FGD PTIPD PTKIN ke-3, WR II UIN Malang Bahas Transformasi Digital
Abadi Wijaya Senin, 29 April 2024 . in Berita . 86 views
7105_ptipd.jpg


HUMAS UIN MALANG - Pada tanggal 26 April 2024, Gedung Ir. Soekarno (Rektorat) UIN Malang menjadi saksi gelaran Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat isu-isu krusial dalam transformasi digital Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) PTKIN. Acara ini dihadiri oleh Kepala PTIPD PTKIN dan sejumlah undangan penting lainnya.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si., CAHRM, CRMP, menyoroti persaingan ketat yang dihadapi PTKIN dalam penerimaan mahasiswa baru. Terutama, dia menekankan perlunya transformasi baik dari segi kelembagaan maupun layanan digital guna mengatasi tantangan ini. "Jika kita tidak segera melakukan transformasi baik kelembagaan maupun layanan digitalnya maka PTKIN akan kalah," ujarnya dengan tegas.
Prof. Ilfi menyoroti perlunya peningkatan layanan berbasis digital, baik akademik maupun non-akademik, agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat milenial. Dia juga menggarisbawahi pentingnya dukungan PTIPD dalam merebranding program unggulan kampus, seperti menariknya jumlah mahasiswa asing. Selain itu, pengintegrasian layanan digital dari berbagai lembaga pemerintah juga menjadi fokus dalam upaya memperkuat sistem digital PTKIN.
"Tak hanya itu, PTIPD harus mampu mengembangkan layanan berbasis digital dengan tetap berpegang teguh pada konsep smart campus, smart class, hingga integrasi data," tambah Prof. Ilfi. Dia juga menekankan pentingnya kerjasama antar-PTKIN untuk meningkatkan reputasi dan bersaing dengan PTN serta PTS.
Menyusul pesan Prof. Ilfi, perlu diperkuat kerjasama antar-PTKIN dalam membangun komunikasi dengan Kementerian Agama pusat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagi data. "Jaga integritas dan wujudkan layanan digital yang aman, nyaman, dan menyenangkan sesuai kebutuhan masyarakat di era 4.0 ini," tutupnya.
Dengan adanya FGD ini, diharapkan PTKIN dapat bersama-sama menghadapi tantangan dalam era digital dan terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Islam di Indonesia.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up