Tidak Ada Wisudawan Periode ke-4 Lulus dengan Predikat Baik?
Iffatunnida Sabtu, 23 September 2023 . in Berita . 332 views
6004_wesss.jpg

UIN MALANG-Hal mengejutkan disampaikan oleh Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang dalam prosesi wisuda kali ke-4 di tahun 2023, Sabtu (23/9). Menurut laporan akademiknya di awal seremonial Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke-76 ini, ia menuturkan bahwa tidak ada wisudawan yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpredikat Baik. “Di antara 800 jumlah wisudawan, sebanyak 81,5% meraih predikat IPK Cum Laude,” ujarnya.
Menurut Prof. Umi Sumbulah, 587 wisudawan Program Sarjana meraih Cum Laude, sedangkan untuk Program Pascasarjana sebanyak 65 wisudawan. “Tidak ada wisudawan yang mendapat predikat Baik, apalagi Cukup di periode wisuda kali ini,” tambahnya memberi keterangan di tengah laporan akademiknya di hadapan wisudawan dan wali. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa-mahasiswa UIN Malang mampu menyelesaikan kewajiban studinya dengan sangat baik.
Sesuai dengan laporan akademik wakil rektor bidang akademik UIN Malang, 88% atau 710 wisudawan berasal dari Program Sarjana dengan Fakultas Syariah meluluskan jumlah terbanyak, yakni 165. Diikuti oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 163 wisudawan, Fakultas Sains dan Teknologi 125 wisudawan, Fakultas Humaniora 113 wisudawan, Fakultas Ekonomi 69 wisudawan, serta Fakultas Psikologi dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan masing-masing sebanyak 47 dan 41 wisudawan. Selanjutnya, Program Pascasarjana mewisuda sebanyak 76 mahasiswa Program Magister dan 6 Program Doktor yang seluruhnya meraih Cum Laude. Sementara itu, Program Profesi Doktor mewisuda 8 orang.
Di ujung laporannya, Prof. Umi Sumbulah mengumumkan tiga wisudawan terbaik di masing-masing jenjang studi. Untuk Program Sarjana, peraih gelar wisudawan terbaik adalah mahasiswi Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Queen Salsabila asal Kabupaten Gresik dengan IPK 3,98. Wisudawan terbaik Program Magister diraih Deby Ayu Puspitasari, mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam asal Kabupaten Blitar dengan IPK 4 sempurna. Sedangkan wisudawan terbaik Program Doktor diraih Firdausi Nujulah, mahasiswi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam asal Kabupaten Pasuruan dengan IPK 3,91. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up