. Eka Srimulyani dari UIN Ar-Raniry Aceh Indonesia, 10). Asosiasi Prof. Dr. Otabek Mukhammadiev dari Imam Bukhari International Scientific Research Center, Samarkand, Uzbekistan, 11). Asosiasi Prof. Dr. Shovosil Ziyodov dari Pusat Penelitian Ilmiah Internasional Imam Bukhari, Uzbekistan, dan 12). Dr. Dick Van Der Meij* dari DREAMSEA’s Academic Advisor and Liaison Officer.

Oleh karena itu dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Zainuddin, MA menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pembicara undangan internasional tersebut. Kemudian tidak lupa Prof. Zain sapaan akrabnya ini mengungkapkan rasa syukurnya karena meski di masa pandemi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat berkontribusi aktif dan berkolaborasi dengan Kementerian Agama RI dan Pusat Penelitian Agama Islam serta IRCICA dari Turki untuk mengadakan simposium internasional yang kali ini mengusung tema "Religious Cultural Heritage and Literature in Facing Global Challenges".

3533_a.jpg

Selanjutnya ucapan terimakasih juga Prof. Zain tujukan kepada para pemateri dan para peserta yang telah bergabung di event tersebut. "Terima kasih, anda semua telah berbagi ide-ide besar yang smart sebagai terobosan dalam pengembangan dunia akademik", ucapnya.
Rektor asal Bojonegoro ini memiliki harapan besar bahwa adanya simposium itu bisa menjadi salah satu momen monumental dalam mempersiapkan generasi terbaik di masa depan, menjawab berbagai pertanyaan dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat di seluruh nusantara dan dunia. "Sekali lagi Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, semoga di kesempatan ini Anda mendapati simposium yang hebat, luar biasa, berkesan dan tak terlupakan", pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
ISLAGE 3, SIAPKAN GENERASI TERBAIK MASA DEPAN
Selasa, 30 November 2021 . in Berita . 86 views
3528_islage.jpg

 

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) melalui Program Pasca Sarjana(PPS) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lekture Khasanah Keagamaan dan manajemen organisasi Kementerian Agama Republik Indonesia(Kemenag RI) dan International Research Center for Islamic History, Art and Culture (IRCICA) di Turki menyelenggarakan International Symposium On Religious Literature and Heritage (ISLAGE) Tahun 2021. Acara simposium internasional yang ketiga kalinya ini bertempat Hotel Swiss-Belinn Malang dan berlangsung selama tiga hari(30/11-2/12) secara daring dan luring. Selasa(30/11).

ISLAGE ke-3 ini dihadiri oleh 12 pembicara undangan internasional yang merupakan representasi dari para ahli Sastra Keagamaan, Warisan Budaya, dan Medical Tradisional. Selain itu juga menghadirkan 68 pembicara paralel dari Indonesia, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Sudan, dan Uzbekistan. Para pembicara undangan internasional itu diantaranya sebagai berikut: 1). Prof.Dr.Phil. Al Makin, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Indonesia, 2). Prof. Dr. Azyumardi Azra* dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta Indonesia, 3). Prof. Sutiman Bambang Sumitro, D.Sc dari Universitas Brawijaya, Malang Indonesia, 4). Prof.Dr.FX. Eko Armada Riyanto CM* dari Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang Indonesia, 5).Prof. Dr. Mudjia Rahardjo dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang Indonesia, 6). Prof. Dr. Oman Fathurrahman* dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta Indonesia, 7). Prof. Dr. Faisal Mahmoud Adam Ibrahim dari University of the Holy Quran and Islamic Science, Sudan, 8). Prof. Dr. Umi Sumbulah dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang Indonesia, 9). Prof. Dr. Eka Srimulyani dari UIN Ar-Raniry Aceh Indonesia, 10). Asosiasi Prof. Dr. Otabek Mukhammadiev dari Imam Bukhari International Scientific Research Center, Samarkand, Uzbekistan, 11). Asosiasi Prof. Dr. Shovosil Ziyodov dari Pusat Penelitian Ilmiah Internasional Imam Bukhari, Uzbekistan, dan 12). Dr. Dick Van Der Meij* dari DREAMSEA’s Academic Advisor and Liaison Officer. 

Oleh karena itu dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Zainuddin, MA menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pembicara undangan internasional tersebut. Kemudian tidak lupa Prof. Zain sapaan akrabnya ini mengungkapkan rasa syukurnya karena meski di masa pandemi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat berkontribusi aktif dan berkolaborasi dengan Kementerian Agama RI dan Pusat Penelitian Agama Islam serta IRCICA dari Turki untuk mengadakan simposium internasional yang kali ini mengusung tema "Religious Cultural Heritage and Literature in Facing Global Challenges".

Selanjutnya ucapan terimakasih juga Prof. Zain tujukan kepada para pemateri dan para peserta yang telah bergabung di event tersebut. "Terima kasih, anda semua telah berbagi ide-ide besar yang smart sebagai terobosan dalam pengembangan dunia akademik", ucapnya. 

Rektor asal Bojonegoro ini memiliki harapan besar bahwa adanya simposium itu bisa menjadi salah satu momen monumental dalam mempersiapkan generasi terbaik di masa depan, menjawab berbagai pertanyaan dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat di seluruh nusantara dan dunia. "Sekali lagi Saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, semoga di kesempatan ini Anda mendapati simposium yang hebat, luar biasa, berkesan dan tak terlupakan", pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
UKM MENWA Adakan Kegiatan Kursus Pembinaan Mental MENWA se-Indonesia (SUSBINTALNAS)
Senin, 29 November 2021 . in Berita . 165 views
3534_a.png
Salah satu pemateri atau GUMIL Ari Sediyanto S.PAK ( Metode dan Teknik Ceramah ) dalam Kursus Pembinaan Mental Nasional ke-IX UKM MENWA BATALYON 811 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

 

HUMAS-UKM MENWA (Resimen Mahasiswa) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  mengadakan kegiatan Kursus Pembinaan Mental Nasional ke-IX (SUSBINTALNAS KE-IX). kegiatan yang di ikuti oleh MENWA seluruh Indonesia ini dilaksanakan secara daring pada hari senin 29/11 dan dibuka oleh WAKABINTAL DAM V Brawijaya Letkol Inf M Fauzi, SE., M. M. bertempat di Gedung C Pusat Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan yang dilaksanakan dimasa pendemi Covid 19 ini tidak menyurutkan niat UKM MENWA BATALYON 811 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk berkarya lewat kegiatan berskala Nasional.

3535_a.jpg
Wakil Komandan MENWA BATALYON 811 Wira Cakty Yudah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada KALAKBINTALJARAH Mayor. Inf. I Ketut Switranaya S.Pd.

DANSATGAS SUSBINTALNAS ke-IX Gilang Febryan Syahputra atau biasa disapa Gilang yang menjadi Kepala Provos (Ka-Prov) periode 2021 mengatakan bahwa peserta dalam  kegiatan ini naik 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. kalau tahun sebelumnya hanya di ikuti sekitar 53 peserta namun kali ini di ikuti oleh 135 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini tidak menyurutkan niat kami dalam mengadakan kegiatan rutin setiap tahunya. Kegiatan ini adalah Program unggulan kami setiap tahun dan ini adalah sebagai wujud tuntutan dari perguruan tinggi kami bahwa masing – masing UKM wajib memiliki program unggulan. Dan tuntutan program unggulan inilah yang bisa kami wujudkan untuk perguruan tinggi kami ungkapnya.

3536_a.jpg
Para Personil Menwa BATALYON 811 Wira Cakti Yuda UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

sementara itu Komandan Satuan MENWA BATALYON 811 Wira Cakti Yudha Agung Rachmat Hidayat atau biasa disapa Agung berharap setelah peserta mengikuti kegiatan ini diharapkan mempu membimbing anggotanya di satuan Resimen Mahasiswa masing-masing sehingga memiliki mental yang tangguh dan bisa menguasai kecerdasan emosional dan spiritual serta kecerdasan intelektual.(ulm)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG RAIH JUARA UMUM OASE I PTKI SE-INDONESIA
Minggu, 28 November 2021 . in Berita . 185 views
3520_a.jpg
Upacara Penutupan Ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


HUMAS-Usai sudah perhelatan Nasional ajang kompetisi Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia pada sabtu malam pukul 23.00 di lapangan UIN Ar-Raniry Nangro Aceh Darussalam. Dalam ajang nasional itu telah di umumkan seluruh para pemenang perlombaan. adapun para pemenang dalam juara umum itu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang masuk dalam daftar pemenang Juara Umum 3 setelah tuan rumah UIN Ar-Raniri Aceh dan UIN Sunan Kalijaga Jogja.

Adapun respon dari Dr. Dwi Suheriyanto selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa dalam setiap pertandingan selalu ada yang menang dan ada yang kalah yang menang jangan sombong dan yang kalah jangan putus asa.hari esok masih panjang bagi adik-adik semua, yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan yang paling penting adik-adik mendapatkan pengalaman berkompetisi di tingkat nasional.

3521_a.jpg
Perwakilan Pengambilan Piala Medali oleh Ketua Kontingen Dr. Dwi Suherianto di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


sementara itu Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dalam statmenya mengatakan bahwa saya sebgai WR 3 merasa bangga dan senang bahwa kontingen dr UIN Malang mendapat peringkat tiga besar dlm ajang perlombaan OASE PTKIN/S se Indenesia, dari seratus lebih perguruan tinggi negeri/swasta di lingkungan kemenag yg ikut berlaga dalam kompetisi tersebut UIN Maliki Malang masih mendapat juara umum peringkat ketiga, ini luar biasa, dalam waktu persiapan yg sangat mepet atau singkat kita masih bisa meraih prestasi yg membanggakan. Mahasiswa UIN Malang memang harus diakui mereka adalah bibit bibit unggul yg perlu dibina terus menerus agar ke depan menjadi yg lebih baik dan berprestasi lagi. Kami ucapkam selamat buat kontingen UIN Maliki malang, kalian adalah pejuang yg bisa mengharumkan nama baik almamater. Tetap giat dalam belajar untuk meraih prestasi yg lebih baik dari hari ini ungkap fatah yasin

Lebih Lanjut »
IKA ALUMNI UIN MALANG DI ACEH TELAH TERBENTUK
Minggu, 28 November 2021 . in Berita . 194 views
3518_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. bersama Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqunnajah dalam pertemuan dengan alumni di kota Banda Aceh.

HUMAS-Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. Bersama dengan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama menerima para alumni UIN Malang yang berada di Aceh. pertemuan yang awalnya tidak sengaja dan hanya pertemuan biasa antara murid dan gurunya sewaktu belajar di UIN Malang. Semua ini dipertemukan karena ada kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset I PTKI se-Indonesia dan  ternyata berlanjut dalam pertemuan pembentukan alumni UIN Malang di ACEH.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. mengatakan bahwa pembentukan IKA Alumni itu sangat penting. untuk memudahkan komunikasi antar alumni dan mempererat tali silaturrahmi serta menghimpun peran alumni dalam pengembangan UIN Malang ke depan.

IKA Alumni ini adalah sebagai wadah atau transformasi informasi kepada masyarakat aceh khususnya para calon-calon mahasiswa baru. alumni bisa bisa berperanmemberikan informasi  kepada calon mahasiswa baru mengenai UIN Malang itu seperti apa sehingga memantapkan hati untuk memilih ke UIN Malang.

3519_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqunnajah dan para wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan dalam pertemuan dengan alumni di kota Banda Aceh.

Sementara itu Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. H. Isroqun Najah atau biasa di sapa Gus is menyatakan bahwa peran alumni sangat penting. bisa dijadikan sebagai ajang untuk tukar pikiran atau juga bisa untuk membuat bisnis bersama yang bernilai ekonomis. Contohnya tentang kuliner. dimalang banyak sekali kuliner yang bisa di adopsi ke aceh untuk menjadi peluang bisnis. karena dimalang sudah hidup sekian tahun dimasa kuliah maka apa yang pernah dilihat kuliner disana bisa ditiru disini untuk menjadi peluang bisnis kuliner. atau ada yg punya usaha di aceh lalu di sondingkan dengan Pusat Bisnis yang ada di UIN Malang kira2 usaha apa dari alumni yang bisa kita pasarkan dan kita informasikan lewat web bisnis yang dimiliki oleh UIN Malang sehingga bisa menambah informasi kepada masyarakat bahwa IKA UIN Malang dari aceh juga punya usaha kuliner pungkasnya.

Adapun sambutan oleh ketua terpilih sementara IKA Alumni UIN Malang di ACEH Bahrul Ilmi Alumni Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Tehnik Informatika mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Fatah selaku wakil Rektor III dan Gus Is selaku wakil Rektor IV yang telah hadir di kota kami yaitu ACEH dalam rangka pembentukan IKA Alumni UIN Malang Di Aceh. Adapun langkah pertama setelah ditunjuk sebagai Ketua IKA Alumni UIN Malang di Aceh adalah kami akan menghimpun para alumni yang belum masuk dalam grup kemudian dalam waktu dekat kami akan menyusun kepengurusan dan melaksanakam mubes dan program kerja pungkasnya.(ulm)

Lebih Lanjut »
Jadi Narasumber di hari ke-5, Inilah Materi dari Rektor UIN Maliki Malang
Sabtu, 27 November 2021 . in Berita . 72 views
3516_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, menjadi Narasumber di hari ke-5, Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)

HUMAS-Sudah terhitung lima hari pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen baru CPNS tahun 2020 dan dosen BLU(pkpba/pkpbi) UIN Maliki Malang. Silih berganti narasumber dari UM tampil menyajikan materi. Kali ini, pelatihan yang bertempat di Gedung A-21 Kampus Universitas Negeri Malang(UM) itu digembleng sendiri oleh Rektor UIN Maliki Malang, yakni Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA.Jum'at (26/11)

Prof. Zain sapaan akrab Rektor UIN Maliki Malang, menjadi pemateri di hari kelima pelatihan PEKERTI dengan menjelaskan tentang integrasi keilmuan melalui teori Vortex(Vortex Theory). Bergaya khas dengan nada yang tegas, Prof. Zain mulai memaparkan materinya secara runtut dan detail. Di awali dengan ulasan berdasarkan teori Vortex yang diwujudkan dengan bagan lingkaran. Profesor asal Bojonegoro itu menjelaskan tentang sumber ilmu yakni Ayat Allah(Qauliyyah dan Kauniyyah).

3517_a.jpg
Foto peserta Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bersama Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Setelah itu dilanjutkan dengan metode pendekatannya yakni secara rasional, empirik dan intuitif. Dalam hal ini, Prof. Zain menerangkan bahwa ayat-ayat Allah sebagai sumber ilmu itu harus dikaji dan digali melalui pendekatan ilmiah maupun filosofis. "Jadi cara atau metode pertama yang mesti dilakukan yakni secara rasional maupun empirik dengan memperhatikan sesuatu itu bisa kah diterima oleh pikiran/akal manusia maupun dibuktikan secara ilmiah (kenyataan)", ucapnya. Jika tidak bisa didekati secara ilmiah (karena pendekatan ilmiah perlu bukti empiris), maka didekati secara filosofis (melalui pemikiran dan perenungan yang mendalam, rasional, sistematis, logis dan metodologis). Demikian juga selain itu bisa menggunakan metode pendekatan lain, yakni intuitif (ilham).

Selanjutnya, pada bagian ketiga berdasarkan bagan teori Vortex yakni dimensi ajarannya meliputi akidah, syariah dan akhlak. Lalu dilandasi dengan aspek ontologis, apistemologis, dan aksiologis.
Sehingga apabila telah ada landasannya maka ketemulah apa yang dinamakan dengan ilmu. Ilmu itu bisa dikategorikan menjadi tiga(secara umum), yakni ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu humaniora. Sedangkan dalam perkembangannya, ilmu itu akan terus mengelaborasi sampai tidak ada batas waktunya. Namun seluruh ilmu yang berkembang itu, apapun jenis ilmunya tidak akan tersekularisasi, karena semua ilmu tersebut berlandaskan sumber dasarnya, yaitu wahyu (kitab suci) dan ayat-ayat Allah SWT.

Kemudian pada fase intinya, Prof. Zain menyebutnya dengan paradigma ilmu islami (Islamic Knowledge Paradigm), yaitu ilmu yang berangkat dari basmalah dan berakhir dengan hamdalah. Dalam setiap memulai pekerjaan selalu dimulai dengan menyebut asma-Nya (komitmen) dan jika sudah selesai mengerjakan sesuatu selalu memuji asma-Nya. Kesimpulannya, menuju harapan agar ilmu yang diperoleh itu berkah, bermanfaat untuk semuanya dan keselamatan umat(rahmatan lil’alamin).

Sebelum mengakhiri materinya, Prof. Zain memberikan tambahan wawasan tentang ciri khas pembelajaran/nilai distingsi di UIN Maliki, yakni integrasi Islam dan Sains, moderasi beragama serta Tarbiyah Ulul Albab. Usai di semua materinya, terakhir para peserta diberi tugas membuat RPS yang memuat nilai ketiga hal tersebut.(ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up