Fitri Purwanti Mahasiswi Arsitek Terpilih Jadi Kandidat Karyawan PT. Pura Barutama
Abadi Wijaya Kamis, 8 Juni 2023 . in Berita . 323 views
5576_fit.jpg


Menekuni hobi tertentu banyak dilakukan generasi muda saat ini. Namun ada pula yang berawal dari hobi justru bisa meraih berbagai prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Seperti hobi mahasiswa Fakultas Saintek, Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Fitri Purwanti (22) yang terpilih sebagai peserta dengan CV terbaiknya, hingga akhirnya dia pun terpilih menjadi kandidat karyawan di PT. Pura Barutama. Berikut hasil reportasenya.

Hobi berniaga dan membacanya me­mun­cul­kan banyak ide kreatifnya yang mendorong putri dari pasangan Bapak Sutarji dan Ibu Sriyati ini terpilih sebagai salah satu peserta dengan CV yang dinilai menarik perusahaan nasional ternama di Indonesia tersebut.
Kuncinya, membuat CV yang baik itu harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut apakah menggunakan CV dengan format ATS agar bisa mempermudah proses seleksi oleh rekruter atau membuat CV Kreatif yang umumnya digunakan melamar pekerjaan pada bidang industri kreatif, misalnya desain grafis. Sementara, CV ATS digunakan untuk melamar pekerjaan secara umum. “CV ATS terlihat lebih profesional dan lebih mudah dibaca oleh personalia perusahaan karena formatnya sudah baku,” jelas Fitri.
Sejak beberapa waktu yang lalu mengikuti workshop pengembangan karir yang dimotori Career Development Center (CDC) UIN Maliki Malang, Fitri sapaan akrabnya termotivasi untuk ikut dalam kegiatan tersebut untuk melatih kemampuannya dalam membuat CV yang menarik dan diminati oleh perusahaan.
Fitri menyampaikan, sejak mulai SD memang dirinya sudah tertarik dengan dunia desain khususnya di bidang teknik arsitektur, keinginanya semakin menguat sehingga ia mengupayakan serta mempersiapkan diri untuk lolos di program studi ini melalui jalur akademik. Hingga akhirnya, keinginan kuatnya untuk menekuni dunia arsitektur itu ia wujudkan masuk di salah satu PTKIN ternama yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Fitri juga pernah meraih sertifikat IT Support Google by Coursera , Pertahanan terhadap Kejahatan Digital by Coursera, dan juga bersama tim meraih juara harapan 1 bidang Desain Arsitektur Islami dalam ajang OASE yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Soal pengalaman kerja di dunia freelance, Fitri juga memiliki pengalaman kerja bersama tim dalam membuat master plan Goa Tumpuk Kabupaten Blitar, Perancangan Pondok Pesantren Wagir, Kabupaten Malang, dan juga perancangan asrama dan kantor Pondok Pesantren Darur Roja, Blitar. “Pengalaman mengerjakan proyek itu saya jalani sejak 2019 hingga 2021,” tutur mahasiswi semester VIII Jurusan Teknik Arsitektur itu.
Tak hanya itu, untuk melengkapi deretan pengalaman di dunia arsitektur tersebut, Fitri juga aktif menulis buku non fiksi dan sudah menerbitkan tiga buku kolaboratif. “Saya sendiri menyukai hal baru, dan selain membaca saya juga suka menulis,” paparnya.
Selain menulis buku, perempuan kelahiran Blitar ini juga aktif menjadi mitra ruang guru. Kesibukan ini ia jalani sejak 2020 hingga sekarang. Selain itu, ia juga aktif bekerja sebagai content creator di beberapa platform digital. “Pekerjan sebagai content creator saya lakukan sejak masa pendemi dan berlanjut hingga sekarang,” jelasnya saat diwawancarai di kantor Humas UIN Malang.
Semua pengalaman ini, tambah dia, digunakan sebagai pengalaman sekaligus menjadi materi dalam penyusunan CV kreatifnya. Dia paham bahwa PT. Pura Barutama menghendaki untuk mengajukan dengan menggunakan format CV Kreatif. “PT. Pura Barutama memang tidak hanya melihat background akademiknya saja. Akan tetapi lebih pada pengembangan potensi dirinya ke depan,” jelasnya.
Lulusan boleh dari jurusan apa saja, yang terpenting bagaimana sesorang tersebut bisa berkembang dan mengikuti kebutuhan pasngsa pasar yang terus berkembang. “Faktanya, 70-80 persen di dunia kerja kreatif banyak karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan background lulusan akademiknya,” pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up