TINDAK TEGAS PELANGGARAN KODE ETIK & ANTISIPASI PRODUK AI
Iffatunnida Selasa, 16 Mei 2023 . in Berita . 281 views
5426_open.jpg


UIN MALANG-Menanggapi fenomena penggeseran nama penulis utama di karya tulis ilmiah, Ketua Rumah Jurnal Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd. memberikan opininya. Hal yang sering terjadi dan dihadapi pengelola jurnal ini harus ditindak tegas karena berkaitan dengan kode etik bagi dosen. Dalam sambutan pembukanya dalam Workshop Peningkatan Grade Jurnal dan Indeksasi Scopus di Ruang LPM Gedung Rektorat lt. 4, Selasa (16/5), ia meminta seluruh pengelola jurnal untuk mengantisipasi isu tersebut dan menuliskan dengan tugas aturan serta sanksi di jurnalnya masing-masing.
Indah melanjutkan, tugas pengelola jurnal bukan hanya sekadar mengolah tulisan hingga terbit. Tugas lainnya ialah sebagai penegak hukum dalam bidang kode etik dosen. Oleh karena itu, pengelola harus teliti dalam menerima artikel yang masuk. Jika terjadi pelanggaran, maka imbasnya ialah penurunan imej dan kualitas jurnal.
Selain itu, Indah juga menyinggung perkembangan produk AI (Artificial Intelligent). Teknologi AI berimbas juga pada jurnal. Tulisan-tulisan hasil buatan AI membuat pengurus jurnal untuk makin selektif memilih tulisan yang masuk. Ada hal-hal negatif dari produk AI yang harus diantisipasi. "Namun bukan berarti produk AI ini negatif terus. Hal positifnya ialah pengurus jurnal bisa memanfaatkan AI untuk upgrade kualitas jurnal," tutur dosen di Fakultas Humaniora itu. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up