UIN MALANG JADI SUMBER RUJUKAN PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI
Fatkhul Ulum Sabtu, 29 Januari 2022 . in Berita . 441 views
3636_siap.jpg

HUMAS-Eksistensi dari kemajuan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kini makin diakui. Buktinya telah banyak lembaga atau institusi pendidikan tinggi yang berkunjung di kampus berlogo Ulul Albab ini untuk tidak sekedar bersilahturahmi tapi juga menimba ilmu hingga mengadakan kerjasama atau Memorandum of Understanding(MoU). Diantaranya yang baru saja berkunjung di UIN Maliki, yakni Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah(IAIQI) Indralaya, Sumatera Selatan pada Rabu(26/1)dan Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah(Unwaha), Tambakberas Jombang pada Kamis(27/1). Kedua Lembaga disambut ramah oleh jajaran pimpinan UIN Maliki di ruang Rektor, Lt. 1, Gedung Ir. H(HC) Soekarno.Jumat(28/1) 

Meskipun kedua Lembaga pendidikan tinggi tersebut tidak berkunjung dalam waktu yang bersamaan, tetapi memiliki tujuan yang sama. Selain untuk menyambung tali silaturahmi, tujuan penting lainnya adalah ingin "belajar" (menimba ilmu) dari revolusi kemajuan kampus UIN Maliki, serta ingin menjalin kerjasama khususnya di bidang pengembangan akademik. 

IAIQI Indralaya, Sumatera Selatan datang dengan satu timnya diwakili langsung oleh rektor, para wakil rektor, perwakilan dekan dan ketua pusat perpustakaan. Dalam kesempatan tersebut demi mewujudkan cita-citanya yakni merubah status dari institut menuju universitas maka mengadakan beberapa MoU. Selain MoU antar kedua lembaga, ada lagi diantaranya MoU di bidang pengembangan perpustakaan, MoU bidang Studi Tarbiyah dan Studi Ekonomi. 

Sementara itu, dari Unwaha Tambakberas Jombang sendiri juga menjalin kerjasama dengan tujuan utamanya yakni pengembangan sistem pembelajaran, kurikulum dan menejemen akademik yang ada di perguruan tinggi tersebut. Salah satunya harapan besar yang disampaikan oleh rektor Unwaha, Dr. Anton Muhibuddin bahwa ke depan apabila memang bisa diselenggarakan studi dengan program double degree maka kampusnya siap untuk menyesuaikan segala keperluan akademiknya dengan yang ada di UIN Maliki Malang. "Jadi bukan UIN Maliki yang minta pada kami tapi sebaliknya kami yang meminta kepada kampus UIN Maliki ini. Oleh karena itu, mohon arahan, bimbingannya dari rektor beserta dukungan kerja samanya dari pimpinan UIN Maliki Malang", terangnya. 

Di akhir kunjungan dari kedua instansi itu, ditutup dengan agenda penandatanganan berkas MoU yang berisikan nota kesepahaman bersama antar lembaga, baik antara IAIQI Indralaya dengan UIN Maliki dan juga Unwaha Tambakberas dengan UIN Maliki Malang. (ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up