HUMAS PTKIN DIMINTA STAFSUS MENAG UNTUK OPTIMALKAN PMB VIA KONTEN DIGITAL
Putut Wahyu Hardiyanto Jumat, 3 Februari 2023 . in Berita . 278 views
5160_panitia.jpg

HUMAS-Saat ini Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diminta menjadi garda terdepan dalam seluruh komunikasi publik dalam agenda Seleksi Prestasi Akademik Nasional–Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN. Disamping itu, PTKIN juga diminta untuk memastikan prosedur pendaftaran SPAN UM PTKIN dibuat dengan jelas. Akses aplikasi bagi para pendaftar juga dikemas menarik dan mudah diakses. Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo di hadapan para Humas PTKIN dalam Sosialisasi SPAN-UM PTKIN di Samarinda.Kamis(2/2)

Hadir dalam giat saat itu, Ketua Forum Pimpinan PTKN Prof Mahmud, Sekretaris Dr Syarif, Bendahara Forum Prof Zainal Muskim, Bendahara PMB Prof Nyayu Khodijah, Rektor UIN SI Samarinda Prof Mukhamad Ilyasin dan Kepala Biro HDI Akhmad Fauzin. 

Pada kesempatan itu, poin pertama yang disampaikan oleh Wibowo sapaan akrabnya itu terkait upaya mensosialisaikan prosedur pendaftaran agar dilakukan dengan jelas dan baik, melalui berbagai konten. "Kampus tidak hanya membuat rilis semata, tapi juga membuat konten kreatif, meme menarik, dan desain yang apik, "terangnya. 

Poin kedua, memastikan stakeholders untuk mendapat pengalaman akan kemudahan akses informasi dan aplikasi. Dalam hal ini pihak kampus diminta agar menyiapkan infrastruktur dengan aplikasi yang baik sehingga calon mahasiswa tidak kesulitan mengakses informasi SPAN-UM PTKIN.

Poin ketiga, melakukan kampanye berbasis testimoni dari mahasiswa ataupun para alumni. Pendekatan itu, menurut stafsus Menag akan lebih menarik minat calon mahasiswa. Ditambahkan juga untuk para pimpinan PTKIN mesti harus memposisikan dirinya sebagai Humas dengan mempublikasikan testimoni tentang keunggulan kampus masing-masing. 

Terakhir, poin keempat yang tidak kalah penting adalah sinergi dengan media mainstrem dan media massa. Kampus perlu memanfaatkan semua platform media sosial yang ada dalam proses sosialisasi, termasuk dengan melibatkan pada influencer dan tokoh penting.

5162_panitia.jpg

Sebagai informasi bahwa pendaftaran SPAN-UM PTKIN telah dirilis oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 20 Januari 2023. Bersama itu, dibuka fase pendaftaran SPAN PTKIN bagi sekolah/madrasah/pesantren hingga 13 Februari 2023 mendatang. Fase pendaftaran siswa akan dibuka mulai 16 Februari sampai 4 Maret 2023. Hasil SPAN PTKIN akan diumumkan pada  3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya.(ptt/*) 

(Hardianto)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up