Konsisten dan Optimis agar Jurnal Terakreditasi Internasional
Iffatunnida Selasa, 22 Agustus 2023 . in Berita . 228 views
5881_sinta4.jpg

UIN MALANG-Setelah mendapatkan materi tentang perbaikan pengelolaan jurnal untuk peningkatan akreditasi Sinta, para pengelola jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menimba pengalaman dari Sholahuddin Al Fatih, Editor-in-Chief Jurnal Legality yang sudah terindeks, Scopus, Selasa (22/8). Sepanjang tiga jam di sesi siang hari, Fatih berbagi pengalamannya menangani jurnal dari mati suri hingga berhasil lolos asesmen di pengindeks internasional.
Hal yang ia tekankan selama penyampaiannya materinya ialah sikap dan mindset pengelola jurnal. “Jangan putus asa dulu sebelum mencoba, kalau belum-belum sudah tidak yakin dengan kualitas jurnal kita, hasilnya juga tidak akan memuaskan,” tutur dosen Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Malang itu.
Untuk menjaga kualitas, kata Fatih, para pengelola harus tegas. Maksudnya, pengelola harus konsisten dengan guidelines yang sudah ditetapkan tim redaksi jurnal. Konsisten menjaga kualitas bisa dalam berbagai sisi, di antaranya memastikan fokus dan scope naskah yang masuk sesuai dengan jurnal. “Karena itu, pengelola harus berani menolak penulis. Meskipun itu dari pimpinan kita sendiri,” ujar Fatih.

5882_sinta6.jpg


Hal yang sering menjadi catatan tim asesor Scopus untuk jurnal-jurnal di Indonesia adalah kualitas Bahasa Inggris. Tidak bisa dipungkiri jika menjaga kualitas Bahasa Inggris dalam jurnal sangat sulit. Tidak semua penulis mumpuni dari segi kebahasaan. Maka, perlu strategi dari tim pengelola jurnal untuk mengatasi hal tersebut. “Kampus harus menganggarkan untuk proofread naskah di lembaga profesional,” jelasnya. Namun, tidak semua penyedia jasa proofread dapat dituju. “Cari proofreader yang biasa menangani naskah-naskah yang sesuai dengan keilmuan jurnal anda,” ujarnya.
Para pengelola jurnal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti Workshop Upgrading Pemeringkatan Sinta di The Shalimar Boutique Hotel, Kota Malang. Acara yang dilaksanakan selama sehari penuh ini ditujukan bagi jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi Sinta dan yang masih dalam proses penilaian. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up