PSIS Gandeng IAT Hadirkan Kiai Abdul Moqsith Ghazali
Iffatunnida Jumat, 29 September 2023 . in Berita . 331 views
6013_29091.jpg

UIN MALANG-Pusat Studi Islam dan Sains (PSIS) termasuk salah satu unit di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang aktif melakukan beragam kegiatan. Berfokus pada studi integrasi keilmuan, target program kerja PSIS tidak hanya menyasar dosen sebagai pengajar, namun juga mahasiswa sebagai penimba ilmu. Kuliah Umum bertema Integrasi al Quran dan Sains merupakan kolaborasi PSIS dan Prodi Ilmu al Quran dan Tafsir (IAT). Ilmuwan yang juga seorang tokoh agama Dr. Abdul Moqsith Ghazali diundang untuk berbagi pandangannya mengenai integrasi ilmu, Jumat (29/9).
Meresmikan kuliah umum, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. menjelaskan mengenai tiga distingsi UIN Malang dengan PTN maupun PTKIN lainnya di Indonesia. Pertama, kurikulum yang diimplementasikan di UIN Malang menganut konsep integrasi ilmu umum dan agama. Hal ini terlihat dari MKU dan MKKU yang dirancang. “Kami menyusun semuanya dengan mengintegrasikan ilmu sesuai peminatan serta nilai-nilai Ulul Albab, moderasi beragama, dan nilai anti korupsi,” papar Prof. Umi.
Kesebelas MKU dan MKKU, jelas wakil rektor bidang akademik, adalah kombinasi beberapa mandat. Nilai Ulul Albab adalah mandat kampus sebagai tempat penyelenggara pendidikan yang concern untuk mencetak generasi masa depan untuk menjadi saintis yang agamis. “Sementara itu, nilai moderasi beragama adalah mandat Kementerian Agama, dan nilai anti korupsi adalah amanah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.
Distingsi UIN Malang yang kedua ialah pengembangan kebahasaan. Melalui Pusat Pengembangan Bahasa, UIN Malang serius mengajarkan Bahasa Arab di tahun pertama, dan Bahasa Inggris di tahun kedua. Selain itu, ada pula pembelajaran pilihan seperti Bahasa Mandarin dan Bahasa Persia.

6014_29092.jpg

Distingsi ketiga ialah program tahfiz Quran. Keseriusan UIN Malang dalam hal ini terbukti dari adanya lembaga tersendiri yang menaungi mahasiswa-mahasiswa yang minta menghafal al Quran. “Anggotanya semua mahasiswa dari S1 hingga S3,” tambah Prof. Umi.
Kuliah Umum Integrasi Sains dan al Quran tak hanya diikuti oleh mahasiswa Prodi IAT. Beberapa mahasiswa dari prodi lain pun nampak hadir di forum yang dilaksanakan di Aula Gedung Micro Teaching lt.2 tersebut. Hadir pula Ketua LP2M UIN Malang Prof. Dr. Agus Maimun, M.Pd., Ketua PSIS Dr. Begum Fauziyah, M.Farm., Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Prof. Dr. M. Abdul Hamid, Wakil Dekan Fakultas Syariah Dr. Zainul Mahmudi, Kaprodi IAT Ali Hamdan, Ph.D., dan Sekretaris Prodi IAT Miski, M.Ag. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up