UIN Malang Kirim Mahasiswa KKN Ke Mesir
Abadi Wijaya Sabtu, 16 September 2023 . in Berita . 334 views
5982_kkni.jpg

 

HUMAS UIN MALANG-Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Internasional dilaksanakan di Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN). Pelaksanaannya dimulai tanggal 6  September sampai 1 Oktober 2023. Rapat koordinasi program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo Mesir (7/9/2023).

“Pada prinsipnya KBRI Cairo mendukung program KKM Internasional yang dilaksanakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Mesir. Agar dipastikan mahasiswa peserta KKM mendapatkan visa masuk dari Kedutaan Besar Mesir di Jakarta” ujar Prof Bambang Suryadi, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo. Terkait bentuk kegiatan, akomodasi, transportasi agar melakukan koordinasi dengan pihak pengelola tempat KKM. Setelah rapat koordinasi, dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa ke manajemen Sekolah, briefing kepada mahasiwa dan diskusi kegiatan dengan guru pamong. Acara diakhiri dengan kunjungan kelas untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar belajar sampai perguruan tinggi, sekaligus mengenalkan kepada siswa tentang UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini didampingi oleh Plt. Kepala Sekolah Indonesia Cairo di Mesir, para wakil kepala sekolah, dan guru. Malam harinya kegiatan dilanjutkan di Wisma Jawa Timur yang berlokasi di Hayyu ‘Asyir Cairo untuk bincang santai dengan mahasiswa Indonesia di Mesir tentang perkembangan pendidikan di Indonesia; peluang dan tantangannya.

5983_mesir.jpg

Hari berikutnya kunjungan ke Al-Markaz Al-‘Alami li Al-Qur’an wa ‘Ulumihi bertemu dengan Direkturnya Prof. Muhammad Imam Daud. Pertemuan ini dilaksanakan di istirohaat (villa) pinggiran Sungai Nil. Tujuan kunjungan ini penjajakan kerjasama dibidang penelitian dan pengembangan akademik, diantaranya pelaksanaan pelatihan (dauroh) Pembelajaran al Qur’an al Karim dan Bahasa Arab bagi mahasiswa serta mengambil sanadnya (8/9/2023). Kunjungan dilanjutkan ke Kampus Universitas Al-Azhar dan Masjid Al-Azhar.

Tujuan KKM dilaksanakan di luar negeri agar mahasiswa memperoleh pengalaman hidup di luar negeri, dan memperoleh tambahan informasi terkini tentang dinamika permasalahan masyarakat global. “Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan global kepada mahasiswa tentang kegiatan pendidikan dan keagamaan di Mesir, juga mendukung visi universitas menuju kampus unggul bereputasi internasional. Oleh karena itu dibutuhkan penguatan kerjasama dengan beberapa lembaga internasional melalui KBRI” jelas Prof Agus Maimun, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 

Kegiatan KKM Internasional dilaksanakan di lima Negara. Mesir berpusat di Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN), dan Mohabe el-Syaikh el- Hosary Foundation Egyt. Saudi Arabia berpusat di Sekolah Indonesia Mekkah (SIM), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Sekolah Indonesia Riyad (SIR). Malaysia, berpusat di Maahad Tahfidz Sains Taufikiyah Khairiyah Kedah, Maahad Ihya’ al Ahmady Johor, Maahad Tahfiz As Saidiyyah Negeri Sembilan. Thailand, berpusat di Al Hidayah Waqaf Foundation for Education and Social Development Songkhla. Kamboja, berpusat di Cambodian Muslim Cooperative, dan Maahad Nurul Iman.

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua bagian, hard skill dan soft skill. Untuk hard skill, bentuk kegiatannya pelatihan seni beladiri, pelatihan tari, kesenian angklung, daur ulang sampah, pelatihan baca tulis al Quran, dan public speaking. Sedangkan soft skill, bentuk kegiatannya pelatihan desain media pembelajaran berbasis teknologi, aplikasi Canva, dan  mengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Sedangkan tagihan kegiatan ini berupa laporan akademik, video pendek, publikasi media online, jurnal ilmiah, dan sertifikat karya hasil pengabdian yang ditanda tangani oleh mitra.

Harapannya, kegiatan KKN Internasional ke depan tidak hanya mengirim mahasiswa dari fakultas sosial dan pendidikan, akan tetapi mampu mengirim mahasiswa dari fakultas sain dan teknologi, fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan, dan fakultas umum lainnya agar lebih bermanfaat dan variatif. Dan kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan kampus lain agar membawa manfaat yang lebih besar bagi kehidupan umat manusia. Semoga  slogan  “PTKIN HARUS MAJU BERSAMA” segera terwujud. Allah A’lam… (Konstributor: Syaiful Mustofa, Kapus Pengabdian Masyarakat)

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up