TIGA SKEMA KKN SERENTAK DIMULAI DESEMBER
Iffatunnida Senin, 21 November 2022 . in Berita . 472 views

 

4723_dpl1.jpg

UIN MALANG-Menjelang akhir perkuliahan semester ganjil menjadi tanda akan dimulainya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Setelah melalui proses pendaftaran sebulanan ini bagi mahasiswa sebagai peserta KKN dan dosen sebagai pembimbing lapangan (DPL), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengundang seluruh DPL pada Pembekalan KKN Periode 2022-2023 di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Senin (21/11). Acara tersebut dihadiri Ketua Pusat Studi Pengabdian Masyarakat, Dr. Syaiful Mustofa dan Kepala LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd.
Syaiful Mustofa menyatakan akan ada tiga skema KKN yang serentak dilaksanakan Desember mendatang. Ketiganya ialah KKN Reguler, KKN Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan KKN Internasional. Hal ini sesuai dengan informasi yang pernah dipaparkan saat Workshop Penyusunan Roadmap Tema Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Juni lalu. KKN MBKM merupakan skema yang direncanakan Menristek-Dikti. Hanya saja, terdapat sedikit perubahan. “Pelaksanaan dan masa KKN diseragamkan sehingga tanggal mulai dan berakhirnya akan bersamaan,” jelas Syaiful saat membuka pembekalan bagi DPL.

4724_dpl2.jpg


Lebih lanjut, dosen yang fasih berbahasa Arab itu memaparkan tugas-tugas utama DPL saat mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan KKN. DPL tidak hanya bertugas saat KKN Berlangsung. “Tugas DPL dimulai bahkan sebelum KKN, yakni menemani mahasiswa mensurvey lokasi KKN,” jelasnya.
DPL, masih kata Syaiful, harus memastikan lokasi dan tempat tinggal mahasiswa yang ditempati selama pelaksanaan KKN. Sebagai pembimbing, DPL juga wajib mengajarkan tata cara bermasyarakat agar tidak ada masalah berarti dalam prosesnya. Yang terakhir, DPL harus membimbing peserta KKN dalam penyelesaian laporan. Hal ini berkaitan dengan tugas akhir DPL untuk memberi nilai kepada para peserta sebagai syarat lulusnya pelaksanaan KKN.
Pada momen yang sama, Prof. Agus Maimun menjelaskan teknis metode penelitian yang akan dilakukan para DPL. Pasalnya, salah satu kewajiban mereka ialah menerbitkan hasil KKN di jurnal ilmiah. Untuk memulai penelitian, hal yang sangat penting yang harus ditemukan saat proses KKN ialah potensi masyarakat.
Menurutnya, potensi masyarakat tidak selalu nampak. Bersama dengan mahasiswa, DPL harus menggali dan mencari tahu apa yang bisa dilakukan masyarakat di kemudian hari. Tentunya ini berkaitan dengan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan apa yang sudah ada di desa mereka. “Dengan begitu, program utama KKN adalah memberdayakan masyarakat secara maksimal berdasarkan potensi yang mereka miliki,” jelas Prof. Agus. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up