The 3rd PLANAR: Wadahi 36 Artikel dalam Proceeding PLANAR 2023
Abadi Wijaya Kamis, 26 Oktober 2023 . in Berita . 318 views
6114_planar.jpg
Sesi pertama seminar PLANAR

HUMAS UIN Malang - The 3rd PLANAR diselenggarakan oleh Prodi Farmasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang secara luring untuk pertama kalinya di Rumah Singgah Kampus 2 UIN Malang (26/10/23). Istimewanya, kali ini PLANAR menggandeng The 2nd MIISE yang memperkuat eksistensinya.

PLANAR memiliki dua sesi seminar. Sesi pertama diisi oleh para ketua Halal Center yang dipandu oleh Bapak Abdul Wafi, M.Si., Ph.D. Beliau adalah Bapak Assist. Prof. Dr. Asman Taeali (Director of Halal Institute, Prince of Songkla University, Thailand) dan Ibu Dr. apt. Nina Salamah, M.Sc (Head of Halal Center, Universitas Ahmad Dahlan). Sesi kedua membahas implementasi halal pada bahan baku dan produk jadi yang dipandu oleh Bapak apt. Alif Firman Firdausy, M.Biomed. Bahasan dibuka oleh Bapak Prof. Dr. rer. nat. apt. Rahmana Emran Kartasasmita, M.Si. (Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung, Indonesia) yang mengangkat topik titik kritis halal dan bahan baku farmasi halal di Indonesia. Dilanjutkan dengan uraian kosmetik halal dan tanaman yang potensial sebagai bahan baku kosmetik halal yang dipaparkan oleh Prof. Dr. apt. Roihatul Muti’ah, M.Kes. (FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia). Bahasan penutup disampaikan oleh apt. Neny Purwitasari, M.Sc. (Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, Indonesia) mengenai konsumsi jamu halal untuk hidup yang sehat dan berumur panjang.

6115_planar.jpg
Sesi kedua seminar PLANAR

Tahun ini, the 3rd PLANAR dalam proceedingnya telah mewadahi sekitar 36 artikel ataupun poster yang ditulis para author internal maupun eksternal UIN Malang. Topik unggulan PLANAR mencakup kedokteran haji dan farmasi halal. Keberhasilan tersebut merupakan hasil kolaborasi lintas institusi, melibatkan author dari berbagai universitas ternama, termasuk UMM, STIKES Banyuwangi, Universitas Mulawarman, dan banyak institusi lainnya.

Event PLANAR diharapkan dapat menjadi wadah yang membantu para author dalam publikasi serta membagikan ilmu baru yang bermanfaat bagi civitas akademika. "Semoga PLANAR dapat memberikan manfaat kepada civitas akademika, khususnya para author internal maupun eksternal UIN Malang untuk mempublikasikan jurnalnya,” jelas Bapak Dr. apt. Burhan Ma'arif Z.A, S.Farm., M.Farm. (Ketua pelaksana The 3rd PLANAR)

Reporter: Raalins W
Fotografer: Panitia the 2nd MIISE
Editor: Edy Hyto

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up