Respon Positif Rektor UIN Maliki Tanggapi SE Menag RI
Fatkhul Ulum Jumat, 25 Februari 2022 . in Berita . 1864 views
3663_25feb.jpg

Penulis: Putut Wahyu H.

HUMAS-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) Prof. Zainuddin. MA berikan respon positif terkait SE Menag RI tentang pedoman penggunaan pengeras suara atau TOA di Masjid dan Mushola.Jumat(25/2)

"Jadi surat edaran yang dikeluarkan oleh Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang pedoman penggunaan pengeras suara atau TOA sesungguhnya memiliki tujuan yang positif", ucapnya di awal jawabannya.

Menurut Rektor asal Bojonegoro ini, bahwa tujuan dikeluarkannya SE tersebut adalah agar masyarakat itu tetap aman tentram dan damai hingga tidak ada gegaduhan atau keluhan diantara mereka. "SE ini sesungguhnya merupakan kelanjutan dari SE yang sudah ada pada saat menteri Agama Pak. Lukman Hakim Syaifuddin dulu", terangnya.

Menurutnya, adanya SE itu juga akan meneguhkan kembali bahwa Kementerian Agama memiliki bidang dalam pembinaan umat beragama memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis antar umat beragama dalam masyarakat yang majemuk atau prural. "Kita ini adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari enam Agama. Oleh karena itu perlu adanya petunjuk surat edaran yang berhubungan dengan umat beragama seperti SE dari Menag tersebut", terangnya.

Lanjut, masih dari orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini, bahwa apa yang telah diterbitkan oleh Menag saat ini selaras dengan program presiden tertuang dalam rencana program jangka menengah nasional(RPJMN) Tahun 2020 s/d 2024. Yakni pada poin pertama sebagai program prioritasnya adalah revolusi mental dan kebudayaan nasional dan poin ketiga, yakni memperkuat moderasi beragama.

Selanjutnya masih menurut Prof. Zain, begitu sapaan akrabnya bahwa hal itu juga sesuai dengan visi misi Kemenag RI yang tertuang dalam peraturan Menag 18 tahun 2020. "Sehingga adanya SE yang mengatur penggunaan pengeras suara merupakan salah satu saja dari implementasi untuk mewujudkan misi ketertiban dan ketenangan dalam kehidupan bermasyarakat yang memang prural ditinjau dari berbagai aspeknya",pungkasnya.(ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up