UIN Malang Lakukan Persiapan Seleksi Mahasiswa Asing 2024
Abadi Wijaya Selasa, 14 Mei 2024 . in Berita . 223 views
7157_asliis.jpg

 

HUMAS UIN MALANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang sedang mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru internasional yang akan dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2024. Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, telah memeriksa kesiapan panitia dalam menyelenggarakan seleksi ini, Selasa, 14 Mei 2024.

Seleksi mahasiswa asing di UIN Malang tahun ini akan lebih ketat dengan fokus pada etos akademik. Prof. Umi menekankan pentingnya memastikan bahwa calon mahasiswa asing benar-benar berkomitmen untuk studi, bukan hanya ingin berkunjung ke Indonesia tanpa niat kuliah. "Ini harus diantisipasi sejak proses seleksi yang ketat," ujarnya.

7156_xz.jpg

Mahasiswa asing yang lolos seleksi akan mendapatkan berbagai fasilitas melalui beasiswa yang meliputi biaya pendidikan gratis, program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), akomodasi di asrama atau Ma'had, serta biaya ujian gratis. "Detail komponen beasiswa harus disampaikan sejak awal agar calon mahasiswa yakin dengan skema yang ditawarkan ini," tambah Prof. Umi.

Penerimaan mahasiswa asing ini merupakan bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, sementara proses seleksi hingga aspek akademiknya berada di bawah tanggung jawab Wakil Rektor Bidang Akademik (WR 1). Tahun ini, jumlah pendaftar meningkat dibanding tahun sebelumnya, dengan total 267 pendaftar dari 41 negara dan yang dinyatakan lolos administrasi sejumlah 65 calon mahasiswa asing terdiri dari 46 jenjang S1, 16 jenjang S2, dan 3 jenjang S3.

"Alhamdulillah, sejak tahun 2023, seleksi mahasiswa asing melibatkan kaprodi dan proses screening dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI)," jelas Prof. Umi. Seleksi ini sangat penting karena kuota yang tersedia hanya untuk 25 peserta, yang berasal dari 24 negara.

Prof. Umi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh panitia dan tim seleksi. "Mari kita lakukan seleksi ini dengan baik dan serius, sehingga kita bisa mendapatkan calon mahasiswa asing yang siap menjalankan perkuliahan di UIN Maliki Malang," tutupnya.

Dengan persiapan matang, diharapkan seleksi kali ini dapat menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki komitmen tinggi terhadap studi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up