PESAN REKTOR DALAM PENGUKUHAN GURU BESAR UIN MALIKI MALANG
Fatkhul Ulum Rabu, 26 Januari 2022 . in Berita . 744 views
3632_a.jpg
Sambutan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.A. dalam kegiatan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Uril Bahruddin, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Arab dan Prof. Dr. H. Triyo Supriyatno, M. Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan.

HUMAS-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menyelenggarakan rapat terbuka senat dalam rangka pengukuhan Guru Besar. Momentum penting dan sakral tersebut baru pertama kali dilaksanakan semenjak kampus berlogo Ulul Albab berada di bawah pimpinan Prof. Zainuddin, MA, yakni untuk periode 2021-2025. Prosesi pengukuhan guru besar tetap menerapkan prokes covid-19 dan bertempat di Aula Lt. 5, Gedung Rektorat Ir. (HC) Soekarno. Rabu(26) 1)

3633_a.jpg

Kali ini pengukuhan ditujukan kepada dua dosen dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maliki Malang. Mereka adalah Prof. Dr. H. Uril Bahruddin, MA sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bahasa Arab dan Prof. Dr. H. Triyo Supriyatno, M. Ag sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Zainuddin, MA selain mengucapkan selamat dan mengungkapkan rasa bersyukurnya juga merasa bangga atas capaian prestasi dari kedua dosen FITK tersebut. Selanjutnya, Profesor asal Bojonegoro itu juga menyampaikan beberapa harapannya.
Pertama, Prof. Zain begitu sapaan akrabnya itu berharap dengan dikukuhkannya kedua dosen itu sebagai guru besar bisa membawa manfaat dan menambah berkah. "Semoga capaian gelar sebagai guru besar ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka berdua tetapi juga untuk semua, untuk kita semua dan khususnya untuk lembaga ini", ucapnya.

Kedua, Prof. Zain menjelaskan bahwa jabatan guru besar tidak mudah diperoleh kecuali dengan syarat dan itu berat. Oleh karenanya, wajib bersyukur bagi yang telah meraihnya. Lalu Prof. Zain juga mengingatkan bahwa sebagai guru besar harus menjaga kualitas dan komitmennya sebagai akademisi yang memiliki jabatan fungsional tertinggi di perguruan tinggi. Sehingga harapannya adalah meskipun begitu tinggi jabatannya tetapi tuntutan untuk selalu berkarya dan berkarya tidak boleh berhenti. "Seorang guru besar sudah semestinya mampu memproduksi dan menjadi produsen yakni produsen ilmu pengetahuan dan produsen kepribadian", paparnya.

3634_a.jpg

Ketiga, masih menurut orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini bahwa guru besar itu adalah sosok seorang yang expert/ahli di bidangnya. Dalam hal ini apabila Prof. Uril Bahruddin telah resmi dilantik sebagai guru besar di bidang bahasa Arab. Maka ia sudah expert/ahli terus harus fokus dengan bidang itu dan seluruh hal terkait bahasa Arab harus mampu dijawab oleh Prof. Uril. Kemudian juga Prof. Triyo Supriyatno yang telah resmi dilantik sebagai guru besar di bidang ilmu pendidikan, berati ia sudah ahlinya dan harus fokus dengan bidang itu serta harus mampu menjawab segala persoalan tentang pendidikan.

Terakhir, Rektor yang sebelumnya menjabat sebagai WR I di UIN Maliki Malang ini menghimbau kepara para guru besar harus aktif dan expert dalam membaca, menulis dan menuangkan pikiran-pikirannya. Sehingga diharapkan juga para guru besar bisa menjadi corong atau duta-duta kebaikan yang dapat membawa nama harum UIN Maliki Malang. "Jadi dengan adanya para guru besar bisa membawa nama harum kampus Kita tercinta ini baik di tingkat nasional maupun internasional, bisa melalui forum seminar, diskusi, konferensi, terutama di level internasional, dsb. ", pungkasnya.(ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up