Dialog LP2M UIN Malang dan UIN Surakarta
Iffatunnida Jumat, 8 Desember 2023 . in Berita . 154 views
6472_mlgsolo.jpg

UIN Malang-Menutup 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan balasan ke LP2M UIN Raden Mas Said Surakarta, Jumat (8/12). Dikawal Ahmad Abtokhi (Sekretaris LP2M UIN Malang), para personel dari Malang terdiri dari kepala pusat dan pusat studi. Rombongan Malang disambut hangat oleh tim LP2M UIN Surakarta. Ramah-tamah bertempat di Ruang Meeting UPT TIPD.
Sambutan pembuka disampaikan oleh Muhammad Latif Fauzi, Ketua LP2M UIN Surakarta yang baru saja dilantik 1 November lalu, menggantikan Zainul Abas yang didaulat menjadi Wakil Rektor 1. Kedatangan tamu ini, menurutnya, juga bisa menjadi forum sharing. Apalagi, fokus LP2M di kedua kampus ini sama, yaitu mengembangkan penelitian dan pengabdian di universitas.

6473_mlgsolo1.jpg


Selanjutnya, Zainul Abas, WR1 UIN Raden Mas Said Surakarta juga menyempatkan hadir dalam forum dialog kedua LP2M tersebut. Ia menilai bahwa LP2M kampusnya harus banyak belajar pada UIN Malang. "Tata kelola LP2M di Malang, termasuk output dan outcome kegiatannya sangat rapi," ujarnya. Ia menduga karena UIN Malang menerapkan IKU (Indikator Kinerja Utama) yang terpusat langsung di rektor dan diturunkan ke lembaga-lembaga terkait.
Sementara itu, Ahmad Abtokhi mengawali forum sharing dengan mengenalkan pusat dan pusat studi di bawah naungan LP2M UIN Malang. Ia juga menuturkan, meski nampak menaungi banyak pusat studi, jumlah staf LP2M termasuk kurang. "Kebanyakan staf kami tentatif yang kami beri SK Rektor dan dibayar melalui remun tiap semester," jelasnya.

6474_solomlg2.jpg


Menanggapi penuturan Zainul Abas, WR1 UIN Surakarta, mengenai tata kelola, Abtokhi menilai bahwa kinerja LP2M UIN Malang terbantu dengan adanya sistem repository. Dikelola langsung oleh UPT Perpustakaan Pusat, repository menjadi tempat penyimpanan hasil kinerja. "Seluruh hasil pengabdian dan penelitian yang dilakukan dosen, wajib diunggah di repository agar dapat diberikan reward oleh kampus," ungkapnya.
Selama kunjungan, personel LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disambut oleh Zainul Abas (Wakil Rektor 1), Muhammad Latif Fauzi (Ketua LP2M), dan Fathan (Sekretaris LP2M) UIN Raden Mas Said Surakarta. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up