RAPIM 2023 AKAN BERLANJUT PADA RAKER MEI MENDATANG
Iffatunnida Kamis, 16 Maret 2023 . in Berita . 470 views
5302_ttd.jpg

UIN MALANG-Menutup Rapat Pimpinan 2023 yang dilaksanakan selama 2 hari (15-16/3) di Aula Gedung Rektorat lt. 5, para pimpinan dari tingkat universitas hingga fakultas di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2023. Pasca penandatangan dokumen, rektor secara simbolis menyerahkan pagu sementara Tahun Anggaran 2024 kepada masing-masing pimpinan. Selama dua hari, seluruh jajaran pimpinan berdiskusi mengenai rencana strategis yang harus ditempuh untuk mencapai Visi UIN Malang, yakni terwujudnya pendidikan tinggi Islam unggul bereputasi internasional.
Prof. Dr. M. Zainuddin, MA., Rektor UIN Malang menanggapi pemaparan Indikator Kerja Utama (IKU) oleh para wakilnya, serta diskusi dengan pimpinan di level lembaga hingga fakultas dan jurusan. Menurutnya, dari catatannya sepanjang pelaksanaan Rapim 2023, ia menyimpulkan bahwa meski IKU adalah milik masing-masing satuan kerja, namun saat pelaksanaan dan proses realisasinya tidak bisa dilakukan sendiri. “Contohnya, rencana strategis bidang kemahasiswaan, tidak akan berjalan lancar jika tidak dibantu bidang kerjasama dan juga AUPK,” jelas Prof. Zain.

5303_ttd1.jpg

Ia menambahkan, terkait target penambahan kuota mahasiswa baru, ia ingin agar seluruh personel tidak hanya fokus pada peningkatan angka. Namun, hal yang paling penting ialah membenahi kampus agar daya tarik kampus meningkat. Dengan begitu, UIN Malang tidak perlu usaha ekstra untuk promosi tapi dengan sendirinya, animo calon mahasiswa naik seiring dengan naiknya kualitas lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama ini.
Sementara itu, Karo AUPK Dr. Ahmad Hidayatullah kembali mengingatkan di sambutan penutupnya sebagai Ketua Panitia Rapim 2023 agar para pimpinan di tiap subsaker melakukan rapat kerja internal. Rapat internal ini dapat dilaksanakan pasca Rapim ini hingga awal Mei mendatang, tepatnya pada 20 Maret hingga 8 Mei. “Hasil rapat kerja subsaker akan dijadikan bahasan dalam Rapat Kinerja Universitas 2023 pada tanggal 16 dan 17 Mei,” ungkapnya. Perencana Ahli Madya Bagian Perencanaan Imam Bani Mustholik menambahkan serta menegaskan,"Tidak ada alasan tidak sempat melakukan raker di setiap satuan kerja karena tidak cukup waktu. Ini waktunya sebulan lebih hingga usai Lebaran Idul Fitri. Harus tuntas rakernya bagaimanapun juga." Pihak kampus mengingatkan, pelaksanaan raker wajib dilakukan di wilayah UIN Malang, bukan luar kampus.

5305_sertif.jpg


Pada momen penutupan Rapim 2023, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. menyerahkan sertifikat kepada dosen dan tenaga kependidikan yang berhasil menyelesaikan sertifikasi keahlian melalui institusi di dalam maupun luar negeri. Rektor juga memberikan sejumlah penghargaan untuk beberapa kategori. Penghargaan ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan rektor di setiap forum Rapat Pimpinan. Sejumlah penghargaan yang dianugerahkan rektor didasarkan pada data yang terekam di aplikasi daring e-smart, repository, dan PD-Dikti. Penerima award paling banyak diraih oleh Fakultas Sains dan Teknologi untuk: 1) fakultas dengan rekognisi internasional terbanyak; 2) fakultas dengan guru besar terbanyak sejumlah 7 profesor; 3) fakultas dengan publikasi ilmiah terindeks terbanyak (374 publikasi); 4) program studi dengan Jurnal Ilmiah internasional bereputasi melalui Journal of Islamic Architecture; 5) program studi dengan pemilikan Hak Paten terbanyak (Prodi Biologi); dan 6) prodi dengan publikasi ilmiah disitasi Scopus terbanyak (Prodi Kimia). Selain itu, kategori penghargaan lainnya ialah: 1) fakultas dengan mahasiswa berprestasi internasional terbanyak diraih Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan; 2) fakultas dengan predikat Akreditasi Unggul terbanyak diraih Program Pascasarjana; 3) prodi dengan mahasiswa asing terbanyak diraih Prodi Sarjana Al-Ahwal Al-Syakhsiyah dengan jumlah mahasiswa WNA sebanyak 55; 4) prodi dengan dosen bersertifikat pendidik terbanyak diraih Prodi Sarjana Bahasa dan Sastra Arab; dan terakhir 5) fakultas dengan terbitan Buku ber-ISBN terbanyak diraih Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up