CDC UIN Malang Beri Pelatihan Agar Lebih Kompetitif untuk Dunia Kerja
Abadi Wijaya Kamis, 25 Mei 2023 . in Berita . 497 views
5493_rektor.jpg

HUMAS UIN MALANG - Lembaga Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan workshop pelatihan pengembangan karir bagi mahasiswa dan alumni pada pagi ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta agar lebih kompetitif di dunia kerja. Acara tersebut diadakan di Aula Rektorat Lantai 5 dan dimulai pukul 09.00 WIB. Workshop ini dihadiri oleh Rama Royani, Founder of Talents Mapping, serta Putri Norma Sita, HR Generalist di PT. Pura Barutama Surabaya Representative Office, Kamis (25/5/2023).
Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, menyampaikan bahwa pembekalan seperti ini sangat penting dan harus diikuti dengan baik. CDC selalu memantau alumni UIN Maliki Malang untuk mengetahui apakah mereka telah menempati dunia kerja, baik sebagai guru, dosen, atau tenaga profesional lainnya. Oleh karena itu, CDC selalu memantau statistik penyerapan alumni di dunia kerja.

5496_cdc.jpg

"Sebagai pendidikan yang maju dan bereputasi, sangat penting bagi UIN Maliki Malang bahwa tidak ada alumni yang menganggur. Kami berharap para alumni dapat menempati dunia kerja sesuai harapan. Oleh karena itu, proses input dan outputnya harus tetap dipantau," jelas Rektor.
Selain itu, pendidikan karakter melalui pembelajaran di Ma'had dan kampus juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran terbaik. Pentingnya proses input yang baik dalam pendidikan ini menjadikan harapan agar para mahasiswa dapat lulus tepat waktu, tidak melebihi 8 semester, dan menghindari pengangguran setelah lulus.
Dalam dunia kerja yang dinamis, pencari kerja dituntut untuk lebih fleksibel dan memiliki soft skill yang luar biasa. Rektor menekankan bahwa tidak ada rasa malu dalam bekerja apa pun. Yang penting adalah memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Menurut hasil penelitian, 80 persen kemampuan soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sedangkan pengaruh hard skill hanya sebesar 20 persen. Perusahaan juga mencari karyawan yang jujur dan amanah.

5497_cds.jpg


Ketua CDC UIN Maliki Malang, Dr. M. Hambali, M.Ag, menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan alumni yang ingin mencari kerja. Dengan mengikuti workshop pengembangan karir ini, diharapkan para peserta dapat membaca peluang dan memperluas jaringan. Acara ini difasilitasi untuk meningkatkan jenjang karir sesuai dengan visi kampus yang ingin unggul dan bereputasi internasional.
Para mahasiswa yang hendak lulus tentu membutuhkan informasi terkait peluang di dunia kerja. Dengan adanya dua narasumber, Rama Royani dari Jawa Barat dan Putri Roma Sita dari Surabaya, diharapkan peserta dapat memperoleh pencerahan dan strategi jitu dalam menjalin hubungan yang luas di dunia kerja profesional.
"Untuk itu, saya minta para peserta fokus mengikuti workshop ini agar bisa belajar bagaimana membuat CV dan memanfaatkan aspek skill yang dimiliki saat membuat wawancara dan CV ketika mereka mencari pekerjaan," jelas Dr. M. Hambali, M.Ag.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dan alumni UIN Maliki Malang dapat meningkatkan persiapan diri, mengembangkan keterampilan yang relevan, serta memanfaatkan peluang karir yang ada untuk meraih kesuksesan di dunia kerja.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up