PWN PTK 2023: PRAMUKA UIN MALANG BERIKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT GORONTALO
Abadi Wijaya Selasa, 23 Mei 2023 . in Berita . 343 views
5475_part.jpg
SIAP MENGABDI: Peserta PWN PTK siam menjalankan bakti sosial membersihkan tempat ibada masyarakat Gorontalo. Selasa (23/5/2023).

HUMAS UIN MALANG- Perkemahan Wirakarya Nasional Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (PTK) tahun 2023, yang digelar di bumi perkemahan IAIN 2 Gorontalo, menjadi momentum penting bagi para peserta untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat sekitar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi empat desa, yaitu Desa Daenaa, Desa Pentadio, Desa Tilihua, dan Desa Botubarani. Selasa (23/5/2023).

5473_prammm.jpg


Kontingen Pramuka UIN Malang diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan bakti fisik di Desa Tilihua, yang berjarak sekitar 2 kilometer dari bumi perkemahan. Setiap kontingen terbagi menjadi dua kloter, dengan masing-masing kloter terdiri dari 4 anggota putra dan 4 anggota putri. Salah satu kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini adalah membersihkan tempat ibadah, yaitu membersihkan masjid sekitar dan halaman masjid. Dalam semangat gotong royong, seluruh peserta pengabdian masyarakat dari kelurahan Tilihua berpartisipasi dengan antusias dalam membersihkan masjid. Acara pengabdian masyarakat dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga 10.30 WITA. Meskipun teriknya matahari di Gorontalo, para pramuka dari seluruh Indonesia tetap semangat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga mendapatkan dukungan penuh dari warga kelurahan Tilihua, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

5474_parms.jpg


Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pertama, kegiatan ini memberikan pengaruh positif bagi masyarakat sekitar. Sebagai seorang pramuka, penting untuk menyebarkan hal-hal positif kepada masyarakat sekitar. Manfaat kedua adalah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru, yang dapat memperkaya wawasan dan pengalaman peserta. Terakhir, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan adaptasi dengan lingkungan baru.
Seorang pramuka diwajibkan untuk memahami dan mengerti cara berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat, serta menerapkannya menuju kehidupan yang lebih baik dan maju. Selain itu, masyarakat juga semakin menyadari bahwa gerakan pramuka merupakan organisasi yang cocok dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan negara.
Harapan semua peserta perkemahan Wirakarya Nasional PTK tahun 2023 adalah dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat Gorontalo melalui kegiatan pengabdian ini. Dengan semangat pramuka, mereka berkomitmen untuk terus menebar kebaikan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up