Daftar Penulis: Fatkhul Ulum


PESAN REKTOR DALAM PENGUKUHAN GURU BESAR UIN MALIKI MALANG
Rabu, 26 Januari 2022 . in Berita . 739 views
3632_a.jpg
Sambutan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. dalam kegiatan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Uril Bahruddin, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Arab dan Prof. Dr. H. Triyo Supriyatno, M. Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan.

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menyelenggarakan rapat terbuka senat dalam rangka pengukuhan Guru Besar. Momentum penting dan sakral tersebut baru pertama kali dilaksanakan semenjak kampus berlogo Ulul Albab berada di bawah pimpinan Prof. Zainuddin, MA, yakni untuk periode 2021-2025. Prosesi pengukuhan guru besar tetap menerapkan prokes covid-19 dan bertempat di Aula Lt. 5, Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno. Rabu(26) 1)

3633_a.jpg

Kali ini pengukuhan ditujukan kepada dua dosen dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maliki Malang. Mereka adalah Prof. Dr. H. Uril Bahruddin, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Arab dan Prof. Dr. H. Triyo Supriyatno, M. Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Zainuddin, MA selain mengucapkan selamat dan mengungkapkan rasa bersyukurnya juga merasa bangga atas capaian prestasi dari kedua dosen FITK tersebut. Selanjutnya, Profesor asal Bojonegoro itu juga menyampaikan beberapa harapannya.
Pertama, Prof. Zain begitu sapaan akrabnya itu berharap dengan dikukuhkannya kedua dosen itu sebagai guru besar bisa membawa manfaat dan menambah berkah. "Semoga capaian gelar sebagai guru besar ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka berdua tetapi juga untuk semua, untuk kita semua dan khususnya untuk lembaga ini", ucapnya.

Kedua, Prof. Zain menjelaskan bahwa jabatan guru besar tidak mudah diperoleh kecuali dengan syarat dan itu berat. Oleh karenanya, wajib bersyukur bagi yang telah meraihnya. Lalu Prof. Zain juga mengingatkan bahwa sebagai guru besar harus menjaga kualitas dan komitmennya sebagai akademisi yang memiliki jabatan fungsional tertinggi di perguruan tinggi. Sehingga harapannya adalah meskipun begitu tinggi jabatannya tetapi tuntutan untuk selalu berkarya dan berkarya tidak boleh berhenti. "Seorang guru besar sudah semestinya mampu memproduksi dan menjadi produsen yakni produsen ilmu pengetahuan dan produsen kepribadian", paparnya.

3634_a.jpg

Ketiga, masih menurut orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini bahwa guru besar itu adalah sosok seorang yang expert/ahli di bidangnya. Dalam hal ini apabila Prof. Uril Bahruddin telah resmi dilantik sebagai guru besar di bidang bahasa Arab. Maka ia sudah expert/ahli terus harus fokus dengan bidang itu dan seluruh hal terkait bahasa Arab harus mampu dijawab oleh Prof. Uril. Kemudian juga Prof. Triyo Supriyatno yang telah resmi dilantik sebagai guru besar di bidang ilmu pendidikan, berati ia sudah ahlinya dan harus fokus dengan bidang itu serta harus mampu menjawab segala persoalan tentang pendidikan.

Terakhir, Rektor yang sebelumnya menjabat sebagai WR I di UIN Maliki Malang ini menghimbau kepara para guru besar harus aktif dan expert dalam membaca, menulis dan menuangkan pikiran-pikirannya. Sehingga diharapkan juga para guru besar bisa menjadi corong atau duta-duta kebaikan yang dapat membawa nama harum UIN Maliki Malang. "Jadi dengan adanya para guru besar bisa membawa nama harum kampus Kita tercinta ini baik di tingkat nasional maupun internasional, bisa melalui forum seminar, diskusi, konferensi, terutama di level internasional, dsb. ", pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
Apel Pagi Bisa Pererat Jalinan Silaturahmi Warga UIN Maliki
Senin, 24 Januari 2022 . in Berita . 413 views
3629_a.jpg
Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag. selaku pembina Apel Pagi minggu ke dua dalam bulan januari tahun 2022

HUMAS-Apel pagi dalam minggu ke dua kali ini tepatnya hari senin 24 Januari 2022 dilaksanakan di depan gedung Rektorat Ir. (HC). Soekarno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. kegiatan apel pagi ini tetap menerapkan protocol kesehatan covid 19 sesuai dengan anjuran pemerintah. bertindak sebagai Pembina Apel dalam minggu ke dua kali ini adalah Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag.

3630_a.jpg

Dalam arahanya yang sangat ringkas, tegas dan jelas beliau mengatakan bahwa tujuan lain dari adanya apel pagi ini adalah menjadi mediasi untuk mempererat jalinan silaturahmi. Dijelaskan oleh Profesor yang menekuni Bidang Keahlian Ilmu Studi Islam itu bahwa selain memiliki tujuan umum seperti yang telah dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor SE.01 Tahun 2022 Tentang APEL PAGI BAGI PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA KEMENTERIAN AGAMA. Bahwa apel pagi juga bisa menjadi penyemangat bagi para ASN yang berada di bawah naungan Kementrian Agama RI terutama yang berada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lebih dari itu, menurut Prof. Umi yang lebih penting lagi adalah apel pagi bisa mempererat kebersamaan di lingkungan kampus yang berlogo Ulul Albab.

Jadi marilah kita bersyukur, karena adanya apel pagi ini kita bisa langsung bertemu dan berkumpul bersama, saling sapa dan mengucapkan salam sehingga hal ini sangat memberikan nilai positif terutama untuk membangun kebersamaan hingga mempererat tali silaturahmi antar kita semua”,paparnya.

3631_a.jpg

Mengakhiri sambutannya, Prof. Umi mengajak kepada semuanya khususnya kepada para ASN di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang agar selalu aktif dan amanah untuk mengikuti apel pagi tersebut yang  selanjutnya akan dilaksanakan setiap hari Senin di masing-masing fakultas dan juga setiap satker/unit kerja lainnya di seluruh kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.(ptt)

Lebih Lanjut »
DUA HARI INI PIMPINAN FOKUS BAHAS ARAH KEBIJAKAN
Kamis, 20 Januari 2022 . in Berita . 360 views
3618_rektor.jpg



HUMAS-Perlahan tapi pasti, Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA dengan tegas mengajak seluruh pimpinan di masing-masing satker untuk menyusun strategi pencapaian sasaran strategi utama yang sudah ditetapkan di kampus berlogo ulul albab ini. Melalui kegiatan Strategi pencapaian indikator kinerja utama universitas tahun 2022 dan Penetapan arah kebijakan universitas tahun 2023 kepada seluruh pemangku kebijakan diminta menyampaikan program kerjanya, Kamis (20/1).

3620_peserta.jpg


Prof. Zainuddin meminta selama dua hari ini peserta rapim diminta untuk fokus menyatukan persepsi yang dituangkan dalam program kerjanya masing-masing. "Saya minta, semua kegiatan yang direncanakan semua mengarah pada sasaran strategis universitas," pintanya.
Perkembangan era digital 4.0 ini tentu harus bisa diimbangi dan diikuti agar model pengembangan kelembagaan di perguruan tinggi ini bisa segera beradaptasi dengan apa yang menjadi kebutuhan di tengah masyarakat. Lembaga pendidikan melalui dunia akademiknya harus bisa memberikan kontribusinya kepada masyarakat secara luas. "Tentu ini harus disesuaikan dengan disiplin keilmuannya masing-masing. Karena ini menjadi kewajiban bagi para dosen yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi," tegasnya.
Untuk itu, kata mantan WR I, apapun tusinya yang penting lakukan semuanya dengan sebaik mungkin dan niatkan semua untuk ibadah dan insyaallah akan menjadi berkah. "Semoga apa yang menjadi cita-cita mulia ini yakni unggul dan bereputasi internasional bisa terwujud," doanya mengakhiri.

3619_barnoto.jpg


Sementara itu, Kepala Biro AAKK Dr. H. Barnoto, M. Pd.I menjelaskan bahwa kegiatan rapat pimpinan ini diikuti oleh 64 peserta yang terdiri dari kepala pusat hingga kepala unit dan lembaga. "Semoga pembahasan indikator kinerja utama dan penetapan arah kebijakan 2023 bisa rampung dan menghasilkan program kerja sesuai dengan sargis universitas," pungkasnya.

Lebih Lanjut »
SPAN-UM PTKIN 2022 RESMI DIBUKA
Rabu, 19 Januari 2022 . in Berita . 543 views
3616_a.jpg
Menteri Agama RI Gus Yaqud Cholil Qoumas dalam kegiatan launching SPAN-UM PTKIN 2022


HUMAS-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merilis Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk (SPAN - UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022. Dalam acara yang berlangsung secara luring maupun daring tersebut berpusat dari Jakarta dan Live Aplikasi Zoom pada pukul 18.00 WIB. Pada saat itu juga dilanjutkan agenda open haouse bersama Menteri Agama kemudian acara konferensi pers SPAN-UM PTKIN 2022. Kamis(19/1)

Dalam keterangannya, Gus Yaqut sapaan akrabnya itu segera mengingatkan agar PTKIN tidak semata fokus pada perluasan akses, tetapi juga harus berorientasi pada peningkatan mutu. Menurutnya usaha dan ikhtiar dari Kementerian Agama dalam perluasan akses masyarakat untuk menumbuhkan minat kuliah di PTKIN semakin meningkat. Terbukti, setiap tahunnya ratusan ribu pendaftar ikut terlibat dalam proses SPAN UM PTKIN.

3617_a.jpg


“Jumlah pendaftar SPAN UM PTKIN tiap tahun terus meningkat. Ini setidaknya menjadi penanda bahwa upaya perluasan akses yang dilakukan Kementerian Agama berhasil,” terang Menag. Selain itu menurut Menag,SPAN-UM PTKIN bisa menjadi sarana strategis sebagai tahap awal mendapatkan calon-calon mahasiswa terbaik. Gus Yaqut menerangkan bahwa dilihat dari output atau lulusan yang dihasilkan maka masyarakat umum/publik akan menilai seberapa besar PTKIN memiliki dampak bagi kehidupan, tidak hanya bagi negara dan bangsa, tapi juga peradaban dunia.Sehingga SPAN-UM PTKIN itu merupakan langkah awal peningkatan kualitas PTKIN.
Sementara itu, Ketua Panitia SPAN UM PTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq menjelaskan bahwa pola seleksi secara nasional pada perguruan tinggi disebut SPAN-PTKIN dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut UM-PTKIN. Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.
“SPAN UM PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang. Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022. Daftar program studi dan daya tampung SPAN - PTKIN dapat dilihat pada laman : http://www.span-ptkin.ac.id,” jelas Imam Taufiq.
“Proses pembukaan pendaftaran jalur UM-PTKIN diserahkan ke tiap PTKIN, dan akan berakhir pada Juni 2022. Daftar program studi dan daya tampung UM-PTKIN dapat dilihat pada laman: http://www.um-ptkin.ac.id,”imbuhnya.

Lebih Lanjut »
Tingkatkan Kedisiplinan, Loyalitas dan Kualitas Kinerja melalui Apel Pagi
Senin, 17 Januari 2022 . in Berita . 1130 views
3613_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A dalam kegiatan Apel Pagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


HUMAS-Menindaklanjuti Suarat Edaran (SE) Nomor SE.01 Tahun 2022 Tentang APEL PAGI BAGI PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA KEMENTERIAN AGAMA, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki Malang) segera merespon positif dan cepat tanggap. Buktinya, kali pertama diselenggarakan apel pagi di kampus berlogo Ulul Albab ini langsung berjalan dengan lancar dan tertib dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan Covid-19. Dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya, para kabiro, para dekan, direktur pascasarjana, pimpinan unit universitas serta para ketua pusat yang terkait lainnya. Acara apel pagi bertempat di teras depan Gedung Rektorat Ir. (HC). Soekarno. Senin(17/1).

3614_a.png
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr. H. Zainuddin, M.A memberikan sambutan kepada para peserta apel pagi


Dalam sambutan dan arahannya, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Zainuddin, MA selaku Pembina Apel Pagi itu menyampaikan tentang pentinganya agenda tersebut. Sebagaimana juga yang telah tertulis di isi SE Nomor. 01 tahun 2022 Kemenag RI bahwa tujuan dari apel pagi adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan serta cinta tanah air, sebagai pengabdian terhadap bangsa dan negara Indonesia, dan untuk menumbuhkan disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama. Sehingga Prof. Zain begitu sapaan akrabnya ini menghimbau agar seluruh pimpinan mulai dari jajaran rektorat sampai dengan para kasubbag untuk ikut serta melaksanakan apel pada satuan unitnya setiap hari Senin pagi. Bahkan professor asal Bojonegoro ini berharap apel pagi juga diberlakukan sampai pada petugas bagian keamanan kampus atau security. “Jadi Saya sebagai pimpinan berharap ke depan agenda apel ini tidak hanya dilakukan oleh para pimpinan namun juga diberlakukan untuk para staf pegawai hingga sampai pada para security dan itu nanti juga perlu ada presensi kehadirannya!”,paparnya.

3615_a.jpg


Mengkahiri sambutannya, Prof. Zain mengungkapkan rasa syukur, ucapan terimakasih serta apresiasi tinggi kepada para pimpinan yang telah hadir dalam apel tersebut.“ Alhamdulillah, Mari kita sebagai ASN terutama yang di bawah naungan Kemenag RI selalu berkomitmen mensupport apa yang telah menjadi kebijakan Pimpinan Pusat seperti salah satunya terkait agenda Apel Pagi ini sehingga tidak hanya disiplin dan loyalitas yang akan meningkat tetapi juga bisa meningkatkan kualitas kinerja kita semua”,pungkasnya.(ptt)

Lebih Lanjut »
FKIK DI ASESMEN LAMPT-Kes
Kamis, 13 Januari 2022 . in Berita . 423 views
3608_a.jpg


HUMAS-Di awal tahun 2022 ini program studi (prodi) Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan(FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki) kembali melakukan pengajuan reakreditasi. Salah satu prosedur akreditasi, maka dilakukan agenda Asesmen Lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia. Kali ini, tim asesor akreditasinya terdiri dari dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA.,M.Med.Ed.,PhD, Dr. Sugito Wonodirekso, MS., dan Dr. dr. H. Ahmad Yudianto, Sp.FM [K].,SH, M.Kes. Pelaksanaannya di FKIK UIN Maliki selama tiga hari Senin-Rabu(10-12/1). Tujuan asesmen lapangan tersebut untuk mengkonfirmasi isi borang akreditasi yang sebelumnya telah diajukan oleh tim akreditasi dari Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Maliki Malang.Kamis(13/1)

3609_a.jpg

Kedatangan tim asesor LAMPT-Kes disambut langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Zainuddin, MA beserta jajarannya di ruang pertemuan Hotel Singhasari Resort Batu. Selanjutnya, prosesi pembukaannya secara resmi bertempat di Aula Serbaguna Lt.1 Gedung Ibnu Thufail FKIK UIN Maliki, agenda tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Ahmad Fatah Yasin, M.Ag, Kepala P2KM, Prof.Dr.dr. Bambang Pardjianto, Sp.BP.RE(K), Direktur Rumah Sakit Umum Karsa Husada, Dr. Muhammad Rizal, MM.,M.Kes, Komite Koordinasi Pendidikan RSU Karsa Husada, dr. Bambang Rishardana, Sp.B., Direktur RSJ Dr. Radjiman Wedyodiningrat Lawang, dr. Yuniar Sp.KJ serta segenap jajaran dekanat, pimpinan prodi, dosen, hingga tenaga kependidikan.

Usai secara resmi acaranya dibuka, agenda dilanjutkan dengan presentasi dari Ketua Unit Penjaminan Mutu, dr. Nurlaili Susanti, M.Biomed serta Kaprodi Pendidikan Dokter, dr. Tias Pramesti Griana, M.Biomed. Kemudian lanjut dengan wawancara sivitas dan stakeholder terkait, dan diakhiri dengan kunjungan asesor ke sejumlah fasilitas yang ada di kampus UIN Maliki Malang.
Hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan ketiga asesor ke sejumlah sarana pendidikan terkait, di antaranya RSU Karsa Husada Batu selaku Rumah Sakit Pendidikan Utama, RSUD Saiful Anwar Malang selaku Rumah Sakit Jejaring/Afiliasi, sejumlah Puskesmas di Kota Batu, Ma’had/Asrama Mahasiswa Kedokteran di Kampus II Pascasarjana UIN Maliki Malang, serta sejumlah laboratorium dan fasilitas kegiatan kemahasiswaan yang ada di FKIK UIN Maliki Malang. Selanjutnya dilakukanlah pemeriksaan dokumen, klarifikasi dan kerja mandiri oleh asesor serta ditutup dengan penyampaian rekomendasi dan penandatanganan berita acara.

3610_a.jpg

Secara umum, agenda asesmen lapangan dalam rangka Akreditasi Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter FKIK UIN Maliki Malang berjalan lancar. dr. Titi Savitri, selaku asesor mengungkapkan rasa kagumnya atas kinerja dan dukungan berbagai pihak yang ada di UIN Maliki Malang beserta mitra dan stakeholder terkait terhadap kemajuan prodi. “Dengan SDM yang muda dan energik, serta dukungan berbagai pihak, FKIK UIN Malang memiliki masa depan yang sangat cerah”, pungkas dokter pengajar di FK UGM ini.(fk/ptt)

Lebih Lanjut »
UIN MALANG BERSIAP MENUJU PTN-BH
Kamis, 13 Januari 2022 . in Berita . 616 views
3605_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Zainuddin, M.A. bersama Rektor Universitas Gajah Mada Yogyakarta Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., D. Eng., IPU., ASEAN Eng dalam acara FGD menuju ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum(PTN-BH)

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) melakukan kiat khusus dalam rangka menyongsong transformasi dari satker Badan Layanan Umum(BLU) menuju ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum(PTN-BH). Salah satu mediasinya yakni menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD). Acara yang bertajuk Rancangan Strategi menuju PTN-BH yang Unggul dan Bereputasi Internasional itu bertempat di Ruang Senat, Lt. 4, Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno. Rabu(12/1)

3606_a.jpg

Tidak tanggung-tanggung sebagai narasumber pada FGD kali ini, UIN Maliki Malang mendatangkan orang nomer wahid dari salah Perguruan Tinggi tertua di Indonesia yang berada di Kota Gudeg atau Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada(UGM). Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng., D. Eng., IPU., ASEAN Eng. merupakan rektor UGM periode saat ini. Dalam kesempatan emas itu, begitu sangat berharga bagi UIN Maliki Malang untuk menimba pengalaman dan ilmu dari seorang rektor yang pada bulan September 2019 kemarin mendapat status sebagai ASEAN Engineer dari ASEAN Federation of Engineering Organizations(AFEO). Sehingga dalam acara tersebut dihadiri oleh rektor UIN Maliki Malang beserta jajarannya, Direktur Pascasarjana, para Dekanat, para Kabiro sampai dengan para pimpinan unit terkait lainnya.

3607_a.jpg

Sementara itu dalam materi FGD, Prof. Panut Mulyono menyampaikan banyak hal tentang apapun itu yang berkaitan dengan proses suatu lembaga/instansi pendidikan tinggi menuju PTN-BH. Dicontohkan juga secara langsung UGM, UI, IPB, ITB dan PTN lainnya dalam bertransformasi ketika masih berstatus PTN-BHMN. Hingga dalam penutupnya ada tiga hal yang mesti diperhatikan, yakni: pertama, PTN-BH memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya, baik bidang akademik maupun non-akademik. Kedua, Budaya mutu harus terus dikuatkan di perguruan tinggi untuk peningkatan berkelanjutan. Dan terakhir, ketiga adalah program internasionalisasi perguruan tinggi merupakan syarat tercapainya reputasi global.(ptt)

Lebih Lanjut »
Tim Asesor LAMPT-KES Takjub terhadap Atmosfer Akademik di UIN Maliki Malang
Rabu, 12 Januari 2022 . in Berita . 373 views
3601_a.jpg
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. bersama tim Asesor LAMPT-KES dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA., M. Med.Ed.,Ph.D

HUMAS- Kami atas nama tim asesor dari LAMPT-KES yang bertugas melakukan Assesment Lapangan untuk program studi (prodi) pendidikan dokter dan profesi dokter di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) mengucapkan terima kasih atas sambutannya yang luar biasa, meriah, ramah dan yang paling terasa adalah guyub dengan guyonannya yang begitu akrab. Hal itulah yang disampaikan oleh dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA., M. Med.Ed.,Ph.D saat memberikan sambutan singkat di ruang Rektor, Lt. 1, Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno.Selasa(11/1)

dr. Savitri bersama kedua rekannya yakni Dr. Sugito Wonodirekso, MS dan Dr. dr. Ahmad Yudianto, Sp. FM(K)., SH. M.Kes merupakan tim asesor LAMPT-KES. Dalam kesempatan itu dr. Vitri begitu sapaan akrabnya ini menyatakan rasa takjubnya terhadap sambutan kehadiran timnya di UIN Maliki Malang. "Di sini suasana kepemimpinannya begitu guyub dengan guyonan(candaan) yang akrab, mulai dari rektor sampai para dekannya terlihat sangat kompak", ucapnya. Menurutnya hal seperti itu sangatlah langka(jarang terjadi), apalagi jika ada dosen atau tamu yang bercanda dengan rektor seperti di UIN Maliki ini.

3602_a.jpg
Rektor Beserta Para Wakil Rektor, Para Kabiro serta tim Asesor LAMPT-KES foto bersama di gedung Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Lanjut masih kata dr. Vitri, dengan guyub rukunnya pimpinan, semangat para jajarannya serta tatanan perubahan dan kemajuan yang cepat di UIN Maliki saat ini maka ia yakin dengan potensi dan atmosfer akademiknya nanti akan segera dapat mewujudkan impiannya yakni menuju World Clas Islamic University. "UIN Maliki ini sungguh luar biasa, meski sudah beberapa kali berkunjung di sini dan saya terkesan sampai saat ini begitu pesat perkembangannya, apalagi nanti akan bertransformasi dari BLU ke PTN-BH pastilah akan lebih kompleks kemajuannya", ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, dr. Vitri berharap nanti hasil asesmen Lapangan untuk prodi pendikan dokter dan profesi dokter FKIK mendapatkan nilai yang terbaik sesuai dengan yang diharapkan.(ptt)

Lebih Lanjut »
UIN MALIKI Malang Lantik Pejabat Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional
Jumat, 31 Desember 2021 . in Berita . 514 views
3584_rektor.jpg


HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki), melakukan pelantikan kepada sejumlah pejabat administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Dalam agenda tersebut, terdapat 17 pejabat yang dilantik untuk di tempatkan pada berbagai jenis formasi jabatan fungsional yang baru melalui mekanisme penyetaraan. Pelaksanannya di ruang Loby Lt.1, Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno.Kamis(30/12)
Pedoman dasar agenda pelantikan tersebut yakni berdasarkan: Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 058933/B.II/3/2021 Dan Seterusnya Sesuai Nomer Urut Sampai Dengan Nomor 058941/B.II/3/2021 Dan Nomor 059495/B.II/3/2021 Dan Nomor 059679/B.II/3/2021 Dan Seterusnya Sesuai Nomer Urut Sampai Dengan Nomor 059681/B.II/3/2021 Dan Nomor 059729/ B.II/3/2021 Dan Seterusnya Sesuai Nomer Urut Sampai Dengan Nomor 059732/ B.II/3/2021. Tentang Pengangkatan Pejabat Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional Melalui Mekanisme Penyetaraan. Menteri Agama Republik Indonesia.

3585_a.jpg


Dalam arahannya, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Zainuddin,MA menghimbau sekaligus menegaskan kepada para pejabat yang telah dilantik dan menempati formasi jabatan fungsional yang baru agar bertekad bulat untuk bisa menjadi yang lebih baik, berkomitmen tinggi, totalitas dan displin dalam mengemban amanah. Hal tersebut juga rektor inginkan agar diterapkan oleh seluruh warga kampus UIN Maliki Malang. “Saya berharap mulai dari lapisan pimpinan teratas universitas hingga para staf/karyawan dan seterusnya untuk selalu tanggungjawab dan profesional dalam menjalankan amanahnya, meningkatkan skill dan prestasi serta mensupport penuh upaya kampus menuju World Class University(WCU)”,paparnya.
Berikut ini sejumlah pejabat yang telah dilantik ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan.Berikut ini sejumlah pejabat yang telah dilantik ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan.
1. Iwan Sugiarto,SE.,MM sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya pada Bagian Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama
2. M. Fatkhul Ulum, S.Pd.I sebagai Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda pada Subbagian Hubungan Masyarakat, Dokumentasi dan Publikasi Bagian Umum
3. Mochamad Ab'ror, S.Si sebagai Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Layanan Akademik Bagian Akademik
4. Drs. Miftachul Huda sebagai Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda pada Subbagian Kerjasama dan Pengembangan Lembaga

3586_a.jpg


5. Muhammad Asnan Fanani, MM sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Humaniora
6. Muttahidah, SE sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Syariah
7. Ari Prasetyo Hirmawan, SE sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi
8. Andy Irawan, S.Si sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Sains dan Teknologi
9. Saiful Hikmah, S.Ag sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 
10. Zaenal Arifin, S.AP sebagai Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum, Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi
11. Iqbal Kuncaraningrat, S.Psi, S.IPI., M.Pd sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
12. Tutut Sugiarti, S.Sos sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Subbagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi
13. Fitria Amalia Dewi, S.Pd sebagai Perencana Ahli Muda pada Sub Bagian Perencanaan, Akuntansi dan Keuangan Bagian Tata Usaha Fakultas Sains dan Teknologi
14. Fathul Qorib, S.Ag sebagai Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Madya pada Bagian Kerjasama dan Kelembagaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan,dan Kerjasama.
15. M. Mujtabah, SE sebagai Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan,dan Kerjasama.
16. Dra. Luluk Khoirun Nisa, M.Si sebagai Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Akademik Bagian Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan,dan Kerjasama
17. M. Abu Hasan Azzuhri, SE sebagai Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum Fakultas Sains dan Teknologi.

Hadir saat acara para wakil rektor, para kabiro, para dekan dan direktur pascasarjana, ketua beserta para pejabat unit Organisasi, Kepegawaian dan Hukum(OKH) serta para staf atau karyawan terkait lainnya.(ptt)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up