Daftar Penulis: Fatkhul Ulum


Respon Positif Rektor UIN Maliki Tanggapi SE Menag RI
Jumat, 25 Februari 2022 . in Berita . 1859 views
3663_25feb.jpg

Penulis: Putut Wahyu H.

HUMAS-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) Prof. Zainuddin. MA berikan respon positif terkait SE Menag RI tentang pedoman penggunaan pengeras suara atau TOA di Masjid dan Mushola.Jumat(25/2)

"Jadi surat edaran yang dikeluarkan oleh Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang pedoman penggunaan pengeras suara atau TOA sesungguhnya memiliki tujuan yang positif", ucapnya di awal jawabannya.

Menurut Rektor asal Bojonegoro ini, bahwa tujuan dikeluarkannya SE tersebut adalah agar masyarakat itu tetap aman tentram dan damai hingga tidak ada gegaduhan atau keluhan diantara mereka. "SE ini sesungguhnya merupakan kelanjutan dari SE yang sudah ada pada saat menteri Agama Pak. Lukman Hakim Syaifuddin dulu", terangnya.

Menurutnya, adanya SE itu juga akan meneguhkan kembali bahwa Kementerian Agama memiliki bidang dalam pembinaan umat beragama memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis antar umat beragama dalam masyarakat yang majemuk atau prural. "Kita ini adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari enam Agama. Oleh karena itu perlu adanya petunjuk surat edaran yang berhubungan dengan umat beragama seperti SE dari Menag tersebut", terangnya.

Lanjut, masih dari orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini, bahwa apa yang telah diterbitkan oleh Menag saat ini selaras dengan program presiden tertuang dalam rencana program jangka menengah nasional(RPJMN) Tahun 2020 s/d 2024. Yakni pada poin pertama sebagai program prioritasnya adalah revolusi mental dan kebudayaan nasional dan poin ketiga, yakni memperkuat moderasi beragama.

Selanjutnya masih menurut Prof. Zain, begitu sapaan akrabnya bahwa hal itu juga sesuai dengan visi misi Kemenag RI yang tertuang dalam peraturan Menag 18 tahun 2020. "Sehingga adanya SE yang mengatur penggunaan pengeras suara merupakan salah satu saja dari implementasi untuk mewujudkan misi ketertiban dan ketenangan dalam kehidupan bermasyarakat yang memang prural ditinjau dari berbagai aspeknya",pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
WR 4: Agenda Apel Pagi Sebagai Jalan Merapatkan Barisan Menyambut Target UIN Maliki
Senin, 21 Februari 2022 . in Berita . 462 views
3660_a.jpg
Sambutan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag. dalam kegiatan Apel Pagi ke 6 ASN UIN Maliki Malang

HUMAS-Apel pagi setiap hari Senin bagi Aparatur Sipil Negara(ASN) di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki Malang)secara substansial merupakan suatu usaha merapatkan barisan dalam memenuhi target dan tujuan kampus. Terkait banyaknya rencana ataupun agenda pada periode ini (2021-2025) semuanya dilakukan untuk menyongsong roadmap UIN Maliki Malang yakni recognisi dan bereputasi internasional. Hal inilah yang disampaikan oleh Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Pengembangan Lembaga(WR 4) Dr. Isroqunnajah, M. Ag saat menjadi pembina apel pagi.Senin(21/2)

3661_a.jpg

Berlokasi di teras depan Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno, apel pagi berjalan penuh hikmad dan yang bertugas saat itu adalah fakultas Psikologi. Gus Is, begitu sapaan akrab WR 4 ini memaparkan secara ringkas terkait berbagai strategi yang mesti dilakukan kampus berlogo Ulul Albab, diantaranya memperhatikan capaian ranking di Webometric, Akreditasi Program studi (APS), Akreditasi Perguruan Tinggi(APT), dll.

Oleh karena itu untuk memaksimalkan usaha mencapai target universitas disarankan semua elemen kampus terutama para ASN sebagai abdi negara mesti mampu berjalan dan bekerjasama menjalankan tugas dan fungsi (tusi)nya sesuai aturan yang berlaku. Mengakhiri sambutannya, Gus Is mengajak kepada seluruh peserta apel untuk bersama-sama berikhtiar dan berdoa yang terbaik untuk kemajuan lembaga serta berharap agar wabah virus corona segera sirna dan Allah SWT senantiasa menjaga dan melindungi semua warga UIN Maliki.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN Maliki WELCOME dengan MoU dari berbagai Pendidikan Tinggi Islam
Kamis, 17 Februari 2022 . in Berita . 768 views
3658_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Zainuddin, MA. didampingi Wakil Rektor II Bidang AUPK Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si. saat menanda tangani MoU dengan berbagai perguruan tinggi jawa timur.


HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki) kembali dikunjungi tamu istimewa dari Perguruan Tinggi Islam di Jawa Timur. Tamu tersebut ialah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI Tabah) Lamongan dan Universitas K.H A. Wahab Hasbullah(UNWAHA) Jombang. Prosesi penyambutannya berlokasi di ruang Rektor, Lt.1, Gedung Rektorat Ir.(HC) Soekarno.Kamis(17/2)
Tamu yang hadir diwakili langsung oleh masing-masing pimpinan yakni Rektor UNWAHA Jombang, Dr. Anton Muhibuddin, M.P bersama tim dan Rektor IAI Tabah Lamongan, Dr. Alimul Muniroh, M.Ed juga bersama timnya. Tujuan utama dari kunjungan kedua Perguruan Tinggi tersebut selain bersilaturahim yakni ingin menjalin kerja sama dengan UIN Maliki Malang melalui penandatangan nota kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding(MoU).
Secara garis besar, latar belakang dari munculnya MoU dari masing-masing Perguruan Tinggi Islam itu adalah ingin menjalin kerjasama dalam pengembangan kelembagaan dan juga manajemen akademik. Rektor Unwaha menyampaikan besar harapan dari pihaknya dengan adanya kerjasama itu bisa belajar banyak hal dari UIN Maliki Malang. Mulai dari belajar tatanan akdemiknya, pengelolan program studi, pembinaan dosen-dosennya, serta ke depan bisa mendapatkan pendampingan serta support secara teknis bisa menaikkan animo masyarakat agar lebih berminat studi lanjut di perguruan tinggi swasta itu.

3659_a.jpg


Sementara itu, Bu Alimul sapaan akrab rektor IAI Tabah Lamongan menyampaikan bahwa minat adanya kerjasama itu dilandasi adanya keinginan belajar dari UIN Maliki Malang. “Bagi kami, hal ini menjadi momen yang sangat bagus karena bisa belajar banyak ilmu dari universitas Islam Negeri sekaliber UIN Maliki Malang yang telah memiliki berbagai capaian, baik capaian prestasi dsb,. Sehingga nanti kami tidak hanya belajar tentang pengelolaan akademik namun ke depannya nanti kami juga ingin bekerjasama di bidang pengembangan sumber daya manusia(SDM)”, paparnya.
Menanggapi hal tersebut, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Zainuddin,MA bersama jajaran pimpinan lainnya menerima dengan tangan terbuka atau welcome. Intinya kampus berlogo Ulul Albab di Kota Malang ini bersikap terbuka untuk menjalin kerjasama dengan instansi atau lembaga manapun. Bahkan sebelumnya UIN Maliki telah melakukan MoU dengan para pondok pesantren(Ponpes) yang sekarang tidak terhitung jumlahnya. “Tidak hanya perguruan tinggi tetapi pada kami juga ada kerjasama dengan sekolah Umum dan Madrasah namun karena pandemi jadi kunjungan dari sekolahan dibatasi”, ungkapnya. Mengakhiri sambutannya, Prof. Zain sapaan akrabnya menyampaikan secara singkat tentang pentingnya relasi. Ia berharap dengan banyaknya relasi maka akan banyak membawa manfaat bagi instansi apalagi sekarang zaman era digital dan teknologi informasi maka silaturahim melalui komunikasi itu mesti dijaga demi lancarnya kerjasama.(ptt)

Lebih Lanjut »
WR 3 : Jadilah ASN yang Cerdas dan Disiplin
Senin, 14 Februari 2022 . in Berita . 521 views
3656_a.jpg
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag. dalam sambutan Apel Pagi yang ke 5.

HUMAS-Apel pagi di hari Senin ini merupakan agenda rutin kedinasan yang kelima kalinya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pimpinan kampus yang berligo Ulul Albab ini bahwa yang bertugas adalah Fakultas Humaniora. Lokasi pelaksanaan apel pagi seperti yang dilakukan oleh petugas sebelumnya, yakni berada di teras depan Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno.Senin(14/2)

Bertepatan dengan itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim MalangMalang(WR 3), Dr. Ahmad Fatah Yasin, M. Ag diberi amanah menjadi pembina apel. Dalam sambutannya, Ustadz Fatah Yasin begitu sapaan akrabnya ini menyampaikan tentang berbagai macam atau jenis tipologi pekerja. Pertama, seorang pekerja yang cerdas dan disiplin, kedua seorang pekerja yang tidak cerdas tetapi dia disiplin, ketiga seorang pekerja yang cerdas tetapi dia tidak disiplin dan terakhir yang keempat adalah seorang pekerja yang tidak rajin dan juga tidak disiplin. "Mari dan coba kita instropeksi diri masing-masing kita ini masuk pada tipologi yang mana atau nomer berapa?", ucapnya.

3657_a.jpg
Para peserta upacara dari fakultas Humaniora dan Budaya dalam apel pagi ke 5

Selanjutnya, Wakil Rektor yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(Kaprodi S2 PGMI) ini berharap adanya apel pagi setiap hari Senin bisa menumbuhkan jiwa dan semangat baru kepada seluruh Aparatur Sipil Negara(ASN) UIN Maliki Malang baik para dosen(tenaga pendidik) maupun para karyawan (tenaga kependidikan) bisa menjadi seorang pekerja di tipe atau model yang pertama, yakni bekerja dengan cerdas dan juga displin. "Oleh karena itu Kami para pimpinan selalu mensupport dan memotivasi kepada para jajaran di bawahnya agar selalu bekerja lebih baik dari hari kemarin, lebih baik dari minggu kemarin dari bulan kemarin dan tahun kemarin!", pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN Maliki : Program Penambahan Guru Besar Tetap Berlanjut
Kamis, 10 Februari 2022 . in Berita . 1264 views
3653_a.jpg
Sambutan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Zainuddin, MA. dalam rangka pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Hj. Sutiah, M.Pd., Prof. Dr. H. Agus Maimun M.Pd. dan Prof. Dr. H. Nur Ali M.Pd.

HUMAS-Masih berselang seminggu terhitung dari hari Rabu kemarin(2/2) di bulan kedua awal tahun 2022 ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), kembali mengukuhkan para dosennya sebagai Guru Besar(gubes) yang baru. Kali ini ada tiga dosen yang semuanya dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FKIK). Prosesinya berlangsung di Aula Lt.5, Gedung Rektorat Ir.(HC) Soekarno dengan menerapkan protokol kesehatan(prokes) covid-19 yang ketat.Rabu(9/2)

3654_a.jpg
yang di kukuhkan sebagai Guru Besar Prof. Dr. Hj. Sutiah, M.Pd,. Prof. Dr. H. Agus Maimun M.Pd., Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd.

Tiga gubes yang baru tersebut, yakni: Prof. Dr. Hj. Sutiah, M.Pd sebagai Guru Besar Bidang llmu Teknologi Pembelajaran, Prof. Dr. H. Agus Maimun M.Pd sebagai Guru Besar Bidang llmu Pendidikan Islam, dan Prof. Dr. H. Nur Ali M.Pd sendiri yang sekarang menjadi nahkoda FKIK UIN Maliki dilantik sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam.
Rasa bangga dan syukur diungkapkan oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Zainuddin,MA. Dalam sambutannya sekaligus mewakili segenap pimpinan universitas, ia berharap program penambahan guru besar di UIN Maliki Malang tidak berhenti di sini. “Jadi pengukuhan guru besar hari ini bukanlah yang terakhir namun akan terus berlanjut dan itu akan kita galakkan melalui program yang didampingi oleh para wakil rektor serta senat UIN Maliki Malang”, ungkapnya.

3655_a.jpg


Sekarang kampus Islam berlogo Ulul Albab di Malang Raya ini telah memiliki 34 guru besar dan harapannya pada tahun ini akan bertambah lagi hingga 20 guru besar atau bahkan bisa lebih dari itu. Prof. Zain sapaan akrab rektor UIN Maliki menyampaikan bahwa saat ini di kampus yang ia pimpin masih memiliki stok calon atau bakal gubes sebanyak 20 sampai 30 dosen. “Oleh karena itu, mari kita support dan beri dukungan penuh kepada para rekan dosen agar segera menyusul untuk menjadi guru besar yang baru!’, terangnya.Adanya para guru besar di UIN Maliki Malang bisa menjadi aset besar bagi kampus dalam mewujudkan program besarnya sebagai jalan menyongsong menuju World Class Islamic University.(ptt)

Lebih Lanjut »
KONSOLIDASI BRANDING SPAN-UM PTKIN
Jumat, 4 Februari 2022 . in Berita . 381 views
3644_a.jpg
Ketua Forum PTKN Prof. Dr. Mahmud, M. Si. bersama Ketua panitia SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. Imam Taufiq, M. Ag dalam acara pembukaan Konsolidasi HUMAS PTKIN se Indonesia, jumat (4/2/2022)

(Humas) – Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia mengadakan konsolidasi terkait dengan Peneriaan Mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) yang berlangsung di salah satu hotel Semarang, Jum’at (4/2/2022)

Konsolidasi ini bertujuan untuk merumuskan sejumlah strategi publikasi untuk menarik perhatian bagi para calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di PTKIN seluruh Indonesia.disamping itu juga mencari format terbaru agar PTKIN di seluruh Indonesia di minati banyak peserta.

3645_a.jpg
Para peserta konsolidasi HUMAS seluruh PTKIN se Indonesia

Sementara itu, Ketua Forum PTKN Prof. Dr. Mahmud, M. Si mengapresiasi perjalanan kinerja panitia yang sudah berlari cepat untuk melaksanakan tahapan-tahapan SPAN-UM PTKIN.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati berharap agar para humas yang hadir dapat mencermati dengan baik materi-materi yang disampaikan oleh pemateri untuk diaplikasikan di masing-masing PTKIN.

Ketua panitia SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. Imam Taufiq, M. Ag yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang menyebutkan, pertemuan ini bertujuan untuk membangun konsolidasi dan sinergisitas serta komitmen dalam mempublikasikan kegiatan SPAN-UM PTKIN.

3646_a.jpg

Selain itu, sambungnya, diperlukan penyamaan persepsi dalam manajemen dan branding penerimaan mahasiswa baru. Lebih lanjut Rektor UIN Walisongo Semarang ini menuturkan, pihaknya akan untuk merumuskan berbagai kebijakan terkait pelaksanaan SPAN-UM PTKIN.

"Esensinya tentu meningkatkan kemudahan proses pendaftaran, makanya perlu konsolidasi humas PTKIN Se Indonesia,"tandasnya.

Konsolidasi SPAN-UM PTKIN menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Staf Kusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Kepala Sekretariat, Kepala Humas Kementerian Agama RI, Redaktur Sindonews dan Pokja Humas SPAN-UM PTKIN.(ulm)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG JADI SUMBER RUJUKAN PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI
Sabtu, 29 Januari 2022 . in Berita . 440 views
3636_siap.jpg

HUMAS-Eksistensi dari kemajuan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kini makin diakui. Buktinya telah banyak lembaga atau institusi pendidikan tinggi yang berkunjung di kampus berlogo Ulul Albab ini untuk tidak sekedar bersilahturahmi tapi juga menimba ilmu hingga mengadakan kerjasama atau Memorandum of Understanding(MoU). Diantaranya yang baru saja berkunjung di UIN Maliki, yakni Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah(IAIQI) Indralaya, Sumatera Selatan pada Rabu(26/1)dan Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah(Unwaha), Tambakberas Jombang pada Kamis(27/1). Kedua Lembaga disambut ramah oleh jajaran pimpinan UIN Maliki di ruang Rektor, Lt. 1, Gedung Ir. H(HC) Soekarno.Jumat(28/1) 

Meskipun kedua Lembaga pendidikan tinggi tersebut tidak berkunjung dalam waktu yang bersamaan, tetapi memiliki tujuan yang sama. Selain untuk menyambung tali silaturahmi, tujuan penting lainnya adalah ingin "belajar" (menimba ilmu) dari revolusi kemajuan kampus UIN Maliki, serta ingin menjalin kerjasama khususnya di bidang pengembangan akademik. 

IAIQI Indralaya, Sumatera Selatan datang dengan satu timnya diwakili langsung oleh rektor, para wakil rektor, perwakilan dekan dan ketua pusat perpustakaan. Dalam kesempatan tersebut demi mewujudkan cita-citanya yakni merubah status dari institut menuju universitas maka mengadakan beberapa MoU. Selain MoU antar kedua lembaga, ada lagi diantaranya MoU di bidang pengembangan perpustakaan, MoU bidang Studi Tarbiyah dan Studi Ekonomi. 

Sementara itu, dari Unwaha Tambakberas Jombang sendiri juga menjalin kerjasama dengan tujuan utamanya yakni pengembangan sistem pembelajaran, kurikulum dan menejemen akademik yang ada di perguruan tinggi tersebut. Salah satunya harapan besar yang disampaikan oleh rektor Unwaha, Dr. Anton Muhibuddin bahwa ke depan apabila memang bisa diselenggarakan studi dengan program double degree maka kampusnya siap untuk menyesuaikan segala keperluan akademiknya dengan yang ada di UIN Maliki Malang. "Jadi bukan UIN Maliki yang minta pada kami tapi sebaliknya kami yang meminta kepada kampus UIN Maliki ini. Oleh karena itu, mohon arahan, bimbingannya dari rektor beserta dukungan kerja samanya dari pimpinan UIN Maliki Malang", terangnya. 

Di akhir kunjungan dari kedua instansi itu, ditutup dengan agenda penandatanganan berkas MoU yang berisikan nota kesepahaman bersama antar lembaga, baik antara IAIQI Indralaya dengan UIN Maliki dan juga Unwaha Tambakberas dengan UIN Maliki Malang. (ptt)

Lebih Lanjut »
13 DOSEN UIN MALANG MASUK DALAM INDONESIA TOP 5000 SCIENTIS RANKING
Jumat, 28 Januari 2022 . in Berita . 1273 views
3652_ad.jpg


HUMAS-Kabar gembira kembali menggaung di Universitas Islam negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, bagaimana tidak setelah mengukuhkan puluhan guru besar di lingkungan UIN Maliki malang hari ini Jumat (28/1) dosen UIN Maliki Malang masuk dalam daftar 5000 ilmuan terbaik Indonesia versi Alper Doger (AD) Scientific Index tahun 2022.
13 dosen terbaik tersebut diantaranya dua mantan Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA  Prof. Dr. H. Achmad Sani Supriyanto, M.Si, Dr. Vivin Maharani Ekowati, MM, Dr. A Ghanaim Fasya, M.Si, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M. Ag, Miftahul Huda, M.Pd, Dr. H. Fauzan Almanshur, MM, Prof. Dr. H. Muhammad Djakfar, Dr. H. Ahmad Barizi, Dr. H.M. Faisol Fatawi, M.Ag, Dr. Elok Kamila Hayati, M.Si, Dr. Mustafa Lutfi, MH. Pemeringkatan akademik menggunakan impact factor memang sudah dilakukan oleh para ilmuwan sejak lama. Ini dilakukan untuk mempermudah dalam mengakses hasil penelitian dari para akademisi, sistem AD Scientific Index ini digunakan sebagai mesin penilai yang dipublikasikan secara online dan seberapa aktif seorang penelit melakukan publikasi hasil risetnya. Sehingga kehadiran AD ini hanya sebagai indikator numerik saja yang menunnjukkan keaktifan seorang peneliti.
AD (Alper-Doger) Scientific Index merupakan studi dengan metode yang digunakan mengacu pada H-index, I-Index dan sitasi yang diindex Google Scholar yang menunjukkan total dan koefisien produktivitas kinerja publikasi selama lima tahun terakhir dari para ilmuwan, berdasarkan skor H-Index dan kutipan menurut Google Scholar. Indeks memberikan peringkat dan penilaian ilmuwan dalam suatu bidang studi dan cabang akademik dari 14.120 perguruan tinggi dan 215 negara. AD Scientific Index menggunakan metode pemeringkatan yang dikembangkan Prof. Dr. Murat ALPER & Associate Prof. Dr. Cihan DÖĞER.
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA mengajak seluruh dosen dan tendik untuk bisa mengembangkan dirinya masing-masing untuk selalu aktif dalam melakukan tri dhrama perguruan tinggi yang salah satunya ada penelitiannya. Seorang dosen memang diwajibkan untuk selalu aktif melakukan risetnya dan mempublikasikan agar apa yang ditemukan bisa dimanfattkan bagi yang berkepentingan. “Tentunya penelitian yang dipublikasikan harus berkualitas dan masuk dalam indek scopus atau mesin pengindeks lainnya,” terangnya.
Untuk itu, kata dia, dosen yang lain juga harus berlomba menulis hasil karya ilmiahnya dan dipublikasikan di jurnal yang terakreditasi baik nasional maupun internasional. “Semoga kedepan tidak hanya 13 dosen saja yang masuk di AD Scientific Index akan tetapi bisa lebih dan ini harus di dukung sepenuhnya oleh lembaga,” paparnya.
Semoga, harap rektor, para dosen di UIN Maliki malang bisa berkontribusi aktif dalam dunia penelitian yang nantinya bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat Indonesia dan umumnya dunia. “Selamat kepada para dosen yang produktif dan semoga capaian ini bisa di tiru oleh dosen yang lain di UIN Maliki Malang, sehingga kampus ini menjadi Unggul dan bereputasi Internasional,” harapnya.

Lebih Lanjut »
PTLN, PTS, HINGGA PONPES JALIN KERJASAMA DENGAN UIN MALANG
Jumat, 28 Januari 2022 . in Berita . 562 views
3637_ttd.jpg

HUMAS-Upaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) dalam menyongsong roadmapnya menuju World Class Islamic University memang sangat beragam. Salah satunya, kali ini yang diinisiasi oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan UIN Maliki, Dr. H. Isroqunnajah, M. Ag yakni melalui penyelenggaraan penandatanganan nota kesepahaman bersama/MoU dengan Pondok-pondok pesantren (Ponpes) ternama di Jawa dan Perguruan tinggi Islam baik di dalam maupun luar negeri. Momentum akbar tersebut bertempat di Aula, Lt. 5 Gedung Ir. (HC) Soekarno secara daring dan luring dengan tetap menjalankan prokes covid-19.Jumat(28/1) 

Di awal sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof.H.M. Zainuddin, MA mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terimakasih kasih kepada para undangan yang telah hadir dalam acara tersebut. Prof. Zain begitu sapaan akrabnya merasa sangat beruntung karena meski tidak semua Ponpes langsung dihadiri oleh kepala atau pengasuhnya namun paling tidak telah ada yang menggantikan atau mewakilinya. Sesaat sebelum menyampaikan tujuan dari agenda tersebut, Prof. Zain mengenalkan secara singkat tentang profil kampus UIN Maliki Malang yang saat ini sedang dipimpinnya beserta distingsinya. Tidak lupa rektor asal Bojonegoro tersebut juga mengenalkan diri beserta jajarannya di rektorat bersama ketua senat universitas. 

Selanjutnya, dalam inti sambutannya rektor yang sebelumnya menjabat sebagai wakil rektor bidang akademik UIN Maliki ini mengutarakan terkait tujuan dari agenda itu tidak lain yang pertama silaturahim. "Alhamdulillah, Saya begitu bahagia bisa bertemu dengan Anda semua, para Kyai, Ulama', Ustadz, dsb di forum yang Inshaa Allah penuh berkah ini dan melalui pertemuan ini kita jadi bisa bersilahturahim", ucapnya. Tujuan berikutnya, sebagai intinya adalah melakukan kerjasama atau MoU dalam bidang kelembagaan dan juga bidang akademik. 

Berikut ini adalah Ponpes dan Perguruan Tinggi Islam baik dari dalam maupun luar negeri yang telah melakukan MoU dengan UIN Maliki Malang, diantaranya adalah Ponpes Zainul Hasan Genggong, Ikatan Pesantren Indonesia, Ponpes Mambaul Ma'arif Denayar, Ponpes Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo, Ponpes Rejo Darul Mustofa, Ikatan Alumni Sidogiri, Ponpes Progresif Bumi Sholawat, Universitas Islam Bandung(Unisba), Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Darul Ulum Lamongan, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo dan US-Inter Global University dari Somalia.(ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up