MUTU JURNAL DI UIN MALANG DIEVALUASI
Abadi Wijaya Selasa, 16 November 2021 . in Berita . 439 views
3444_eval.jpg

GEMA-Pusat Publikasi Ilmiah (PPI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar workshop evaluasi mutu jurnal ilmiah bagi pengelola jurnal di lingkungan UIN Maliki Malang, Selasa (16/11).

3443_opening.jpg


Kepala Pusat Publikasi Ilmiah Dr. M. Anwar Firdausy, M. Ag dalam sambutannya menjelaskan bahwa menjadi pengelola jurnal tidaklah muda, setiap pengelola harus siap “gila”. Dengan tanggung jawab yang berat dan honorarium yang tidak seberapa setiap pengelola jurnal dituntut harus bisa menjaga mutu jurnal yang berkualitas, mulai dari substasi artikel jurnal, manajemen pengelolaannya, hingga persoalan SDM yang dimilikinya. “Artikel yang baik butuh manajemen yang baik, dan manajemen yang baik butuh SDM yang bermutu,” tegasnya.
Dia melanjutkan, prestasi universitas akan selalu dilihat dari kualitas jurnalnya. Semua perguruan tinggi saat ini saling berlomba menuju jurnal yang yang terakreditasi di Sinta hingga terindek Scopus. “Sebagai pengelola jurnal dipaksa untuk memberikan jurnal yang bermutu dan terindek scopus,” pungkasnya.
Ketua LP2M UIN Maliki Malang Dr. Agus Maimun, M.Pd dalam sambutannya juga meminta untuk semua pengelola jurnal di UIN Maliki harus tetap semangat meskipun gaji bagi pengelola sangat kecil, jadikan pengabdian bapak ibu sebagai pengelola jurnal sebagai ibadah.
Saat ini, diakui atau tidak di perguruan tinggi ternama yang dicari bukan rektornya akan tetapi para pengelola jurnalnya yang sudah terindek Scopus. “Saya sudah keliling kampus, dan yang banyak dicari para pengelola jurnal,” paparnya.
Saya berharap, workshop ini bisa memberikan nilai tambah, paling tidak para pengelola jurnal di lingkungan UIN Maliki Malang bisa melakukan evaluasi diri terkait subtansi mutu jurnal hingga persoalan manajemen pengelolaannya. “Semua pengelola jurnal di perguruan tinggi saat ini saling berlomba menuju jurnal yang bereputasi internasional,” jelasnya.
Secara akademik, jurnal itu sebagai media untuk menyampaikan ide dan gagasan dari para dosen dan peneliti agar hasil researchnya bisa di publikasikan dan dibaca oleh masyarakat secara luas. Sekarang ini orang butuh jurnal yang bermutu, pasalnya antara penulis dan pengelola saling memberikan nilai tambah saat proses akreditasi program studi maupun institusinya. “Semua harus bermuara untuk meningkatkan prodi dan institusi, jika tidak, kita yang akan rugi!,” tegasnya.
Workshop ini merupakan rangkain kegiatan terakhir di tahun 2021, dan semoga acara peningkatan mutu jurnal seperti ini bisa di lanjutkan di tahun 2022 mendatang. “Krena kegiatan seperti ini sangat membantu meningkatkan mutu jurnal yang bereputasi di UIN Maliki Malang,” pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up