Kunjungan Akhir SENAT ke UNY, Dapatkan Motivasi Positif menuju PTNBH
Jajang Ogi Wisono Sabtu, 2 Desember 2023 . in Berita . 171 views
6387_uny001.jpg

HUMAS UIN MALANG - Di akhir rute perjalanan dalam menggali informasi mengenai PTNBH, jajaran SENAT UIN Maliki Malang berkunjung ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kunjungan ini berlangsung di Ruang Sidang Utama SENAT Akademik UNY, lt.2 Sayap Utara, Jumat (1/12/2023).

Jajaran SENAT UIN Maliki Malang disambut hangat oleh Sekretaris SENAT UNY, Prof. Dr. Drs. Saliman, M.Pd., yang mewakili Ketua SENAT UNY karena berhalangan hadir, bersama seluruh Ketua Komisi A hingga E SENAT UNY.

6388_uny002.jpg

Ketua SENAT UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. A. Muhtadi Ridwan, MAg., menyampaikan maksud yang sama penyampaiannya dengan kampus-kampus yang dikunjungi sebelumnya. "Kami atas nama koordinator rombongan SENAT. Yang kita inginkan pada saat ini yaitu bagaimana pengalaman dan persiapan untuk pengembangan PTNBH. Kami sengaja ngaji kaweruh, mulai dari Unesa, Unair, UGM, kemudian ke UNY ini" pinta Prof. Muhtadi. Beliau juga bercerita bahwa banyak dosen UIN Maliki Malang yang lulusan dari UNY.

Dari pihak UNY yang diwakili oleh Prof. Saliman mengungkapkan fungsi Senat Akademik Universitas (SAU) UNY yaitu Penetapan, Pertimbangan, dan Pengawasan. Maka dari itu proses menuju PTNBH ini adalah wewenang Rektor untuk membangun tim yang kuat, khusus untuk menangani target PTNBH ini. Beliau juga menjelaskan dampak positif setelah menjadi PTNBH. "Bela, beli, UNY, jadi salah satu produk kita ada air mineral, dan katering makanan seperti yang tersuguhkan ini. Kami juga ada Wedding Organizer, Hotel, Pranoto Coro atau MC, Swalayan. Sebenarnya kalau kita hanya buka usaha saja untungnya besar, tapi kita tidak bisa begitu sebagai perguruan tinggi" terang beliau.

6389_uny003.jpg

Dalam proses menuju PTNBH, Prof. Soni Nopembri, S.Pd., M.Pd., Ph.D., selaku Ketua Komisi B, SAU UNY, menjelaskan tahapan dan kesulitan yang dihadapi, karena ia merupakan salah satu orang yang masuk di dalam tim yang dibentuk Rektor untuk kasus ini. "Kami dibentuk tim mulai 2019, yang dipimpin oleh Rektor. Dimulai dari kami membuat proposal, 4 dokumen dikirim ke beberapa kementerian, namun waktu itu terjadi kemandekan. Karena di UNY ada peralihan Rektor jadi di tahun 2020 masih belum ada pergerakan. Kemudian di tahun 2021 di bawah penanganan Rektor baru dan tim yang baru, kami merevisi 4 dokumen yang dibuat. Kami juga berdiskusi dengan Kementerian Keuangan, Kemendikbud, dan mencari narasumber dari universitas PTNBH, kami juga lakukan benchmarking. Sampai akhirnya kita serahkan dokumen ke Kemendikbud, yang dipresentasikan oleh Rektor dan Ketua SENAT. Secara garis besar seperti itu. Memang diperlukan proses panjang", jelas Ketua Komisi B SAU UNY.

6390_uny004.jpg

Selain itu, Sekretaris SAU UNY juga menjelaskan perubahan-perubahan yang dialami setelah menjadi PTNBH. Seperti halnya dalam bidang penulisan karya ilmiah, dana berapapun disetujui oleh rektor untuk menunjang hal tersebut. Beliau menjelaskan dampak-dampak positif saja agar UIN Maliki Malang semangat termotivasi merealisasikan PTNBH. (jj)

(Publisher)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up