Mindset dan Sikap Positif Bantu Kembangkan Potensi Diri
Iffatunnida Kamis, 25 Mei 2023 . in Berita . 358 views
5499_cdc.jpg

UIN MALANG-Ketika belajar di perguruan tinggi, mahasiswa diharapkan sudah hampir siap untuk terjun di dunia profesional pasca kelulusannya. Karena itu, tugas setiap perguruan tinggi tak hanya memberikan ilmu mumpuni sesuai minat bidang studi, namun juga mempersiapkan mahasiswa untuk mengembangkan diri di karir yang diinginkan. Karena itu, Career Development Center (CDC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menghelat Workshop Pengembangan Karir yang bertema Masuk Perusahaan Bereputasi Internasional di Aula Gedung Rektorat lt. 5, Kamis (25/5). Pada acara tersebut, tim CDC mengundang dua profesional di dunia kerja.
Rama Royani, pendiri Talents Mapping, berbagi mengenai Penguatan Talenta dan Personal Branding. Di awal pemaparannya, Rama mengingatkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir saat itu bahwa semua manusia itu bertalenta. “Allah sudah memberikan potensi di setiap diri manusia sejak mereka dilahirkan ke dunia,” imbuhnya.
Selanjutnya, manusia yang diberkahi dengan akal oleh Tuhan, bertugas untuk mencari potensi diri mereka sendiri. Ia mengetahui bahwa tidak semua individu bisa menemukan talenta mereka. Maka di situlah peran dunia pendidikan untuk membantu manusia dalam menggali potensi dan talentanya.

5500_cdc2.jpg


Narasumber kedua pun memberikan materi yang tak kalah menarik. Tim CDC mengundang HR-Generalist dari PT. Pura Barutama perwakilan Jawa Timur, Putri Norma Sita. Sebagai profesional yang berhadapan dengan para karyawan, Putri berbagi tips dan trik membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik serta trik interview kerja.
Di awal sesinya, ia langsung meminta mahasiswa untuk mencoba membuat CV melalui aplikasi Canva. Beberapa hal yang ia ingatkan kepada mahasiswa dalam penyusunan CV untuk melamar pekerjaan ialah untuk tidak mencantumkan seluruh akun sosial media yang kita punya. “Tentu kita tidak mau perusahaan impian kita mengetahui seluruh aib masa lalu kita,” jelas Putri. Karena itu, pastikan bahwa akun sosmed yang disertakan berisi hal-hal yang positif.
Begitu juga dengan penulisan pengalaman organisasi dalam CV. “Pilih organisasi atau komunitas yang paling berkesan,” tutur Putri. Ini membuat kita maksimal saat menjelaskan peran kita dalam organisasi yang kita cantumkan.
Putri menekankan agar para pelamar kerja tetap berpikiran positif, begitu juga dengan kepribadian. Hal ini membantu calon pekerja untuk lebih tenang saat menjalani interview kerja. Para perekrut karyawan pun akan mendapatkan kesan yang positif pada diri seseorang. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up