DIKUNJUNGI SEKRETARIAT KOMISI 8 DPR RI, UIN MALIKI MALANG BINCANG PERKEMBANGAN LEMBAGA
Putut Wahyu Hardiyanto Rabu, 1 Februari 2023 . in Berita . 205 views
5142_panitia.jpg

HUMAS-Lagi! Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang(UIN Maliki Malang) mendapatkan kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Kali ini, kampus Islam berlogo Ulul Albab di Kota Malang dikunjungi oleh Sekretariat Komisi 8 DPR RI. Beranggotakan sekitar tujuh orang dan salah satunya adalah Kabag dari Kemenag Kota Batu, tim rombongan yang dipimpin oleh Dr. Agus Susanto,MA disambut langsung Ketua Senat UIN Maliki Malang, Prof. Muhtadi Ridwan,M.Ag, didampingi Kabiro AAKK, Koordinator Humas bagian kerjasama dan pihak terkait lainnya. Agenda berpusat di Ruang Senat Lt. 4, Gedung Rektorat DR. (HC). RI. Soekarno.Selasa(31/1)

Tujuan kunjungan kerja tersebut yang pertama sebagai ajang bersilaturahmi dan yang tidak kalah penting tujuan lainnya yakni untuk menjaga jalinan kerjasama dan komunikasi antar kedua lembaga sekaligus mengetahui berbagai perkembangan lembaga yang menjadi mitra dari Komisi 8 itu. Seperti halnya yang disampaikan oleh Agus Susanto sebagai pengantar pembahasan inti dari kunjungan kerja di wilayah Malang Raya itu bahwa tim sekretariat ingin terjun langsung mengetahui perkembangan para mitra kerjasama terutama kali ini berkaitan dengan kampus UIN Maliki Malang yang termasuk bagian dari PTKIN tertua dan memiliki nominasi terbaik.

5147_panitia.jpg
Pembahasan inti agenda tersebut diawali oleh Prof.Muhtadi yang pada kesempatan itu berbicara tentang sejarah berdirinya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hingga perkembangannya sampai saat ini. Dijelaskannya oleh Abah Muhtadi sapaan akrabnya itu secara detail mulai fase awal, berbagai evolusi dan juga distingsinya. Sedangkan menyinggung adanya kerjasama Saudi Found For Development (SFD), di dalam salah satu poin MoU-nya menyebutkan untuk kampus ini diminta menargetkan jumlah mahasiswanya mencapai 25 ribu pada akhir tahun 2024 nanti. Lanjut, terkait distingsinya disampaikan bahwa di UIN Maliki Malang memiliki asrama atau pondok pesantren mahasiswa yang disebut Ma'had Al-'Aly. Kedua, pembelajaran intensif bahasa Arab yang dikelola melalui Pusat Pengembangan Bahasa(P2B) dan ketiga adanya Hai'ah Tahfidzul Qur'an (HTQ) sebagai wadah mahasiswa berprestasi penghafal al-Quran.
5152_panitia.jpg

Lanjut, pemaparan materi dari kunjungan kerja oleh Dr. Agus Susanto yang dipandu oleh Kabiro AAKK UIN Maliki Malang, Dr. Barnoto, M.Pd.I. Bersyukur, acara tersebut berjalan lancar dan penuh antusias saling tanya jawab memberikan solusi bahkan tim rombongan sekretariat Komisi 8 tersebut siap menampung aspirasi, gagasan dsb di bidang akademik. Terakhir pada penutupan agenda itu diadakan prosesi penyerahan cindera mata sekaligus foto bersama.(ptt)

(Hardianto)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up