SPAN-UM PTKIN 2022 RESMI DIBUKA
Fatkhul Ulum Rabu, 19 Januari 2022 . in Berita . 547 views
3616_a.jpg
Menteri Agama RI Gus Yaqud Cholil Qoumas dalam kegiatan launching SPAN-UM PTKIN 2022


HUMAS-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merilis Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk (SPAN - UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022. Dalam acara yang berlangsung secara luring maupun daring tersebut berpusat dari Jakarta dan Live Aplikasi Zoom pada pukul 18.00 WIB. Pada saat itu juga dilanjutkan agenda open haouse bersama Menteri Agama kemudian acara konferensi pers SPAN-UM PTKIN 2022. Kamis(19/1)

Dalam keterangannya, Gus Yaqut sapaan akrabnya itu segera mengingatkan agar PTKIN tidak semata fokus pada perluasan akses, tetapi juga harus berorientasi pada peningkatan mutu. Menurutnya usaha dan ikhtiar dari Kementerian Agama dalam perluasan akses masyarakat untuk menumbuhkan minat kuliah di PTKIN semakin meningkat. Terbukti, setiap tahunnya ratusan ribu pendaftar ikut terlibat dalam proses SPAN UM PTKIN.

3617_a.jpg


“Jumlah pendaftar SPAN UM PTKIN tiap tahun terus meningkat. Ini setidaknya menjadi penanda bahwa upaya perluasan akses yang dilakukan Kementerian Agama berhasil,” terang Menag. Selain itu menurut Menag,SPAN-UM PTKIN bisa menjadi sarana strategis sebagai tahap awal mendapatkan calon-calon mahasiswa terbaik. Gus Yaqut menerangkan bahwa dilihat dari output atau lulusan yang dihasilkan maka masyarakat umum/publik akan menilai seberapa besar PTKIN memiliki dampak bagi kehidupan, tidak hanya bagi negara dan bangsa, tapi juga peradaban dunia.Sehingga SPAN-UM PTKIN itu merupakan langkah awal peningkatan kualitas PTKIN.
Sementara itu, Ketua Panitia SPAN UM PTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq menjelaskan bahwa pola seleksi secara nasional pada perguruan tinggi disebut SPAN-PTKIN dan pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut UM-PTKIN. Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.
“SPAN UM PTKIN akan dilaksanakan oleh 58 PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama PTN yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang. Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022. Daftar program studi dan daya tampung SPAN - PTKIN dapat dilihat pada laman : http://www.span-ptkin.ac.id,” jelas Imam Taufiq.
“Proses pembukaan pendaftaran jalur UM-PTKIN diserahkan ke tiap PTKIN, dan akan berakhir pada Juni 2022. Daftar program studi dan daya tampung UM-PTKIN dapat dilihat pada laman: http://www.um-ptkin.ac.id,”imbuhnya.

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up